polisidaruratAvatar border
TS
polisidarurat
Close to You | Remembering the Carpenters (1969-1983)



Chapter 1. Introduction

Carpenters adalah duo vokal dan instrument yang terdiri dari dua kakak beradik, Richard Lynn dan Karen Anne Carpenter. Dengan ciri khas harmoni musik popnya, mereka berhasil membukukan sejumlah rekaman terpopuler dalam American Top 40, dan menjadi tokoh terkemuka dari genre soft rock dan menduduki salah satu tempat paling terkemuka di antara para artis rekaman dalam dasawarsanya. Diperkirakan penjualan album dan single Carpenters mencapai lebih dari 100 juta copy, dan menjadikan mereka bagian dari daftar pemusik rekaman terlaris sepanjang masa.

Dalam 14 tahun karirnya, Carpenters menghasilkan 11 album rekaman dan 31 singles. Kematian Karen pada 1983 akibat anorexia nervosa mengakhiri karir Carpenters sekaligus meninggalkan begitu banyak lagu-lagu indah yang akan selalu diingat oleh banyak orang.


Chapter 2. History
1. Richard Lynn Carpenters

Lahir pada 15 Oktober 1946 di New Haven, Connecticut. Richard adalah seorang anak yang pendiam dan banyak menghabiskan waktunya dengan mendengarkan musik dan bermain piano. Pada 1964, Richard diterima di Long Beach State, tempat dimana dia bertemu dengan beberapa teman yang berperan sangat penting dalam karir Carpenters : John Bettis yang ikut membantu dalam menciptakan lagu "Top of the World", "Goodbye to Love" dan "Only Yesterday" ; Wesley Jacobs yang bermain bass dan tuba untuk Richard Carpenter Trio ; Frank Pooler, salah satu kolega Richard yang ikut berkolaborasi dalam pembuatan lagu "Merry Christmast Darling" (1966) sekaligus menjadi guru piano Richard.

2. Karen Anne Carpenter


Karen yang dilahirkan pada 2 Maret 1950 adalah sosok yang periang dan mudah bergaul, namun tidak menunjukkan bakat bermusik sama sekali hingga usia 14 tahun. Di tahun pertamanya di Downey High School, Karen bergabung dengan marching band sekolah dan memainkan alat musik glockenspiel (alat musik seperti gamelan yang berasal dari Jerman). Terinspirasi oleh salah satu temannya, Frankie Chavez, Karen mulai tertarik untuk bermain drum dan sering memainkan drum dengan sumpit. Hal ini direspon dengan baik oleh kedua orang tua nya dengan membelikan Karen sebuah drum set. Karen belajar dengan sangat cepat dan pada 1966 bergabung dengan kakaknya membentuk Richard Carpenter Trio.

3. Richard Carpenter Trio



Pada medio 1966, Richard Carpenter Trio yang terdiri dari Richard, Karen dan Wesley mengikuti Hollywood Bowl Battle of the Bands. Mereka memenangkan kompetisi ini dengan memainkan lagu "Girl from Ipanema" (dipopulerkan oleh Frank Sinatra) dan "Iced Tea". Dengan bekal ini, mereka sekaligus mendapatkan kontrak rekaman dengan RCA Record. Di dalam album ini, terdapat sejumlah lagu seperti "Strangers in the Night" dan "Every Little Thing".

4. Spectrum



Pada 1967, Karen dan Richard bergabung dengan sejumlah musisi dari universitas Long Beach State mebentuk grup musik Spectrum. Salah satu anggota Spectrum, John Bettis, bekerja bersama dengan Carpenters sampai akhir karir Carpenters pada 1983.

5. Pre-Carpenters


Spectrum membubarkan diri pada 1968, disertai dengan hengkangnya Wesley Jacobs ke Detroit Symphony Orchestra. Richard dan Karen kemudian mengirimkan demo tape ke A&M Records milik Herb Alpert. Alpert sangat tertaik dengan musikalitas Karen dan Richard. Pada 22 April 1969, Carpenters resmi terbentuk dengan menandatangani kontrak rekaman bersama A&M Records.
0
9.3K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan