KASKUS

Quote:Original Posted By CruzC
nah itu gan.. entah jg... udah dipertanyakan jg.. dan katanya tetap kena cukai.. entah ditipu atau kagak.. maklum orang awam... dan mungkin anak dia dirumah sudah minta susu.. jadi ya anggap aja itu uang susu buat anaknya deh...




IPAD di taruh di dalam tas ransel.. sedangkan kotaknya didalam koper...


anjrittt!!! parah banget ya...

trus itu kotak lo isi barang2 gak?atao kotak kosong yang lo masukin ke dalam koper?
Quote:Original Posted By CruzC
sekedar sharing.. kemarin dari batam beli IPAD pas mau pulang di tahan.. dituduh menyeludupkan barang.. karena pas diperiksa katanya IPAD sama kotak terpisah.. jd ada indikasi mau menyeludupkan barang.. debat debat ngak ada ujungnya.. akhirnya mau tidak mau dipaksa bayar 833rb...atau ipad di tinggal... hiks...


waduh, kayanya anda korban petugas cukai bro...

saya habis dari Singapur beli iPad 2 biji (satunya titipan tetangga). Dua2nya saya masukin bagasi, sealnya belum saya buka. Sampai di bandara Jogja lolos dari scan x-ray dan ngga ditanya apa2.

dan harusnya kalau penerbangan domestik biasanya ngga ada pemeriksaan cukai, mustinya hanya penerbangan dari mancanegara doang yg ada.

saran saya, lain kali suruh petugasnya tunjukin peraturannya hitam putih gan. mending kalau duit pajaknya buat bikin infrastruktur negara jadi tambah bagus...paling2 itu nanti kecantol di kantong orang2 kaya Gayus dkk...sigh, mau dibawa ke mana negara kita ini....prihatin.com
Quote:Original Posted By KaratekaSNES
oke gan ane mau tanya ya dikit..

kan itu ada batasan buat perorangan 250$ supaya bebas cukai..dan 1000$ perkeluarga

nah apabila ntar ane masuk ke indo misalkan bawa mainan elektronik seukuran tas tangan yang klo dikurskan harganya cuman 180$, bearti ga kena cukai kan, bebas masuk aja ya?

dan klo masih kurang dari batasan 250$ kan bearti ga masalah klo dusnya masih ada.. ga perlu dikeluarin dari dus kan?asal harga belum melewati batas 250$? gitu ya

tapi rencana ane pengen beli 4 buah barang itu...buat oleh2... ditotal kan bearti 720$, dan kebetulan ane pergi sama keluarga.... bearti masih kurang dari batasan 1000$ kan?

jadi yang dihitung tetep perorangan atau keluarga ne? klo ane kasih suruh saudara yang bareng ane pergi bisa ga tenteng masing2 1? jd dihitung perorangana

dan hitungan 1000$ keluarga itu gimana sih?apakah beda sama hitungan perorangana... misal ane udah bawa itu barang 180$ masing2 saudara udah pegang 1

bearti batasan buat keluarga yang 1000$ masih bisa dipake buat bawa barang lain ya? atau dikurangin sama total perorangan??

pencerahannya ya..agak rancu juga ane soalnya

-------------------------
tambahan pertanyaan:

bisa ga kita siasatin harga di nota, pas kita beli suruh tulis kurangin harga...biar masih bisa bawa barang laen...

nota pembelian sebaiknya disimpan atau dibuang aja sehabis beli barang?

biasanya cukai ngecek nota pembelian ga sih ya?

trima kasih banyak ya daripada sembunyi-sembunyi bawanya mending disiasatin aja deh...


mohon pencerahannya gan
Gan, aku mau tanya terutama yang pernah ke singapore naik feri dan dari changi.

Kalau bawa laptop gimana???
Agan agan pernah gak di cek softwarenya???
terus apa lagi yang mesti disiapin buat disana???? nota , surat jalan , apa apalah???
Kalau pakai linux ubuntu dicek apa gak???
plizz infonya
note : Laptop beli di indo
mau tny donk
biar lolos bea cukai di soekarno hatta gmn ya?
ane rencana bw 4 iphone dr sg nih
ane jg ga pake bagasi, jd smuanya tas hand carry
btw ktnya kl dibungkus aluminium foil bs lolos xray bnr ga tuh?
ane ber 2 brg sm istri
thx yg dah bantuin
Alhamdulillah gan.. selama ini ane bulak balik blanja ke singap malay thai ampe jepun gak pernah kepergok bea cukai
sok-sok pede aja lewat green line.. dikasi form juga ane isinya "no" semua
lagian babe ane kebetulan ngurus barang ilegal di beacukai (bukan petugas bea cukai bandara lhoh) jadi waktu ane ama ade2 ane ke singap borong CD en DVD bergepok2 en ketangkep, bisa lolos gratis :P

thanx for sharing gan, nice thread
Quote:Original Posted By santo^_^
mau tny donk
biar lolos bea cukai di soekarno hatta gmn ya?
ane rencana bw 4 iphone dr sg nih
ane jg ga pake bagasi, jd smuanya tas hand carry
btw ane ber2
thx yg dah bantuin


selipin di ketek gan...2 orang kan bisa 4 biji di selipin
-----
klo sesuai aturannya yang ane baca tuh gan...harga 4 Iphone 4 udah melebihi batas maksimal buat bebas cukai yaitu 250$ perorang...

satu2nya cara ya pakai cara klasik gan...dikeluarin dari kotak...trus bilang itu iphone beli di Indo....

atau klo mau tetep segelan di kotak dan ga bermasalah...bayar aja gan pajaknya...klo ga salah hitung2 mungkin 1 biji Iphone 4 itu kena cukai 100 atau 200 rebuan per biji jadi klo 4 biji ya 400-800 rebu mungkin gitu deh gan..

cmiiw

BTW pertanyaan ane ga ada yang jawab..
Nice info nih Gan.....

Quote:Original Posted By ncutlgx59
Alhamdulillah gan.. selama ini ane bulak balik blanja ke singap malay thai ampe jepun gak pernah kepergok bea cukai
sok-sok pede aja lewat green line.. dikasi form juga ane isinya "no" semua
lagian babe ane kebetulan ngurus barang ilegal di beacukai (bukan petugas bea cukai bandara lhoh) jadi waktu ane ama ade2 ane ke singap borong CD en DVD bergepok2 en ketangkep, bisa lolos gratis :P

thanx for sharing gan, nice thread


Wah mantab..... :maho
Tp ati2 ketauan KPK loh.....
Quote:Original Posted By thetrueblue

apakah nanti kita mengeluarkan lagi biaya untuk bayar pajak dan bea masuk? kalo tidak, berarti senang. kalo iya, lantas VAT yg udah tercover dalam harga ipad itu larinya ke mana?

sekian. penjelasan yang tulus saya sangat hargai, terima kasih.


Kita tidak perlu bayar pajak & bea masuk lagi.
Bea cukai & VAT ditanggung oleh penjual
Pembeli seharusnya menerima invoice & faktur pajak sederhana.

Bea cukai & pajak disetor oleh penjual ke rekening kantor pajak

Dalam standar INCOTERM 2000, metode pengiriman ini disebut DDP (Delivered Duty Paid)
saya rasa cara2 yang disebutin diatas seperti dikeluarin dari kardus, dll, sudah gak berlaku lagi mulai 2011..karena tiap orang INA keluar negeri disuruh isi formulir dulu yang menyatakan barang2 tersebut dibawa dari INA dan akan dibawa balik lagi..

pengecualian yang bisa lolos adalah:
1. non-paspor INA
2. PNS yang dinas diluar > 1 tahun
3. mahasiswa di luar > 1 tahun

liat thread ini..sangat menjawab:

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=6142781

2011 bebas fiskal?

Gan 2011 bener ga sih bebas fiskal?
Quote:Original Posted By ivannih
Gan 2011 bener ga sih bebas fiskal?


Benar , tapi diganti Pajak Barang Bawaan waktu pulangnya

misal kamu ke singapura , beli laptop 10 juta
maka pajaknya = (10 -2,5) x 15% = Rp 1.125.000

dibayar kontan waktu lewat bea cukai
oh benar yah.... asik deh,,, gpp pajak itu mah secara ane kan cuman jalan2 doank ga belanja barang2 yang mahal2...
1 dampak lg.. pembuatan paspor lebih mahal..
biar rakyatnya nga ngerti apa2...makanya ada2 aja peraturannya...payah deh
Quote:Original Posted By testament_2009
bro ane skrng tinggal dijepang neh
thn depan. ane udah beli kamera & laptop dijepang + alat elektronik lainnya
nantinya ane kena bea cukai ga yach

thx infonya


hasil pengalaman apes ane,, klo itu barang berada di dalam packing nya, atau box nya atau kardus nya,, pasti akan di permasalah kan, dan di mintai pajak dengan hitungan yang NGASAL (di bengkak kan),,

nah, tips nya,, bawa barang tersebut di dalam tas, kadus dan manual nya masuk bagasi,, jamin aman,, base on my own experience,,

numpang tanya

hallo
numpang tanya nih, kebetulan ane pelajar n lagi bljr bahasa di china, uda 1,5 taun sih, nah kmrn baru balik tgl 1oktober ke indo n balik lagi ke china tgl 20 oktober kemaren, pas itu kan blon heboh nih masalah ini jadi ane bawa camera ya ga pake custome declare, nah nanti klo pas balik indo lagi gimana ya jadi masalah ga tu di tnyain macem2 ga ya?soalnya kan ga da bukti klo tu barang bawaan dari indo, krn emng ga disuru isi kan.
gw dapat forward an dari milis lain sbb:

Quote:
Sekedar info: ternyata peraturan barang bawaan yg tadinya berlaku mulai thn depan tgl 1 Jan, sudah diberlakukan per minggu ini.
Kemarin my mom baru balik dr Spore, sampai airport Jkt yg ada semua koper dibuka satu persatu dan barang belanjaannya dicatet satu persatu juga sambil diminta bonnya. Mereka hanya memperbolehkan belanjaan seharga US 250 saja yg bebas bea. Selebihnya dikenakan beaya bea masuk. Brg tanpa bon dikenakan bea seenak jidatnya mereka. Semua barang belanjaan termasuk wine, baju, toys, alat make up dikenakan bea masuk. Mereka catat satu persatu dan bea masuknya dikenakan dgn sangat tidak masuk akal nilainya. Sato botol wine dikenakan 2,5 juta.GILA.
So mulai sekarang, kalau mau bepergian kalao mau beli barang mendingan disimpan BON nya supaya ada bukti dan tidak dikenakan bea seenak jidat mereka. Ini berita dari teman. Semoga bermanfaat.


ada yang minggu ini baru balik dari LN lewat Cengkareng? Bisa mengkonfirmasi kebenaran berita di atas?
Quote:Original Posted By gunawan98
gw dapat forward an dari milis lain sbb:



ada yang minggu ini baru balik dari LN lewat Cengkareng? Bisa mengkonfirmasi kebenaran berita di atas?


Kayaknya berita diatas itu emang sekarang lagi beredar di BBM (Blackberry Messenger) dan YM deh ...

Numpang nimbrung ya ... Pikiranku sih udah pasti ada aja aturan2 yang membingungkan dan menjebak masyarakat kita ... Ga mungkin 1 Januari 2011 itu bebas fiskal, tapi tanpa ada "pamrih" ... pasti ada aja celah yang dicari oleh mereka2 itu untuk menguras kocek kita.
gw tiap balik dari sing, pasti bawa minuman alc 1L sama rokok 1 slop
Tenteng aja ga masalah

Batasnya pokoknya 1L/org
klo utk rokok gw ga tau tapi gw selalu beli 1 slop

Pas beli di DF changi juga di kasih tau sama orangnya, negara tujuan lo mana?
Nah dia uda tau peraturan cukai di negara2, klo lo bilang ke Jkt (indo) tar
dibilang cuma bole 1L

Klo beli electronic sih gw juga cuek2 aja, camera, laptop lolos semua

Ga pernah isi form declare


NOTE

Gw baru balik dr sing tgl 2 Dec kemaren
Ga ada tuh yg namanya periksa2 barang, trus nota2 pembelian
×