Poll: bergunakah trid ini untuk anda.?

berguna bgt..thx y 70% (690 votes)
lumayan lah.. berguna.. 21% (212 votes)
ga.. 3% (29 votes)
ga bgt..sok tau lu..sombonk!!!!! 4% (39 votes)
kagak..gw benci dr..mati aja lo.. 5% (52 votes)

Tanya gan masalah menstruasi

gini gan ane mau tanya gimana ya cara ngobatin adik ane satu-satunya ini...adik ane umur 16 tahun kelas 1 sma.......udh beberapa bulan ini katanya adik ane haid tp ga normal, haidnya keluar selama 3 minggu......lama banget kan gan......

ane udah nyari digoogle tp ga ketemu obatnya apa....jadi ane pengen banget bisa nemuin obatnya apa agar bisa sembuh.....

tolong pencerahannya ya gan....!!!!! kalo bisa kasih tau gimana cara penyembuhannya..... tolong ane ya gan.......
permisi tunpang tanya dong
tadiabis baca trit di lounge mengenai"kelamin yang bengkok"
bisa dijlasin ga itu karna apa dan bisa ga mengembalikannyake keadaan semula?

pertanyaan kedua mata ane ko belang ya?
kalo bagian mata yang tengah (sekitar bulatan hitam mata) ko kecoklatan trus ada kaya urat" gitu kenapa ya?
sedangkan bagian atas dan bawahnya putih biasa.
bisa ga dikembalikan ke keadaan semula yaitu putih bersih?
Quote:Original Posted By cepezed
efek samping steroid dan asam mefenamat emang bikin gak enak lambung gan. klo nyeri gitu, ente minum obatnya 1 jam abis makan (atau dalam keadaan lambung berisi)

kalo cegukan bukan termasuk efeksampingnya

cmiiw


lalu cegukan yg terjadi kira2 darimana datangnya gan?
sekarang ane stop obat yg mengandung deksametason dan asam mafenamat kecuali antibiotik, cegukan ane udh gk ada lg gan..

ask tentang sirosis

gan ane mau tanya dong

ada seorang pasien laki2 datang fisiknya si keliatannya seger gan
pas ditanya keluhannya mual dan terasa penuh di perutnya, terus pas dilakukan pemeriksaan fisik hasilnya:
ada spider nevi di dada, cuma 1 gan; terus spleenomegaly, schufner 2; palmar eritema ane ga yakin ada atau ngga habis ane belom pernah liat hehehe ; terus asites negatif kalo positif minimmal banget, soalnya bener2 ga keliatan, di perkusi juga kayanya ga ada gan, caput medusa ga ada, varises esofagus ga ada
hasil labnya albuminnya 2,6, urem creatinin normal, sgot 42(naik 5) sgpt normal, hb 9, leukosit 4400, trombo 139000, ht 33
pasien ini ga kuning, bilirubinnya normal,
HbsAg nya positif tapi pas ane tanya riwayat hep B, dia bilang ga ada, terus ga pernah jajan, ga pernah di transfusi, pasien ini juga ga pernah minum alkohol, cuma paling riwayat minum paracetamol sejak umur 25 tahun setidaknya seminggu sekali, sama suka minum minuman berenergi
nah pertanyaan ane
1 kenapa dia mual ya??
2 sekarang kan dia dirawat, kapan dia bisa pulang?
3 infus yang dia pake sebaiknya berapa kolf ya sehari?
4 emang kalo sirosis harus dibatasin minumannya ya gan?
5 perlu diukur ga gann jumlah urinnya? buat apa ya gan kira2 kalo perlu?


makasih yaa gaannn

Helpppp....

mau ikut tanya dong...,
sy punya penyakit kulit di bibir, pertama2 biasanya tumbuh bintik2 kecil banget pas di kulit bibir (anehnya buat kasus sy salalu di bibir bawah), bintik2nya seperti berisi air gt, kecil2, trus rasanya gatal,

nanti lama2 (sambil saya beri obat elcon / satu lg namanya agak2 lupa, betanol kl gak salah) bisa kering sendiri , trus kaya luka koreng bekas luka jatuh gitu, trus lama2 kering, trus ilang deh bekas lukanya smua...tp gak sampai disitu...nanti suatu saat beberapa bulan kemudian gitu lg...paling gak satahun 1 sampe 2 kali...total penyakit dr awal gatal sampe kering dan hilang kurang lebih 1 sampai 2 minggu..

ini lama2 sy jadi stress sendiri...soalnya udah dr kecil salalu dapet penyakit beginian...,kl udah kena gt smua aktifitas jd brenti, cos bikin gak PD... help me...

di keluarga sy yg kena penyakit beginian cm sy sm ibu aja, yg lain gak pernah,

katanya ada yg bilang krn alergi, sy selalu ingat2 dan tandai kl pas lg kena..,biasanya kl habis makan :
1.nanas
2. udang kecil2 atau olahannya (udang ky hokben atau masakan jepang tidak),
3. lg perubahan musim yg gak jelas hujan panas hujan panas bergantian...

itu biasanya langsung kena, mulai bintik2 kecil dimulut...

sy udah baca2 di internet, yg rada mirip2 sm gejala sy itu eksim/eczema, tp penyakit sy (kl dilihat di gambar google) gak separah eksim yg sampe kemana2 gt...soalnya kl disaya ukurannya kecil dan selalu di daerah bibir bawah. waktu bintik2 gatal, memang bintik2nya banyak, tp total daerahnya sekitar setengah cm (centi meter),

sy sendiri blum pernah ke dokter kulit, tp ibu sy pernah...dan gejala plus lukanya sm persis, jd ya sy pake obat yg sama seperti ibu sy..elcon itu...

nah ini gimana? sebenarnya penyakit itu apa? apakah penyebabnya? adakah faktor keturunan? obat yg sy pakai benar atau tidak? adakah obat alternatif lainya? bisakah sy sembuh total (tidak terkena lg maksutnya)...



semoga ada yg tau...trimakasih...
Quote:Original Posted By enyonkk
gini gan ane mau tanya gimana ya cara ngobatin adik ane satu-satunya ini...adik ane umur 16 tahun kelas 1 sma.......udh beberapa bulan ini katanya adik ane haid tp ga normal, haidnya keluar selama 3 minggu......lama banget kan gan......

ane udah nyari digoogle tp ga ketemu obatnya apa....jadi ane pengen banget bisa nemuin obatnya apa agar bisa sembuh.....

tolong pencerahannya ya gan....!!!!! kalo bisa kasih tau gimana cara penyembuhannya..... tolong ane ya gan.......


oooo kalo memang baru usai segitu haid ny belum teratur gan hehehe namun kalo memang taku mending lgsg konsul k dokter kandungan aja bro untuk memastikan ny dengan USG nah kalo obat sebenerna c ada obat yg bernama kimia ny norethisterone nah obat itu untuk cwe yg mens ny ga teratur gt namun obat itu harus diresepkan dokter kandungan bro heheh jd mending konsul k dokter kandungan dlu aj siapa tw hasil USG ny mengatakan berbeda gt kita jg ga tau gt gan

smoga info saya membantu kalo berkenan bagi ny y gan makasih gan lekas sembuh y hehehe
Quote:Original Posted By algorit
permisi tunpang tanya dong
tadiabis baca trit di lounge mengenai"kelamin yang bengkok"
bisa dijlasin ga itu karna apa dan bisa ga mengembalikannyake keadaan semula?

pertanyaan kedua mata ane ko belang ya?
kalo bagian mata yang tengah (sekitar bulatan hitam mata) ko kecoklatan trus ada kaya urat" gitu kenapa ya?
sedangkan bagian atas dan bawahnya putih biasa.
bisa ga dikembalikan ke keadaan semula yaitu putih bersih?


tolong difoto gan mata ny soalna bingung saya mengenai deskripsi agan gt dibagian mana ny gt ok?eheheh nah kalo kelamin bengkok itu harus dikonsul kedokter ntar mungkin diberikan terapi khusus gt untuk memperbaiki posisi ny namun kalo memang dr kecil begitu y tak masalah kcuali bengkok karena trauma gt nah itu baru masalah gan

smoga info saya membantu klo berkenan bagi ny y gan mkasih
Quote:Original Posted By flashv5
siang dok..

mau nanya nih, gmn y caranya supaya nambah berat badan..?
porsi makn udh ditambah sig dok, tpi beratnya ngga nmbh2 jga...
jdi ngga pede nih, dibilang kurus...hehe..
umur 21 tahun,,
tolong y dok..
maksih...


perbanyak makan karbo, prot....sedikit tp sering agar metabolisme tetap terjaga...
jgn lupa latian fisik n kardio untuk memacu sel tubuh kita lebih aktif so biar bro lebih "berisi"

ga perlu pk obat2an, ini kan hny ingin memperbaiki indeks massa tubuh, jadi pk yg alami aj

semoga sukses bro

Quote:Original Posted By enyonkk
gini gan ane mau tanya gimana ya cara ngobatin adik ane satu-satunya ini...adik ane umur 16 tahun kelas 1 sma.......udh beberapa bulan ini katanya adik ane haid tp ga normal, haidnya keluar selama 3 minggu......lama banget kan gan......

ane udah nyari digoogle tp ga ketemu obatnya apa....jadi ane pengen banget bisa nemuin obatnya apa agar bisa sembuh.....

tolong pencerahannya ya gan....!!!!! kalo bisa kasih tau gimana cara penyembuhannya..... tolong ane ya gan.......


hmm, lama juga....keluarnya bnyk ga bro?? sakit ga?? beberapa bulan itu uda berapa lama??

menurut saya itu uda ga normal ya...
yg normal lamanya kurang lebih 5 +/- 2 hari
bnyk nya kurang lebih 80 ml (sepertiga gelas aqua)
diluar itu lebih baik dikonsul ke obgyn, jgn menunggu lama karena ini juga menyangkut masa depan juga
Quote:Original Posted By fallenangel22
hehehe....ikutan ya bro
obat yang bisa sembuhin segala penyakit??? jelas ga ad bro...
jadi dokter uda lama, mahal pula....jualan itu aj bisa dong saya, ga usa baca buku yg tebal kyk saat ini hehehe

klo masalah ga enak am anak c boss, coba aj bilang lg ga ada waktu or emank kurang minat =)

dikaji dulu bro =)


Quote:Original Posted By syaarif
serius loh!! *baca gaya abg overdosis

hehehehe

kalau saya bilang air rendaman cucian bisa buat obat diabetes, lo percaya?

biarpun mungkin propolis itu memang ada efeknya (walaupun ga mungkin nyembuhin semua penyakit)

tapi MLM itu CACAT, CACAT dan CACAT. Susah kali agan ni diberi tau

kalau bisnis bener itu mending beli barang trus jual dengan keuntungan. itu duitnya langsung! nyata! dan ga pake downline-downlinan!

Hanya orang-orang pemalas yang berpikir kalau downline2nya akan bekerja untuk merekalah yang akan sangat tertarik dengan MLM


Quote:Original Posted By satzelda
waduh ..segala penyakit..??bisa2 dokter pada pensiun donk..RS bangkrut jg..bohong gan...
atau agan minta sumber nya aja darimana ilmu propolis bisa menyembuhkan segala penyakit..harus disertai sumber yg jelas atau hasil penelitian tertentu..jgn asal percaya gan..


Quote:Original Posted By syaarif
tadi saya udah sempetin google2 dikit, mending ga usa tanya sumber ilmunya atau penelitiannya. Karena mereka sudah pasang perangkap terutama untuk masyarakat2 awam yang lumayan kritis tapi kurang memiliki pengetahuan tentang metode, langkah2, hasil, implementasi dari sebuah penilitian.

sori bro, bukan saya ngga setuju, tapi lebih amannya ga usa menyarankan mencari data2nya daripada malah terjerumus, godaannya besar soalnya MLM itu (pengalaman dulu waktu awal S1)


thx masukannya mas bro semua..saya jadi tambah yakin buat nolak,

sekalian trit ini saya bantu :::
Quote:Original Posted By whateverbaelah
agan2 semua, ane ikut nanya ya mungkin ada yg tau.. kemarin jumat kan ane kecelakaan mtr, terus dijahit kena 4 jahitan
nah ane dikasih 3 jenis obat :
1. mexon kaplet (obat radang), mengandung (deksametason 0,5 mg , deksklorfeniramin maleat 2,0 mg)
2. cargesik kaplet (obat nyeri), mengandung (asam mafenamat 500 mg)
3. tromilin (antibiotik), mengandung (erythromycin 500 mg)
koq ane jd sering cegukan ya gan (hampir tiap beberapa jam, pdhl sebelumnya ane gk pnh cegukan sesering ini) sumpah ngeselin bgt , kdg lambung sakit bawaannya laper jg..
apa ada salah obat ya gan?


Asam mefenamat salah satu efek sampingnya yaitu dyspepsia (rasa tidak nyaman pada lambung). cegukan itu terjadi karena lambung yang terluka akan sesekali mengalam gerakan anti-peristaltik sehingga membuat iritasi pada saluran cerna atas dimana terdapat persarafan otot diaphragma. Iritasi dari persarafan tersebut dapat menyebabkan cegukan
Quote:Original Posted By Natthaweeranuch
buat para sesepuh thread ini, saya mau tanya apakah untuk penderita Diabetes Mellitus, kata temen saya daya kerja dari suntikan insulin sintetik, lebih lemah dari insulin babi..?
soalnya, dia bilang, kesamaan genetik manusia dengan babi hampir banyak yang sama...
Kalo emang lebih bagus, ane kok ga pernah ya liat ada orang jual insulin babi..?
padahal kan buat kesehatan..


dulu iya, sekarang insulin sintetispun sudah beraneka ragam dengan kualitas yang tidak kalah dengan insulin babi dan dengan cara kerja yang lebih bervariatif
Quote:Original Posted By flashv5
siang dok..

mau nanya nih, gmn y caranya supaya nambah berat badan..?
porsi makn udh ditambah sig dok, tpi beratnya ngga nmbh2 jga...
jdi ngga pede nih, dibilang kurus...hehe..
umur 21 tahun,,
tolong y dok..
maksih...


teorinya sih = kalori masuk > kalori keluar
tapi kenyataannya tidak sesederhana itu
kalori masuk dipengaruhi :
- jumlah kalori dari makanan dan minuman yang masuk terutama dari gula
(jadi tidak selalu makan banyak akan memasukkan kalori yang banyak pula) harus pandai2 pilih makanan dan minuman yang tinggi kalori

-efisiensi tubuh dalam menyerap kalori yang masuk (sangat dipengaruhi usia, genetis, pola makan)

kalori keluar dipengaruhi:
- gaya hidup (olahraga, pekerjaan, kebiasaan, pola pikir)
jelas olahraga akan meningkatkan jumlah kalori yang keluar, sedangkan pekerjaan yang lebih banyak duduknya akan sangat menghambat pengeluaran kalori, kebiasaan untuk berjalan ke kantor, tidak menggunakan lift akan menambah kalori keluar)

- BMR ( basal metabolic rate ) adalah jumlah kalori yang digunakan tubuh untuk "maintenance" fungsi-fungsi tubuh, hal ini sangat dipengaruhi oleh bentuk tubuh, tinggi badan, rasio jaringan lemak dan otot, genetis, tipe makanan yang dikonsumsi, perubahan pola hidup, dlsbgnya


Nah saya sarankan dari pada menggemukkan badan (tidak sehat) lebih baik agan berusaha meningkatkan massa otot, caranya? cari fitness centre, sewa personal trainer dan minta program body building
Quote:Original Posted By akbarwe
gan ane mau tanya dong

ada seorang pasien laki2 datang fisiknya si keliatannya seger gan
pas ditanya keluhannya mual dan terasa penuh di perutnya, terus pas dilakukan pemeriksaan fisik hasilnya:
ada spider nevi di dada, cuma 1 gan; terus spleenomegaly, schufner 2; palmar eritema ane ga yakin ada atau ngga habis ane belom pernah liat hehehe ; terus asites negatif kalo positif minimmal banget, soalnya bener2 ga keliatan, di perkusi juga kayanya ga ada gan, caput medusa ga ada, varises esofagus ga ada
hasil labnya albuminnya 2,6, urem creatinin normal, sgot 42(naik 5) sgpt normal, hb 9, leukosit 4400, trombo 139000, ht 33
pasien ini ga kuning, bilirubinnya normal,
HbsAg nya positif tapi pas ane tanya riwayat hep B, dia bilang ga ada, terus ga pernah jajan, ga pernah di transfusi, pasien ini juga ga pernah minum alkohol, cuma paling riwayat minum paracetamol sejak umur 25 tahun setidaknya seminggu sekali, sama suka minum minuman berenergi
nah pertanyaan ane
1 kenapa dia mual ya??
2 sekarang kan dia dirawat, kapan dia bisa pulang?
3 infus yang dia pake sebaiknya berapa kolf ya sehari?
4 emang kalo sirosis harus dibatasin minumannya ya gan?
5 perlu diukur ga gann jumlah urinnya? buat apa ya gan kira2 kalo perlu?


makasih yaa gaannn


1. karena ada penekanan spleen ke rongga abdomen dan gaster, ada kemungkinan juga dyspepsia, coba digali lagi riwayat konsumsi obat2annya (pasien dengan riwayat mengkonsumsi PCT tiap minggu berpotensi juga sering mengkonsumsi NSAID
2. kalau keluhan mualnya sudah hilang
3. kalau tidak ada muntah2, perdarahan dan diare, cukup cairang phisiologis maintenance
4. kalau sudah ada portal hipertension dan ascites iya
5. kalau mau esbach ya ngga papa (melihat fungsi ginjal dan hati)

tambahan:
-Spleen yang membesar kemungkinan terjadi proses massive hemolysis sehingga mungkin diperlukan coba serial blood test dan MDT
- keluarga perlu di skreening Hep. B
- perlu USG abdomen dan hepar
- anda tidak boleh bilang tidak ada varises oesophagus sebelum dilakukan endoskopi
- perlu rasio albumin globulin untuk mengetahui fungsi liver
- Awasi KU, nadi, tensi, resp., suhu, Hb, dan trombosit. Waspadai perdarahan ruang ketiga dan plasma leakage
- Eliminasi kemungkinan DHF dan Typhoid.
Quote:Original Posted By algorit
permisi tunpang tanya dong
tadiabis baca trit di lounge mengenai"kelamin yang bengkok"
bisa dijlasin ga itu karna apa dan bisa ga mengembalikannyake keadaan semula?

pertanyaan kedua mata ane ko belang ya?
kalo bagian mata yang tengah (sekitar bulatan hitam mata) ko kecoklatan trus ada kaya urat" gitu kenapa ya?
sedangkan bagian atas dan bawahnya putih biasa.
bisa ga dikembalikan ke keadaan semula yaitu putih bersih?


kalau bengkoknya masih dalam batas normal (tidak lebih dari >40 derajat), tidak menggangu fungsi seksual, tidak menimbulkan rasa nyeri, tidak menyebabkan kram dan kesemutan. Saya rasa tidak perlu diapa2kan. tapi kalau ingin di reparasi bisa ke dokter bedah plastik. Penyebabnya banyak, al: keturunan, terlalu panjang, trauma (bengkok paksa karena hubungan seks, atau jatuh).

saya kurang jelas dengan penjalasan anda. Tapi asalkan tidak mengganggu fungsi penghilatan, tidak menimbulkan rasa nyeri, mata kering, perih, berair. berarti tidak ada masalah. namun apabila anda cemas karena alasan kosmetik coba konsultasi ke dokter mata.
Quote:Original Posted By Javapips
mau ikut tanya dong...,
sy punya penyakit kulit di bibir, pertama2 biasanya tumbuh bintik2 kecil banget pas di kulit bibir (anehnya buat kasus sy salalu di bibir bawah), bintik2nya seperti berisi air gt, kecil2, trus rasanya gatal,

nanti lama2 (sambil saya beri obat elcon / satu lg namanya agak2 lupa, betanol kl gak salah) bisa kering sendiri , trus kaya luka koreng bekas luka jatuh gitu, trus lama2 kering, trus ilang deh bekas lukanya smua...tp gak sampai disitu...nanti suatu saat beberapa bulan kemudian gitu lg...paling gak satahun 1 sampe 2 kali...total penyakit dr awal gatal sampe kering dan hilang kurang lebih 1 sampai 2 minggu..

ini lama2 sy jadi stress sendiri...soalnya udah dr kecil salalu dapet penyakit beginian...,kl udah kena gt smua aktifitas jd brenti, cos bikin gak PD... help me...

di keluarga sy yg kena penyakit beginian cm sy sm ibu aja, yg lain gak pernah,

katanya ada yg bilang krn alergi, sy selalu ingat2 dan tandai kl pas lg kena..,biasanya kl habis makan :
1.nanas
2. udang kecil2 atau olahannya (udang ky hokben atau masakan jepang tidak),
3. lg perubahan musim yg gak jelas hujan panas hujan panas bergantian...

itu biasanya langsung kena, mulai bintik2 kecil dimulut...

sy udah baca2 di internet, yg rada mirip2 sm gejala sy itu eksim/eczema, tp penyakit sy (kl dilihat di gambar google) gak separah eksim yg sampe kemana2 gt...soalnya kl disaya ukurannya kecil dan selalu di daerah bibir bawah. waktu bintik2 gatal, memang bintik2nya banyak, tp total daerahnya sekitar setengah cm (centi meter),

sy sendiri blum pernah ke dokter kulit, tp ibu sy pernah...dan gejala plus lukanya sm persis, jd ya sy pake obat yg sama seperti ibu sy..elcon itu...

nah ini gimana? sebenarnya penyakit itu apa? apakah penyebabnya? adakah faktor keturunan? obat yg sy pakai benar atau tidak? adakah obat alternatif lainya? bisakah sy sembuh total (tidak terkena lg maksutnya)...



semoga ada yg tau...trimakasih...


Saya kok lebih cenderung penyakit anda itu herpes. Coba anda konsultasi ke dokter kulit lainnya.

Spoiler for "kaya gini bukan?":

bertanya mngenai bnjolan d leher

agan2 sspuh dsni, ane mau nanya, d lher sblah kanan ane ada bnjolan, udh lmyan lama skitar 5-6thunan..ukurannya skitar 10-12mm, bnjolannya d dalam leher gan..
ane udh prnh cek k dokter sktar 2 thun lalu, ktanya ada cri2 bnjolan yg g brbhaya, g berwarna, g berkembang (tumbuh), g brwarna, & g sakit klo d sntuuh.. itu bner g gan?
sjauh ini sih bnjolan ny msuk krteria d atas smua.
Quote:Original Posted By andridm
agan2 sspuh dsni, ane mau nanya, d lher sblah kanan ane ada bnjolan, udh lmyan lama skitar 5-6thunan..ukurannya skitar 10-12mm, bnjolannya d dalam leher gan..
ane udh prnh cek k dokter sktar 2 thun lalu, ktanya ada cri2 bnjolan yg g brbhaya, g berwarna, g berkembang (tumbuh), g brwarna, & g sakit klo d sntuuh.. itu bner g gan?
sjauh ini sih bnjolan ny msuk krteria d atas smua.


ooo mungkin itu benjolan merupakan tumor jnak nah semua massa yg ada dalam tubuh kita dikatakan tumor namun dibagi jd 2 yaitu jinak n ganas nah kalo jinak maka tumor ato massa tersebut tak berkembang ato perkembangan ny lambat sekali serta tak berbahaya contohnya seperti kista gt tumor jinak

namu trkadang tumor jinak dpt menjadi ganas dan berbahaya sehingga disebut kanker gt gan nah menurut gw benjolan ny mending di biopsi di cek lab k dokter patologi anatomi gt gan untuk dilihat apakah berbahaya ato tidak dikarenakan jika berbakat berbahaya harus diangkad segera gan untuk menghindari keganasan gt ok?

smoga lekas sembuh y segera konsul aja ke dokter untuk cek lab ok?
smoga info saya membantu klo berkenan bagi ny y gan hehehe makasih
Quote:Original Posted By Javapips
mau ikut tanya dong...,
sy punya penyakit kulit di bibir, pertama2 biasanya tumbuh bintik2 kecil banget pas di kulit bibir (anehnya buat kasus sy salalu di bibir bawah), bintik2nya seperti berisi air gt, kecil2, trus rasanya gatal,

nanti lama2 (sambil saya beri obat elcon / satu lg namanya agak2 lupa, betanol kl gak salah) bisa kering sendiri , trus kaya luka koreng bekas luka jatuh gitu, trus lama2 kering, trus ilang deh bekas lukanya smua...tp gak sampai disitu...nanti suatu saat beberapa bulan kemudian gitu lg...paling gak satahun 1 sampe 2 kali...total penyakit dr awal gatal sampe kering dan hilang kurang lebih 1 sampai 2 minggu..

ini lama2 sy jadi stress sendiri...soalnya udah dr kecil salalu dapet penyakit beginian...,kl udah kena gt smua aktifitas jd brenti, cos bikin gak PD... help me...

di keluarga sy yg kena penyakit beginian cm sy sm ibu aja, yg lain gak pernah,

katanya ada yg bilang krn alergi, sy selalu ingat2 dan tandai kl pas lg kena..,biasanya kl habis makan :
1.nanas
2. udang kecil2 atau olahannya (udang ky hokben atau masakan jepang tidak),
3. lg perubahan musim yg gak jelas hujan panas hujan panas bergantian...

itu biasanya langsung kena, mulai bintik2 kecil dimulut...

sy udah baca2 di internet, yg rada mirip2 sm gejala sy itu eksim/eczema, tp penyakit sy (kl dilihat di gambar google) gak separah eksim yg sampe kemana2 gt...soalnya kl disaya ukurannya kecil dan selalu di daerah bibir bawah. waktu bintik2 gatal, memang bintik2nya banyak, tp total daerahnya sekitar setengah cm (centi meter),

sy sendiri blum pernah ke dokter kulit, tp ibu sy pernah...dan gejala plus lukanya sm persis, jd ya sy pake obat yg sama seperti ibu sy..elcon itu...

nah ini gimana? sebenarnya penyakit itu apa? apakah penyebabnya? adakah faktor keturunan? obat yg sy pakai benar atau tidak? adakah obat alternatif lainya? bisakah sy sembuh total (tidak terkena lg maksutnya)...



semoga ada yg tau...trimakasih...


saya pribadi lebih setuju dengan agan hollowfict, tapi biar agan ga khawatir ini saya jelaskan:

virus herpex simplex (HSV) itu ada 8 macam, namun yang memilki gejala seperti penyakit agan adalah HSV 1 dan HSV 2, HSV 1 biasanya menyerang daerah atas sedangkan HSV2 menyerang daerah bawah(kelamin). walaupun tidak tertutup kemungkinan adanya mutasi virus tersebut sehingga virus dapat berganti profil, namun kemungkinan kearah situ akan sangat kecil sekali.

Kemungkinan besar agan tertular virus ini dari ibu agan saat masih kecil lewat kontak langsung (wajah dengan wajah), kemudian virus tersebut bersemayam di sel-sel saraf di daerah wajah dan hanya dapat keluar bila waktu dan saatnya tepat, biasanya virus ini keluar ketika host sedang dalam keadaan immunitas yang lemah, baik karena kecapean, sedang sakit, ataupun karena obat2an penurun imunitas. dan tidak menutup kemungkinan agan sudah menulari orang lain yang pernah kontak wajah dengan agan, terutama apabila orang tersebut sedang lemah imunitasnya.

Jadi agan bisa agak sedikit lega, karena virus HSV 1 ini bukanlah virus menular seksual (kecuali terjadi mutasi) namun ini adalah virus yang menular melalui kontak langsung terutama di bagian wajah.

pencegahan penyakit ini yaitu kita harus mencegah oppotunity dari virus tersebut, yaitu menurunnya imun sistem kita, caranya? jangan kecapean, makan yang cukup, istirahat cukup, banyak konsumsi anti-oksidan (vit.C dan E) dan rutin berolahraga.

pengobatan penyakit ini dilakukan dengan memberikan salep aciclovir 2-3x/hari pada bagian luka setiap habis mandi. Kemudian juga mengkonsumsi aciclovir tablet 400 mg 5 kali sehari. Sangat disarankan untuk mengobati saat gejala2 awal penyakit baru mulai muncul. sementara penggunaan salep antibiotik bisa ditambahkan untuk mencegah pernanahan, dan salep corticosteroid(elocon) sangat tidak dianjurkan karena justru akan memperparah reaksi virus.

dapatkah agan sembuh? hehehehe.... tidak gan, sori ya
tapi dengan pengelolaan yang tepat virus ini bisa hanya muncul 3-6 tahun sekali
Penjelasan2 Agan Syaarif

Quote:Original Posted By syaarif
saya pribadi lebih setuju dengan agan hollowfict, tapi biar agan ga khawatir ini saya jelaskan:



wah trimakasih penjelasannya bang...rada sedikit lega sekarang..

sedikit koreksi dr obat yg pernah sy pakai, setelah sy tanya ke ibu ternyata obat sy bukan betanol, tp BETASON, sm elocon (yg 'elocon' sudah lama, wkt sy masih SMP/SMA, sekarang sy 26 th)

praktis sampai hari ini malah belum sy obati apa2..,tidak seperti sakit tahun2 sebelumnya (sy dapat sakit biasa bulan sep- nov, tp taun kemarin tidak dapat...sakit yg terahir +/- bulan oktoberan 2 tahun lalu, sy kasih betason + insidal), sekarang krn stelah baca2 malah jd kwatir salah, ya jdx malah sy diemin... bisa jd slama ini sy cm beruntung bs sembuh dengan obat2 itu..(kakaknya ibu [aka: bude] jg pernah kena katanya, didiemin aja sembuh kata bude...jd ya mungkin wajar kl sy pakai obat yg rada mepet2 dikit jg sembuh..maklum orang kampung kita itu, jd gak terlalu ngerti plus peduli sm kesehatan...)

sekarang ini (jd sudah 2 hari sm hr ini) sy cuma minum CTM 1x/hari, vitamin c (Vitacimin 2 smpe 3 x sehari), sm buah2an yg banyak..menu makan sy tidak berani macem2, kl sedang sakit begini sy brenti makan ikan,telor,atau apapun yg saya curigai (hasil insting sendiri tentunya) bisa tambah memicu gatal2, jd ya makannya cm sm sayur, nasi aja..plus krupuk..

harusnya sy ke dokter kulit sekarang, tp krn tidak tau dokter kulit ya mungkin sambil jalan aja, (kl ada yg tau dokter kulit yg di semarang tolong di PM ya, kl bisa sekalian alamat lengkapnya, sukur2 ada yg daerah semarang atas..cos sy itu jarang pergi2 jd kurang tau daerah semarang)

yg lebih sy kwatirkan sebenarnya bukan penyakit sekarang, tp 'buat nanti' sebetulnya, krn kemungkinan taun depan sy berencana akan menikah, jd sy takut kenapa2...jd sebelum menikah sy harus ke dokter dl buat mastiin & konsultasi bagaimana2nya...

trimakasih ya atas menjelasannya, sekarang sy ada sedikit gambaran..paling gak tau dl kl penyakit ini bs menular...

oh ya, kl kena penyakit ini sebaiknya tidak boleh melakukan hubungan badan ya? sperti berciuman/lainya,
hal2 apalg yg dilarang?
(apa sebaiknya sy kasih tau ke ibu jg ya biar gak menulari yg lain?)

btw trimakasih penjelasannya,,,sy masih ada banyak pertanyaan tentang badan, cos sy rasa, sy itu sedikit gak normal dr sisi psikologis dan kesehatan, gaya hidup jg tidak sehat, sy pengen berubah tp sudah terlanjur jd kebiasaan, jdnya susah.....nanti kapan2 boleh tanya lg ya, sekarang biar yg lain jg kebagian tempat buat tanya....monggo...

trimakasih..bang syaarif, hollowfict, cokat, cextan, dan smua yg udah kasih respon (sebelumx sy kira sy gak akan dpt respon cos bannyak thread yg udah kadaluarsa plus sedikit semrawut di kaskus....jd lah sy posting dimana2..hehehe..)



@ bang syaarif,

bang kl obat ACYCLOVIR itu harus pakai resep dokter atau tidak? sembari sy belum bisa ke dokter kulit apa sekarang bisa di coba dl? trimakasih..