ribet pokoknya skg
pengalaman ane ang sekitar 7 bulan yg lalu.
sedikit singkat dan aneh .kebetulan saya belum ngerti gmna bikin sim C
sy langsung berangkat ke polres .
tempat bikin SIM nya juga sya ga tau dmna.
sya tanya sama polisi di disitu .
eh malah di tawarin mau di bantu ngga???
saya bingung gan ko di tanya gini . ya sudah saya jawab mau pak !! dan di kasilah harga 3XXXXX di suruh tes darah . isi formulir . sidik jari . photo dan langsung jadi gan hihiihih
sim C dulu tahun 2000an
sekolah lg bebas, nggo sragam marek ning polres.
mrX : arep apa dek??
Isun : Gawe SIM motor pak, ning endi ya???
msX : wis mene ning kita bae
nego dech lupa habisnya berapa. langsung jadi

sim wis kadaluarsa beli di perpanjang2

2009 sekalian gawe simCmaning karo perpanjang simA
sekien seh beli langsung manjing ning polres. ning jaba clingak-clinguk
goleti calo
akhirnya ada yg nyamperin
MrX : goleti sapa mas??
isun : iki pak lg keder arep gawe sim (pura2e beli ngerti)
MrX : wah mene-mene manjing
isun : ok
nego dech.... sama biro jasa di samping polres. tau dech sekarang masih ada apa gak? kalo lewat situ 90% lulus...

yg jelas bikin SIM lewat Prosedur Resmi Atau Lewat Jalur lain itu hak kalian semua. YG PENTING... HATI2 DI JALAN, AJA NGEBUT2, TRUS ARI AREP KONVOI (CLUB MOTOR, MOGE,MOBIL) AJA KAYA LG GAWA WONG AREP NING RS, KENDARAAN SEJENE DI KONGKON MINGGIR... KABEH!!! PADO BAE BAYAR PAJAKE JADI YA,.... TULUNG SAMA2 MENGHORMATI. LIHAT URGENTSINYA.....
Ktanya bpk sopir klo maw bkin sim mending pas tgl tua biasany ga trlalu rame. Dgn diantr bpk supir inilah akhrny saya datng skitr jam 8 kurang di Sumber, msh sepi cm da 3 orang. Langsung ktemu sama tmnny yg polisi, nego harga (lupa hargany). Nunggu dipanggil bwt tes tulis, photo, sidik jari ma tandatangan doank. Ga nyampe sejam dah langsung jd sim C.
Trakhir pas perpanjng sim C nunggunya lama bgt ampe sore, biayany cm 60rb tp blm trmasuk surat kesehatan skitr 25rb.

Pengnny siy ga nembak, tp klo ngikutin prosedur yg ada ktany ga akn slese dlm 1hr, paling cpt sleseny sore.
Quote:Original Posted By iluzee
Ktanya bpk sopir klo maw bkin sim mending pas tgl tua biasany ga trlalu rame. Dgn diantr bpk supir inilah akhrny saya datng skitr jam 8 kurang di Sumber, msh sepi cm da 3 orang. Langsung ktemu sama tmnny yg polisi, nego harga (lupa hargany). Nunggu dipanggil bwt tes tulis, photo, sidik jari ma tandatangan doank. Ga nyampe sejam dah langsung jd sim C.
Trakhir pas perpanjng sim C nunggunya lama bgt ampe sore, biayany cm 60rb tp blm trmasuk surat kesehatan skitr 25rb.

Pengnny siy ga nembak, tp klo ngikutin prosedur yg ada ktany ga akn slese dlm 1hr, paling cpt sleseny sore.


kejadiane kapan kuh ang?
Quote:Original Posted By haritsabeu
kejadiane kapan kuh ang?


taun 2009 pas perpanjng sim
qt wis 3x tes praktek gagal bae.
jadi kudu daftar ulang maning. males pisan ca.
pegel bolak balik ning polres sumber.
nunggu bisa nembak bae lah nembe gawe sim.
Quote:Original Posted By misteriboy
qt wis 3x tes praktek gagal bae.
jadi kudu daftar ulang maning. males pisan ca.
pegel bolak balik ning polres sumber.
nunggu bisa nembak bae lah nembe gawe sim.

ya jasa calo bae kang ari angel sih
Quote:Original Posted By najong007
bikin sim C:
~pertama:ikut prosedur standar..tes pertama gak lulus betulnya 17 (batas minimal 18)..tes kedua gak lulus juga,,betul 17 lagi (batas minimal 18).. *ini ane yang oon ato emang diliciki sih*

ini bikin waktu menjelang UAN SMA..waktu ujian ulang ketiga pas UAN

~kedua:nembak..jadinya cepet..tinggal masukin form langsung ke poto gak ada ujian tertulis

bikin sim A:
langsung nembak aja daripada lama



Ket:
masalah duit sama sekali nggak ingat
jangan ditiru yak


....

terus terang nembak bikin SIM (baik A ato C).... akhirnya bukan menjadi Pilihan terakhir yg hoples kalo pas Ujian SIM ga Lulus2....

Malah jadi Pilihan Pertama,....soalnya kalo buat ane ....
Maslahnya adalah soal waktu... secara ane "wong cirebon" yg mengembara di Kota Metropolitan.... sejak jaman SMA Sim-nya SIM Cirebon..sampe sekarang... Pengalaman bikin baru(gara2 ilang...)....
nembak jadi pilihan pertama... Jakarta Cirebon PP, berangkat pagi pulang sore pake kereta... siang bikin SIM, ga Nyampe 2 Jam Jadi....
so masih sempet kangen2an dan wisata kuliner ning cerbon yak...


Pesan2 :

...DONT TRY IT at HOME, alias jangan ditiru Ya...
...Menembak SIM akan mengakibatkan KANGKER(kantong Kering, Soalna Mahal pastina)...bila sakit Berlanjut hubungi PolSek Terdekat....

Teu Nyambung... pissss ahhhh
wis ana kang pengalaman durung tahun iki
priben gawe sim ning polresta cirebon ?

yahun iki KTP n SIM C n A ntok euy.....
liburan wingi sempet mampir ning polres cirebon, sumber...
jare obrolan wong sing gawe sih masih angel...
tapi ana sing ngobrol jare bisa nembak, tapi minimal sedia 400rb
Apakah skr masih ada calo di 851??
Hmmm untuk perpanjang sih ga sulit gan
wah ane udah 2 balik coba bikin SIM C di polres sumber gagal semua di tes pertama. yang pertama bener 13 yang kedua 17 (padahal udah belajar bener-bener masih aja kurang 1) .
ane udah ketilang 2 kali gara-gara ga ada SIM dan yang paling seger ane ketilang tadi pagi didepan pintu masuk tol kanci, udah abis uang 100 rebu buat pak polisi yang baik hati.
tuk daerah kabupaten skrg sulit ang bikin SIMx

coz skrg kapolresx dah ganti n skrg jd kapolres percontohan tuk wilayah jabar
Quote:Original Posted By sangarsuf
tuk daerah kabupaten skrg sulit ang bikin SIMx

coz skrg kapolresx dah ganti n skrg jd kapolres percontohan tuk wilayah jabar


keren
bikin SIM dicirebon bikin bete..
gw coba bikin SIM A. tes tulis pertama gagal karna cuma bener 16 dari 30 soal dimana syarat kelulusan adalah minimal menjawab benar 18 soal. harus mengulang minggu depannya. akhirnya gw ambil cuti. sebelumnya gw cari di internet soal2 ujian SIM, gw dapet juga dari temen buku 500 soal yang dibuat oleh polisi. gw pelajarin bener2. optimis bisa lolos. gw telpon babeh buat dateng ke polres bawa mobil buat ujian praktek. ternyata gw cuma bener 17 soal. yang artinya GAGAL MANING GAGAL MANING..dari 20 peserta tes tulis yang lolos hanya 3 orang, tapi setelah dilihat baik2 di layar LCD ternyata yang lulus itu namanya sama yang artinya si orang yang lulus itu sudah mengulang 3x.
tes ke 3 harus mengulang 2 minggu lagi...harus ambil cuti lagi...males banget..

awalnya gw salut karna ga ada lagi praktek calo...tapi prosesnya mengecewakan. didalem ruangan ujian terpampang sertifikat ISO, tapi apa bener itu sertifikat ISO???

dengan cara tes tertulis yang diberlakukan oleh polres cirebon, ga usah heran kalo lalu lintas dicirebon semrawut. karna pemohon SIM tidak pernah tau jawaban yang benar yang mana.

ADA MOBIL PRAKTEK SIM NGAPAIN NYURUH PEMOHON SIM BUAT NYIAPIN MOBIL SENDIRI. KLO TUH MOBIL GA DIPAKE MENDING DIBAKAR AJAH!!!!!!!
Quote:Original Posted By sega_jamblang
bikin SIM dicirebon bikin bete..
gw coba bikin SIM A. tes tulis pertama gagal karna cuma bener 16 dari 30 soal dimana syarat kelulusan adalah minimal menjawab benar 18 soal. harus mengulang minggu depannya. akhirnya gw ambil cuti. sebelumnya gw cari di internet soal2 ujian SIM, gw dapet juga dari temen buku 500 soal yang dibuat oleh polisi. gw pelajarin bener2. optimis bisa lolos. gw telpon babeh buat dateng ke polres bawa mobil buat ujian praktek. ternyata gw cuma bener 17 soal. yang artinya GAGAL MANING GAGAL MANING..dari 20 peserta tes tulis yang lolos hanya 3 orang, tapi setelah dilihat baik2 di layar LCD ternyata yang lulus itu namanya sama yang artinya si orang yang lulus itu sudah mengulang 3x.
tes ke 3 harus mengulang 2 minggu lagi...harus ambil cuti lagi...males banget..

awalnya gw salut karna ga ada lagi praktek calo...tapi prosesnya mengecewakan. didalem ruangan ujian terpampang sertifikat ISO, tapi apa bener itu sertifikat ISO???

dengan cara tes tertulis yang diberlakukan oleh polres cirebon, ga usah heran kalo lalu lintas dicirebon semrawut. karna pemohon SIM tidak pernah tau jawaban yang benar yang mana.

ADA MOBIL PRAKTEK SIM NGAPAIN NYURUH PEMOHON SIM BUAT NYIAPIN MOBIL SENDIRI. KLO TUH MOBIL GA DIPAKE MENDING DIBAKAR AJAH!!!!!!!


ane setuju banget ama pernyataan agan yang ane merahin...
karena tes tertulis itu sama sekali ga ada esensinya...
kita ga tau mana yang bener dan mana yang salah...
ga ada pelajaran yang bisa kita dapet dari tes tertulis itu...
kalo ane sih beranggapan pembuatannya itu malah dipersulit... no offense ya, just my opinion...
masa hampir semua pemohon itu ngulang sampe batas maksimal pengulangan, 3x...
apa emang prosedurnya gitu?
padahal soal yang diujikan itu ga terlalu sulit... dan masih bisa pakai logika... palingan yang blank 1-3 soal... *menurut ane
masa sih bener 18 aja ga nyampe... sebodoh itukah wong cirebon?
kejadian agan sega_jamblang persis kaya kronologis proses pembuatan sim A ane beberapa bulan yang lalu...
dan unek unek itu yang mendasari ane buat thread ini...
waktu itu yang buat ane kesel, pas udah 3 kali ujian teori dan waktunya ujian praktek...
ehh, mobilnya ga ada..katanya sedang dipake
ane suruh balik lagi minggu depan...
pas minggu depannya, ane bingung coz materi ujiannya terlalu expert...
tapi expertnya ini terkesan kaya yang terlalu mengada-ada...
kayanya yang bisa gitu cuma yang punya jam terbang tinggi...
nah ane yg masih newbie udah bisa ditebak ga akan lulus
sejak saat itu ane ga niat buat bikin sim lagi... cape bolak balik crbn-bdg buat datengin polres...
dokumen yg harus diprepare ut bikin sim A:

1. Copy KTP
2. Copy Kartu sidik jari (berlaku seumur hidup,biasa kita dapet waktu bikin SKCK)
3. Copy & Asli SIM A lama (bagi yg perpanjangan)
4. dibeberapa polres/poltabes diminta Copy & Asli surat keterangan kursus mengemudi (bagi yg baru)
5. Pasphoto 3x4 = 6 buah


dokumen yg harus diprepare ut bikin sim C:
1. Copy KTP
2. Copy Kartu sidik jari (berlaku seumur hidup,biasa kita dapet waktu bikin SKCK)
3. Copy & Asli SIM C lama (bagi yg perpanjangan)
4. Pasphoto 3x4 = 6 buah


Pengurusan SIM baru / perpanjangan SIM lama hanya dilakukan di Polres/Poltabes. Dibeberapa kota bisa dilakukan di mobil pelayanan SIM keliling, tapi sayangnya di Cirebon sudah tidak ada lagi

NB:
Dulu tahun 2000, ketika saya pertamax bikin SIM A&C di Cirebon, di Polresta Cirebon/851 pembayaran dilakukan di BRI Gunung Sari (sebelah Grage Mall), tes kesehatan di klinik Polresta di Krucuk (dpn Taman Makam Pahlawan), dan ujian tulis - sidik jari - ujian praktek/tes mengemudi - foto & pembuatan SIM di veteran (851), konyol banget kan, ngapain ga disatuin aja di Polresta.
Quote:Original Posted By fatala
dokumen yg harus diprepare ut bikin sim A:

1. Copy KTP
2. Copy Kartu sidik jari (berlaku seumur hidup,biasa kita dapet waktu bikin SKCK)
3. Copy & Asli SIM A lama (bagi yg perpanjangan)
4. dibeberapa polres/poltabes diminta Copy & Asli surat keterangan kursus mengemudi (bagi yg baru)
5. Pasphoto 3x4 = 6 buah


dokumen yg harus diprepare ut bikin sim C:
1. Copy KTP
2. Copy Kartu sidik jari (berlaku seumur hidup,biasa kita dapet waktu bikin SKCK)
3. Copy & Asli SIM C lama (bagi yg perpanjangan)
4. Pasphoto 3x4 = 6 buah


Pengurusan SIM baru / perpanjangan SIM lama hanya dilakukan di Polres/Poltabes. Dibeberapa kota bisa dilakukan di mobil pelayanan SIM keliling, tapi sayangnya di Cirebon sudah tidak ada lagi

NB:
Dulu tahun 2000, ketika saya pertamax bikin SIM A&C di Cirebon, di Polresta Cirebon/851 pembayaran dilakukan di BRI Gunung Sari (sebelah Grage Mall), tes kesehatan di klinik Polresta di Krucuk (dpn Taman Makam Pahlawan), dan ujian tulis - sidik jari - ujian praktek/tes mengemudi - foto & pembuatan SIM di veteran (851), konyol banget kan, ngapain ga disatuin aja di Polresta.


wah di sim keliling itu bisa pengurusan baru juga ya gan? bukannya perpanjangan aja? cmiiw
SIM keliling hanya untuk perpanjangan gan, bukan untuk pembuatan SIM baru..