Quote:Original Posted By FromYesterday
masih standar y gan knalpotnya????coba liat video yang punya ane...syapatw bisa untuk perbandingan...

http://www.youtube.com/watch?v=zCmRO5pSdtc


wah..itu udah dipasang kopling blom gan?????kalo belom,mending agan pasang kopling dlu...cz kalo ngandelin kopling otomatis, bakalan ketinggalan jauh sama motor lain..cz tornado dikenal kopling otomatis nya payah gan...

trus kompresi naikin gan..caranya yang dlu pernah ane kasihtau..jangan lupa minumnya pertamax ato bensol ya,,cz untuk imbangi kompresi gde...klo tornado drag ane dlu selalu minum bensol, cz kompresi nya di atas 13:1


blom d pasang kpling ntuh gan... itu dia masalahnya kta mknik ane kalo mo masang kopling tonado harus nyari apa nmnya aku lupa yg pasti ada kata MATAHARI nya,.. ntah itu Per Matahari atau Rumah MATAHARI... g ingat ane... apa tuh gan??? itu hrganya sekitar brp y???
Bensol tu bensin kan???

Tutorial Monoshock Tornado

ok gan...sesuai janji ane ke temen2 RC semua...ane mw coba buat tutorial simpel tentang bagaimana cara memasang monoshok ke motor Tornado..langsung aja disimak...

nb. maap kalo gambar kurang jelas....ane foto pake kamera hp seadanya aja..

1. Bahan yang harus disediakan.....

Quote:- Shockbreaker Jupe MX
(pilih ini karena ga terlalu panjang macam satriaR, usahakan beli yang asli atau yang racing seperti YSS,kalo ga, bakalan nyesel sendiri )

- Plat besi panjang=20cm , lebar=2cm, tebal=3mm minimal...

- 2 Mur, Baut baja no 14 panjang sekitar 10cm

- Tentunya Las Listrik gan....



2. Buat Dukukan di Rangka Atas


Quote:
- Potong plat besi jadi dua bagian, masing2 panjang 10cm
- Tekuk kedua Plat besi yang sudah dipotong membentuk huruf Usiku yang lebarnya disesuaikan dengan lebar poros hockbreaker
- Las plat ke rangka bagian atas...seperti gambar dibawah ini

Spoiler for s:


- Las Plat yang sudah dibentuk tadi ke Swing arm Tornado agan..seperti gambar dibawah ini::

Spoiler for s:


- Potong lubang stelan rantai di swingarm sekitar 2cm ke belakang (jarak sumbu roda dibuat mundur)...hal ini dilakukan supaya ban tidak menyentuh Shockbreaker..

Spoiler for s:


- Setelas semua di las...pasang shockbreker MX ke plat yang sudah dipasang tadi kencangkan dengan menggunakan baut, mur 14...

Spoiler for s:





OK sekian dulu tutorial singkat bagaimana cara membuat Monoshock di Tornado...silakan mencoba...bagi yang kurang jelas, bisa ditanyakan ke ane...


Regard.,,


FromYesterday

Cara Buat Intake Tornado untuk Pasang Karbu Besar

hmmm...setelah buat tutorial Shockbreaker...sekarang mau buat intake Tornado untuk dipasang Karbu Gede.....ok cekibrot..::::

1 Bahan Yang Harus Disediakan

Quote:
- Sediakan intake variasi motor supra yang khusus untuk pasang karbu gede, ane contohin pake TDR

Spoiler for k:


- Sediakan manifold asli Tornado..
(kalo susah cari di pasaran, bisa pake yang aslinya)

- Karbu gede, macam karbu VM26 (RXKing), PWL26 (Ninja), PE24 (Nova Dash), PE28 (NSR-SP), TM24, TM28, DLL....wkwkwk...banyak banget sih, ga mungkin disebutin satu-satu...

- Las Alumunium, Bubut (kalo yang ini dibawa aja ke bengkel bubut gan)



2. Cara Pembuatan...

Quote:
- Potong intake Tornado yang asli, ambil bagian bawahnya aja seperti yang dilingkari di gambar ini..

Spoiler for g:


- Potong bag bawah intake variasi dan ambil bagian atasny untuk disambung ke manifol tornado yang sudah dipotong..Lihat gambar dibawah:::

Spoiler for g:


- Sambung Bagian no 0 denga no 1 dengan las alumunium..usahakan tidak ada bagian yang bolong..semua harus rapat..lihat gambar bawah..

Spoiler for g:


- Bubut hasil las Alumunium tadi supaya rapi dan ketahuan jika ada bagian yang masih bocor ....lihat gambar..:::

Spoiler for k:


- Setelah semua diperiksa dan tidak ada yang bocor,pasang manifol ke mesin pasang karet manifol dan pasang karbu yang gede juga...Lihat gambar dibawah..::::

Spoiler for k:


- Kencangkan Klem menggunakan obeng min (-)...lihat bagian yang dilingkari:::

Spoiler for k:


Setelah selesai, silakan diseting2 langsung...







Ok sekian dulu tutorial membuat manifol Tornado untuk karbu gede...

semoga bermanfaat...bagi yang masih binggung,,bisa ditanyakan ke ane...



Regard,,


FromYesterday
Quote:Original Posted By rezaali
oie gan.... apa ada selip nya tapi motor ane wktu d set???
selip wktu gigi brp??? 3 y???

truss knapa tu kopling??/


kopling agan selip waktu pindah gigi dari gigi 2 ke gigi 3 gan..masalahnya klasik..karena tornadi kan belum pake per kopling, masih pake plat diafragma, makanya daya cekngram kampas kopling ga sebagus yang pake per kopling...

trus pengaruh kopling otomatis yang terkenal ga bisa spontan naikin akselerasi tornado...makanya dulu mekanik2 roadrace pada puter otak untuk ngakalin kopling...

Quote:Original Posted By rezaali
blom d pasang kpling ntuh gan... itu dia masalahnya kta mknik ane kalo mo masang kopling tonado harus nyari apa nmnya aku lupa yg pasti ada kata MATAHARI nya,.. ntah itu Per Matahari atau Rumah MATAHARI... g ingat ane... apa tuh gan??? itu hrganya sekitar brp y???
Bensol tu bensin kan???


- oh ga gan..klo mw pasang kopling manual tinggal beli blok kopling yang udah jadi/ bikin stut kopling di tukang bubut pake bak kopling aslinya..
- trus lepas sepatu kopling otomatisnya...
- las segitiga dudukan sepatu kopling otomatis ke mangkuk otomatisnya
- tuas krukas dibandul pake gear depan bekas tornado, shogun/ satria R
- pasang semuanya seperti semula...trus jadi deh....

Jadi ga perlu beli gigi matahari segala...BTW siapa yang ngomong gitu??? ga ada hubungannya x gan sama manualin kopling..

Bensol tuh beda jauh sama bensin tetang kadar oktannya...nih penjelasannya::::

- Bensin/ Premium ---== oktan 85
- Pertamax----------== oktan 92
- Pertamax Plus-----= = oktan 95-96
- Avtur (BBM Pesawat)= oktan 105-108
- Bensol Hijau/ biru ---= oktan 115-120
- Racing Fuel = oktan >125

Dari segi harga juga beda gan...

- Bensin/ Premium = Rp. 4.500,-/ Liter
- Bensol Hijau = Rp. 25.000,-/ Liter
- Bensol Biru = Rp. 23.000,-/ Liter

Yang membedakan Bensol Biru dengan Hijau tu kadar Kalorinya gan...


semoga bisa lebih jelas tentang bensol....thanx...
Quote:Original Posted By FromYesterday
kopling agan selip waktu pindah gigi dari gigi 2 ke gigi 3 gan..masalahnya klasik..karena tornadi kan belum pake per kopling, masih pake plat diafragma, makanya daya cekngram kampas kopling ga sebagus yang pake per kopling...

trus pengaruh kopling otomatis yang terkenal ga bisa spontan naikin akselerasi tornado...makanya dulu mekanik2 roadrace pada puter otak untuk ngakalin kopling...



- oh ga gan..klo mw pasang kopling manual tinggal beli blok kopling yang udah jadi/ bikin stut kopling di tukang bubut pake bak kopling aslinya..
- trus lepas sepatu kopling otomatisnya...
- las segitiga dudukan sepatu kopling otomatis ke mangkuk otomatisnya
- tuas krukas dibandul pake gear depan bekas tornado, shogun/ satria R
- pasang semuanya seperti semula...trus jadi deh....

Jadi ga perlu beli gigi matahari segala...BTW siapa yang ngomong gitu??? ga ada hubungannya x gan sama manualin kopling..

Bensol tuh beda jauh sama bensin tetang kadar oktannya...nih penjelasannya::::

- Bensin/ Premium ---== oktan 85
- Pertamax----------== oktan 92
- Pertamax Plus-----= = oktan 95-96
- Avtur (BBM Pesawat)= oktan 105-108
- Bensol Hijau/ biru ---= oktan 115-120
- Racing Fuel = oktan >125

Dari segi harga juga beda gan...

- Bensin/ Premium = Rp. 4.500,-/ Liter
- Bensol Hijau = Rp. 25.000,-/ Liter
- Bensol Biru = Rp. 23.000,-/ Liter

Yang membedakan Bensol Biru dengan Hijau tu kadar Kalorinya gan...


semoga bisa lebih jelas tentang bensol....thanx...


owww... tapi kalo d medan langka gan jual sparepat racing tornado... jadi kalo mo pasang kpling manual terpaksa tu blok kopling nya d bolongin dolo.. baru d bubut .. d bentuk lagi... cape deh... jadi agan sekarang rumah kopling automatisnya pake apa????
abng ane yg blg pke gigi matahari...
d sana bak kopling udah jadi brpaan gan....

untuk info bensolnya thankzzzzz....

gan.... itu intake nya kan d las... tempat masuknya oli samping d mna???? itu ane liat g ada...
Quote:Original Posted By FromYesterday
hmmm...setelah buat tutorial Shockbreaker...sekarang mau buat intake Tornado untuk dipasang Karbu Gede.....ok cekibrot..::::

1 Bahan Yang Harus Disediakan




2. Cara Pembuatan...




Ok sekian dulu tutorial membuat manifol Tornado untuk karbu gede...

semoga bermanfaat...bagi yang masih binggung,,bisa ditanyakan ke ane...



Regard,,


FromYesterday


bner2 tips n trik yang ber manfaat banget tuh
thanks gan
ko ada wktu langsung praktek deh
Quote:Original Posted By rezaali
owww... tapi kalo d medan langka gan jual sparepat racing tornado... jadi kalo mo pasang kpling manual terpaksa tu blok kopling nya d bolongin dolo.. baru d bubut .. d bentuk lagi... cape deh... jadi agan sekarang rumah kopling automatisnya pake apa????
abng ane yg blg pke gigi matahari...
d sana bak kopling udah jadi brpaan gan....

untuk info bensolnya thankzzzzz....

gan.... itu intake nya kan d las... tempat masuknya oli samping d mna???? itu ane liat g ada...


wah...disini juga gtu gan...susah banget cari part racing..malah ga ada gan..klo ane juga bikin di tukang bubut kok..pake blok yang aslinya pula..kalo ane rumah otomatisnya ya pake bawaan tornado, cuma sepatu koplingnya aja yang dibuang...
kalo bak kopling jadi disini gag ada deh,..coba tanya om Chuprex..dia waktu tu pernah tawari bak kopling manual ORI SGP untuk tornado..di PM aja...pasti bales kok

ya intake di las,,ane pakenya bensin campur...jadi sedia gelas ukur deh di bagasi...tapi bensinnya dicampur sendiri lho ya...jangan beli bensin ngecer..wkwkk...kalo lagi kefefet ya boleh juga sih

Quote:Original Posted By an66un
bner2 tips n trik yang ber manfaat banget tuh
thanks gan
ko ada wktu langsung praktek deh


ok..selamat mencoba..tanyain aja gan kalo ada hal2 yang dirasa sulit,..ane siap menjawab...
Quote:Original Posted By FromYesterday
wah...disini juga gtu gan...susah banget cari part racing..malah ga ada gan..klo ane juga bikin di tukang bubut kok..pake blok yang aslinya pula..kalo ane rumah otomatisnya ya pake bawaan tornado, cuma sepatu koplingnya aja yang dibuang...
kalo bak kopling jadi disini gag ada deh,..coba tanya om Chuprex..dia waktu tu pernah tawari bak kopling manual ORI SGP untuk tornado..di PM aja...pasti bales kok

ya intake di las,,ane pakenya bensin campur...jadi sedia gelas ukur deh di bagasi...tapi bensinnya dicampur sendiri lho ya...jangan beli bensin ngecer..wkwkk...kalo lagi kefefet ya boleh juga sih



ok..selamat mencoba..tanyain aja gan kalo ada hal2 yang dirasa sulit,..ane siap menjawab...

thankz infonya ntar ane PM mas chuprex...
wa susah dong.... pake gelas ukur... klo d medan balap liar kalo model kretanya kayak gan yesterday bakalan g ada yg berani nantangin motor agan ... liat knalpot agan aja org uda atut ane rasa...apa lagi liat speknya....kwkwkwkw coz d sini 2 tak kalo udah jadi biasa2 aja .. kalo 4Tak baru kliatan ...
oia...

karbu yg kncang buat Tornado selain karbu king krbu apa lagi??

ane udah coba satria paus gitu2 aja...
Quote:Original Posted By rezaali
thankz infonya ntar ane PM mas chuprex...
wa susah dong.... pake gelas ukur... klo d medan balap liar kalo model kretanya kayak gan yesterday bakalan g ada yg berani nantangin motor agan ... liat knalpot agan aja org uda atut ane rasa...apa lagi liat speknya....kwkwkwkw coz d sini 2 tak kalo udah jadi biasa2 aja .. kalo 4Tak baru kliatan ...
oia...

karbu yg kncang buat Tornado selain karbu king krbu apa lagi??

ane udah coba satria paus gitu2 aja...



jiah..ntu tulisannya jangan gde2 atuh..

kalo karbu sebenernya gag ada patukan untuk buat lari gan...cz percuma kalo pake karbu gede2 tapi mesinnya ga bisa ngimbangi...jadi semakin gede karbu belom tentu bikin motor semakin lari....
ikut nimbrung yak ane, kbetulan ane dulu punya tuh suzuki tornado gs taun 96..
larinya lumayan, ga malu maluin..
Quote:Original Posted By apiepiepa
ikut nimbrung yak ane, kbetulan ane dulu punya tuh suzuki tornado gs taun 96..
larinya lumayan, ga malu maluin..


wah mantaf gan...btw skrg masih ada mtrnya???
Quote:Original Posted By FromYesterday
wah mantaf gan...btw skrg masih ada mtrnya???


udah dijual gan, ga kuat ane, boros sama ngebul..
padahal syang juga ama tuh motor dah nemenin ane skolah ampe kuliah..
Quote:Original Posted By FromYesterday
kopling agan selip waktu pindah gigi dari gigi 2 ke gigi 3 gan..masalahnya klasik..karena tornadi kan belum pake per kopling, masih pake plat diafragma, makanya daya cekngram kampas kopling ga sebagus yang pake per kopling...

trus pengaruh kopling otomatis yang terkenal ga bisa spontan naikin akselerasi tornado...makanya dulu mekanik2 roadrace pada puter otak untuk ngakalin kopling...



- oh ga gan..klo mw pasang kopling manual tinggal beli blok kopling yang udah jadi/ bikin stut kopling di tukang bubut pake bak kopling aslinya..
- trus lepas sepatu kopling otomatisnya...
- las segitiga dudukan sepatu kopling otomatis ke mangkuk otomatisnya
- tuas krukas dibandul pake gear depan bekas tornado, shogun/ satria R
- pasang semuanya seperti semula...trus jadi deh....

Jadi ga perlu beli gigi matahari segala...BTW siapa yang ngomong gitu??? ga ada hubungannya x gan sama manualin kopling..

Bensol tuh beda jauh sama bensin tetang kadar oktannya...nih penjelasannya::::

- Bensin/ Premium ---== oktan 85
- Pertamax----------== oktan 92
- Pertamax Plus-----= = oktan 95-96
- Avtur (BBM Pesawat)= oktan 105-108
- Bensol Hijau/ biru ---= oktan 115-120
- Racing Fuel = oktan >125

Dari segi harga juga beda gan...

- Bensin/ Premium = Rp. 4.500,-/ Liter
- Bensol Hijau = Rp. 25.000,-/ Liter
- Bensol Biru = Rp. 23.000,-/ Liter

Yang membedakan Bensol Biru dengan Hijau tu kadar Kalorinya gan...


semoga bisa lebih jelas tentang bensol....thanx...




gan...
boleh minta gambar cr2 pemasangan kopling manual tornado g?
trs ap2 aj yg d las sm ap2 aj yg hrs d beli partny...
thx b4...
maap ngerepotin...
absen pagi..

:
Quote:Original Posted By FromYesterday
jiah..ntu tulisannya jangan gde2 atuh..

kalo karbu sebenernya gag ada patukan untuk buat lari gan...cz percuma kalo pake karbu gede2 tapi mesinnya ga bisa ngimbangi...jadi semakin gede karbu belom tentu bikin motor semakin lari....


ow gitu gan.... jdi cmana y biar motor ane lbih lari...
Quote:Original Posted By FromYesterday
ok gan...sesuai janji ane ke temen2 RC semua...ane mw coba buat tutorial simpel tentang bagaimana cara memasang monoshok ke motor Tornado..langsung aja disimak...

nb. maap kalo gambar kurang jelas....ane foto pake kamera hp seadanya aja..

1. Bahan yang harus disediakan.....




2. Buat Dukukan di Rangka Atas





OK sekian dulu tutorial singkat bagaimana cara membuat Monoshock di Tornado...silakan mencoba...bagi yang kurang jelas, bisa ditanyakan ke ane...


Regard.,,


FromYesterday


wah akhirnya keluar juga tips n triksnya,. makasih banyak gan, bisa langsung coba nih,.
absen pagi

:
Quote:Original Posted By youthdynasty
gan...
boleh minta gambar cr2 pemasangan kopling manual tornado g?
trs ap2 aj yg d las sm ap2 aj yg hrs d beli partny...
thx b4...
maap ngerepotin...


ane coba jawab neh gan.....
ga usah ada yang dibeli gan....bongkar aja bak koplingnya trus bawa deh ke tukang bubut....bilang aja bikin kopling manual...
tunggu 2-3 hari jadi deh...
tinggal pasang lagi bak koplingnya....
jangan lupa otomatisnya dilepas...kya yang akang yesterday jelasin diatas....
Quote:Original Posted By torinten
ane coba jawab neh gan.....
ga usah ada yang dibeli gan....bongkar aja bak koplingnya trus bawa deh ke tukang bubut....bilang aja bikin kopling manual...
tunggu 2-3 hari jadi deh...
tinggal pasang lagi bak koplingnya....
jangan lupa otomatisnya dilepas...kya yang akang yesterday jelasin diatas....



ntar klo gw cb2 bongkar bak koplingny...
klo blm nyoba blm ngerti...
tp nunggu ngumpulin duit dulu...

oh iya gan...
tadi siang gw bli gear set smash bwt tornado, gear depan & belakang bs masuk di tornado...
nah yg jd mslh, rante ny kependekan...
dr dulu gw bingung, rante yg cocok d tornado rante motor apa...
klo kmrn2 gw bli rante produk abal2 tp g'awet...

gear set yang gw bli tadi gear set smash merk indopart (gear depan 14, gear blkg 35, pjg rante 100)...

Kira2 pjg rante tornado tuh brp, 110 ap 108?
Quote:Original Posted By fadli_hedrah
wah akhirnya keluar juga tips n triksnya,. makasih banyak gan, bisa langsung coba nih,.


oiya gan, itu yang mundur cm lobang as belakang kan? dan bukan arm nya yang dipanjangin.
trus empuk gak gan shockbreakernya?