linda.fitrianiAvatar border
TS
linda.fitriani
Aman atau bahaya? cream pemutih wallet or walet (green alvina, vayala)/ algae / A-DHA
ini saya ambil dari link : http://fufudolls.blogspot.com/2010/1...ejenisnya.html


PEMUTIH MUKA, MERCURY, DAN SEJENISNYA (PEREMPUAN WAJIB BACA!)

GW KESEL. Amat sangat kesel karena gw tau bahwa sebenernya obat pemutih yang mengandung mercury dan hydroquinone itu masih ada di Indonesia.
Gw sangat peduli soal kecantikan dan kulit. Karena menurut gw kecantikan adalah hal yang paling mendasar yang harus dimiliki oleh seorang perempuan. Buat gw, definisi cantik itu sendiri bukan berarti harus putih, berambut panjang, langsing dan tinggi semampai.

Jujur, gw juga ga suka karena indonesia itu terlalu banyak di doktrin oleh iklan-iklan sabun/cream/ apapun itu yang menunjukkan kalau wanita yang berkulit putih lebih banyak disukai oleh lelaki. Terkadang beberapa iklan juga sering menampilkan seorang wanita yang berkulit hitam/ lebih gelap, tidak begitu mendapat perhatian dari para lelaki. Jahat ya??

Gw merasa sangat wajar kalau para perempuan-perempuan di negeri ini, yang notabene adalah wanita-wanita berkulit sawo matang atau gelap, selalu berusaha mendapatkan segala cara agar kulitnya tampak putih bersinar.
Sebenernya gw tidak menyalahkan hal itu, karena siapapun juga pasti ingin terlihat cantik.

Tapi akan menjadi masalah apabila ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, memanfaatkan keadaan ini sebagai lahan untuk mencari penghasilan. Tentu saja mereka akan menawarkan produk-produk pemutih yang ‘NON- Hydroquinone & NON- mercury’ menurut mereka, namun padahal sebaliknya.

Memang dulu jaman gw SMA, gw pun suka kayak gitu. Hebohhhh banget pengen putih, cantik, apalagi urusan muka. Yang ada di pikiran gw saat itu, gw cuma pengen PUNYA OBAT yang bisa bikin gw putih dengan CEPET, tanpa mikirin dampaknya buat kulit gw sendiri.

Gw mau cerita pengalaman gw saat SMA dulu tentang pemutih muka yang abal-abal, untuk pelajaran kita juga, boleh ya?

Suatu ketika gw pernah ngeliat temen les gw, mukanya tambah bersih, putih, dan cantik.
Saat itu gw penasaran banget dia pake apa. Dan pas gw nanya sama dia, dia pake obat apa akhirnya dia ngasih tau tentang 1 paket obat yang dia pake. (Paketnya itu terdiri dari cream malem, cream siang dan sabunnya).

Karena penasaran, akhirnya gw memutuskan untuk beli dan coba buat make. Sumpahnya, saat itu muka gw langsung jadi putih, bahkan hanya dalam waktu 1 minggu saja sodara2 !
Pada waktu itu pokoknya gw merasa amat sangat senang karena gw bisa putih dan cantik seperti apa yang gw inginkan. Bangga banget deh pokoknya!

Tante gw, yang memang dokter kecantikan, sangat penasaran sama obat yang gw pake. Tante gw juga kebetulan bikin obat sendiri, dengan bantuan apoteker tentunya. Jadi memang dia selalu penasaran sama bahan-bahan yang ada di dalam suatu obat. Karena kalo bahannya bagus dan aman, tante gw suka nyontoh bahan-bahannya. Hehehe. .

Waktu itu dengan mantapnya gw cerita, kalo obat yang gw pake bisa bikin gw putih dalam waktu seminggu, waktu ngelotok NGGAK MERAH, dan terdiri dari 2 buah obat yang berwarna kuning dan putih, dengan sabun bulat yang tampak bening.
Si tante pun akhirnya minta 1 botol obat gw untuk dijadikan sample. Dia rela bayar-bayar ke laboratorium cuma untuk meriksa, ada bahan apa di dalem obat itu.
Dan, hasilnya apa saudara2? Ternyata obat yang gw pake itu mengandung MERCURY.

Gw sedih banget pas denger ternyata obat yang gw pake itu mengandung mercury. Jujur, pada saat itu gw merasa amat sangat bangga karena kulit gw bisa putih, seperti apa yang gw mau. Lagian gw juga udah banyak nawarin obat itu ke temen-temen sekolah gw.

Gw yakin, temen gw di tempat les itu juga nggak tau kalau obat yang dia pake atau sama-sama kita pake adalah obat yang mengandung mercury. Kita cuma korban. Dan gw udah pernah ngasih tahu ke dia kalau obat yang suka dia pake itu mengandung mercury.

Cuma kembali lagi soal kepercayaan. Tiap orang berhak untuk merasa percaya bahwa tidak akan terjadi apa-apa perihal obat yang sudah digunakannya. Apalagi menurut cerita dia, obat yang dia pake sudah dipakai oleh ibunya dari jaman dia masih SD sampai sekarang. Jadi pada saat dia memutuskan untuk terus memakai, gw juga menghargai keputusan dia. Yang penting gw sudah memberi tahu.

Lama gw berhenti, akhirnya gw pun iseng-iseng cari tahu soal mercury dan hydroquinone dari internet.
Dan TERNYATA, obat yang dulu gw pake jaman SMA itu banyak dijual bebas di internet. Kebanyakan sih dijual sama blog-blog yang nggak jelas, tidak meyakinkan, pokoknya blog abal-abal lah.

Tambah kaget lagi waktu gw nemuin link ini (kalau bisa dibuka ya!) :
http://www.whiterskin.info/mercury-i...ng-ingredient/

Kalian liat ada obat yang namanya Natural 99 yellow cream and white cream??
Itu obat yang persis gw pake waktu jaman SMA !!! Cuma labelnya dilepas.


(Gambarnya gw ambil dari link diatas, bisa cek kalau mau)



Pernah juga gw dapet dari blog yang abal-abal, gambar 1 paket obat yang PERSIS SAMA sama yang gw pake waktu SMA. Sabun sama, creamnya sama. Haduh, persis bangetlah pokoknya! (LIAT GAMBAR DIBAWAH!)




Belakangan ini gw memang baru tau kalo obat yang pernah gw pake itu memang ASLI mengandung MERCURY. Dan tante gw tidak pernah bohong soal hal itu.

Gw merasa amat sangat bersyukur, karena pada saat gw memakai obat itu jaman SMA dulu, ada tayangan di Investigasi Trans TV tentang obat-obat pemutih yang mengandung mercury. Dan seperti ditunjukkan sama tuhan, gw diperlihatkan tentang bagaimana penampakan kemasan dari obat yang mengandung mercury tersebut.

Betapa shocknya gw karena BOTOL-BOTOL KECIL tempat cream muka yang gw beli jaman SMA dulu (yang kayak gambar gw diatas itu), ternyata ada RATUSAN, dan warna creamnya pun sama! Kuning dan putihhhh!

Belakangan ini gw juga udah mulai apal sama putihnya si MERCURY itu. PUTIH PUCET. Ada temen gw yang lagi make skrg, meskipun dengan botol/wadah yang berbeda, tapi gw amat sangat yakin bahwa obat yang dia pakai itu asli mengandung MERCURY. Apalagi dia bisa putih dengan waktu yang cepet (1 Minggu), putihnya putih pucet (bukan putih merona), dan warna creamnya hampir sama, kuning putih.

Oke, mungkin warna cream nggak bisa dijadiin patokan.
Bukan berarti semua cream yang warnanya kuning putih itu mengandung mercury, ya nggak juga.
Tapi setelah gw banyak ngobrol, sama orang-orang yang pernah make obat yang mengandung mercury juga, kesimpulan yang paling utama itu kurang lebih sama. PUTIHnya CEPET BANGET (1-2MINGGU), pas ngelotok nggak MERAH-MERAH, dan putihnya PUTIH PUCET,Tante gw sendiri bilang, kalo pemutih yang bagus itu justru yang merah-merah karena tandanya ada vitamin A.
Selain itu gw juga cari batas waktu yang ditetepkan sama FDA WHO, kalo pemutih yang diizinkan itu adalah pemutih yang bisa bikin putih dalam jangka waktu >8minggu !

Gw sedih, karena banyak banget perempuan-perempuan indonesia yang nggak tahu soal hal ini. Karena berdasarkan informasi yang gw dapet, banyak dari mereka yang pake obat ini. Kalo di bandung sih, yang gw sering denger,katanya mereka beli obat kayak gini di daerah Cibadak. So, hati-hati ya. . .

Gw ada beberapa pesen, tips, atau apapunlah itu agar kita semua para wanita tidak terjebak dengan produk-produk menyebalkan dan membahayakan kayak begini :
1. HARUS CURIGA kalau obatnya bikin putih cepet banget. Biasanya mercury itu bisa bikin putih kurang dari 2 minggu. Gw yakin seyakin-yakinnya, paling lama 1 minggu lebih beberapa hari, kulit kita udah putih !

2. Kalo misalnya pas ngelotok kulit kita NGGAK memberikan reaksi yang merah-merah (kayak udang rebus), cuma ngelotok aja dan nggak perih, HARUS CURIGA JUGA MERCURY.

3. Liat dikaca, kalo PUTIHNYA PUTIH PUCET, bukan putih merona, HARUS CURIGA MERCURY.

4. Biasanya, si penjual SELALU bilang ke pembelinya kalo ini adalah OBAT YANG SUKA DIPAKE DOKTER. Duh rese banget. Mulai sekarang kalau kita nggak beli langsung lewat dokternya, JANGAN PERCAYA. Itu bohong besar ! Apalagi kalau udah ada tanda-tanda kayak di nomer 1-3, mendingan langsung di STOP !!

5. Baru-baru ini yang gw denger, ternyata ada juga dokter yang berani jualan obat beginian. Nggak tau si dokternya emang nggak tahu, atau pura-pura bego karena pengen dapet pasien banyak, so kalau lu juga dapet obat beginian dari dokter, dan ciri-cirinya persis kayak yang gw sebutin di atas, tolong langsung STOP! Ga perlulah kita lapor-laporin si dokter ke polisi. Yang jelas kita berhenti pake obat itu dan kasih tau ke temen-temen kita jangan pernah berobat kesitu.

6. Pada dasarnya kita nggak akan pernah merasakan akibat mercury dalam jangka waktu dekat ini. Efek mercury itu sendiri muncul setelah beberapa tahun pemakaian. Bisa kanker, bisa jadi timbul item-item. Yang paling ngeri lagi, mercury itu NGGAK BISA HILANG DARI WAJAH KITA !!Sekali kita make, mercury itu langsung meresap ke dalam kulit kita. Jadi buat yang UDAH terlanjur pake, cepet stop. Dan biarkanlah kulit kita kembali ke warna asalnya.

Meskipun gw nggak tau gimana caranya biar si mercury itu hilang, yang jelas, setelah make obat-obatan bermercury itu, usahakanlah hidup sehat. Banyak minum air putih, makan-makanan yang sehat, buah-buahan, jangan ngerokok apalagi minum-minuman alkohol. BAHAYA !

Btw, nomer 1,2,3 adalah ciri-ciri yang paling KHAS, yang akan muncul pada saat kita memakai obat-obatan yang mengandung mercury. Jadi kalau ada ciri-ciri kayak begitu lebih baik LANGSUNG STOP. Jangan diterusin lagi. Ok?

Akhir kata, gw sangat bahagia bisa nulis tentang hal ini di blog. Karena udah lama gw pengen semua orang di indonesia tau, gimana khasnya/ ciri-ciri dari pemakaian obat si mercury itu sendiri. Biar nggak ada lagi yang terjebak dan kecewa di masa depan.
0
129.9K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan