KASKUS

Quote:Original Posted By Ben007
Batakonya masih bagus tidak kondisinya, soalnya kalau plesteran pakai batako hasilnya kurang bagus, tembok banyak retak.. jujur saja saya sudah pernah coba berbagai macam batako, tetap aja retak.. untuk meringankan struktur anda bisa coba menggunakan hebel.. utk wilayah depok harga tidak terlalu berbeda jauh (mengingat material alam di jakarta sangat mahal).
Dan untuk menentukan struktur kolom beserta penambahan pondasi pada lantai dasar,tentukan dulu denah lantai atasnya.. untuk 2 lantai struktur tetap harus ditambah..


Rumah baru kok gan, jadi batakonya mestinya masih bagus. Oh, jadi kalo batako gak bisa ditingkat ya gan? Wah gagal deh ningkat rumahnya. Iya sih gan, serem juga kalo retak-retak.

Dak Keraton

Quote:Original Posted By evapuspa
Iya gan, tangga butuh space gede. Rencananya tangge ane taruh di kamar belakang gan, nanti bawah tangga buat dapur. Niat ane kmr blkng dijadiin dapur, r.makan, n tangga. Beton komposit itu apa gan? Budgetnya brp kira2?


Beton komposit adalah beton isi beton, kita lebih mengenal istilahnya keraton (keramik komposit beton) harganya gak jauh beda dengan pelat beton pada umumnya yaitu : kurang lebih Rp 4 jtan /m3

Keraton sendiri sering dipakai untuk menggantikan pelat lantai (bhs awamnya lantai 2,3 dst) , adapun kelebihannya adalah :

1. Lebih Murah dari pada lantai pelat beton biasa, dengan kekuatan setara.
2. Lebih ringan (bobot mati adalah 180 kg/m2 - 225 kg/m2)
3. Lebih cepat pemasangannya dan tidak membutuhkan perancah kayu
4. Tidak memerlukan alat bantu seperti krane sehingga mengurangi biaya konstruksi
5. Berfungsi sebagai peredam suara dan panas.
6. Sebagai elemen estetika dapat diperlakukan dengan diekspose memberikan dampak visual
7. bentuknya kurang lebih spt ini :





Dak Keraton (Keramik Komposit Beton) merupakan bahan alternatif (khusus) sehingga pemasangan sebaiknya dilakukan oleh tenaga-tenaga yang telah berpengalaman, jangan menggunakan tenaga yang baru coba-coba karena resikonya pekerjaan menjadi lambat, tidak rapi, boros material, bahkan bisa terjadi kegagalan struktur.

Ekonomis dibandingkan dengan beton.

Dak beton dibentuk dari pasir, batu pecah dan semen kemudian diberi tulangan baja. Bila menggunakan keraton, maka pemakaian beton dapat dihemat hingga 60%. Ini karena pengecoran beton hanya dilakukan pada lapisan diatas keraton (setebal 1-3cm) dan celah antara satu keraton dengan keraton lainnya. Tulangan baja yang digunakannya pun juga lebih sedikit karena menggunakan sistem tulangan searah.







untuk pemesanan bisa hub saya Andre (02196823783) atau PM gan....
Quote:Original Posted By Ben007
Batakonya masih bagus tidak kondisinya, soalnya kalau plesteran pakai batako hasilnya kurang bagus, tembok banyak retak.. jujur saja saya sudah pernah coba berbagai macam batako, tetap aja retak.. untuk meringankan struktur anda bisa coba menggunakan hebel.. utk wilayah depok harga tidak terlalu berbeda jauh (mengingat material alam di jakarta sangat mahal).
Dan untuk menentukan struktur kolom beserta penambahan pondasi pada lantai dasar,tentukan dulu denah lantai atasnya.. untuk 2 lantai struktur tetap harus ditambah..


Gan klo pake pelat lantai hebel musti melihat material pendukungnya, sayang gan hebel kan pake H-Beam untuk bentangan panjang sedangkan yg bersangkutan bentangnya kecil2 gan sayang klo tidak efektif
Quote:Original Posted By evapuspa
Rumah baru kok gan, jadi batakonya mestinya masih bagus. Oh, jadi kalo batako gak bisa ditingkat ya gan? Wah gagal deh ningkat rumahnya. Iya sih gan, serem juga kalo retak-retak.


dinding retak2 bisa di plester lg gan.... klo pake beton keraton rumah agan bisa kok ditingkat, krn beton ini bukan bertumpu pada ring balk tetapi menyambung pada ring balk dan tidak memerlukan tambahan kolom
Spoiler for pertanyaan1:

Spoiler for pertanyaan 2:


kok yang ini dicuekin aja nih....!!! ayo para sesepuh, please help..

Denah

Quote:Original Posted By hammer_keeper
Spoiler for pertanyaan1:

Spoiler for pertanyaan 2:


kok yang ini dicuekin aja nih....!!! ayo para sesepuh, please help..


sori gan, sblm ane buatin denahnya ane mau nanya kepastian nya dulu nih
1. Berapa ukuran pasti luas tanah dan luas bangunan, apa spt yg digambar
2. Ane buatin denah dengan konsep yg baru (mengubah pondasi existing) ato cuma tinggal ngikutin gbr sket yg agan buat...
smoga aja gak bosen2 kasih bantuan desain
agan-agan sekalian, ane rencana mau bangun rumah, modelnya persis kaya gini







kalo bangunan begitu modalnya 1,5jt/m2 bisa ga ya?

udah termasuk rangka atap baja ringan jg bisa ga?

apakah harus menggunakan cakar ayam juga?

karena budget mentok di 110jt

spek apa aja yang harus di press?

mohon bantuannya ya agan sekalian?

Help - Mohon dibantu ya Gan

Gan Mohon dibantu ya....Ane baru akuisisi rumah (bangunan tahun 2007) di daerah ciputat

A. Tanah
- Lokasi tanah : Kelurahan Kedaung, Ciputat - TangSel
- Ukuran tanah : 8x14m (l=8m, p=14m)
- Batas Utara : Jalan komplek
- Batas Selatan : bangunan rumah
- Batas Barat : Tembok Pagar komplek/Jalan desa
- Batas Timur : bangunan rumah 1 1/2 lantai
- Kontur tanah : rata

B. Gambar2 dan Foto2.
tampak depan dan ada sisa samping...di balik kanan tembok ada jalan..
Spoiler for samping depan calon dapur baru:


ruang tamu....
Spoiler for ruang tamu:


dapur ngumpet...
Spoiler for dapur yang bakal dipindah:


C. Rumah Impian:
Gan...ane keluarga dengan anak 2 (2-2nya laki), rencana saya akan bangun rumah dengan kondisi..
- Pencahayaan yang bagus,
- Dapur pindah ke samping rumah.
- Tambah 1 kamar mandi dengan closet jongkok, dengan posisi di pojok belakang rumah (di belakang dapur baru) Di atas kamar mandi ada tangga menuju lantai 2.
- dan rumah ini nanti saya akan tingkat menjadi 2 lantai (hanya bagian belakang saja).
rencana juga di lantai 2, arena terbuka untuk bermain anak (kemungkinan di kemudian hari untuk dibuat jadi kamar anak) juga kamar asisten.

Dapur juga harus ada sirkulasi udara yang lancar dan bentuk minimalis namun elegan serta teduh, tapi ada keterbatasan budget

Makasih banyak ya Gan....

Lufa....ane mesti nyiapin berafa ya....?
Quote:Original Posted By oggihebat
agan-agan sekalian, ane rencana mau bangun rumah, modelnya persis kaya gini







kalo bangunan begitu modalnya 1,5jt/m2 bisa ga ya?

udah termasuk rangka atap baja ringan jg bisa ga?

apakah harus menggunakan cakar ayam juga?

karena budget mentok di 110jt

spek apa aja yang harus di press?

mohon bantuannya ya agan sekalian?


kayanya berat gan, klo segitu...coz agan liat sendiri aja facadenya maen list profile, trus dak beton yg disamping carport (dak bukan ya?) belum lagi kantrilevel yg di balkon, trus apalagi klo pondasi cakar ayam kan mahal gan banyak besi dan cor an....

saran saya sih, pondasinya telapak aja trus facadenya mungkin agak dikurangin gan....
Quote:Original Posted By andrestc
Gan klo pake pelat lantai hebel musti melihat material pendukungnya, sayang gan hebel kan pake H-Beam untuk bentangan panjang sedangkan yg bersangkutan bentangnya kecil2 gan sayang klo tidak efektif


yang dimaksud dinding hebel untuk lantai atasnya..

Quote:Original Posted By hammer_keeper
Spoiler for pertanyaan1:

Spoiler for pertanyaan 2:


kok yang ini dicuekin aja nih....!!! ayo para sesepuh, please help..


Kalau kurang sreg dibikin baru lagi aja denahnya, tapi beberapa lajur mengikutin pondasi yang lama... mampir aja ke [url]www.eternityhomedesign.com[/url].. monggo

Quote:Original Posted By oggihebat
agan-agan sekalian, ane rencana mau bangun rumah, modelnya persis kaya gini







kalo bangunan begitu modalnya 1,5jt/m2 bisa ga ya?

udah termasuk rangka atap baja ringan jg bisa ga?

apakah harus menggunakan cakar ayam juga?

karena budget mentok di 110jt

spek apa aja yang harus di press?

mohon bantuannya ya agan sekalian?


Kalau budget segitu saya rasa masih kurang jauh, dalam menentukkan jenis pondasi rumah 2 lantai, harus kita lihat dulu kondisi tanahnya.. kalau tanah bekas sawah sebaiknya pakai strauss pile dan telapak di atasnya.. jangan main2x dengan pondasi rumah, melihat kondisi sekarang banyak gempa..

Kalau facade sih tidak terlalu berpengaruh sama biaya.. yang berpengaruh terhadap biaya, kalau banyak talang beton (model atap perisai).. dan kalau kanan dan kirinya masih tanah kosong, lumayan tuh plesteran dan acian tembok sampingnya..

harga bangunan 2 lantai

Mudah-mudahan bukan pertanyaan ulangan nih..
numpang tanya agan-agan master..
kalo ane bangun rumah, 2 lantai di jakarta.spesifikasi sbb:
- pondasi beton setempat
- bata ringan (celcon ya istilahnya?)
- atap baja ringan
- genteng keramik
- kusen alumunium (karena banyak rayap gan )
- lantai keramik ex roman
luas bangun +/- 300 m2.
kalo anti rayap untuk tanah hitungannya gimana ya?
terima kasih atas jawabannya..
Quote:Original Posted By Ben007
yang dimaksud dinding hebel untuk lantai atasnya..


wkwkwkwk... sori gan yg ane maksud pelat lantai hebel
Quote:Original Posted By mmput
Mudah-mudahan bukan pertanyaan ulangan nih..
numpang tanya agan-agan master..
kalo ane bangun rumah, 2 lantai di jakarta.spesifikasi sbb:
- pondasi beton setempat
- bata ringan (celcon ya istilahnya?)
- atap baja ringan
- genteng keramik
- kusen alumunium (karena banyak rayap gan )
- lantai keramik ex roman
luas bangun +/- 300 m2.
kalo anti rayap untuk tanah hitungannya gimana ya?
terima kasih atas jawabannya..


bagusnya dibuat perencanaannya gan, Gambar dan RAB (Rencana Anggaran Biaya) jadi jelas biaya dan kebutuhan materialnya sesuai dengan breakdown ...dari RAB nya sendiri
Gan, kantor ane sedang membangun Laboratorium di dekat coal yard. di kontrak dengan kontraktornya disyaratkan menggunakan kayu kelas 1. sekarang kontraktor menggunakan kayu mahoni. Pertanyaan ane apakah kayu mahoni termasuk kategori kayu kelas 1? Trims banget gan, ane butuh jawabannya.
Quote:Original Posted By W3irD0
Gan, kantor ane sedang membangun Laboratorium di dekat coal yard. di kontrak dengan kontraktornya disyaratkan menggunakan kayu kelas 1. sekarang kontraktor menggunakan kayu mahoni. Pertanyaan ane apakah kayu mahoni termasuk kategori kayu kelas 1? Trims banget gan, ane butuh jawabannya.


engga gan, kayu mahoni itu kelas 2, kualitanya jelas dibawah kayu jati dan kayu kamper
Gan mohon info, kl mo renov rumah ( uk 11 x 16 ) seperti meninggikan atap + mengganti atap ( dr kayu ke baja ringan ), mengganti tembok + pagar depan, merenov tampilan dpn dr rmh lama ke model minimalis, merubah 1 kamar menjadi taman di dlm rmh, merubah posisi tangga, mengganti keramik 1 rumah ( 2lt ), cat 1 rumah, pemeriksaan seluruh pipa + instalasi listrik dan juga menganti plafon.. kira2 bs habis brp ya per meter nya? berapa lama waktu pengerjaannya? trus apakah renov begini memerlukan ijin seperti IMB dll? thx gan
Quote:Original Posted By toputra
Gan mohon info, kl mo renov rumah ( uk 11 x 16 ) seperti meninggikan atap + mengganti atap ( dr kayu ke baja ringan ), mengganti tembok + pagar depan, merenov tampilan dpn dr rmh lama ke model minimalis, merubah 1 kamar menjadi taman di dlm rmh, merubah posisi tangga, mengganti keramik 1 rumah ( 2lt ), cat 1 rumah, pemeriksaan seluruh pipa + instalasi listrik dan juga menganti plafon.. kira2 bs habis brp ya per meter nya? berapa lama waktu pengerjaannya? trus apakah renov begini memerlukan ijin seperti IMB dll? thx gan


Coba bantu jawab ya bang....
KLo Renovasi, abang harus menghitung ada biaya Bongkar, sedangkan untuk ngebangun lagi, biaya nya disebut pasang/Kontruksi.
11X16=176M2, hitung ambil nilai standard 2.250rb/m2 tinggal dikali aja bang. itu untuk biaya Bongkar Pasang.

Abang minta rubah posisi tangga, lubangnya tetap atau mau pindah juga bang.
Soal izin, sebenarnya Renovasi rumah, kalau masih dalam jangka waktu 6-12bulan, sebenarnya tidak memerluka IMB baru bang, tapi Kalau rumah sudah lama di huni, daripada kita banyak keluar uang hanya untuk ngasih tamu2 yg tidak di harapkan, lebih baik IMB dibuat bang, ane yakin pembangunan nya Aman Jaya bang.
Waktu pengerjaan bisa 6-7bulan bang (hitungan kotor), kalau tidak ada perubahan berarti bang....

mudah2an membantu inpoh ini bang....
Quote:Original Posted By nukie9500
Coba bantu jawab ya bang....
KLo Renovasi, abang harus menghitung ada biaya Bongkar, sedangkan untuk ngebangun lagi, biaya nya disebut pasang/Kontruksi.
11X16=176M2, hitung ambil nilai standard 2.250rb/m2 tinggal dikali aja bang. itu untuk biaya Bongkar Pasang.

Abang minta rubah posisi tangga, lubangnya tetap atau mau pindah juga bang.
Soal izin, sebenarnya Renovasi rumah, kalau masih dalam jangka waktu 6-12bulan, sebenarnya tidak memerluka IMB baru bang, tapi Kalau rumah sudah lama di huni, daripada kita banyak keluar uang hanya untuk ngasih tamu2 yg tidak di harapkan, lebih baik IMB dibuat bang, ane yakin pembangunan nya Aman Jaya bang.
Waktu pengerjaan bisa 6-7bulan bang (hitungan kotor), kalau tidak ada perubahan berarti bang....

mudah2an membantu inpoh ini bang....

wah thx gan buat infonya.. btw, itu yg 2.250 khan biaya bangun baru ya gan? ceritanya saya ini beli rmh lama, dan pondasi + tembok dll msh ok ( sayang kl di bongkar ). So pikir mo renov di bagusin aja sih gan.. apakah tetap biaya nya sekitar 2.250? mengenai tangga, lubang nya mau pindah gan. thx ya
Quote:Original Posted By toputra
wah thx gan buat infonya.. btw, itu yg 2.250 khan biaya bangun baru ya gan? ceritanya saya ini beli rmh lama, dan pondasi + tembok dll msh ok ( sayang kl di bongkar ). So pikir mo renov di bagusin aja sih gan.. apakah tetap biaya nya sekitar 2.250? mengenai tangga, lubang nya mau pindah gan. thx ya


Saran ane bang, Kalau abang mau hanya sebagian2 atau tidak dibongkar abis bangunan nya, lebih baik abang sistem Cost and Fee aja bang, panggil pekerja kerumah, dan tanya biaya pekerjaan berapa, terus abang bisa menentukan material yang bagus untuk facade Tampak Muka. Penentuan ornamen, dan lain sebagainya.
Kalau abang panggil pekerja, abang tinggal tentukan sama tukangnya, berapa lama pengerjaan nya. Begitu bang...
Sukses Jaya ya bang.. renovasi nya.

Seperti pesan sebelumnya bang, Kalau mau bongkar abis... jangan lupa mengurus izin nya, dari pada tukang ogah2an kerja, karena harus menghadapi orang2 yg ga diundang....