Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bayracingAvatar border
TS
bayracing
---Kenapa pake bensin Octane 92 lebih Irit---
Maaf newbie hanya coba share info yang newbie dapat dari training dari kantor,...

Kalau ini repost mohon maaf yah agan2,...silahkan deh moderator buat di closed..

Kemaren training ane dapat info lumayan,..ternyata ada benarnya kalau kita pakai bensin yang bukan premium, seperti Pertamax, Pertamax Plus, Shell Super 92, Shell Super Plus, Petronas 92 atau 98, atau Total, jadi lebih irit dalam penggunaan bahan bakar.

Pertama kita bahas karakter dari bensin Premium dengan octane 88, Bensin ini mempunyai sifat cepat terbakar. Jadi ada tingkatan makin rendah octanenya makin cepat terbakar daripada yang tinggi kadar octanenya.
Jadi Premium ketika masuk ke silinder ruang bakar, saat dihisap oleh piston yang turun ke titik mati bawah (TMB), kemudian piston naik keatas (Titik Mati Atas) untuk melakukan kompresi, nah pada saat perjalanan ini Premium sebagian sudah terbakar oleh panas silinder sebelum mencapai kompresi dan dibakar oleh Busi.

Hwehehe rada bingung yah, gini deh,..premium itu sebelum dibakar oleh busi sudah terbakar sebagian di silinder (ruang piston) ini yang membuat piston bergetar karena mendapat ledakan premium dan beradu dengan dinding silinder atau disebut ngelitik.

Dan premium ini menjadikan bahan bakar tidak terbakar sempurna karena sebagian sudah terbakar dan menimbulkan sisa bakar (kerak) pada ruang bakar karena sudah mengendap jauh sebelum klep buang terbuka.
Dan tanpa kita sadari tenaga yang keluar sebenarnya lebih kecil dari kemampuan mesin seharusnya.

Tapi kalo yang lain dengan octane 92 keatas, mereka tidak cepat terbakar karena mempunyai titik didih yang lebih tinggi, jadi terbakar sempurna semua di ruang bakar saat kompresi oleh busi. Dan ini sangat sedikit menimbulkan kerak, karena sesaat setelah terbakar semua sisa pembakaran terdorong oleh piston keluar lewat klep buang yang membuka.

Nah inilah yang disebut LEBIH IRIT karena pembakaran yang sempurna, menghasilkan tenaga yang keluar sesuai kapasitas mesin dan lebih sedikit menimbulkan efek kerak yang nantinya memperlambat waktu service untuk membersihkan head dan silinder, dan juga memperpanjang daya tahan dari mesin.

Memang saat kita beli pertama terasa lebih murah Premium karena harganya lebih murah (dan disubsidi pula), tetapi kalau dilihat jangka panjangnya akan lebih irit menggunakan besin dengan Octane 92 keatas bukan?, lihat dari kondisi mesin, waktu service yang kita hemat dan biaya service yang kita keluarkan.

Oh Ya ane bukan PNS yah, yang mo kampanyekan pengurangan penggunaan Premium, tp ada benarnya juga ternyata kampanye itu.emoticon-I Love Indonesia

Nah sekarang sih tetep terserah agan-agan semua, mo pake yang mana.
Ini hanya sekedar info yang ane pengen share buat sekedar nambah ilmu,..mungkin suhu-master mesin disini mau menambahkan atau koreksi silahkan,,...

Mohon maaf ane hanya online cuman pagi hari ama malem doang sebelum berangkat ngantor, soalnya kalo di kantor rada susah...hehehe
kalo belum cepet reply komen ente mohon maaf

n gak nolak loh kalo mo dikasih cendol. emoticon-Blue Guy Cendol (L)...asal jangan Bata yah gan.... emoticon-Big Grin
0
7K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan