iwsiws
TS
iwsiws
(Share) tutorial backup/cloning/nge-ghost/imaging pakai ghost dan acronis ATIH 2011
(Share) tutorial backup/cloning/nge-ghost/imaging pakai ghost dan acronis ATIH 2011
Jika suatu saat gambar-gambar hilang, silahkan download versi pdf dari tutorial ini disini:
[url]http://www.4*shared.com/file/aePcPThs/kaskus_iwsiws.html[/url]

Ini tutorial buat newbie, buat para master mohon maaf bukan bermaksud menggurui.

Mohon maaf juga kepada agan-agan yg menjual jasa install windows/apps, bukan bermaksud mengurangi lahan agan-agan.

Langsung saja:

Wajib Baca:

1)Apa itu backup or cloning or nge-ghost or imaging
Yaitu, membuat file image dari partisi HD khususnya partisi sistem (windows/linux/mac). File image ini ekstensionnya macam-macam tergantung soft yg dipakai untuk backup seperti GHO, TIB, dll.

2) Apa itu restore?
Mengembalikan windows/linux dari rusak menjadi normal menggunakan file image hasil backup.

3)Manfaat Backup.
- agar gak perlu install ulang jika suatu ketika windows/linux rusak gara-gara virus, HD rusak, dan hal-hal lainnya. Agan-agan gak perlu lagi ke tukang servis/jasa install ulang, bisa ngirit biaya dan waktu.
-Install ulang makan waktu berjam-jam (instal windows, driver, aplikasi, setting jaringan, modem, dll ini itu tetek bengek, blm lagi waktu untuk browsing nyari driver). Sementara kalo sdh punya backup, hanya butuh waktu 5-20 menit untuk restore mengembalikan sistem seperti semula (sama seperti sesaat sblm dibackup).
- file backup bisa direstore (install) di komputer/laptop lain yang sejenis jadi gak perlu install mulai dari nol. Contoh. Hasil backup windows netbook hp mini bisa dipake di netbook acer Aspire One (tested, ane dah buktiin sendiri) kok bisa? Netbook mesinnya sama semua, intel NM10. Contoh lain. Hasil backup komputer dg MB G31 Intel bisa dipakai di komputer dg MB G31 Xtreme, karena mesinnya sama, yaitu intel G31.
-Yg lebih hebat lagi, file backup linux (ane coba ubuntu 10.10 pake acronis 2011) di suatu komputer bisa direstore di sembarang mesin, ane dah coba dual core, Cel 430, AMD, PIII, P4, netbook HP, Laptop HP, netbook acer.

4) Cara menyimpan file backup: burn ke dvd verbatim biar aman, selain tentunya disimpan di HD di partisi yang aman agar memudahkan restore. Untuk jangka panjang, jangan pake dvd murahan, ntar setelah beberapa bulan gak bisa kebaca ama DVD Rom nya.

5) apakah backup&restore sulit? Sangat mudah, lebih sulit instal program bajakan.

6) apakah soft untuk backup perlu diinstall ke HD komputer? Tdk pake install, software jalan via CD atau flash disk

7) software untuk backup apa saja? Ada banyak seperti symantec ghost (versinya macam-macam, dos, windows), Acronis (versinya juga macam-macam), Fsarchiver, Machrium Reflect, Clonezilla, G4L, dll. Ane dah nyoba hampir semuanya.

8) software mana yang mudah dipakai dan handal tentunya? Pavorit ane Symantec.Ghost.11.5 dan acronis true image home 2011 (ATIH) boot cd.

9)Jangan membackup windows yg masih sakit. Sblm dibackup, pastikan semua driver terinstal sempurna dan semua aplikasi yg diperlukan juga terinstal sempurna dan pastikan tdk ada virus yang msh bersarang.
0
48.7K
276
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan