KASKUS

Quote:Original Posted By tero teladan
Agan agan semua mau nanya dong, motor ane Satria FU, stnk maret 2005
Dari tahun 2010 kemarin ane lupa perpanjang, jadi total 1 tahun 3 bulan
Kemaren temen ane minjem motor, trus dia nawarin biar dia yang perpanjang, tapi tagihannya tiba tiba jadi 950 ribu...

Padahal ane hitung hitung pake rincian di atas, Pajak 2 tahun (2x200ribu), denda PKB untuk 1 tahun 3 bulan, denda SWDKLLJ 2 tahun, biaya ganti plat nomor 80 ribu harusnya kisaran 650-700 ribu aja

Nah yang ingin ane tanyain, apakah rincian biaya di belakang STNK itu termasuk biaya denda, ganti plat dll gitu ngga?

Kalau include , berarti ane cuman bayar sesuai jumlah yang ada di belakang STNK
Kalau ga tercantum ya sudah berarti terpaksa ane pasrah bayar 950rb sambil berdoa jangan ketipu

Mohon pencerahannya ya gan...


kok banyak banget gan...mendingan agan berangkat sendiri aja.. kalau pake calo emang lebih mahal gan... tapi alhamdulillah di jember calo sudah gak ada.. jadi tertib,udah gitu samsat jember sering ngadain pemutihan alias penghapusan denda pajak

yang di belakang STNK tuh hanya PKB dan SWDKLLJ aja gan.. untuk masalah
kalau STNK motor sudah 5 tahun berarti ganti STNK dan plat nomor
ganti STNK+ganti plat nomor = Rp 80.000
kalu PKB sesuai jenis motornya,kalau SWDKLLJ flat Rp 35.000

Quote:Original Posted By tianovic
gan ikut nanya juga dong...

ane juga bulan kemarin baru BBN motor n pakjak 5than, a.k.a ganti plat nomor.. tapi ane punya masalah gini gan,

kan kalau di samsat ane (daerah CIAMIS) bikin plat tu ga bisa satu hari, nunggunya ampe itungan bulan.... nah selama nunggu tu ane dikasih surat keterangan dari polres gitu...

masalahnya masa berlaku surat kekerangan ane tuh dah abis gan, sekarang tgl 28.... sementara ane lum bisa ngambil tu PLAT di samsat CIAMIS, cz ane lagi kuliah di BANDUNG (ga bisa pulang gan mau ujian pe tgl 1)...

nah kalau case-nya gitu gimana gan?? ane bakal kena tilang ga?? atau kalau misalnya harus perpanjang surat keterangan, apakah di POLRES LAIN bisa???

thx gan, mohon pencerahan...


wah lama banget gan bikin plat cuma di cetak doang sampai bulanan,di tempat ane langsung jadi pada hari itu juga... malah kemarin tangan ane kena cat plat baru.. eh ternyta baru di cat

kalau boleh tau itu surat keterangan apa gan? STNK atau hanya untuk pengambilan plat nomor aja?
kalau misalnya hanya cuma surat keterangan pengambilan plat aja,saya kira bikin aja sendiri gan untuk sementara,bikin di pinggir2 jalan itu aja sesuai plat baru yang ada di STNK

soalnya pengalaman kemarin gan 2 hari setelah bayar pajak,motorku masih pake plat lama sedang plat yg baru belum ku pasang soalnya malas gantinya...lah pas di kota ada operasian stelah di cek nomor STNK dan plat gak sama.. ya udah di tilang,walau pun kemarin aku alasan kalau platnya belum jadi
Quote:Original Posted By dersheva
gan, mau tanya..ane bulan 7 taun ini abis 5 taun pajak motornya..
rencana mau mutasi dari jakarta ke depok sekalian balik nama gitu.. tapi motornya ada di bogor kalo kaya cek fisiknya di bogor, depok ato di jakartanya gan? sama kalo ada yang tau biaya totalnya buat balik nama, mutasi sama perpanjang stnk berapa.. thx infonya agann


berarti motormu plat jakarta yaaa mau di pindah jadi plat depok gitu kan maksudnya?? sedang posisi motor ada di bogor

kalau gitu berarti cek fisik ada di depok gan,untuk masalah biaya kurang tau gan kalau mutasi dan waktunya administrasinya agak lama gan soalnya mutasi plus balik nama



kebetulan kemarin ane bareng sama kakaku kasusnya sama dengan kamu gan,2 tahun yang lalu kakaku beli motor plat depok udah gitu balik nama + mutasi ke jember bulan april kemarin bareng2 sama ane
biayanya sama aja dengan ane tanpa biaya mutasi dan balik nama jadi cuman bayar ganti plat+PKB+SWDKLLJ aja
soalnya di jember pas bulan april-mei ada program pemutihan alias bebas bayar denda,bayar mutasi dan balik nama

kalau mutasi dan balik nama agak lama gan sampai sekarang aja BPKB barunya belum jadi-jadi,soalnya pas waktu cek fisik hasil esek-esek mesin di kirim ke samsat depok dan skrg masih nunggu untuk di kirim kembali ke samsat jember
Quote:Original Posted By aak_bowang
kok banyak banget gan...mendingan agan berangkat sendiri aja.. kalau pake calo emang lebih mahal gan... tapi alhamdulillah di jember calo sudah gak ada.. jadi tertib,udah gitu samsat jember sering ngadain pemutihan alias penghapusan denda pajak

yang di belakang STNK tuh hanya PKB dan SWDKLLJ aja gan.. untuk masalah
kalau STNK motor sudah 5 tahun berarti ganti STNK dan plat nomor
ganti STNK+ganti plat nomor = Rp 80.000
kalu PKB sesuai jenis motornya,kalau SWDKLLJ flat Rp 35.000



wah lama banget gan bikin plat cuma di cetak doang sampai bulanan,di tempat ane langsung jadi pada hari itu juga... malah kemarin tangan ane kena cat plat baru.. eh ternyta baru di cat

kalau boleh tau itu surat keterangan apa gan? STNK atau hanya untuk pengambilan plat nomor aja?
kalau misalnya hanya cuma surat keterangan pengambilan plat aja,saya kira bikin aja sendiri gan untuk sementara,bikin di pinggir2 jalan itu aja sesuai plat baru yang ada di STNK

soalnya pengalaman kemarin gan 2 hari setelah bayar pajak,motorku masih pake plat lama sedang plat yg baru belum ku pasang soalnya malas gantinya...lah pas di kota ada operasian stelah di cek nomor STNK dan plat gak sama.. ya udah di tilang,walau pun kemarin aku alasan kalau platnya belum jadi


berarti motormu plat jakarta yaaa mau di pindah jadi plat depok gitu kan maksudnya?? sedang posisi motor ada di bogor

kalau gitu berarti cek fisik ada di depok gan,untuk masalah biaya kurang tau gan kalau mutasi dan waktunya administrasinya agak lama gan soalnya mutasi plus balik nama



kebetulan kemarin ane bareng sama kakaku kasusnya sama dengan kamu gan,2 tahun yang lalu kakaku beli motor plat depok udah gitu balik nama + mutasi ke jember bulan april kemarin bareng2 sama ane
biayanya sama aja dengan ane tanpa biaya mutasi dan balik nama jadi cuman bayar ganti plat+PKB+SWDKLLJ aja
soalnya di jember pas bulan april-mei ada program pemutihan alias bebas bayar denda,bayar mutasi dan balik nama

kalau mutasi dan balik nama agak lama gan sampai sekarang aja BPKB barunya belum jadi-jadi,soalnya pas waktu cek fisik hasil esek-esek mesin di kirim ke samsat depok dan skrg masih nunggu untuk di kirim kembali ke samsat jember



wah, si agan berpengalaman banget nih jangan2 orang samsat..hahaha
thx infonya yah gann.. berarti emang haru dibawa ke depok yah
Quote:Original Posted By dersheva
wah, si agan berpengalaman banget nih jangan2 orang samsat..hahaha
thx infonya yah gann.. berarti emang haru dibawa ke depok yah

bukan gan...
ane rakyat biasa aja yang anti calo mencalo heheheh
betul sekali harus di bawa ke depok,kan motornya mau jadi penduduk depok
ane juga baru kemarin bayar pajak, udah abis 5 tahun, otomatis ganti plat and stnk, cuma platnya selesai 1 bulan, sedangkan stnknya 3 hari ntar disms ama samsatnta...total bayar rp 277 rebu, plus upah gosok ama potocopy krg lbh 10rebu.. ...ane perpanjang di rancaekek bandung...no calo disana...mantaplah

nice share ts
Quote:Original Posted By anzz
ane juga baru kemarin bayar pajak, udah abis 5 tahun, otomatis ganti plat and stnk, cuma platnya selesai 1 bulan, sedangkan stnknya 3 hari ntar disms ama samsatnta...total bayar rp 277 rebu, plus upah gosok ama potocopy krg lbh 10rebu.. ...ane perpanjang di rancaekek bandung...no calo disana...mantaplah

nice share ts


tapi sayang platnya sebelun kemudian...
ane aja gan 3 jam beres semunya termasuk platnya masih gress..tanganku aja kena catnya ternyta masih baru di cat

cek fisik-arsip-bpkb-loket bayar-pengambilan plat yang basah-selesai dah
wah jangan sampai PLAT MObil ane berubah .. udh cantik No nya
wooowww tanx gan infonya,,

soalnya ane besok mau perpanjang stnk ama plat nomor juga,,,

tapi biaya dijakarta sama gak yaaaaa
Gan~ STNK n PLAT Ane dah habis 2 tahun yang lalu~ karena itu motor ane mang jarang di pake karna ane ada kerjaan di luar kota 2 tahun ini. Kira2 kena dendanye sampe brapa juta yeee ? Mohon instruksi gan ~
Quote:Original Posted By deddy1982
wooowww tanx gan infonya,,

soalnya ane besok mau perpanjang stnk ama plat nomor juga,,,

tapi biaya dijakarta sama gak yaaaaa


kurang lebih sama bos...selesih pun mungkin sedikit

Quote:Original Posted By DAODANDOHX
Gan~ STNK n PLAT Ane dah habis 2 tahun yang lalu~ karena itu motor ane mang jarang di pake karna ane ada kerjaan di luar kota 2 tahun ini. Kira2 kena dendanye sampe brapa juta yeee ? Mohon instruksi gan ~


coba aja di hitung bos 24 bulan kayakrumus di atas itu
permisi gan numpang nanya yah..
ane punya motor suzuki FU 2008 nih gan..
walaupun masi 2013 ganti platnya ane mau nanya dulu gan..

itu STNK + BPKB motor saya masi pakai di alamat A (jakbar)
(selama ini saya perpanjang STNK pakai SIM soalnya masi alamat lama)
sedangkan KTP saya sudah pindah di alamat B (jakut)
nah gmn tuh cara2nya yah gan ?
kira2 no pol. nya brubah gak yah gan (ane pingin banget brubah soalnya gak dmen ama no pol. yg lama soalnya ada angka 4
ikut nanya dong
motor ane plat B bekasi.
pajaknya abis bulan depan Augustus tgl 13.
sekarang ane udah pindah malang. nyokap di bekasi.
KTP sekarang malang. KTP bekasi udah ga ada, diserahkan waktu bikin surat pindah dulu.

kemaren ane mau bayar pajak di bekasi tapi ngga bisa, karena ga ada KTP asli. SIM ane juga bukan bekasi.

rencananya pengen mutasi aja nih motor ke malang.
tapiiii, ane pengen beli rumah di Batu (tahun ini).

mending mana:
nunggu ane beli rumah dulu, terus baru mutasi ke Batu, pajak telat dong.
atau balik nama atas nama nyokap di bekasi.

selisih biaya balik nama dengan mutasi jauh ngga?
ane td baru ngurus mutasi di samsat jaktim. cek fisik diminta 30rb trus waktu pendaftaran diloket stnk baru diminta 30rb jg tp gk ada resinya. sebetulnya yg diminta itu resmi atau ilegal yach
gan kalo gak punya ktp asli si yg punya motor dulu gimana ya gan? soalnya ane beli bekas tangan ke tiga
Quote:Original Posted By NINJAGAIDEN
gan kalo gak punya ktp asli si yg punya motor dulu gimana ya gan? soalnya ane beli bekas tangan ke tiga

wah kl itu harus balik nama berarti
Quote:Original Posted By RonX
permisi gan numpang nanya yah..
ane punya motor suzuki FU 2008 nih gan..
walaupun masi 2013 ganti platnya ane mau nanya dulu gan..

itu STNK + BPKB motor saya masi pakai di alamat A (jakbar)
(selama ini saya perpanjang STNK pakai SIM soalnya masi alamat lama)
sedangkan KTP saya sudah pindah di alamat B (jakut)
nah gmn tuh cara2nya yah gan ?
kira2 no pol. nya brubah gak yah gan (ane pingin banget brubah soalnya gak dmen ama no pol. yg lama soalnya ada angka 4


kalo cuman mau menyamakan alamat doang gak sampai ganti nomor plat gan jadi cuman upgrade alamat doang,kalau masalah biaya kurang tau gan
kalo bayar pajak tahunan pake SIM gak ada masalah gan.....
kalau mau upgrade total yaaa harus nunggu tahun 2013 nanti agan juga bisa request nomor plat yang di inginkan

Quote:Original Posted By K35L3Y
ikut nanya dong
motor ane plat B bekasi.
pajaknya abis bulan depan Augustus tgl 13.
sekarang ane udah pindah malang. nyokap di bekasi.
KTP sekarang malang. KTP bekasi udah ga ada, diserahkan waktu bikin surat pindah dulu.

kemaren ane mau bayar pajak di bekasi tapi ngga bisa, karena ga ada KTP asli. SIM ane juga bukan bekasi.

rencananya pengen mutasi aja nih motor ke malang.
tapiiii, ane pengen beli rumah di Batu (tahun ini).

mending mana:
nunggu ane beli rumah dulu, terus baru mutasi ke Batu, pajak telat dong.
atau balik nama atas nama nyokap di bekasi.

selisih biaya balik nama dengan mutasi jauh ngga?


kalau beli rumahnya sudah pasti saya sarankan nunggu beli rumah dulu baru ngurusi masalah motor jadi nanti STNK sudah memakai alamat rumah baru
tapi misalkan alamat rumahnya sudah julas dan sudah ketemu yang ada di batu itu... ngurusi motor dulu juga gpp

kalau di jember sih biayanya sama aja gan 80rb
mau mutasi atau balik nama sama aja 80rb
80rb tuh belum termasuk pajak di tahun pertama gan

jember dan malang saya kira sama aja gan 80rb soalnya sama-sama jawa timur,coba agan tanya langsung ke samsat kota malang kalau gak di MATOS di MOG gan buka sampai malam kalau misalnya kalo siang agan gak ada waktu untuk ke samsat pusat,jadi sekalian jalan-jalan di mall gan
soalnya rencana tahun depan motorku mau bayar pajak tahunan di malang soalnya walaupun motorku plat jember tapi hidupnya di malang. heheheh
Quote:Original Posted By RonX
permisi gan numpang nanya yah..
ane punya motor suzuki FU 2008 nih gan..
walaupun masi 2013 ganti platnya ane mau nanya dulu gan..

itu STNK + BPKB motor saya masi pakai di alamat A (jakbar)
(selama ini saya perpanjang STNK pakai SIM soalnya masi alamat lama)
sedangkan KTP saya sudah pindah di alamat B (jakut)
nah gmn tuh cara2nya yah gan ?
kira2 no pol. nya brubah gak yah gan (ane pingin banget brubah soalnya gak dmen ama no pol. yg lama soalnya ada angka 4


kalo cuman mau menyamakan alamat doang gak sampai ganti nomor plat gan jadi cuman upgrade alamat doang,kalau masalah biaya kurang tau gan
kalo bayar pajak tahunan pake SIM gak ada masalah gan.....
kalau mau upgrade total yaaa harus nunggu tahun 2013 nanti agan juga bisa request nomor plat yang di inginkan

Quote:Original Posted By K35L3Y
ikut nanya dong
motor ane plat B bekasi.
pajaknya abis bulan depan Augustus tgl 13.
sekarang ane udah pindah malang. nyokap di bekasi.
KTP sekarang malang. KTP bekasi udah ga ada, diserahkan waktu bikin surat pindah dulu.

kemaren ane mau bayar pajak di bekasi tapi ngga bisa, karena ga ada KTP asli. SIM ane juga bukan bekasi.

rencananya pengen mutasi aja nih motor ke malang.
tapiiii, ane pengen beli rumah di Batu (tahun ini).

mending mana:
nunggu ane beli rumah dulu, terus baru mutasi ke Batu, pajak telat dong.
atau balik nama atas nama nyokap di bekasi.

selisih biaya balik nama dengan mutasi jauh ngga?


kalau beli rumahnya sudah pasti saya sarankan nunggu beli rumah dulu baru ngurusi masalah motor jadi nanti STNK sudah memakai alamat rumah baru
tapi misalkan alamat rumahnya sudah julas dan sudah ketemu yang ada di batu itu... ngurusi motor dulu juga gpp

kalau di jember sih biayanya sama aja gan 80rb
mau mutasi atau balik nama sama aja 80rb
80rb tuh belum termasuk pajak di tahun pertama gan

jember dan malang saya kira sama aja gan 80rb soalnya sama-sama jawa timur,coba agan tanya langsung ke samsat kota malang kalau gak di MATOS di MOG gan buka sampai malam kalau misalnya kalo siang agan gak ada waktu untuk ke samsat pusat,jadi sekalian jalan-jalan di mall gan
soalnya rencana tahun depan motorku mau bayar pajak tahunan di malang soalnya walaupun motorku plat jember tapi hidupnya di malang. heheheh
Quote:Original Posted By RonX
permisi gan numpang nanya yah..
ane punya motor suzuki FU 2008 nih gan..
walaupun masi 2013 ganti platnya ane mau nanya dulu gan..

itu STNK + BPKB motor saya masi pakai di alamat A (jakbar)
(selama ini saya perpanjang STNK pakai SIM soalnya masi alamat lama)
sedangkan KTP saya sudah pindah di alamat B (jakut)
nah gmn tuh cara2nya yah gan ?
kira2 no pol. nya brubah gak yah gan (ane pingin banget brubah soalnya gak dmen ama no pol. yg lama soalnya ada angka 4


kalo cuman mau menyamakan alamat doang gak sampai ganti nomor plat gan jadi cuman upgrade alamat doang,kalau masalah biaya kurang tau gan
kalo bayar pajak tahunan pake SIM gak ada masalah gan.....
kalau mau upgrade total yaaa harus nunggu tahun 2013 nanti agan juga bisa request nomor plat yang di inginkan

Quote:Original Posted By K35L3Y
ikut nanya dong
motor ane plat B bekasi.
pajaknya abis bulan depan Augustus tgl 13.
sekarang ane udah pindah malang. nyokap di bekasi.
KTP sekarang malang. KTP bekasi udah ga ada, diserahkan waktu bikin surat pindah dulu.

kemaren ane mau bayar pajak di bekasi tapi ngga bisa, karena ga ada KTP asli. SIM ane juga bukan bekasi.

rencananya pengen mutasi aja nih motor ke malang.
tapiiii, ane pengen beli rumah di Batu (tahun ini).

mending mana:
nunggu ane beli rumah dulu, terus baru mutasi ke Batu, pajak telat dong.
atau balik nama atas nama nyokap di bekasi.

selisih biaya balik nama dengan mutasi jauh ngga?


kalau beli rumahnya sudah pasti saya sarankan nunggu beli rumah dulu baru ngurusi masalah motor jadi nanti STNK sudah memakai alamat rumah baru
tapi misalkan alamat rumahnya sudah julas dan sudah ketemu yang ada di batu itu... ngurusi motor dulu juga gpp

kalau di jember sih biayanya sama aja gan 80rb
mau mutasi atau balik nama sama aja 80rb
80rb tuh belum termasuk pajak di tahun pertama gan

jember dan malang saya kira sama aja gan 80rb soalnya sama-sama jawa timur,coba agan tanya langsung ke samsat kota malang kalau gak di MATOS di MOG gan buka sampai malam kalau misalnya kalo siang agan gak ada waktu untuk ke samsat pusat,jadi sekalian jalan-jalan di mall gan
soalnya rencana tahun depan motorku mau bayar pajak tahunan di malang soalnya walaupun motorku plat jember tapi hidupnya di malang. heheheh
Quote:Original Posted By RonX
permisi gan numpang nanya yah..
ane punya motor suzuki FU 2008 nih gan..
walaupun masi 2013 ganti platnya ane mau nanya dulu gan..

itu STNK + BPKB motor saya masi pakai di alamat A (jakbar)
(selama ini saya perpanjang STNK pakai SIM soalnya masi alamat lama)
sedangkan KTP saya sudah pindah di alamat B (jakut)
nah gmn tuh cara2nya yah gan ?
kira2 no pol. nya brubah gak yah gan (ane pingin banget brubah soalnya gak dmen ama no pol. yg lama soalnya ada angka 4


kalo cuman mau menyamakan alamat doang gak sampai ganti nomor plat gan jadi cuman upgrade alamat doang,kalau masalah biaya kurang tau gan
kalo bayar pajak tahunan pake SIM gak ada masalah gan.....
kalau mau upgrade total yaaa harus nunggu tahun 2013 nanti agan juga bisa request nomor plat yang di inginkan

Quote:Original Posted By K35L3Y
ikut nanya dong
motor ane plat B bekasi.
pajaknya abis bulan depan Augustus tgl 13.
sekarang ane udah pindah malang. nyokap di bekasi.
KTP sekarang malang. KTP bekasi udah ga ada, diserahkan waktu bikin surat pindah dulu.

kemaren ane mau bayar pajak di bekasi tapi ngga bisa, karena ga ada KTP asli. SIM ane juga bukan bekasi.

rencananya pengen mutasi aja nih motor ke malang.
tapiiii, ane pengen beli rumah di Batu (tahun ini).

mending mana:
nunggu ane beli rumah dulu, terus baru mutasi ke Batu, pajak telat dong.
atau balik nama atas nama nyokap di bekasi.

selisih biaya balik nama dengan mutasi jauh ngga?


kalau beli rumahnya sudah pasti saya sarankan nunggu beli rumah dulu baru ngurusi masalah motor jadi nanti STNK sudah memakai alamat rumah baru
tapi misalkan alamat rumahnya sudah julas dan sudah ketemu yang ada di batu itu... ngurusi motor dulu juga gpp

kalau di jember sih biayanya sama aja gan 80rb
mau mutasi atau balik nama sama aja 80rb
80rb tuh belum termasuk pajak di tahun pertama gan

jember dan malang saya kira sama aja gan 80rb soalnya sama-sama jawa timur,coba agan tanya langsung ke samsat kota malang kalau gak di MATOS di MOG gan buka sampai malam kalau misalnya kalo siang agan gak ada waktu untuk ke samsat pusat,jadi sekalian jalan-jalan di mall gan
soalnya rencana tahun depan motorku mau bayar pajak tahunan di malang soalnya walaupun motorku plat jember tapi hidupnya di malang. heheheh
Quote:Original Posted By RonX
permisi gan numpang nanya yah..
ane punya motor suzuki FU 2008 nih gan..
walaupun masi 2013 ganti platnya ane mau nanya dulu gan..

itu STNK + BPKB motor saya masi pakai di alamat A (jakbar)
(selama ini saya perpanjang STNK pakai SIM soalnya masi alamat lama)
sedangkan KTP saya sudah pindah di alamat B (jakut)
nah gmn tuh cara2nya yah gan ?
kira2 no pol. nya brubah gak yah gan (ane pingin banget brubah soalnya gak dmen ama no pol. yg lama soalnya ada angka 4


kalo cuman mau menyamakan alamat doang gak sampai ganti nomor plat gan jadi cuman upgrade alamat doang,kalau masalah biaya kurang tau gan
kalo bayar pajak tahunan pake SIM gak ada masalah gan.....
kalau mau upgrade total yaaa harus nunggu tahun 2013 nanti agan juga bisa request nomor plat yang di inginkan

Quote:Original Posted By K35L3Y
ikut nanya dong
motor ane plat B bekasi.
pajaknya abis bulan depan Augustus tgl 13.
sekarang ane udah pindah malang. nyokap di bekasi.
KTP sekarang malang. KTP bekasi udah ga ada, diserahkan waktu bikin surat pindah dulu.

kemaren ane mau bayar pajak di bekasi tapi ngga bisa, karena ga ada KTP asli. SIM ane juga bukan bekasi.

rencananya pengen mutasi aja nih motor ke malang.
tapiiii, ane pengen beli rumah di Batu (tahun ini).

mending mana:
nunggu ane beli rumah dulu, terus baru mutasi ke Batu, pajak telat dong.
atau balik nama atas nama nyokap di bekasi.

selisih biaya balik nama dengan mutasi jauh ngga?


kalau beli rumahnya sudah pasti saya sarankan nunggu beli rumah dulu baru ngurusi masalah motor jadi nanti STNK sudah memakai alamat rumah baru
tapi misalkan alamat rumahnya sudah julas dan sudah ketemu yang ada di batu itu... ngurusi motor dulu juga gpp

kalau di jember sih biayanya sama aja gan 80rb
mau mutasi atau balik nama sama aja 80rb
80rb tuh belum termasuk pajak di tahun pertama gan

jember dan malang saya kira sama aja gan 80rb soalnya sama-sama jawa timur,coba agan tanya langsung ke samsat kota malang kalau gak di MATOS di MOG gan buka sampai malam kalau misalnya kalo siang agan gak ada waktu untuk ke samsat pusat,jadi sekalian jalan-jalan di mall gan
soalnya rencana tahun depan motorku mau bayar pajak tahunan di malang soalnya walaupun motorku plat jember tapi hidupnya di malang. heheheh
Quote:Original Posted By RonX
permisi gan numpang nanya yah..
ane punya motor suzuki FU 2008 nih gan..
walaupun masi 2013 ganti platnya ane mau nanya dulu gan..

itu STNK + BPKB motor saya masi pakai di alamat A (jakbar)
(selama ini saya perpanjang STNK pakai SIM soalnya masi alamat lama)
sedangkan KTP saya sudah pindah di alamat B (jakut)
nah gmn tuh cara2nya yah gan ?
kira2 no pol. nya brubah gak yah gan (ane pingin banget brubah soalnya gak dmen ama no pol. yg lama soalnya ada angka 4


kalo cuman mau menyamakan alamat doang gak sampai ganti nomor plat gan jadi cuman upgrade alamat doang,kalau masalah biaya kurang tau gan
kalo bayar pajak tahunan pake SIM gak ada masalah gan.....
kalau mau upgrade total yaaa harus nunggu tahun 2013 nanti agan juga bisa request nomor plat yang di inginkan

Quote:Original Posted By K35L3Y
ikut nanya dong
motor ane plat B bekasi.
pajaknya abis bulan depan Augustus tgl 13.
sekarang ane udah pindah malang. nyokap di bekasi.
KTP sekarang malang. KTP bekasi udah ga ada, diserahkan waktu bikin surat pindah dulu.

kemaren ane mau bayar pajak di bekasi tapi ngga bisa, karena ga ada KTP asli. SIM ane juga bukan bekasi.

rencananya pengen mutasi aja nih motor ke malang.
tapiiii, ane pengen beli rumah di Batu (tahun ini).

mending mana:
nunggu ane beli rumah dulu, terus baru mutasi ke Batu, pajak telat dong.
atau balik nama atas nama nyokap di bekasi.

selisih biaya balik nama dengan mutasi jauh ngga?


kalau beli rumahnya sudah pasti saya sarankan nunggu beli rumah dulu baru ngurusi masalah motor jadi nanti STNK sudah memakai alamat rumah baru
tapi misalkan alamat rumahnya sudah julas dan sudah ketemu yang ada di batu itu... ngurusi motor dulu juga gpp

kalau di jember sih biayanya sama aja gan 80rb
mau mutasi atau balik nama sama aja 80rb
80rb tuh belum termasuk pajak di tahun pertama gan

jember dan malang saya kira sama aja gan 80rb soalnya sama-sama jawa timur,coba agan tanya langsung ke samsat kota malang kalau gak di MATOS di MOG gan buka sampai malam kalau misalnya kalo siang agan gak ada waktu untuk ke samsat pusat,jadi sekalian jalan-jalan di mall gan
soalnya rencana tahun depan motorku mau bayar pajak tahunan di malang soalnya walaupun motorku plat jember tapi hidupnya di malang. heheheh