hubaAvatar border
TS
huba
[AMAZING ANIMAL SERIES] KELABANG...!! Yang Gak Suka Kelabang Ayo Masuk Biar Jadi Suka
Kelabang atau Centipede (dari bahasa Latin "centi" yang berarti ratus dan "pedis" yang berarti kaki) adalah hewan berbuku dengan sepasang kaki di setiap bagian (buku) tubuhnya.
Spoiler for penampakan:
Kelabang biasanya memiliki jumlah kaki dari 20 sampai lebih dari 300 dan selalu memiliki jumlah pasangan kaki yang ganjil misalnya 15 atau 17 pasang (30 atau 34 kaki) tapi tidak pernah berjumlah misalnya 16 pasang (32 kaki). Kenapa? karena ternyata satu pasang kaki depannya telah bermodifikasi menjadi taring yang berfungsi menyuntikkan racun ke tubuh mangsanya.
Spoiler for taring:
Di seluruh dunia ada sekitar 8000 spesies dengan sekitar 3000 yang sudah diidentifikasi. Secara geografis, kelabang dapat hidup di beragam wilayah dari hutan tropis sampai gurun. Kelabang sangat membutuhkan air karena tubuh mereka mudah sekali kehilangan cairan melalui kulit. Itulah mengapa mereka lebih senang berada di lubang atau tempat yang gelap dan lembab
Spoiler for kelabang:
Kelabang adalah pemangsa dan mereka menggunakan antenanya untuk melacak mangsanya. Seperti serangga, kelabang bernafas menggunakan sistem trakea (bernafas lewat kulit).
Spoiler for antena:
Kelabang bereproduksi secara aseksual (gak pake kawin) dengan cara si jantan akan meletakkan spermatopora yang akan diangkat oleh si betina. Ada juga jenis yang meletakkan spermatoporanya di sejenis jaring lalu si jantan akan melakukan "tarian asmara" untuk menarik betina agar mau mengambil spermatopora itu. Ada pula jantan yang hanya meninggalkan spermatoporanya yang nanti akan ditemukan oleh betina.
Spoiler for sepasang:
Setelah bertelur, ada betina yang akan meninggalkan telurnya tapi ada juga yang tetap menjaga telur itu sampai anak2nya menetas.
Spoiler for mama kelabang:
Kelabang tumbuh dengan cara berganti kulit. Ada juga kelabang yang dapat menumbuhkan satu buku tubuhnya setiap berganti kulit jadi misalnya waktu lahir ia hanya memiliki 4 pasang kaki, seiring ia tumbuh dan berganti ia akan terus menambahkan buku tubuh sehingga pada saat ia dewasa ia memiliki 15 pasang kaki.
Spoiler for ganti kulit:
Karena termasuk hewan berbisa, kelabang juga dapat berbahaya bagi kita. Meskipun gigitan kelabang dewasa berukuran besar dapat sangat menyakitkan, bisanya kemungkinan hanya menimbulkan bengkak, demam dan lemas bagi orang dewasa. Menjadi berbahaya jika yang digigit adalah anak kecil atau orang yang alergi terhadap sengatan lebah. Tapi kebanyakan taring kelabang berukuran kecil bahkan tidak bisa menembus kulit manusia kok.
Spoiler for gigitan kelabang:
Ada banyak spesies kelabang yang mungkin malah ada di sekitar tempat tinggal kita tanpa kita menyadarinya. CEKIDOT GAN...
Spoiler for kelabang ekor bulu:
Spoiler for kelabang cincin biru:
Spoiler for kelabang batu:
Spoiler for kelabang tanah:
Spoiler for kelabang galapagos:
Spoiler for kelabang raksasa amazon:
Spoiler for kelabang peru raksasa:
Spoiler for kelabang sonora:
Spoiler for kelabang vietnam:
Spoiler for kelabang rumah:
Sekarang mari kita lihat beberapa menu makanan dari kelabang... yuuk cekidot...
Spoiler for serangga:
Spoiler for rada berat:
bonus
Spoiler for kelabang lucu lainnya:


Tambahan dari Kaskuser
Quote:


That's All for now... see You again in another edition of "AMAZING ANIMAL SERIES"

lihat juga AMAZING ANIMAL SERIES lainnya di
Quote:


makasih buat yang udah bantu ngasi


makasih juga kalo ada yang berkenan kasi
0
71.6K
766
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan