KASKUS

kunci dari ternak lele ukuran kecil
1. persediaan makan yang cekupmbanyak ( berupa planton atau Z)
2. musuh dalam kolam( belut, ikan laian nya, dll)
3. besar kolam dan kedalaman
4. sinar matahari
5. jenis induk
udah ada yang panen belom ??
kalo udah berapa harga pasaran di daerah bandung ??
gan ane jual lele ukuran 15 - 20cm.borongan kira2 ada 1000 ekor. silahkan PM posisi ane jakarta utara
wah ... ane juga gan petani lele nih ... khususnya lele sangkuriang ... moga moga bisa kerjasama ...
kayaknya peluang bisnisnya bagus nih, jadi minat..
tp sbelumnya mo nanya dulu..
1.biaya pelet lele brp /kg nya?
2.persentase kematian lele brp%? apakah faktor cuaca berpengaruh?
mdah2an kita semua bisa sukses ya ternak lelenya...
saya ternak lele d kolam terpal gan..
salam dri petani lele bogor

leleku mati....ti.ti...

Quote:Original Posted By mastekop
Menarik gan, saya juga lagi belajar budidaya lele organik gan. sekarang proses perendaman kascing dalam kolam. saya belajar dari p Hadibasori dan p H Kohar Banyuwangi. Disana pake kompos yang dibuat dari EM-4dkk. Saya pakai kascing saja. Perendaman 15 hari, saya baru 9 hari ini.

Info dari sukabumi ini perlu kita perhatikan. Jangan hanya lihat duwitnya saja, tetapi kita harus belajar banyak dari teman-2 kita. Lele dengan methoda rumah kaca boleh juga. Kata temen-2 di Banyuwangi, kolam harus dapat sinar matahari min 70% per harinya. Dengan rumah kaca mestinya lebih bagus. Wallahualam.


Wah bisa juga ya ...karena curah hujan...mungkin termasuk saya niehhh..hehe
saya juga si sukabumi - salabintana,
saya baru nyoba ternak lele sangkuriang : uk 5-7cm sebanyak 3000 ditebar di kolam uk 3x5 m , umur 1 s/d 3 minggu pertumbuhan bagus dan lincah2 alias sehat....ini saya kasih pakan pf1000 dengan harga 12000/kg, kebetulan menginjank minggu ke 4 pakan abis akhirnya beli pakan yg harga 8000/kg namanya lupa.
tapi apa yg terjadi setelah dikasih pakan ini, leleku napsumakannya jadi berkurang dan pada mati......-)))
Apa ini karena pakan atau air huajannnnnnn......?
Tolong ya kasih info,,,,biar ga pada mati... tii
kalau memang masalahnya air hujan, bisa gak sih ngatasinya dengan cara di tebar garam murni?
Quote:Original Posted By selikoer
kalau memang masalahnya air hujan, bisa gak sih ngatasinya dengan cara di tebar garam murni?


Misi agan agan sekalian, ane ikutan nimbrung nih...
babeh ane dari dulu udah Usaha pembibitan lele segala macem
akhir akhir ini jenisnya Ya sangkuriang ini...

Rada paham juga ane gan masalah beginian.
[secara dari kecil ane maen sama lele ]


Kalo masalahnya air hujan ya solusinya kasih garam yang kiloan itu gan.
babeh ane biasanya gitu...buat ngatur PH air katanya mah...
Quote:Original Posted By dahanstore
Wah bisa juga ya ...karena curah hujan...mungkin termasuk saya niehhh..hehe
saya juga si sukabumi - salabintana,
saya baru nyoba ternak lele sangkuriang : uk 5-7cm sebanyak 3000 ditebar di kolam uk 3x5 m , umur 1 s/d 3 minggu pertumbuhan bagus dan lincah2 alias sehat....ini saya kasih pakan pf1000 dengan harga 12000/kg, kebetulan menginjank minggu ke 4 pakan abis akhirnya beli pakan yg harga 8000/kg namanya lupa.
tapi apa yg terjadi setelah dikasih pakan ini, leleku napsumakannya jadi berkurang dan pada mati......-)))
Apa ini karena pakan atau air huajannnnnnn......?
Tolong ya kasih info,,,,biar ga pada mati... tii


sama aja gak di Ja-Bar gak di Sumatera lg pada K.O gan, , , lg nyoba gurame nih
Gan, ada kenalan bandar lele di sekitar depok ga buat pemasaran..lagi mau coba usaha nih, tapi bingung pemasarannya.tolong bantuannya ya gan..
Quote:Original Posted By dahanstore
Wah bisa juga ya ...karena curah hujan...mungkin termasuk saya niehhh..hehe
saya juga si sukabumi - salabintana,
saya baru nyoba ternak lele sangkuriang : uk 5-7cm sebanyak 3000 ditebar di kolam uk 3x5 m , umur 1 s/d 3 minggu pertumbuhan bagus dan lincah2 alias sehat....ini saya kasih pakan pf1000 dengan harga 12000/kg, kebetulan menginjank minggu ke 4 pakan abis akhirnya beli pakan yg harga 8000/kg namanya lupa.
tapi apa yg terjadi setelah dikasih pakan ini, leleku napsumakannya jadi berkurang dan pada mati......-)))
Apa ini karena pakan atau air huajannnnnnn......?
Tolong ya kasih info,,,,biar ga pada mati... tii



bagaimana kalau air nya dikasih garam gan

Turut bersedih yah atas kematian lele nya
kalo beli bibit n indukan di daerah lampung dimana ya? atau kalo mau kirim2 gitu min order berapa yah?
salam kenal bro.. trit ente udah ane ctrl+d.
ane juga domisili di bandung. dan ada minat buat ternak lele. tapi klo dari yg ane baca2 ternak lele gampang2 susah juga ya bro.. malah ada yg jadi usaha pembenihannya doank..
klo ane buka tambak lele di daerah banjaran kira2 masih ok ga ya gan? mengingat daerah itu bersuhu rendah, apakah ngaruh ke lelenya..? trus dari yg ane baca lele ga kuat kena hujan ya gan? klo kolamnya di buat atap/dilindungi pake plastik transparan gmn ga? apakah bisa jadi solusi yg murah?
btw mohon bimbingannya gan.. nubi bener ane dibidang perlelean
sepi amat nih lapak...
Quote:Original Posted By raisinscone
ane juga punya usaha lele sangkuriang gan,,tp sudah 2 bulanan gt(sejak beli ukuran 7-8) belum bisa panen2 ya??padahal ud dikasih vitamin jg,,
saya membesarkan lele dikolam ukuran 3x2 dg isi 1500 lele,,,saya ud beli makanan 2 karung padahal..tp sampe sekarang lele saya belum keliatan akan bisa dipanen masih sekitar 15cm gtu ukurannya,,,

apa ada yg salah ya??
tolong bantuannya jika ada master lele...
thx..


kolam ukuran segitu terlalu banyak lelenya. ane dapet saran dari yang udah ngejalaninnya. idealnya adalah 200 ekor / m2, jadi untuk ukuran kolam 2 x 3 m2 / 6 m2 idealnya adalah 6 x 200 ekor = 1200 ekor


selain itu lele juga butuh oksigen yang bagus ( walaupun lele termasuk ikan yang tahan terhadap kondisi air yang miskin oksigen) supaya nafsu makannya tinggi/rakus.Pake blower atau aerator dan juga filter. wAllaHu'alam
Quote:Original Posted By mata2ku
kolam ukuran segitu terlalu banyak lelenya. ane dapet saran dari yang udah ngejalaninnya. idealnya adalah 200 ekor / m2, jadi untuk ukuran kolam 2 x 3 m2 / 6 m2 idealnya adalah 6 x 200 ekor = 1200 ekor


selain itu lele juga butuh oksigen yang bagus ( walaupun lele termasuk ikan yang tahan terhadap kondisi air yang miskin oksigen) supaya nafsu makannya tinggi/rakus.Pake blower atau aerator dan juga filter. wAllaHu'alam


Bener ini saran agan ini, tapi untuk pemula bagusnya per m2 hanya disi kira2 100 lele dlu biar buat belajar dlu gan. baru ditambah sedikit demi sedkit kalau menurut ane sih 200 itu juga udah terlalu banyak. Dikhawatirkan dengan populasi yang semakin banyak, jadi pada rebutan makanan dan banyak yang gedenya kuntet. Sehingga bakal jadi mangsa yang lebih besar, lain masalah kalau agan sering sortir lelenya.

Kalau untuk lele pedaging sih masalahnya paling di air sama makanannya gan. Kalau air sebelum di masukkan lele harusnya disiapin dlu pupuk kandang di dalamnya minimal 10 hari jadi udah ada ketersediaan makanan dan lele jadi nyaman. Untuk bagusnya sih tinggi air kalau bisa min 1,2 m gan biar lelenya nyaman.

Pakan juga berpengaruh ente ngasih makan apa?, pelet apung atau pelet tenggelam, ayam tiren, sisa katering atau daging2an. Kalau di kasih ayam tiren atau sejenisnya lele bisa tumbuh lebih cepat bahkan ada yang pernah bilang dari uk 4-5 di kasih sisa sosis dan daging ham reject sebulan aja bisa panen. Tapi air harus sering di ganti biar gak banyak sisa2 dan air jadi bau. Kalau sering hujan sih katanya harus di tambah garam agar ph air, tapi ane alhamdulillah gak dikasih garam juga udah pada rakus2 bgt makannya. Oh ya untuk pemberian makan kalau menurut aturan sih kasih makan dari jam 7-8 pagi, jam 12-1 siang dan jam 6-7 sore, tapi kalau mau cepet gede kasih aja setiap 3 atau 4 jam sekali. Pemberian pakan dilakukan sedikit-sedikit tapi sering gan makanya agak lama. Soalnya untuk menghindari yang gak habis sehingga bikin air bau. Kalau pemberian pakan terapung lebih baik dilakukan secara menyebar, klau pakan tenggelam/ayam tiren/daging dan sejenisnya lebih baik difokuskan di satu titik biar gak bikin bau air

Kalau untuk pemasaran ente datengin aja gan pasar2 ikan, atau para pengepul. Ntar mereka ambil di kolam agan, bisa juga tawarin ke tukang2 pecel lele atau nasi padang. Tapi mereka biasanya belinya dikit aja.

Kayaknya itu aja yang ane denger dari petuah salah satu anggota peternak cahaya kita. Kalau salah maafin ya gan. Soalnya ane nubie
Quote:Original Posted By KyoShir0
Bener ini saran agan ini, tapi untuk pemula bagusnya per m2 hanya disi kira2 100 lele dlu biar buat belajar dlu gan. baru ditambah sedikit demi sedkit kalau menurut ane sih 200 itu juga udah terlalu banyak. Dikhawatirkan dengan populasi yang semakin banyak, jadi pada rebutan makanan dan banyak yang gedenya kuntet. Sehingga bakal jadi mangsa yang lebih besar, lain masalah kalau agan sering sortir lelenya.

Kalau untuk lele pedaging sih masalahnya paling di air sama makanannya gan. Kalau air sebelum di masukkan lele harusnya disiapin dlu pupuk kandang di dalamnya minimal 10 hari jadi udah ada ketersediaan makanan dan lele jadi nyaman. Untuk bagusnya sih tinggi air kalau bisa min 1,2 m gan biar lelenya nyaman.

Pakan juga berpengaruh ente ngasih makan apa?, pelet apung atau pelet tenggelam, ayam tiren, sisa katering atau daging2an. Kalau di kasih ayam tiren atau sejenisnya lele bisa tumbuh lebih cepat bahkan ada yang pernah bilang dari uk 4-5 di kasih sisa sosis dan daging ham reject sebulan aja bisa panen. Tapi air harus sering di ganti biar gak banyak sisa2 dan air jadi bau. Kalau sering hujan sih katanya harus di tambah garam agar ph air, tapi ane alhamdulillah gak dikasih garam juga udah pada rakus2 bgt makannya. Oh ya untuk pemberian makan kalau menurut aturan sih kasih makan dari jam 7-8 pagi, jam 12-1 siang dan jam 6-7 sore, tapi kalau mau cepet gede kasih aja setiap 3 atau 4 jam sekali. Pemberian pakan dilakukan sedikit-sedikit tapi sering gan makanya agak lama. Soalnya untuk menghindari yang gak habis sehingga bikin air bau. Kalau pemberian pakan terapung lebih baik dilakukan secara menyebar, klau pakan tenggelam/ayam tiren/daging dan sejenisnya lebih baik difokuskan di satu titik biar gak bikin bau air

Kalau untuk pemasaran ente datengin aja gan pasar2 ikan, atau para pengepul. Ntar mereka ambil di kolam agan, bisa juga tawarin ke tukang2 pecel lele atau nasi padang. Tapi mereka biasanya belinya dikit aja.

Kayaknya itu aja yang ane denger dari petuah salah satu anggota peternak cahaya kita. Kalau salah maafin ya gan. Soalnya ane nubie


wah menarik bgt tulisan ente gan... ane seneng bacanya. btw, lele apa yg agan ternak? klo boleh tau nih.. utk lahan ukuran 10m persegi ideal nya brp lele yg dimasukin? dan ukuran brp benihnya? trus apa aja nama pakan2nya yg wajib diberikan ke lele kita..? klo bisa sekalian harga pakannya gan... hehehehe dan idealnya panen bulan ke brp? ato setelah ukuran brp? hehehehe2 maaf nih gan banyak tanya.. soalnya ane mau cb hitung2 utk buat proposal..
cendol menanti nih gan...

mau tanya gan

Gan saya tertarik dengan usaha ini, bagaimana cara memulainya.
apa mungkin saya bisa sharing langsung dengan agan ? kebetulan saya di bandung
wah ane udah piara gan, udah 3 bulan, dlu mati banyak, skarang tinggal dikit
ane sundul aja ni thread gan, mo olahraga dlu, tar mampir lagi...hehe