KASKUS

iya kakawin hahahha..

pengen banget ngebahas tentang kakawin

tapi kok ilmunya masih dangkal banget ya..

bahkan total kakimpoi yang dikenal di kita aja ga tau pasti..
numpang tanya kalau Citzen Itza itu masih kehitung candi atau tidak yah?
Quote:Original Posted By leychies
numpang tanya kalau Citzen Itza itu masih kehitung candi atau tidak yah?


TIDAK...!!!
Baca di halaman2 awal, bro...
Istilah "candi' hanya digunakan untuk bangunan keagamaan di Nusantara.
Kalau bangunan di negara lain, lebih baik kita sebut sebagai "Temple" yang berarti juga "kuil".

Rujukan ini diambil dari riset karya Prof.R.Soekmono dalam dissertasinya yang berjudul "Candi: Fungsi dan Pengertiannya"

Trims...
sori rada oot nih..biasanya kalo di situs2 candi hindu kan ada kepala KALA tuh..

trus apa bedanya sih kala/batara kala ama barong yg biasanya ada di gambar2 kaos bali tuh

abisnya mirip2 sih
waw... :maho :maho
ijin nyimak gan...

Kala, Makara dan Barong

Quote:Original Posted By hakeey
sori rada oot nih..biasanya kalo di situs2 candi hindu kan ada kepala KALA tuh..

trus apa bedanya sih kala/batara kala ama barong yg biasanya ada di gambar2 kaos bali tuh

abisnya mirip2 sih


Hmm, perlu diluruskan sedikit di sini.
Mungkin bukan "batara", tapi "makara" yah?
Karena biasanya di bagian pintu depan memang terdapat ornamen kepala Kala/Makara. Sedangkan barong adalah sesuatu yang berbeda.

Kala adalah makhluk mitos dari India. Sebenarnya ada dua versi cerita mengenai Kala, yang pertama adalah sebuah "siluman" atau makhluk bukan-dewa dan yang lainnya adalah sebagai makhluk penyabut nyawa (dewa kematian) dalam mitologi Veda yang merupakan utusan dewa Brahma.

Bagi yang pernah membaca cerita epos Mahabharata atau Ramayana, mungkin tidak asing lagi dengan nama Kala. Karena di dalam kedua cerita itu, Kala merupakan makhluk kehormatan yang mencabut nyawa Kresna dan Rama. Dikatakan dalam cerita Ramayana, Kala diutus oleh Brahma yang muncul dalam rupa seorang brahmana dan masuk ke dalam istana Rama dan kemudian menanyakan kepada Rama perihal kematiannya. Jikalau Rama mengkehendaki Kala mencabut nyawanya, maka Rama akan mati seketika itu, namun jikalau Rama ingin tetap memerintah di dunia bersama manusia, maka Kala tidak akan pernah mencabut nyawanya lagi.

(dalam hal ini, Kala datang dan menawarkan "bantuannya" mencabut nyawa Rama karena Rama merupakan titisan/avatara dewa Visnu)

Demikian juga mengenai cerita mengenai Hanoman yang juga dijanjikan oleh Brahma bahwa Hanoman tidak akan pernah mati kecuali Hanoman sendiri yang mengkehendaki kematiannya.

Nah, peran Kala dapat dikatakan sebagai sebuah makhluk pencabut nyawa.

Makara sendiri adalah juga makhluk dalam mitologi Veda yang digambarkan merupakan ikan dengan rupa kepala gajah. Perhatikan pada pintu2 masuk bilik utama candi, biasanya terdapat berbagai sulur2 yang menggambarkan bagian buntut makara, ada juga yang menggambarkan tampak seperti "ombak lautan".

Kalau barong sendiri sebenarnya diambil dari tradisi Bali yang sebenarnya telah bercampur dengan beberapa tradisi mitologi, antara lain mitologi dari Jawa sendiri, India dan Chinese. Jenis tarian barong agaknya memang merupakan "produksi" lokal.
selesai juga baca dari awal

@alpha
kpn kita ke tarumanegara nih
Quote:Original Posted By zhulatо
selesai juga baca dari awal

@alpha
kpn kita ke tarumanegara nih


Waah! Congratz udah selesai baca! Hehehe...

Eh, maksudnya ke kampus Untar?
Kalau ke situs peninggalan Tarumanagara, ada banyak bgt!
Di Jakarta Utara juga ada kok, atau di Bogor dan Kerawang.
So, pilih yang mana?

Kalau udah ada peminatnya dan emg serius, gw bisa bantu arrange untuk rute dan tempat bermalam. Gimana?
btw pada mbahas ttg candi2 d jln solo dunk..
disitu perpaduan hindu budhanya mantap !!!!!
bahkan C sambisari itu digunakan untuk dua umat yg berbeda...
wah wah mo pada keluar yah *ngiri dot com*

senin selasa kemaren di jakarta, mau hubungi bro omega supaya dapet guide buat jalan2 di museum nasional tapi ndak tau nomornya..

akhirnya ke museum sendiri, berjuang buat minta ijin moto tapi ga bisa

padahal belum punya photo prajnaparamita ama poto arca dewi parwati yang dari candi rimbi

Quote:Original Posted By andromeda
wah wah mo pada keluar yah *ngiri dot com*

senin selasa kemaren di jakarta, mau hubungi bro omega supaya dapet guide buat jalan2 di museum nasional tapi ndak tau nomornya..

akhirnya ke museum sendiri, berjuang buat minta ijin moto tapi ga bisa

padahal belum punya photo prajnaparamita ama poto arca dewi parwati yang dari candi rimbi



Lhoo???
Bukannya waktu itu udah tukeran nomor HP waktu gath di Plaza Semanggi yaah?

Nomormu masih yang di 0852.XXXX.XX.69 kaan?

BTW, Arca Prajnaparamita yang dari candi mana?
Candi Singosari kaaah? Itu adalah arca prajnaparamita tercantik dan termulus yang ada di dunia. Dulu sempat di-"larikan" ke negeri kincir angin waktu perang dunia kedua. Orang Belanda takut arca itu dirusak oleh Jepang.
yuppp betuuuullllll.. no nya masih yang itu

hp saya pan ilang kemaren pas nyampe bandung.. jadi kemaren pas di jkt bingung soalnya gak ada yang bisa dihubungi.. ya udah jalan deh ke museum nasional sendiri.

iya prajnaparamita.. yang ketemunya di daerah candi singosari, cantik banget arca nya.. mulus.. kualitas tinggi bener tu.. siapa yang mahat ya?? pahatannya bener bener cantiikk... sayang ga boleh ambil photo birokrasinya ribet banget dehh.. padahal pas di museum trowulan bisa ambil poto sepuasnya.

iya sempet di bawa ke belanda trus dibalikin lagi, tapi dibalikinnya kenapa gak semua ya?? kok yang dari candi singosari masih banyak yang di museum belanda??

prajnaparamita itu jadi sebenarnya siapa ya? betulkah ken dedes??
Quote:Original Posted By alphaomega
Waah! Congratz udah selesai baca! Hehehe...

Eh, maksudnya ke kampus Untar?
Kalau ke situs peninggalan Tarumanagara, ada banyak bgt!
Di Jakarta Utara juga ada kok, atau di Bogor dan Kerawang.
So, pilih yang mana?

Kalau udah ada peminatnya dan emg serius, gw bisa bantu arrange untuk rute dan tempat bermalam. Gimana?


lagi itu yg kita bicarain... mo kebogor kan ya? kpn2 meeting di ym lagi ya...

Quote:Original Posted By andromeda
wah wah mo pada keluar yah *ngiri dot com*

senin selasa kemaren di jakarta, mau hubungi bro omega supaya dapet guide buat jalan2 di museum nasional tapi ndak tau nomornya..

akhirnya ke museum sendiri, berjuang buat minta ijin moto tapi ga bisa

padahal belum punya photo prajnaparamita ama poto arca dewi parwati yang dari candi rimbi



wkwkwk... napa ngak hubungi gw? lewat kaskus gt?

Quote:Original Posted By andromeda
yuppp betuuuullllll.. no nya masih yang itu

hp saya pan ilang kemaren pas nyampe bandung.. jadi kemaren pas di jkt bingung soalnya gak ada yang bisa dihubungi.. ya udah jalan deh ke museum nasional sendiri.

iya prajnaparamita.. yang ketemunya di daerah candi singosari, cantik banget arca nya.. mulus.. kualitas tinggi bener tu.. siapa yang mahat ya?? pahatannya bener bener cantiikk... sayang ga boleh ambil photo birokrasinya ribet banget dehh.. padahal pas di museum trowulan bisa ambil poto sepuasnya.

iya sempet di bawa ke belanda trus dibalikin lagi, tapi dibalikinnya kenapa gak semua ya?? kok yang dari candi singosari masih banyak yang di museum belanda??

prajnaparamita itu jadi sebenarnya siapa ya? betulkah ken dedes??


oh ternyata hilang toh
Quote:Original Posted By andromeda
yuppp betuuuullllll.. no nya masih yang itu

hp saya pan ilang kemaren pas nyampe bandung.. jadi kemaren pas di jkt bingung soalnya gak ada yang bisa dihubungi.. ya udah jalan deh ke museum nasional sendiri.

iya prajnaparamita.. yang ketemunya di daerah candi singosari, cantik banget arca nya.. mulus.. kualitas tinggi bener tu.. siapa yang mahat ya?? pahatannya bener bener cantiikk... sayang ga boleh ambil photo birokrasinya ribet banget dehh.. padahal pas di museum trowulan bisa ambil poto sepuasnya.

iya sempet di bawa ke belanda trus dibalikin lagi, tapi dibalikinnya kenapa gak semua ya?? kok yang dari candi singosari masih banyak yang di museum belanda??

prajnaparamita itu jadi sebenarnya siapa ya? betulkah ken dedes??



Waah, bakalan OOT lagi nih...
Tapi gak apa2 deh... Hehehehe...

Dalam ajaran Buddhis, Prajñāpāramitā atau Pradnya Paramita atau Prajnaparamita sebenarnya adalah sebuah tingkatan, wujud, sifat, entitas atau "bagian" dari dalam bodhisattva itu sendiri.

Nah, siapakah bodhisattva?

Secara harafiah, bodhisattva berarti makhluk yang tercerahkan (Bodhi = tercerahkan; sattva = makhluk). Siapapun bisa menjadi bodhisattva dan salah satu bodhisattva yang kita ketahui adalah Sidharta Gautama.

Dalam ajaran Mahayana, Bodhisattva mengambil janji untuk tidak memasuki nirvana sebelum semua mahkluk mencapai ke-Buddha-an. Ini tidak sama dengan di tradisi Theravada kebanyakan, dimana makluk yang mencapai pencerahan adalah Arahat, bukan Buddha.

Arti Bodhisatta pada Pali Canon (kumpulan koleksi kitab pada ajaran Theravada) dan tradisi Theravada tidak mengatakan bahwa seorang Bodhisattva membuat janji tidak akan mencapai penerangan sebelum semua orang lain mencapai penerangan. Ini merupakan inovasi dari Mahayana. Jadi seorang Bodhisatta dan seorang Bodhisattva merupakan hal yang berbeda.

Ciri dari arca Prajñaparamita adalah sikap tangan (mudra) yang dapat kalian lihat. Biasanya kita sebut sebagai sikap tangan dharmacakra prawardhana mudra yang berarti sikap tangan sedang memutar roda dharma. Bentuk sikap tangan ini tangan kanan di bagian atas tangan kiri dan jari jempol dan jari telunjuk kedua tangan membentuk sebuah angka 0 yang saling bertumpu satu sama lainnya.

Mengenai pertanyaan, "siapa yang memahat", well, sayangnya saya gak bisa memberikan jawaban untuk itu.

Sedangkan mengenai benda2 yang ada di Belanda dan hendak diminta kembalikan, hmm, di atas hukum, hal ini tidak dapat dilakukan dgn mudah. Hal ini karena benda2 tersebut dibawa ketika tanah air kita masih dalam penjajahan VOC dan Belanda. Secara otomatis, benda2 tersebut juga merupakan klaim milik pemerintah Hindia Belanda. Sedangkan pada masa sekarang ini, jikalau benda2 tersebut hendak diminta balik, secara hukum sangat lemah. Walaupun kenyataannya benda itu adalah peninggalan sejarah Nusantara, namun BUKAN milik Indonesia. (ingatlah bahwa istilah "Indonesia" baru ada sejak 17 Agustus 1945).

Dengan demikian, benda2 sejarah yang diambil setelah Indonesia berdiri, dapat kita klaim. Namun benda2 yang hendak diklaim dgn nama Indonesia, tapi diambil sebelum Indonesia ada. Ini adalah hal yang berbeda. Ngerti kan maksud saya?

Banyak yang mengatakan bahwa Prajñāpāramitā adalah personifikasi dari Ken Dedes. Jika ditelisik dari arca yang merupakan peninggalan masa Singhasari, mungkin saja benar. Tapi sampai sekarang, belum ada bukti valid yang mengatakan bahwa memang arca tersebut menggambarkan Ken Dedes.

Sedikit cerita saja mengenai pertanyaan point tersebut.

Arca Prajñāpāramitā ditemukan sekitar awal abad 19 oleh seorang Belanda yang tidak pernah tercatat namanya. Arca ini ditemukan terkubur dalam salah satu candi bernama Candi Wayang atau Candi E dalam kompleks reruntuhan peninggalan Singhasari. Ketika candi itu dibersihkan dan diletakkan di sebuah rumah kediaman kepala residen Malang, Monnerau (nama kepala residen Malang), mengkaitkannya dengan cerita Ken Dedes yang sangat ia minati. Para warga pun kemudian banyak yang berdatangan melihat arca Ken Dedes itu (karena cerita rakyat itu sangat melekat dalam hati penduduk sekitar sana). Nah, dimungkinkan, dari situlah muncul anggapan bahwa arca Prajñāpāramitā adalah perwujudan dari Ken Dedes itu sendiri.
hai haiiii
salam kenalll..gw baru masuk kasksu niii

woowww,,,ini forum ttg candi2 gt ya??seru bgttt
gw jg pecinta sejarah,,suka bgt klo jalan2 ke situs sejarah gt
ayo2 share info soal candi2 di Indonesia..
Quote:Original Posted By alphaomega
Waah, bakalan OOT lagi nih...
Tapi gak apa2 deh... Hehehehe...

Dalam ajaran Buddhis, Prajñāpāramitā atau Pradnya Paramita atau Prajnaparamita sebenarnya adalah sebuah tingkatan, wujud, sifat, entitas atau "bagian" dari dalam bodhisattva itu sendiri.

Nah, siapakah bodhisattva?

Secara harafiah, bodhisattva berarti makhluk yang tercerahkan (Bodhi = tercerahkan; sattva = makhluk). Siapapun bisa menjadi bodhisattva dan salah satu bodhisattva yang kita ketahui adalah Sidharta Gautama.

Dalam ajaran Mahayana, Bodhisattva mengambil janji untuk tidak memasuki nirvana sebelum semua mahkluk mencapai ke-Buddha-an. Ini tidak sama dengan di tradisi Theravada kebanyakan, dimana makluk yang mencapai pencerahan adalah Arahat, bukan Buddha.

Arti Bodhisatta pada Pali Canon (kumpulan koleksi kitab pada ajaran Theravada) dan tradisi Theravada tidak mengatakan bahwa seorang Bodhisattva membuat janji tidak akan mencapai penerangan sebelum semua orang lain mencapai penerangan. Ini merupakan inovasi dari Mahayana. Jadi seorang Bodhisatta dan seorang Bodhisattva merupakan hal yang berbeda.

Ciri dari arca Prajñaparamita adalah sikap tangan (mudra) yang dapat kalian lihat. Biasanya kita sebut sebagai sikap tangan dharmacakra prawardhana mudra yang berarti sikap tangan sedang memutar roda dharma. Bentuk sikap tangan ini tangan kanan di bagian atas tangan kiri dan jari jempol dan jari telunjuk kedua tangan membentuk sebuah angka 0 yang saling bertumpu satu sama lainnya.

Mengenai pertanyaan, "siapa yang memahat", well, sayangnya saya gak bisa memberikan jawaban untuk itu.

Sedangkan mengenai benda2 yang ada di Belanda dan hendak diminta kembalikan, hmm, di atas hukum, hal ini tidak dapat dilakukan dgn mudah. Hal ini karena benda2 tersebut dibawa ketika tanah air kita masih dalam penjajahan VOC dan Belanda. Secara otomatis, benda2 tersebut juga merupakan klaim milik pemerintah Hindia Belanda. Sedangkan pada masa sekarang ini, jikalau benda2 tersebut hendak diminta balik, secara hukum sangat lemah. Walaupun kenyataannya benda itu adalah peninggalan sejarah Nusantara, namun BUKAN milik Indonesia. (ingatlah bahwa istilah "Indonesia" baru ada sejak 17 Agustus 1945).

Dengan demikian, benda2 sejarah yang diambil setelah Indonesia berdiri, dapat kita klaim. Namun benda2 yang hendak diklaim dgn nama Indonesia, tapi diambil sebelum Indonesia ada. Ini adalah hal yang berbeda. Ngerti kan maksud saya?

Banyak yang mengatakan bahwa Prajñāpāramitā adalah personifikasi dari Ken Dedes. Jika ditelisik dari arca yang merupakan peninggalan masa Singhasari, mungkin saja benar. Tapi sampai sekarang, belum ada bukti valid yang mengatakan bahwa memang arca tersebut menggambarkan Ken Dedes.

Sedikit cerita saja mengenai pertanyaan point tersebut.

Arca Prajñāpāramitā ditemukan sekitar awal abad 19 oleh seorang Belanda yang tidak pernah tercatat namanya. Arca ini ditemukan terkubur dalam salah satu candi bernama Candi Wayang atau Candi E dalam kompleks reruntuhan peninggalan Singhasari. Ketika candi itu dibersihkan dan diletakkan di sebuah rumah kediaman kepala residen Malang, Monnerau (nama kepala residen Malang), mengkaitkannya dengan cerita Ken Dedes yang sangat ia minati. Para warga pun kemudian banyak yang berdatangan melihat arca Ken Dedes itu (karena cerita rakyat itu sangat melekat dalam hati penduduk sekitar sana). Nah, dimungkinkan, dari situlah muncul anggapan bahwa arca Prajñāpāramitā adalah perwujudan dari Ken Dedes itu sendiri.


waww..anda expert bgt ya masalah candi2an gini..
klo pengen tau cerita candi2 gt,,buku apa c yg harusnya gw baca dl??
gw sk cerita candi2,,tp ya belajarnya cm sekilas2 aja,,g pernah teliti gini
thx gan
Quote:Original Posted By zhulatо
lagi itu yg kita bicarain... mo kebogor kan ya? kpn2 meeting di ym lagi ya...


Hayuuukkk...!!!
Kapan nih? Harus arrange waktu dgn teman2...
Kalau ada minimal 5 orang yang mau, kita lgsg jalan...
Tentang rute, ntar biar gw yang urus...
Quote:Original Posted By eta.luph.roma
hai haiiii
salam kenalll..gw baru masuk kasksu niii

woowww,,,ini forum ttg candi2 gt ya??seru bgttt
gw jg pecinta sejarah,,suka bgt klo jalan2 ke situs sejarah gt
ayo2 share info soal candi2 di Indonesia..


Salam kenal juga...
Selamat bergabung di thread ini...

Tentang membahas candi, sudah kita mulai dari halaman satu kok, bro!
hehehe...

Silahkan tambahkan informasi menarik jikalau ada...
Thx b4


Quote:Original Posted By eta.luph.roma
waww..anda expert bgt ya masalah candi2an gini..
klo pengen tau cerita candi2 gt,,buku apa c yg harusnya gw baca dl??
gw sk cerita candi2,,tp ya belajarnya cm sekilas2 aja,,g pernah teliti gini
thx gan


Buku? Banyak sekali...!!!
Tapi, anda harus bantu saya "mengkerucutkan" minat baca anda dulu. Baru bisa saya rekomendasikan beberapa jenis buku yang mungkin menarik dan informatif untuk anda baca.

Hmm, pernah meneliti candi?
Boleh tau aspek apa yang anda teliti dalam percandian?

Thx b4...
Quote:Original Posted By alphaomega
Hayuuukkk...!!!
Kapan nih? Harus arrange waktu dgn teman2...
Kalau ada minimal 5 orang yang mau, kita lgsg jalan...
Tentang rute, ntar biar gw yang urus...


yukkk...

tgl 2 gue di jakarta nih.. yuk yuk..
Quote:Original Posted By andromeda
yukkk...

tgl 2 gue di jakarta nih.. yuk yuk..


duh tanggal 2 gw ada gatherin lagi

si orthank masuk RS udah sembuh blom ya...

@alpha
ntar kita omongin di ym aja deh

@andromeda
setelah tanggal segitu, balik ke jkt lagi kapan?