KASKUS

Quote:Original Posted By adi77
saya dengar di riau harga sudah 1300 / kg ya...? terutama di bagian indra giri hulu...

di tempat saya lagi pada jual nih 7jt-an untuk sawit udah tanam usia 3 bulan...siapa tau ada yang minat...


Halo om adi77..salam kenal
Itu 7 jtan maksudnya apaan ya? Jual kebun apa jual tbs nya?
Mohon pencerahannya dari suhu..
Para Master2 Sawit, Nubi mau nanya,
Bibit dari PT.Dami Mas itu gimana ya kualitasnya bila dibandingkan dengan bibit lainnya ( Kecambah ).
Para master,
Barusan dapet surat edaran dari Dirjen Bun - Jakarta mengenai kebijakan Import bibit bagi perusahaan PMA itu di batasi 50% dari total kebutuhan ya??
Ada yang tau gak info mengenai ini..??

Cari info lahan sawit di Sumatra sekitar 8000 Ha

Hallo.., ada yg punya info gak ttg yang mo jual atau yg punya kuasa jual atas lahan atau kebun sawit di Sumatra, luasnya sekita 4000-8000 ha.., kalo ada, tolong infonya dong..
Quote:Original Posted By adi77
iya, karena info-nya dari sawiters lokal sana yg tidak bergabung di kud
sepertinya marihat...


marihat..berapa banyak pak?
ditempat saya masih banyak B*bi usia tanam 3 bln agak riskan, banyak petani yang frustasi.., kebanyakan kalo ngambil usia tanam 1,5 thun
ada yg baru buka lahan di daerah seipagar bth bibit untk 9 ha
Quote:Original Posted By rommysid
Para Master2 Sawit, Nubi mau nanya,
Bibit dari PT.Dami Mas itu gimana ya kualitasnya bila dibandingkan dengan bibit lainnya ( Kecambah ).


ada file 2007
PT. Dami Mas Sejahtera

Jantan : Pisifera Dami \t
betina : Dura Dami\t \t \t \t \t \t

lbh lengkapnya disini
Quote:Original Posted By OktORm
ada file 2007
PT. Dami Mas Sejahtera

Jantan : Pisifera Dami \t
betina : Dura Dami\t \t \t \t \t \t

lbh lengkapnya disini

Makasih ya gan
Quote:Original Posted By rommysid
Halo om adi77..salam kenal
Itu 7 jtan maksudnya apaan ya? Jual kebun apa jual tbs nya?
Mohon pencerahannya dari suhu..


lahannya bro...
update terbaru..
sawit di meulaboh/nagan raya NAD skrg 800perak.
kl jual dipabrik langsung rp.1100/rp.1200.

kmarin gw baru plg dari kebun.
kyaknya perlu tinggal disana beberapa bulan.
krn mau pupuk.
dan ada sebagian lahan mau ditanam bibit sawit.
biar enak kontrol..

btw, gw mau beli pupuk kl ga salah namanya NHK tau apalah gt. harganya 400an ribu.
ga kemahalan kan.
bibit sucofindo disini 20rb. kira2 mahal ga??
Quote:Original Posted By replicator
update terbaru..
sawit di meulaboh/nagan raya NAD skrg 800perak.
kl jual dipabrik langsung rp.1100/rp.1200.

kmarin gw baru plg dari kebun.
kyaknya perlu tinggal disana beberapa bulan.
krn mau pupuk.
dan ada sebagian lahan mau ditanam bibit sawit.
biar enak kontrol..

btw, gw mau beli pupuk kl ga salah namanya NHK tau apalah gt. harganya 400an ribu.
ga kemahalan kan.
bibit sucofindo disini 20rb. kira2 mahal ga??

Sucofindo apa socfin om??
nah ini dia..
kyaknya socfindo yah..
kurang tau jg..
pokoqnya gt2.. perusahaan BUMN itu kan..
ada yang tau ga harga lahan sawit buah pasir di RIAU

pengen usaha sawit tapi masih butaaa hikss

ada yang punya business plan sawit ga ya

kasi info donk gan
Quote:Original Posted By replicator
nah ini dia..
kyaknya socfindo yah..
kurang tau jg..
pokoqnya gt2.. perusahaan BUMN itu kan..

Kalo Harga socfin 20rb itu per berapa om? Setahu gw sih om, harganya kalo socfin itu Rp.9500 per butir (Franco kantornya di Medan) Cmiww
Yang Paling mahal jg dari Marihat, harganya 1,2 USD franco..Cmiww jg..
salam buat semua pebisnis sawit di kaskus, dengan segala kerendahan hati saya mau ikut diskusi2 disini. mudah2an bisa diterima

keluarga saya mulai bisnis sawit dari tahun 95 di rokan hulu, riau. mungkin ada kaskuser yang daerahnya sama. sekarang sedang mencoba mengembangkan usaha dengan mengambil kredit revitalisasi perkebunan di bri, karena krisis global masih menunggu keadaan normal lagi. kalau ada yang pernah ambil kredit untuk perkebunan, saya mau dengar pengalamannya nih...

untuk daerah riau sendiri, biaya pembangunan kebunnya adalah 37-38 jt/ha tanpa infrastruktur (jalan, bangunan, parit, dll). untuk informasi saja, program kredit revitalisasi ini berakhir 2010. semoga pemerintah yang baru mau memperpanjang, karena masa depan perkebunan sawit indonesia sangat mencerahkan. peluang untuk mengembangkan industri hilir masih terbuka karena malaysia sudah mulai fokus kepada industri hilirnya dan "membiarkan" indonesia "bermain" industri hulu. buat kaskuser yang ingin membangun kebun sawit tapi terganggu oleh biaya, bisa mengambil kredit revitalisasi dengan syarat kaskuser adalah anggota kud.

itu dulu buat perkenalan, mudah2an kita semua bisa mendapat informasi yang bermanfaat disini...
Harga Sawit Terus Naik
Senin, 23 Maret 2009

Gambarannya pendapatan petani sawit yang mempunyai 1 hektar kebun saja bisa mendapat uang Rp 2 juta sampai 4 juta dalam 2 kali sebulan. Sementara saat berlangsung beberapa bulan harga hanya Rp 200 per kg petani sawit benar-benar menjerit karena sebagain besar petani mengalami tekor karena ongkos panen dan ongkos angkut tak bisa tertutupi oleh hasil penjualan saat pelaksanaan panen. Akibatnya ketika itu buah kelapa sawit dibiarkan membusuk di bawah batangnya yang jumlahnya mencapai ratusan bahkan ribuan ton pasa masa sulit itu.

Salah seorang petani sawit, Ahmad Fauzi (41) warga RW III Kelurahan Pasar Tais Kecamatan Seluma, mengungkapkan sejak harga mulai merangkak naik hingga mencapai Rp 1.000 per kg itu kini dirinya sudah tak merasa kesulitan memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari hanya dari sawit saja. Dikatakannya, walau petani masih saja mengharapkan harga terus naik hingga pada titik tertinggi tapi itu sudah membuat dirinya dan petani-petani lainnya punya harapan lagi terhadap kebun yang dipelihara selama ini. Maka dari itu, dirinya meminta harga tersebut menjadi perhatian serius pemerintah agar bisa dipertahan lebih-lebih ditingkatkan lagi.

“Alhamdulillah kini harganya sudah Rp 1.000 lagi di beli pengumpul dari kami-kami petani. Harapannya jangan samapi kedepan harganya anjlok lagi,” ungkap Ketua RW yang punya kebun di Desa Padang Rambun Kecamatan Seluma Selatan itu berharap.
Nice inpoh gan..
om om ijin gabung
gw lg cari lahan 200-300 ha, d daerah palembang
klo ada info kabarin om

da 1 taon cari lahan ga ada yg cocok doh suse
tolong tanya, gw masi awam banget soal kelapa sawit. pingin coba berinvestasi di sini. pertanyaan saya :

1. lahan yg diperlukan utk perkebunan sawit ini minimum brp hektar? apakah 0,5(setengah) hektar saja bisa?
2. lahan utk perkbnn sawit di kalimantan timur itu yg dibolehkan di mana saja?
3. apakah benar regulasi saat ini utk sementara tidak membolehkan perbankan utk memberi kredit bagi investor sawit? apa alasannya? dan sampai kapan regulasi tsb berlaku?
4. apakah diperlukan insinyur pertanian utk membantu perkebunan sawit tsb? kl iya, apa saja fungsi insinyur tsb?
5. tahapan birokrasi apa saja yg harus kita lewati utk memulai bisnis ini dari nol?

terima kasih..
Quote:Original Posted By Zthorm
tolong tanya, gw masi awam banget soal kelapa sawit. pingin coba berinvestasi di sini. pertanyaan saya :

1. lahan yg diperlukan utk perkebunan sawit ini minimum brp hektar? apakah 0,5(setengah) hektar saja bisa?
2. lahan utk perkbnn sawit di kalimantan timur itu yg dibolehkan di mana saja?
3. apakah benar regulasi saat ini utk sementara tidak membolehkan perbankan utk memberi kredit bagi investor sawit? apa alasannya? dan sampai kapan regulasi tsb berlaku?
4. apakah diperlukan insinyur pertanian utk membantu perkebunan sawit tsb? kl iya, apa saja fungsi insinyur tsb?
5. tahapan birokrasi apa saja yg harus kita lewati utk memulai bisnis ini dari nol?

terima kasih..


saya akan coba jawab pertanyaan Zthorm...

1. luas lahan yang disarankan adalah 2 ha, ini sebagai syarat kita untuk mengurus legalitasnya (surat kepemilikan tanah atau sertifikat) atas nama perorangan. karena peraturan mewajibkan untuk 1 legalitas hanya boleh untuk 2 ha dan 1 nama. sebenarnya di bawah 2 ha pun kita sudah bisa membuka kebun sawit tapi legalitasnya hanya dikenakan tanaman pangan saja (CMIIW). saya rasa disetiap daerah peraturannya seperti ini.

2. kl daerah persisnya saya tidak tahu. saya hanya bisa memberi saran sebaiknya lahan yang dicari untuk kebun sawit adalah lahan yang termasuk kelas S1 karena tanaman sawit membutuhkan kondisi tumbuh yang baik agar potensi produksinya maksimal. faktor utama lingkungan tumbuh yang perlu diperhatikan adalah iklim, keadaan fisik dan kesuburan tanah.

3.sejak krisis keuangan global, sektor perkebunan turun dari no.1 menjadi no. 3 untuk prioritas pemberian kredit usaha dari pihak bank disamping faktor penurunan harga minyak yang sawit turun drastis. pihak bank saat ini masih melakukan "wait and see" untuk mengucurkan kredit bagi sektor perkebunan dalam jumlah besar walaupun saat ini kecenderungan harga minyak sawit sudah menunjukkan nilai positif. tidak hanya untuk sektor komoditas saja, untuk sektor-sektor riil pun pihak bank masih sangat ketat untuk mengucurkan kreditnya. mudah2an semester kedua tahun ini keadaan bisa membaik.

4. prinsip saya jika mengurus kebun sawit adalah sama dengan mengurus tanaman lainnya. yang diperhatikan hanya lingkungan tumbuh tanaman tersebut, genetis tanaman (bibit), perlakuan yang diberikan, dan pemeliharaan tanaman. awalnya saya dan keluarga membuka kebun tidak menyewa seorang sarjana pertanian, tetapi harus ada yang memang sudah mengerti tentang tanaman kelapa sawit. tidak harus sarjana, yang penting orang tersebut mempunyai pengalaman yang cukup di perkebunan kelapa sawit. sebaiknya meminta informasi ke orang-orang atau lembaga-lembaga yang sudah mumpuni. asumsinya untuk kebun sawit sawit skala kecil

5. jika yang anda maksud dengan birokrasi adalah berurusan dengan pemerintah daerah, sejauh yang saya tahu urusannya adalah masalah legalitas tanah. sebelum membeli tanah pastikan kepada kepala desa setempat bahwa lahan tersebut tidak tumpang tindih (masalah klasik yang selalu muncul dan saya pesimis tanah di indonesia tidak ada yang bermasalah). untuk membuat surat kepemilikan tanahnya anda berkoordinasi dengan pihak badan pertanahan nasional yang akan membuat peta lahan anda. surat tersebut akan ditandatangani oleh camat dan kepala desa. minimal anda akan berurusan dengan kepala desa, camat, dan badan pertanahan nasional.

mungkin itu informasi yang dapat saya sampaikan karena keterbatasan ilmu saya, mudah2an ada kaskuser lain yang dapat melengkapi. sukses untuk bisnis sawitnya dan jangan takut untuk memulai karena kelapa sawit adalah komoditas yang menjanjikan...
ada apa dengan kaskus??