KASKUS

Jenis-Jenis Kompas

Halo agan dan aganwati, ini thread pertama ane maaf ya kalo berantakan buatnya di ipad

No Repost loh gan!

Ane mau ngeshare berbagai jenis kompas yang sering digunakan para petualang dan juga orang yang nyasar di hutan atau di hati ane



Yang PERTAMA:

Kompas Bidik



Kompas bidik adalah kompas yang biasa digunakan oleh militer, pramuka, dan pengembara. Kompas ini mudah mendapatkannya, harganyapun relatif murah, juga penggunaannya cukup sederhana serta lengkap.
a. Kompas bidik lensa/kaca;
b. Kompas bidik Prisma;
Untuk menggunakan kompas bidik ini mesti dilengkapi juga dengan penggaris, busur drajat, dan lain-lain.



Yang KEDUA:

Kompas Silva



Kompas ini sudah dilengkapi busur drajat dan penggaris. Dalam penggunaannya akan sangat mudah karena kompas ini tidak dilengkapi alat bidik. Kecermatan bidik kompas ini agak kurang.
Mungkin jika di modifikasi dapat di gunakan sebagai alat perang (?)



Yang KETIGA:

Kompas M 53 A 515



Kompas yang ketiga ini merupakan penyempurnaan, atau gabungan dari kedua bentuk kompas yang pertama dan kedua. Cara kerja kompas ini yaitu kemampuan kompas bidik digabung dengan kompas Silva sehingga makin mudah digunakan. ; paling tidak untuk saat ini.



Yang KEEMPAT:

Geografical Position Satelite



Saat ini banyak pula pendaki gunung yang memanfaatkan alat navigasi sistem GPS, yang merupakan singkatan dari Geografical Position Satelite. Sistem ini dikembangkan dengan bantuan satelit militer Amerika Serikat yang digunakan untuk kebutuhan komersial.
Sebenarnya alat ini digunakan untuk navigasi udara, tetapi dalam perkembangannya atau kenyataannya saat ini, juga bisa digunakan untuk navigasi darat dan laut. Secara garis besarnya bentuk alat ini kurang lebih sebesar kalkulator. Pengoperasian alat ini dibantu oleh minimal 3 buah satelit pengamat.
Alat ini banyak diminati di Indonesia, walaupun ada kekhawatiran bagaimana seandainya bekas satelit militer Amerika itu tidak digunakan oleh kegiatan sipil. Menurut rencana pemerintah Indonesia akan mengorbitkan satelit sejenis dan mengoperasikannya. Jadi untuk perkembangan dunia petualangan, alat ini memang perlu dipelajari dan mempunyai prospek yang baik..


Sekali lagi ane minta maaf kalo kurang rapi gan ini thread pertama ane .

Komeng dan Cendol boleh kali gan

SUMBER:http://gepramansel.wordpress.com/2011/03/26/mengenal-jenis-jenis-kompas/

Salam Kaskuser
Reserved
satu lagi gan
Spoiler for ini:
wew gw tahunya ngompasin anak2 SD gan
koran kompas gak masuk ya?
Quote:Original Posted By kun.chk
satu lagi gan
Spoiler for ini:

Bisa aja ente gan
Narsis di Page One..!! yay..!!
ane pernah make kompas bidik buat peta pita gan..
Ternyata kompas ada jenisnya juga yah gan
Kompas M 53 A 515

Spoiler for :
ane dulu pas SMA ikut pramuka seringnya pake kompas bidik gan
bermanfaat nih buat para backpacker atau buat yang suka nanjak
Quote:Original Posted By kun.chk
satu lagi gan
Spoiler for ini:

pfffftttttt


yg GPS itu yg ane pengen gan
mahal ga ya? berapa harganya gan?
saya cuman pake app kmpas di hp mas, ndak pake kmpas kyk yg diatas...
lmyn lah buat nyari arah buat kiblat pas lg di hutan...
kompas di blackberry ato android gak masuk gan??
Quote:Original Posted By nefertiti77

yg GPS itu yg ane pengen gan
mahal ga ya? berapa harganya gan?


Macem2 gan ada yang sejuta sampe 3 jeti pun ada
Quote:Original Posted By billyaris
kompas di blackberry ato android gak masuk gan??

Gamasuk itu gan BB kan fungsinya ga cuma 1
pake GPS aja lebih akurat gan
maap ni gan, ane ikut nimbrung...
gambar yang keempat itu bukannya gambar KOMPAS GEOLOGI
dan sepengatahuan ane (yang ada digambar keempat), kaga pake satelit gan, karena fungsinya umumnya seperti kompas sederhana. Fungsi khususnya yg sering ane aplikasikan di lapangan adl untuk mengukur arah dan kemiringan sebaran batubara.
Masih banyak sih fungsi lainnya, seperti pemetaan sederhana, plotting titik, traverse, dll. (dulu dipakai sebelum GPS dan TS belum beredar).

trus yg keempat GEOGRAPHICAL POSITIONING SATELLITE yg agan maksud ini GPS yg sering dipake buat mapping / petunjuk arah dimobil ya? (maaf klo salah) klo GPS yg itu sih namanya GLOBAL POSITIONING SYSTEM gan.

muhun diralat gambarnya gan yah
Semoga info ane bermanfaat gan
bagi yg lebih ngerti muhun ditambahkan/diluruskan klo masih bengkok
×