KASKUS

sim mati..

Mang straight to the point aja ya...
SIm A sy sudah mati 6th...lebih baik bikin baru atau perpanjang?
Apakah bisa perpanjang via sim kelliling...? Tq

nice & useful thread...BRAVO

Thread yg sangat sangat berguna dan menolong kaum awam..
Siap...lanjutkan bro...:
Quote:Original Posted By utusanNya
Mang straight to the point aja ya...
SIm A sy sudah mati 6th...lebih baik bikin baru atau perpanjang?
Apakah bisa perpanjang via sim kelliling...? Tq


ga bisa bang... yang udah mati lebih dari 1 tahun harus bikin baru bang....
Quote:Original Posted By ryo102
kalau ga di BBN-kan ya nggak ganti bang...
tapi coba tanya sama samsat di daerah abang, bisa/tidak BBN tapi nggak ganti nomor, masalahnya kebijakan samsat suka berbeda-beda bang..

Salam.



Quote:Original Posted By danielldt
jawaban saya mirip sama bang ryo

Sedikit catatan: kalo bisa sebelum ngurus stnk, ngobrol2 santai dulu sama petugas di samsat.
Takutnya kl cerita to the point agan sayang sama no pol yang lama, kl ketemu oknum, malah dibilang harus diganti no polnya sehingga agan sedikit repot kl mau pake no pol yang lama.

Terima kasih linknya gan

makasih buat abang berdua.
coba nanti saya tanyakan disamsat tempat saya, semoga bisa BBN tanpa harus ganti No Pol.

Quote:Original Posted By kelapatua51
yg (e) ttg tempat plat nomer. ane dulu pernah di stop polisi krn memposisikn plat nomer di bagian samping spatbor depan vespa ane.dalih ane saat itu krn ini vespa modif jd klo plat di pasang di depan menghadap kedepan jd gak bagus,yg ptng kn tetp bisa dibaca,tp si pakpol ngotot mo nilang,trus ane tanyain lg: trus bagaimana dgn mocin yg plat nomernya di rangka tengah dan diposisikan vertikal?(saat itu ada salh satu mocin yg posisi platnya vertikal dn di rangka tengah bagian bawah,lp merknya)plus moge alias HD yg dimodif choper dgn plat belkng yg vertikal juga?si pakpol menjawab:lho klo kami temukan kami pasti tindak. .

tampaknya masalah ini sering terjadi diantara teman-teman pemilik motor tua. terutama yg keluaran eropa.
kalau di Sby sini bang, umumnya Polisi yg sudah senior mahfum dengan keadaan tersebut, tp seringkali bermasalah dengan Polisi yg masih muda. yang baru berdinas kurang dari 2-3 tahun. masalah yg lain adalah, kita para pengendara motor tua, yg ber No pol tidak standar ini sering kali tidak bisa masuk mall..gara-gara kondisi No pol
Quote:Original Posted By kelapatua51
yg (e) ttg tempat plat nomer. ane dulu pernah di stop polisi krn memposisikn plat nomer di bagian samping spatbor depan vespa ane.dalih ane saat itu krn ini vespa modif jd klo plat di pasang di depan menghadap kedepan jd gak bagus,yg ptng kn tetp bisa dibaca,tp si pakpol ngotot mo nilang,trus ane tanyain lg: trus bagaimana dgn mocin yg plat nomernya di rangka tengah dan diposisikan vertikal?(saat itu ada salh satu mocin yg posisi platnya vertikal dn di rangka tengah bagian bawah,lp merknya)plus moge alias HD yg dimodif choper dgn plat belkng yg vertikal juga?si pakpol menjawab:lho klo kami temukan kami pasti tindak. trus saya tanya nie: lho si m ocin itu keluaran pabrik pak dan lolos beacukai plus resmi dipasrkan di indonesia,kok bisa???klo memang ditindak harusnya kn gak boleh beredar,klo masalah HD boleh nanti klo ktemu ditindak,tp klo si mocin ini?dgn argumen kek gt,si pakpol jd mikir dan dia bilang,ah sudah2 jalan sana,kmu mengganggu petugas saja...hihi lucu akhrnya saya gak jd ditilang.tp tetp saya ngotot krn saya gak meras bersalah dan melanggar.stnk dn sim lengkap.krn jujur utk saya pribadi,sangat males berhubungn dgn tilang menilang,makanya sebisa mngkin kelengkapan saya lengkapi. sebenarnya bnyk kejadian lucu ttg aku pribadi yg dgn argumen2 akhirnya membuat si pakpol gak jd nilang.prinsipku selama kita benar,gak usah takut razia gan.salam...

bisa dishare di sini atau dibisikin ke ane, merknya gan? Saya mau cari infonya.
Jadi penasaran sama mocin tersebut yang agan bilang (kalau lupa, tolong cari tahu atau tanya2 teman ya)
Maaf, bukan lucu gan, tapi Polisi tersebut memberi tolerasi ke agan, yang seharusnya jadi masukan buat agan, modif bukan berarti boleh melanggar Peraturan, kalau mau modif keren tapi tidak sesuai aturan yang ada, ya harus siap ditindak.
Ya kalau ada orang kaya yang yang pk Plat Nomor unik, jangan ditiru yang salah, dia mau ditilang tiap hari juga, masih bisa makan gan (maaf)
KALO KASKUSER ADA YANG TAU MERK MOCIN YANG DIMAKSUD, TOLONG PM SAYA
Quote:Original Posted By utusanNya
Mang straight to the point aja ya...
SIm A sy sudah mati 6th...lebih baik bikin baru atau perpanjang?
Apakah bisa perpanjang via sim kelliling...? Tq

sudah dijawab agan ryo ya
Quote:Original Posted By lovemelbourne
Thread yg sangat sangat berguna dan menolong kaum awam..
Siap...lanjutkan bro...:

sering mampir gan
Quote:Original Posted By ch1ps
makasih buat abang berdua.
coba nanti saya tanyakan disamsat tempat saya, semoga bisa BBN tanpa harus ganti No Pol.

tampaknya masalah ini sering terjadi diantara teman-teman pemilik motor tua. terutama yg keluaran eropa.
kalau di Sby sini bang, umumnya Polisi yg sudah senior mahfum dengan keadaan tersebut, tp seringkali bermasalah dengan Polisi yg masih muda. yang baru berdinas kurang dari 2-3 tahun. masalah yg lain adalah, kita para pengendara motor tua, yg ber No pol tidak standar ini sering kali tidak bisa masuk mall..gara-gara kondisi No pol

saran saya, sebaiknya segera sesuikan No Pol nya gan, biar aman
Catatan: Kalau Polantasnya tegas, ga ada cerita, menilang ragu2 seperti beberapa cerita yang kita dengar. Lha tertangkap tangan koq lagi melanggar, UU dan sangsi nya juga jelas
CMIIW
[QUOTE=ryo102;426734561]ga bisa bang... yang udah mati lebih dari 1 tahun harus bikin baru bang....[/QUOTE]

Tq bro...sangat bagus dan membantu ini tread...success selalu!
Maaf gan ane mau nanya,,
Kan kriteria tentang SIM A itu sbb :"SIM A, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kg."

Bner kan yah..??

Nah yang ane mau tanya itu 3500kg maximum untuk berat total kendaraan atau berat muatan nya saja..??

Contoh L-300 kan berat kendaraannya aboout 2500kg,, jadi kalo kosong (tanpa muatan) atau bawa barang sedikit (tidak lebih dari 1 ton) masih bisa pakai sim A??

Trus kalo memang harus pakai B1, ane kan udah punya SIM A,, mau ke B1 itu bikin baru atau UpGrade saja..?? kira2 biayanya berapa..?

Gitu gan..?? ane bingung,, mohon bantuan nya yah gan..
Quote:Original Posted By josefz
Maaf gan ane mau nanya,,
Kan kriteria tentang SIM A itu sbb :"SIM A, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kg."

Bner kan yah..??

Nah yang ane mau tanya itu 3500kg maximum untuk berat total kendaraan atau berat muatan nya saja..

Contoh L-300 kan berat kendaraannya aboout 2500kg,, jadi kalo kosong (tanpa muatan) atau bawa barang sedikit (tidak lebih dari 1 ton) masih bisa pakai sim A??

Trus kalo memang harus pakai B1, ane kan udah punya SIM A,, mau ke B1 itu bikin baru atau UpGrade saja..?? kira2 biayanya berapa..?

Gitu gan..?? ane bingung,, mohon bantuan nya yah gan..


setahu gw boleh bos... masalahnya itu L-300 yang lo jadiin contoh platnya item apa kuning? kalau item boleh pake sim A. kalau kuning pake sim A umum bos...

tarif cek disini bos... udah dimasukin ama yang trit...
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...6&postcount=80
Quote:Original Posted By beat2
setahu gw boleh bos... masalahnya itu L-300 yang lo jadiin contoh platnya item apa kuning? kalau item boleh pake sim A. kalau kuning pake sim A umum bos...

tarif cek disini bos... udah dimasukin ama yang trit...
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...6&postcount=80


Plat item gan.. yang jadi masalah itu di syaratnya Max 3,5 ton,, itu berat total kendaraan atau berat muatan di bak aja..??

Kalo berat total kendaraan berarti 3500 (syarat) - 2500 (berat Kosong kend) = 1 ton muatan yang di perbolehkan untuk sim A.. kalo mau bawa 2 ton brarti harus B1 dunk..?
Quote:Original Posted By josefz
Plat item gan.. yang jadi masalah itu di syaratnya Max 3,5 ton,, itu berat total kendaraan atau berat muatan di bak aja..??

Kalo berat total kendaraan berarti 3500 (syarat) - 2500 (berat Kosong kend) = 1 ton muatan yang di perbolehkan untuk sim A.. kalo mau bawa 2 ton brarti harus B1 dunk..?


Trims abang beat2 atas tanggapannya.

Sepengetahuan saya bang, SIM A itu untuk kendaraan pribadi yang berat totalnya tidak lebih dari 3,500 kg. Itu untuk total berat kendaraan. SIM A Umum itu untuk kendaraan umum yang mengangkut penumpang atau barang dengan kelas berat yang sama (pelat kuning).

Karena sifatnya kendaraan pribadi dan atau pengangkut orang/barang pribadi/umum dengan beban yang diperbolehkan (bukan pengangkut beban massif) maka cuma sebesar itulah yang diperbolehkan. Lebih dari 3500kg, otomatis harus pakai SIM B1 (untuk pelat hitam). B1 Umum untuk pelat kuning.

Salam.
Quote:Original Posted By ryo102
Trims abang beat2 atas tanggapannya.

Sepengetahuan saya bang, SIM A itu untuk kendaraan pribadi yang berat totalnya tidak lebih dari 3,500 kg. Itu untuk total berat kendaraan. SIM A Umum itu untuk kendaraan umum yang mengangkut penumpang atau barang dengan kelas berat yang sama (pelat kuning).

Karena sifatnya kendaraan pribadi dan atau pengangkut orang/barang pribadi/umum dengan beban yang diperbolehkan (bukan pengangkut beban massif) maka cuma sebesar itulah yang diperbolehkan. Lebih dari 3500kg, otomatis harus pakai SIM B1 (untuk pelat hitam). B1 Umum untuk pelat kuning.

Salam.


OoO.. Jadi Kalo L-300 ngangkut 6-7 kuintal masih bisa pake sim A yah Om yah..? Kalo mau bikin SIM B1 dari asalnya SIM A itu harus upgrade aja atau bikin baru..??
Quote:Original Posted By ryo102
dari SP2HP kan kelihatan bang itu kasus yang abang laporkan sudah sampai mana, unit yang ditunjuk untuk menangani kasus abang unit berapa, dan sudah sampai sejauh mana perumusan tindak pidana dilakukan dan alasan-alasan kenapa tersangka tidak ditahan atau akan ditahan...
Kalau memang tidak berjalan sama sekali, coba email ke alamat email yang saya berikan diatas bang, tanya kenapa tidak jalan...
Salam.


permasalahanya ada oknum yang minta pelicin gan...
ya ane bingung, uangnya ane aja dah habis.....ini yang buat ane putus asa gan...
Quote:Original Posted By kecoa84
permasalahanya ada oknum yang minta pelicin gan...
ya ane bingung, uangnya ane aja dah habis.....ini yang buat ane putus asa gan...

Maaf nubi lugu kasih masukan
agan kan lagi ol nih, ga ada salahnya sekalian kirim aja emailnya
sudah kirim email belum?
kalau belum agan coba, gimana mau tahu perkembangan kasusnya?
sudah takut bayangan pelicin/dipungli dulu. Masih banyak koq Polisi yang yang baik. Kaya' forpolers di sini yang kasih masukan ke agan. Sayangnya saya tidak dinas di situ. Jadi cm bisa kasih masukan saran dan gambaran saja
Quote:Original Posted By danielldt
Maaf nubi lugu kasih masukan
agan kan lagi ol nih, ga ada salahnya sekalian kirim aja emailnya
sudah kirim email belum?
kalau belum agan coba, gimana mau tahu perkembangan kasusnya?
sudah takut bayangan pelicin/dipungli dulu. Masih banyak koq Polisi yang yang baik. Kaya' forpolers di sini yang kasih masukan ke agan. Sayangnya saya tidak dinas di situ. Jadi cm bisa kasih masukan saran dan gambaran saja


maaf gan,,,
bukan parno, tapi memang udah disinggung gan ma oknumnya...
thanz ya gan, saran dan masukkanya
hmm,, ane nubitol mau nanya sekaligus curhat..
jadi gini ceritanya
Quote:to the point -> atas ketidak tahuan ane,, ane nglanggar jalur searah.. ane bablas aja kalem, santai kayak nggak ada apa2 dan kebetulan tu jalan sepi, jadi ane nggak curiga apapun. kemudian pak pulisi ngejar ane, dan menilang ane.. ya dan akhirnya sim ditahan dan dua minggu kemudian sidang..
#tu rambu ternyata ketutupan pohon


pertanyaannya..
Quote: apakah pak polisi itu tidak melanggar?? karena pastilah untuk mengejar ane, dia melanggar rambu stop itu.. sedangkan di waktu yang lain, ane ikut semacem penyuluhan, di situ pak polisi juga menjelaskan dan menegaskan bahwasanya "DALAM MENEGAKKAN HUKUM DAN PERATURAN, KAMI PUN JUGA TIDAK BOLEH MELANGGAR HUKUM DAN ATURAN".. sampe terngiang-ngiang mulu di kepala ane..
sekian dari curcolan nubitol..
mohon pencerahan..
salam
Quote:Original Posted By kecoa84
maaf gan,,,
bukan parno, tapi memang udah disinggung gan ma oknumnya...
thanz ya gan, saran dan masukkanya

maaf berarti maksud agan orang yang membalas email agan juga menyindir hal tersebut?
Quote:Original Posted By romrozky
hmm,, ane nubitol mau nanya sekaligus curhat..
jadi gini ceritanya
Quote:to the point -> atas ketidak tahuan ane,, ane nglanggar jalur searah.. ane bablas aja kalem, santai kayak nggak ada apa2 dan kebetulan tu jalan sepi, jadi ane nggak curiga apapun. kemudian pak pulisi ngejar ane, dan menilang ane.. ya dan akhirnya sim ditahan dan dua minggu kemudian sidang..
#tu rambu ternyata ketutupan pohon


pertanyaannya..
Quote: apakah pak polisi itu tidak melanggar?? karena pastilah untuk mengejar ane, dia melanggar rambu stop itu.. sedangkan di waktu yang lain, ane ikut semacem penyuluhan, di situ pak polisi juga menjelaskan dan menegaskan bahwasanya "DALAM MENEGAKKAN HUKUM DAN PERATURAN, KAMI PUN JUGA TIDAK BOLEH MELANGGAR HUKUM DAN ATURAN".. sampe terngiang-ngiang mulu di kepala ane..

sekian dari curcolan nubitol..
mohon pencerahan..
salam

maksudnya gimana gan? agan masuk jalur searah, yang ditanyakan pak polisi melanggar rambu stop?

Hmmmm, bahasa ane agak 'berat' nih
Sebelumnya, mari kita baca beberapa hal berikut:

Undang undang No.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian
pasal 13
tugas pokok kepolisian republik Indonesia adalah:
1. Memelihara keamanan dan ketertiban masyrakat
2. Menegakkan hukum
3. Memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

pasal 18
ayat (1)
Untuk kepentingan umum pejabat Kepolisian Negara Republik Indonesi dalam melaksanaan tugas dan wewenangnya dapat bertindak menurut penilaiannya sendiri.
Ayat (2)
pelaksanaan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) hanya dapat dilakukan dalam keadaan sangat perlu dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan, serta kode etik profesi kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dalam hal ini bertindak dengan penilaian sendiri dapat disebut sebagai diskresi kepolisian

Jadi karena Polisi tersebut bukan hanya ketertiban masyrakat (agan), Menegakkan hukum, Memberikan perlindungan (kepada agan) agar tidak membahayakan keselamatan agan. Sehingga Polisi tersebut terpaksa Melanggar peraturan untuk melaksanakan tugas dan wewenangnya.

Bagaimana? Ada gambaran???

contoh lain, biasanya kalau jam macet. Polisi akan memperioritaskan jalur yang lebih macet. Maksudnya pasti agan pernah lihat di persimpangan/lampu merah (TL), Polantas tetap memerintahkan pengendara agar terus melaju, walaupun lampu di TL sudah merah, karena Polantas tesebut menganggap jalur itu lebih rame dan macet dibandingkan jalur yang lampu TLnya sudah menyala hijau tapi jalurnya sepi/ lebih sedikit.

Kalau tidak ada diskresi kepolisian, jangan2 polisi ga akan ngejar penjahat kl dia melanggar lampu merah atau masuk jalu forbiden.

Mudah2an agan ada gambaran

Buat sesepuh forpol
CMIWW
permisi mau tanya, SIM C dan SIM A saya beralamat di ASPOL, waktu bikin tidak pakai proses, langsung foto dan tanda tangan. pertanyaannya, bagaimana saya bisa memperpanjang?
Quote:Original Posted By dewatuak
permisi mau tanya, SIM C dan SIM A saya beralamat di ASPOL, waktu bikin tidak pakai proses, langsung foto dan tanda tangan. pertanyaannya, bagaimana saya bisa memperpanjang?


datang aja di polres setempat om, bawa fotocopy ktp ama sim lama dan surat sehat dari dokter, biasanya dkt polres ada dokter terdekat buat bikin surket sehat
biaya prpanjang sim A kl ga salah 40rb dan sim c 30rb, langsung daftar trus nunggu di panggil foto2 deh om
CMIW
permisi para polisi kaskus
saya mau tanya donk kan STNK saya hilang dan udah buat surat keterangan hilang di POLSEK,dan saya tanya sama KA.SPK nya pak ini surat klo saya tunjukan bila sedang ada razia ntar saya di permalahkan ggak?katanya enggak masalah ko,dan di pake dalam sebulan juga gpp katanya,

eh 2 hari berikut saya kena operasi POLRES JAK BAR ada provost nya juga,,
ane di periksa dan pas di tunjukin surat kehilangan tersebut,kata polisi nya ini surat buat ngurus bukan buat pengganti STNK yg hilang,dari cara omongannya tuh polisi kayanya cari2 kesalahan gitu,trus ane telpon aja kenalan ane anggota reserse polsek T.D,dan saya tanya tentang itu katanya gpp klo surat2 lain lengkap,trus ane kasih aja temen ane ngomong ke polisi yg mau permasalahin surat keterangan hilng ane,setelah mereka ngmong sama polisi kenalan ane,
yaudah ane di suruh jalan lagi

inti pertanyaannya saat ada operasi lantas,apa surat kehilangan dari polsek bisa sebagai pengganti STNK sementara sebelum di urus,coz ane di kasih saran polisi yg bikin surat nya suruh tunggu 2 mingguan siapa tau stnk ane ada yg nganterin ke alamat ,,

thank ya gan
Quote:Original Posted By josefz
OoO.. Jadi Kalo L-300 ngangkut 6-7 kuintal masih bisa pake sim A yah Om yah..? Kalo mau bikin SIM B1 dari asalnya SIM A itu harus upgrade aja atau bikin baru..??


upgrade aja brow... punya sim B1 tidak perlu lagi menunjukkan sim A sesuai dengan UU (karena dianggap sudah menguasai).

Quote:Original Posted By esastg
permisi para polisi kaskus
saya mau tanya donk kan STNK saya hilang dan udah buat surat keterangan hilang di POLSEK,dan saya tanya sama KA.SPK nya pak ini surat klo saya tunjukan bila sedang ada razia ntar saya di permalahkan ggak?katanya enggak masalah ko,dan di pake dalam sebulan juga gpp katanya,

eh 2 hari berikut saya kena operasi POLRES JAK BAR ada provost nya juga,,
ane di periksa dan pas di tunjukin surat kehilangan tersebut,kata polisi nya ini surat buat ngurus bukan buat pengganti STNK yg hilang,dari cara omongannya tuh polisi kayanya cari2 kesalahan gitu,trus ane telpon aja kenalan ane anggota reserse polsek T.D,dan saya tanya tentang itu katanya gpp klo surat2 lain lengkap,trus ane kasih aja temen ane ngomong ke polisi yg mau permasalahin surat keterangan hilng ane,setelah mereka ngmong sama polisi kenalan ane,
yaudah ane di suruh jalan lagi

inti pertanyaannya saat ada operasi lantas,apa surat kehilangan dari polsek bisa sebagai pengganti STNK sementara sebelum di urus,coz ane di kasih saran polisi yg bikin surat nya suruh tunggu 2 mingguan siapa tau stnk ane ada yg nganterin ke alamat ,,

thank ya gan


bisa boz... sampai batas waktu yang ditetapkan dalam surat kehilangan itu berlaku. Kalau ada polisi yang cari-cari masalah begitu, bisa aja polisi baru, belum tahu tuh surat fungsinya apa. Yang penting stnk baru lo diurus aja boz. Jadi ga harap-harap cemas lagi boz..