skaiwalkerAvatar border
TS
skaiwalker
[Ask] masalah di LinkSys WRT54G ver 7
Begini bos ceritanya..

So far selama sebulan ini ngga ada masalah apa". Koneksi lancar, Wifi jalan, yea so far so good. Tapi akhir" ini mulai ada tanda" keanehan. Koneksi tiba" time out dengan sendirinya. Saya pikir dari ISP nya. Setelah saya telusuri ternyata dari Routernya (WRT54G ver 7 saya). Solusinya dengan cabut pasang adaptornya (soft reset klo ngga salah). Ok dengan cara tadi Router kembali bekerja dengan normal.

Problem terjadi lagi.. koneksi time out.. dan ini terjadi hampir 2 - 5 kali dalam sehari! parah!

Karena penasaran gw browsing dan menemukan fakta bahwa hampir semua pengguna WRT54G mengalami hal yang sama dengan saya. Ya hampir semua pengguna diseluruh dunia! bahkan di forum officialnya mereka tidak dapat menjawab pertanyaan dari user yang komplain! (jadi mirip kasusnya Xbox 360 nih)

Solusi sih ada yaitu dengan mengganti original Firmware dengan yang 3rd party (dd-wrt misalnya). Yang ingin gw tanyaken.. Apakah dengan mengganti Firmware Original dengan 3rd party tadi dapat memecahkan masalah tersebut diatas? Jika "Ya" berarti problem teratasi.

Masalah lain adalah.. WRT54G ver 7 tidak support untuk Update Firmware 3rd Party karena seri ini menggunakan Chipset Atheros!! (ver 1 sampai 6 make Broadcom. Begitu juga Ver 8). Ada solusi??

----------------------------------------

Macam-macam seri LinkSys. Jangan ambil WRT54G seri 7!!!!

----------------------------------------

Untuk yang terlanjur menggunakan WRT54G ver 7 pastikan hanya jalan untuk 2 PC saja. Entahlah ini bener ato ngga tapi menurut analisis gw, Atheros ga mampu menghandle packet gede.

----------------------------------------

Untuk seri yang sempurna dari WRT54G ternyata ada di Ver 1 hingga 4. Ada yang melaporkan ver 5 pun mengalami kejadian buruk seperti ver 7.

----------------------------------------

Tentang banyaknya client/pc

Ini yang kemaren-kemaren gw trial n error.. kisahnya nih: jika ga ada PC yang konek sama sekali, router jalan 2 hari tanpa timeout. PC nyala satu, 3 hari nda masalah. PC konek 2, lancaar. PC mulai konek 3, dalam 1 hari min 3 kali timeout dan harus powercycle. Ntah mungkin trial n error gw blm akurat.. tp gw coba download dengan hanya PC 1 nyala tu ngga ada masalah. Berarti kesimpulan gw ini ada di masalah bandwidth management nya.

Seandainya..
Seandainya bs di mod make firmware 3rd party mungkin masalah ini akan teratasi. But kembali lagi.. versi 7 menggunakan chipset Atheros yang mana blm ada firmware 3rd party yang mendukungnya.

----------------------------------------

Tambahan untuk yang pengen Routernya adem.





-----------------------------------------

News from pistonhonda bout WRT54G version tanpa buka box

Kalo di boxnya ga ada informasi ttg versi routernya, tapi bisa diketahui dari serial numbernya tanpa hrs membuka box dan segel plastik. Cek aja 4 digit pertama dari serial number routernya.

WRT54G v1.0 CDF0 or CDF1
WRT54G v1.1 CDF2 or CDF3 or CDF4
WRT54G v2 CGN10 (Canada)/CDF5
WRT54G v2.2 CDF7
WRT54G v3 CDF8
WRT54G v3.1 CDF9 (AU?, DE, FR, UK and SE)
WRT54G v4 CDFA
WRT54G v5 CDFB
WRT54G v5.1 CDFC
WRT54G v6 CDFD
WRT54G v7 CDFE
WRT54G v8 CDFF or CDFG

WRT54GL serial number

WRT54GL v1.0 CL7A
WRT54GL v1.1 CL7B, CL7C

-----------------------------------------

Sekedar berbagi buat yang punya WRT54G ver selaen 7 yang ingin update F/W

Tambahan dari Bro Pistonhonda: Tutorial ini cuman untuk wrt54g versi 5, 6, 8.0 dan 8.2 saja yg menggunakan OS VxWorks.
Sedangkan utk versi 1, 2, 3, 4 dan 8.1 bisa langsung upgrade fw karena menggunakan OS Linux.



Download di dd-wrt.com

vxworks_prep_v03.zip
vxworks_killer_g_v06.zip
DD-WRT micro generic - V23 SP2
Linksys TFTP transfer tool
VXWorks Killer Image Tool

Setelah anda mendownloadnya, extract semua file tersebut di sebuah file temporary. Masuklah di Web admin Router Linksys anda dengan alamat URL http://192.168.1.1 untuk mengaccess router halaman web-admin anda. Catatalah informasi mengenai Mac Address dan SSID kedua Router tersebut.





Pada menu Administration, halaman firmware upgrade tekan tombol "Browse" carilah file "vxworks_prep_v03.bin" yang telah diextract di folder temporary anda, tekan tombol upgrade lalu tunggu beberapa menit. Kemudian gunakan "VXWorks Killer" image tool dalam hal ini " vximgtoolgui.exe" seperti gambar di bawah



Kita perlu mengisi field MAC yang diinginkan. alamat MAC yang asli dapat ditemukan di alas/bagian bawah dari router anda seperti gambar di bawah.



lalu sisipkan informasi MAC address Router anda pada kotak isian Desired MAC, dan pada kotak isian Output image simpan dengan nama "vxkillermac.bin" (namanya bebas). Lalu tekan tombol Create. Lalu kembali pada Web Admin Wireless Router anda dengan URL http://192.168.1.1 maka akan anda dapatkan mode navigasi upgrade seperti gambar di bawah.



Pada kotak isian File name, Browse file "vxkillermac.bin" yang telah anda buat dengan VXWorks Killer image tool, lalu tekan tombol "Apply". lalu tunggu beberapa saat dan akan menantikan kesuksesan/keberhasilan penginstalan yang akan ditunjukan pada layar.

Selanjutnya, pada PC anda buatlah IP Address anda menjadi [/b]IP statik[/b] karena fungsi DHCP server tidak aktif, seperti gambar di bawah ini.



Lalu gunakan tools TFTP. Pada kotak isian Server isikan 192.168.1.1 dan pada isian kotak File browse ke file "dd-wrt.v23_micro_generic.bin", isikan seperti gambar di bawah.




Lalu klik tombol Upgrade, ingat jangan sekali-kali me-reboot Wireless router WRT54G anda, tunggulah beberapa saat, kemungkinan 1 - 10 menit untuk kesuksesan Flashing anda. Lalu WRT54G anda akan Reboot secara otomatis.

Setelah selesai re-boot lalu arahkan browser anda ke URL http://192.168.1.1, maka akan mendapatkan DD-WRT interface selanjutnya untuk default login, Pada User isikan: root , pada Password isikan: admin . Dan sekarangpun anda dapat menikmati/menjalankan Linux di system Wireless Router WRT54G anda.

Source: oprekPC.com

-----------------------------------------

Beda DD-WRT dan TOMATO
Keduanya adalah custom Firmware. Kelebihannya adalah adanya fitur bandwidth managemen. Sehingga router kita serasa seperti router yang berharga jutaan rupiah.

Review Personal dari Bro leiz
Gw dah pake 22nya, pertama gw pake DD-WRT v23 trus ganti pake v23 special, sekarang pake Tomato 1.19 Mod

DD-WRT v23 /v23 Special
- Fitur lebih lengkap, ada nmap, rflow (di Tomato gak ada) yang laennya gw lupa. Bisa combine pake rflow collector buat bandwidth monitoring per IP
- Ada bandwidth limiter per IP/MAC untuk v23 special
- Tiap kali ganti setting (gak semua) router mesti reboot

Tomato 1.19 Mod
- Tampilan menurut gw lebih simpel, ganti setting cuma perlu restart service (gak perlu restart router)
- Qos lebih bagus dari DD-WRT v23 special karena bisa tentuin DL/UL rate 'n ceil per IP/MAC. Tomato standard juga bisa tapi mesti pake script generator
- Ada bandwidth monitor, kalo mau per IP/MAC bisa pake script

kalo ada tambahan nti gw tambahin. DD-WRT v24 juga ada bandwidth monitor tapi gw lom pernah coba

-----------------------------------------

Screenshot Tomato





-----------------------------------------

E-Book berguna bout hacking WRT54G dari bro pure_borneo



Download File here
Quote:


-----------------------------------------

Pengalaman update DD-WRT

Oleh Bro Ducarock

BROs sekalian,

kalau boleh bagi pengalaman:
- Gue di rumah pake router Linksys WRT54G v2.2.
- Sekitar 2 tahun yang lalu, bermodal cari informasi dari google, gue tertarik untuk flash default firmware ke dd-wrt. Akhirnya di flash lah ke dd-wrt v23sp2.
- Pengalaman pertama memang kagum dengan fitur-fitur dari dd-wrt ini. Saat itu kegunaan dari wrt54g gue pake untuk share internet connection di kos-kosan.
- 1 tahun kemudian, gue pulang kampung ke jakarta nd router ini juga ikut dibawa serta. Di sini router gue pake untuk sharing koneksi inet kabel dari rumah tante ke rumah gue (sampai sekarang masih).
- Pengalaman, setiap trafik tinggi (2-3 komputer mengakses inet bersamaan) router ini selalu reboot, bahkan ada kalanya router ini kehilangan IP DHCP dari ISP sehingga harus di hard reboot (cabut adaptor, colok lagi).
- Lama kelamaan penyakit ini semakin menjadi-jadi. Hampir setiap hari router perlu di hard reboot, malah bisa tiba-tiba router ini reboot dan kembali ke default factory setting. ??? gawat bener ya...
- Terakhir-terakhir router menjadi sangat-sangat dumb. 5 menit setelah di reboot akan down dan tidak dapat terbaca sama sekali dari client.

Sambil berupaya mencari jalan keluar untuk masalah ini, saya menemukan 3rd party firmware lain sebagai alternatif pengganti DD-wrt, yaitu OpenWRT (white russian 0.9).
Setelah mencoba, sampai saat ini (sekitar 1 bulan) saya belum pernah menemui masalah seperti dengan DD-WRT. (firmware ini lebih stabil, tapi tampilan nya gak se-oke dd-wrt). Untuk fitur firmware ini juga tidak kalah dengan dd-wrt.

Untuk teman-teman yang ingin tahu lebih lanjut, mungkin bisa tengok di sini

http://openwrt.org/

Mudah-mudahan bisa menambah variasi dari 3rd party firmware yang dapat digunakan untuk Linksys Router.
0
28.7K
214
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan