Quote:Original Posted By NagoyaPrinting
Ane bantu sebisanya ya gan



Jenis tanah yg cocok untuk budi-daya sengon antaranya tanah regosol, aluvial, dan letosol yg tekstur lempung berpasir atau lempung berdebu. Selain itu lokasi sebaiknya berada di ketinggian maksimum 800meter dpl, keasaman tanah (ph) 6-7, curah hujan 2000-4000 mm/tahun, kelembapan 50-75%. Sengon ini tumbuhan tropis gan tumbuh di suhu 18-27 celcius

Syarat lokasi tempat persemaian di lokasi datar yg derajat kemiringannya maksimum 5%, dekat sumber air, tanah subur, tidak mengandung tanah liat. Jarak persemaian sebaiknya saling berdekatan dengan kebun penanaman dan jalan angkutan.



mestinya dimana-mana ada kok gan, mungkin namanya yg berbeda... Berikut nama lain kayu sengon : jeunjing (sunda), seja (ambon), sikat (banda), dan tawa (ternate)



kalo ini saya jawab gini aja ya gan.... ada bermacam2 jenis kayu, ada jati, sengon, mahoni, meranti, jati putih, kayu afrika, dan suren ... nah diantara itu semua yg paling murah harga jualnya ya sengon gan... tapi ini yg paling dinikmati karena perawatannya gampang ...

Mungkin ini bantuan yg bisa ane bantu gan... maaf kalo gak memuaskan


thanks atas pencerahannya gan...
Investasi yg menarik gan, tapi cuman bisa bantu UP aja...
ane kurang begitu paham soalnya...



Ini bedanya apa gan dengan investasi sawit?
jabon emang lg trend skr ini gan, banyak investor besar dr jkt berani beli tanah di daerah buat tanam jabon ini, biaya perawatan yg ga seberapa, harga bibit nya pun sangat murah cuma 2500 per pohon nya

gw juga baru mulai tanam cuma 200an pohon doang sih, manfaatin lahan belakang gudang yg ga kepake
udah ane bantu rate tuh gan
Quote:Original Posted By RainCitys
Investasi yg menarik gan, tapi cuman bisa bantu UP aja...
ane kurang begitu paham soalnya...



Ini bedanya apa gan dengan investasi sawit?


bedanya klo sawit di sela-sela pohonnya gak bs di tanam tumbuhan lain gan...
misalnya diselingi singkong krn tanahnya mengandung minyak
Quote:Original Posted By ElyaNdut
jabon emang lg trend skr ini gan, banyak investor besar dr jkt berani beli tanah di daerah buat tanam jabon ini, biaya perawatan yg ga seberapa, harga bibit nya pun sangat murah cuma 2500 per pohon nya

gw juga baru mulai tanam cuma 200an pohon doang sih, manfaatin lahan belakang gudang yg ga kepake


iya gan lumayan buat cari tambahan-tambahan
investasi kecil kecilan...
Quote:Original Posted By andinial
udah ane bantu rate tuh gan


thanks gan...
jarak ideal per tanam brp sih JABON ???

kok ane baca2.. ada yg bilang 500jabon/ha ada juga blg 1500jabon/ha

yg bener yg mana gan ??

trus kalo tanam dari bijik... resiko nya besar ga ??

soalnya di FJB ada yg jual biji nya buat dibudidaya,,,

mohon pencerahan buat agan2...

ane tertarik nih jadinya...
Quote:Original Posted By TheImmortal
jarak ideal per tanam brp sih JABON ???

kok ane baca2.. ada yg bilang 500jabon/ha ada juga blg 1500jabon/ha

yg bener yg mana gan ??

trus kalo tanam dari bijik... resiko nya besar ga ??

soalnya di FJB ada yg jual biji nya buat dibudidaya,,,

mohon pencerahan buat agan2...

ane tertarik nih jadinya...


ane juga lom tau gan...
mungkin dari agans enior yang lain bisa bantu...
coba bantu jawab ya gan...kayanya jarak minimal penanaman itu 3x3m baik sengon ataupun jabon.karena kalau terlalu deket juga akan menyebabkan pertumbuhan pohonnya tidak baik.kalau bisa penanaman pohon jangan menggunakan sistem monokultur tapi gunakan sistem polikultur.
terus kalau mw tumpang sari jangan gunakan pohon umbi2an karena mereka menyerap unsur hara yg banyak padahal pohon yg kita tanam membutuhkan unsur hara yg banyak.
saya juga baru mw nanam pohon sengon di kebun saya gan..jadi sama2 belajar
bante sama : deh
Quote:Original Posted By gravenza
coba bantu jawab ya gan...kayanya jarak minimal penanaman itu 3x3m baik sengon ataupun jabon.karena kalau terlalu deket juga akan menyebabkan pertumbuhan pohonnya tidak baik.kalau bisa penanaman pohon jangan menggunakan sistem monokultur tapi gunakan sistem polikultur.
terus kalau mw tumpang sari jangan gunakan pohon umbi2an karena mereka menyerap unsur hara yg banyak padahal pohon yg kita tanam membutuhkan unsur hara yg banyak.
saya juga baru mw nanam pohon sengon di kebun saya gan..jadi sama2 belajar


thanks atas pencerahannya gan...
wahh kebetulan ortu ane lg demam jabon nih, liat tanah kosong dikit langsung maen tanem ajah tuh jabon yg bingung nih cara penanamannya, trus blum ketemu jg supply bibit yg bagus n terpercaya trus yg terpenting udah ada blum org yg sukses sama jabon inih soalnya bkn rahasia umum banyak yg udah ketipu sama yg namanya "mafia bibit" blg bibit XXX nih prospeknya cerah giliran waktunya malah ngak laku
makanya sama seperti TS nih nunggu sepuh sini kasih penjelasan tentang persengonan dan perjabonan
keuntungannya seperti apa yah gan?

and cara tanamnya bagaimana?

nubietoll mohon pencerahahnnya gan
Quote:Original Posted By Ahmad.Bustomi19
wahh kebetulan ortu ane lg demam jabon nih, liat tanah kosong dikit langsung maen tanem ajah tuh jabon yg bingung nih cara penanamannya, trus blum ketemu jg supply bibit yg bagus n terpercaya trus yg terpenting udah ada blum org yg sukses sama jabon inih soalnya bkn rahasia umum banyak yg udah ketipu sama yg namanya "mafia bibit" blg bibit XXX nih prospeknya cerah giliran waktunya malah ngak laku
makanya sama seperti TS nih nunggu sepuh sini kasih penjelasan tentang persengonan dan perjabonan


nah itu dia gan...
ane bingung beli dimana bibitnya...
namanya penjual sih bilang bibitnya paling bagus..
kecap gak ada yg nomer dua gan...
Quote:Original Posted By Jimbonks
keuntungannya seperti apa yah gan?

and cara tanamnya bagaimana?

nubietoll mohon pencerahahnnya gan


menurut yg ane tanya2 sama sesama petani sih seperti nanam emas dan gak perlu pupuk dan perawatan gak mahal gan...
kalau yg saya tw sengon yg laku sengon laut putih..cuma kalau jabon saya kurang tw.
ini saya copy paste dari sesepuh yg sdh berkecimpung di dunia sengon mudah2an bermanfaat

untuk bisa menghitung nilai ekonomis dari kayu yg pertama harus di ketahui terlebih dahulu adalah :

1. kubikasi kayu
2. harga terima pabrik

1. Rumus Menghitung Kubikasi Berdasarkan lingkar pohon

lingkar pohon : 100 cm
Tinggi batang utama * : 8 Meter

Rumus nya:
(100 cm :3.2) = 31.25 cm [ini adalah diameter pohon]
(31.25 : 100) : 2 = 0.15625
(0.15625 X 0.15625) x 3.14 X 8 = 0.613 m3

jd satu pohon dengan lingkar 100 cm dan Tinggi batang utama 8 meter akan menghasilkan sebanyak = 0.613 m3

jika dalam satu hektar terdapat 2000 pohon siap panen dengan lingkar batang terkecil 100 cm dan terbesar 165 cm maka akan di dapat jumlah kubikasi minimal sebanyak = 1226 m3

2. Harga Terima Pabrik
Jika Harga terima kayu sengon laut saat ini untuk sortimen A3 dengan kelas Grade B sebesar Rp.625.000 / m3 maka nilai kayu tersebut diatas 1226 m3 jika di konversikan kedalam rupiah sebesar Rp. 735.600.000

klasifikasi log kayu berdasarkan sortimen nya di pabrik

A0 = 10 cm - 15 cm
A1 = 16 cm - 19 cm
A2 = 20 cm - 29 cm
A3 = 30 cm - 39 cm
A4 = 40 cm - 49 cm
dst

khusus kayu sengon harga terima pabrik hanya sampe A4..diatas itu akan di masukkan ke dalam harga A4.. dan hanya beberapa pabrik saja yg terima kayu dengan memberikan harga di atas A4..

Perhitungan diatas merupakan nilai terkecil untuk menghindari kesalahan perhitungan yg bisa berakibat fatal (rugi di kayu sengon gak nanggung). Kenapa ini merupakan perhitungan terkecil, berikut alasan nya:

1. Lingkar pohon yg di ambil dalam populasi 1 ha adalah yg paling kecil, misalkan dalah satu hektar sengon yg siap panen ada pohon yg memiliki lingkar batang 160 cm maka tetap akan di masukkan ke dalam perhitungan pohon terkecil dalam satu area lahan tersebut
2. Tinggi batang utama hanya di itung setinggi 8 meter, fakta di lapangan tinggi batang utama sengon berumur 5 thn keatas / yg siap panen bisa sampe 12 meter - 15 meter.
3. harga acuan pabrik yg diambil adalah harga terima pabrik untuk kayu kelas grade B / kelas terendah..sedang kan dalam tiap penebangan selalu ada kayu yg masuk ke dalam kelas super / Grade A
4. dahan atau batang pohon lain yg lebih kecil tidak di hitung, jika di paksa di itung pun dahan sengon yg siap panen masih bisa masuk itungan sortimen A0 - A1

jadi dalam 1 Ha kebun sengon dengan populasi pohon sebanyak 2500 buah, dengan jarak tanam 2 m X 2 m, dengan tingkat penyusutan / pohon mati sebanyak 20% dalam periode 5 tahun dan dengan pemupukan serta perawatan yg maksimal akan menghasilkan nilai kurang lebih sebanyak Rp. 735.600.000
Quote:Original Posted By gravenza
kalau yg saya tw sengon yg laku sengon laut putih..cuma kalau jabon saya kurang tw.
ini saya copy paste dari sesepuh yg sdh berkecimpung di dunia sengon mudah2an bermanfaat

untuk bisa menghitung nilai ekonomis dari kayu yg pertama harus di ketahui terlebih dahulu adalah :

1. kubikasi kayu
2. harga terima pabrik

1. Rumus Menghitung Kubikasi Berdasarkan lingkar pohon

lingkar pohon : 100 cm
Tinggi batang utama * : 8 Meter

Rumus nya:
(100 cm :3.2) = 31.25 cm [ini adalah diameter pohon]
(31.25 : 100) : 2 = 0.15625
(0.15625 X 0.15625) x 3.14 X 8 = 0.613 m3

jd satu pohon dengan lingkar 100 cm dan Tinggi batang utama 8 meter akan menghasilkan sebanyak = 0.613 m3

jika dalam satu hektar terdapat 2000 pohon siap panen dengan lingkar batang terkecil 100 cm dan terbesar 165 cm maka akan di dapat jumlah kubikasi minimal sebanyak = 1226 m3

2. Harga Terima Pabrik
Jika Harga terima kayu sengon laut saat ini untuk sortimen A3 dengan kelas Grade B sebesar Rp.625.000 / m3 maka nilai kayu tersebut diatas 1226 m3 jika di konversikan kedalam rupiah sebesar Rp. 735.600.000

klasifikasi log kayu berdasarkan sortimen nya di pabrik

A0 = 10 cm - 15 cm
A1 = 16 cm - 19 cm
A2 = 20 cm - 29 cm
A3 = 30 cm - 39 cm
A4 = 40 cm - 49 cm
dst

khusus kayu sengon harga terima pabrik hanya sampe A4..diatas itu akan di masukkan ke dalam harga A4.. dan hanya beberapa pabrik saja yg terima kayu dengan memberikan harga di atas A4..

Perhitungan diatas merupakan nilai terkecil untuk menghindari kesalahan perhitungan yg bisa berakibat fatal (rugi di kayu sengon gak nanggung). Kenapa ini merupakan perhitungan terkecil, berikut alasan nya:

1. Lingkar pohon yg di ambil dalam populasi 1 ha adalah yg paling kecil, misalkan dalah satu hektar sengon yg siap panen ada pohon yg memiliki lingkar batang 160 cm maka tetap akan di masukkan ke dalam perhitungan pohon terkecil dalam satu area lahan tersebut
2. Tinggi batang utama hanya di itung setinggi 8 meter, fakta di lapangan tinggi batang utama sengon berumur 5 thn keatas / yg siap panen bisa sampe 12 meter - 15 meter.
3. harga acuan pabrik yg diambil adalah harga terima pabrik untuk kayu kelas grade B / kelas terendah..sedang kan dalam tiap penebangan selalu ada kayu yg masuk ke dalam kelas super / Grade A
4. dahan atau batang pohon lain yg lebih kecil tidak di hitung, jika di paksa di itung pun dahan sengon yg siap panen masih bisa masuk itungan sortimen A0 - A1

jadi dalam 1 Ha kebun sengon dengan populasi pohon sebanyak 2500 buah, dengan jarak tanam 2 m X 2 m, dengan tingkat penyusutan / pohon mati sebanyak 20% dalam periode 5 tahun dan dengan pemupukan serta perawatan yg maksimal akan menghasilkan nilai kurang lebih sebanyak Rp. 735.600.000


siapa gan sesepuh sengonnya, agan taekmanis bukan yah
artinya blum ada yg sukses yah sama jabon
Quote:Original Posted By Ahmad.Bustomi19
siapa gan sesepuh sengonnya, agan taekmanis bukan yah
artinya blum ada yg sukses yah sama jabon


makanya ane tanya jabon gmn prospeknya gan...
ane lom tau ada yg sukses sama jabon...
Quote:Original Posted By gravenza
kalau yg saya tw sengon yg laku sengon laut putih..cuma kalau jabon saya kurang tw.
ini saya copy paste dari sesepuh yg sdh berkecimpung di dunia sengon mudah2an bermanfaat

untuk bisa menghitung nilai ekonomis dari kayu yg pertama harus di ketahui terlebih dahulu adalah :

1. kubikasi kayu
2. harga terima pabrik

1. Rumus Menghitung Kubikasi Berdasarkan lingkar pohon

lingkar pohon : 100 cm
Tinggi batang utama * : 8 Meter

Rumus nya:
(100 cm :3.2) = 31.25 cm [ini adalah diameter pohon]
(31.25 : 100) : 2 = 0.15625
(0.15625 X 0.15625) x 3.14 X 8 = 0.613 m3

jd satu pohon dengan lingkar 100 cm dan Tinggi batang utama 8 meter akan menghasilkan sebanyak = 0.613 m3

jika dalam satu hektar terdapat 2000 pohon siap panen dengan lingkar batang terkecil 100 cm dan terbesar 165 cm maka akan di dapat jumlah kubikasi minimal sebanyak = 1226 m3

2. Harga Terima Pabrik
Jika Harga terima kayu sengon laut saat ini untuk sortimen A3 dengan kelas Grade B sebesar Rp.625.000 / m3 maka nilai kayu tersebut diatas 1226 m3 jika di konversikan kedalam rupiah sebesar Rp. 735.600.000

klasifikasi log kayu berdasarkan sortimen nya di pabrik

A0 = 10 cm - 15 cm
A1 = 16 cm - 19 cm
A2 = 20 cm - 29 cm
A3 = 30 cm - 39 cm
A4 = 40 cm - 49 cm
dst

khusus kayu sengon harga terima pabrik hanya sampe A4..diatas itu akan di masukkan ke dalam harga A4.. dan hanya beberapa pabrik saja yg terima kayu dengan memberikan harga di atas A4..

Perhitungan diatas merupakan nilai terkecil untuk menghindari kesalahan perhitungan yg bisa berakibat fatal (rugi di kayu sengon gak nanggung). Kenapa ini merupakan perhitungan terkecil, berikut alasan nya:

1. Lingkar pohon yg di ambil dalam populasi 1 ha adalah yg paling kecil, misalkan dalah satu hektar sengon yg siap panen ada pohon yg memiliki lingkar batang 160 cm maka tetap akan di masukkan ke dalam perhitungan pohon terkecil dalam satu area lahan tersebut
2. Tinggi batang utama hanya di itung setinggi 8 meter, fakta di lapangan tinggi batang utama sengon berumur 5 thn keatas / yg siap panen bisa sampe 12 meter - 15 meter.
3. harga acuan pabrik yg diambil adalah harga terima pabrik untuk kayu kelas grade B / kelas terendah..sedang kan dalam tiap penebangan selalu ada kayu yg masuk ke dalam kelas super / Grade A
4. dahan atau batang pohon lain yg lebih kecil tidak di hitung, jika di paksa di itung pun dahan sengon yg siap panen masih bisa masuk itungan sortimen A0 - A1

jadi dalam 1 Ha kebun sengon dengan populasi pohon sebanyak 2500 buah, dengan jarak tanam 2 m X 2 m, dengan tingkat penyusutan / pohon mati sebanyak 20% dalam periode 5 tahun dan dengan pemupukan serta perawatan yg maksimal akan menghasilkan nilai kurang lebih sebanyak Rp. 735.600.000


keuntungan yang sangat menggiurkan ya gan....
kira-kira biaya yang di keluarkan petani dari beli bibit sampai untuk beli pupuk dan perawatan habis brp ya gan...?
keuntungan kita bisa mencapai 60% gak yah...?