KASKUS

Quote:Original Posted By kutuedan



kalo ane baca sebenarnya teknologi bioflok ini adalah pemanfaaatan bakteri untuk meningkatkan kualitas air.
sekedar berbagi yah. selama ini ane memanfaatkan resep peninggalan almarhum papa ane yang konsepnya sama dengan biofolk ini.
ane pake ini buat kolam koi ane biar ga butek dan ga cepet bau.
caranya:
siapkan nanas dan gula jawa.
kupas kulit nanas dan bersihkan bulu2nya. setelah itu nanasnya bisa dimakan hehehehe.. karena yang ane pake sampah kulitnya dan sisa potongan nanas yang ada bulu2nya. setelah itu campur dengan gula jawa dengan perbandingan 1:1. hancurkan campuran ini sampai halus biasanya ane pake blender campur dengan sedikit air biar mudah diblender, istri ane pertamakali kaget liat ane bikin jus kulit nanas, dia pikir ane lagi puyeng bikin jus pake kulit nanas hahaha
setelah halus masukan campuran tadi kebotol dan ditutupi tapi tidak terlalu rapat, diamkan campuran tadi selama seminggu, setelah 1 minggu campuran bisa di saring dan ampasnya dibuang. air saringannya inilah yang dipakai.
cara pakai: selama ini ane pake takaran 100ml hasil saringan tadi untuk 1m3 air kolam. ane pake untuk perawatan setiap dua minggu sekali. hasilnya kolam ane tetep jernih dan ga bau.

review: kenapa menggunakan nanas? karena secara alami nanas sudah mengandung bakteri Acetobacter, bakteri ini mempunyai kemampuan sebagai Biodekomposer dimana dapat membantu mengurai kotoran ikan dan kadar amonia dalam air. sedangkan gula jawa disini fungsinya adalah sebagai makanan bakteri biar bakteri ini berkembang biak bertambah banyak.

demikian sedikit sharing dari ane, selamat mencoba

RAMUANYA KEREN BANGET GAN
ENTE BUDIDAYA IKAN JUGA YA GAN
bioflock => kumpulan bakteri yang membentuk gumpalan
berfungsi sebagai penjaga kualitas air dan pakan alami buat ikan
katanya FCR bisa minim gan, kurang dari 1. kalo budidaya konvesional biasanya diatas 1. denger-denger udah berhasil dipakai di air payau untuk udang vanamei dan di air tawar untuk nila atau lele.
cuma gosip sih tapi anget-anget sedap

ya bioflok ini anget anget sedap, tapi saya sendiri belum pernah ketemu dan melihat sendiri sistem bioflok yang selalu ketemu adalah sistem yang kwalitas airnya di jaga oleh probiotik yang tetep harus ganti air dalam priode tertentu. Ayo siaoa yang paham dg sistem ini?
ada yang pernah buat biofloknya?
masih bingung sama takarannya
ane lagi belajar bioflok, udah dapet bukunya. tapi masih puyeng karna rumus2 kimia.
bioflok ... klo tidak salah ... sepertinya untuk jenis2 ikan tertentu saja
Quote:Original Posted By rotweler


Aku belumpernah coba tapi kepingin krn dg bioflok budidaya ikan bisa tanpa ganti air atau siphon dan banyak pakan alaminya. Dari yang aku peroleh (internet) hanya butuh aerasi sebagai penambah oksigen dan juga bakteri Bacsilus sebagai perubah amoniak menjadi nitrit (?) Bakteri inilah yang menjadi tulang punggung sistem bioflok. Bakteri ini butuh oksigen dan karbon sebagai makanannya. Sehingga kolam harus extra oksigen (aerator) dan tetes tebu sebagai karbonnya. Ini garis besarnya tentang bioflok. Menurutku ini sangat menguntungkan buat kolamku yang tidak mengalir airnya. Untuk listriknya no problem .. masih bisa nyantel nyantel... Mau nyoba langsung kock masih ragu ragu..Barangkali di sini ada yang telah menggunakannya?


sedikit meluruskan, bakteri basilus itu bakteri yang berbentuk batang (basil) contohnya Lactobacillus sp.


btw ini sharing yang bagus banget gan, ane jadi nambah ilmu baru
kapan2 ane coba deh
btw kenapa harus ada maintenance pengulangan masukin media berkali2?
biasanya filter n substrat udah tumbuh bakteri jadi aman terkendali biotanya
CMIIW
Quote:Original Posted By SinEaster


sedikit meluruskan, bakteri basilus itu bakteri yang berbentuk batang (basil) contohnya Lactobacillus sp.


btw ini sharing yang bagus banget gan, ane jadi nambah ilmu baru
kapan2 ane coba deh
btw kenapa harus ada maintenance pengulangan masukin media berkali2?
biasanya filter n substrat udah tumbuh bakteri jadi aman terkendali biotanya

CMIIW


bakteri punya siklus hidup juga
Quote:Original Posted By areef1985


bakteri punya siklus hidup juga


kayaknya cuman buat ikan konsumsi gan..
Quote:Original Posted By kutuedan



kalo ane baca sebenarnya teknologi bioflok ini adalah pemanfaaatan bakteri untuk meningkatkan kualitas air.
sekedar berbagi yah. selama ini ane memanfaatkan resep peninggalan almarhum papa ane yang konsepnya sama dengan biofolk ini.
ane pake ini buat kolam koi ane biar ga butek dan ga cepet bau.
caranya:
siapkan nanas dan gula jawa.
kupas kulit nanas dan bersihkan bulu2nya. setelah itu nanasnya bisa dimakan hehehehe.. karena yang ane pake sampah kulitnya dan sisa potongan nanas yang ada bulu2nya. setelah itu campur dengan gula jawa dengan perbandingan 1:1. hancurkan campuran ini sampai halus biasanya ane pake blender campur dengan sedikit air biar mudah diblender, istri ane pertamakali kaget liat ane bikin jus kulit nanas, dia pikir ane lagi puyeng bikin jus pake kulit nanas hahaha
setelah halus masukan campuran tadi kebotol dan ditutupi tapi tidak terlalu rapat, diamkan campuran tadi selama seminggu, setelah 1 minggu campuran bisa di saring dan ampasnya dibuang. air saringannya inilah yang dipakai.
cara pakai: selama ini ane pake takaran 100ml hasil saringan tadi untuk 1m3 air kolam. ane pake untuk perawatan setiap dua minggu sekali. hasilnya kolam ane tetep jernih dan ga bau.

review: kenapa menggunakan nanas? karena secara alami nanas sudah mengandung bakteri Acetobacter, bakteri ini mempunyai kemampuan sebagai Biodekomposer dimana dapat membantu mengurai kotoran ikan dan kadar amonia dalam air. sedangkan gula jawa disini fungsinya adalah sebagai makanan bakteri biar bakteri ini berkembang biak bertambah banyak.

demikian sedikit sharing dari ane, selamat mencoba


gan itu ntar di taro kolam ato akuarium...gak bikin mabok tuh koi??

wah tambah ilmu ganz...wkwkw..trims

Quote:Original Posted By adhietwise


gan itu ntar di taro kolam ato akuarium...gak bikin mabok tuh koi??

wah tambah ilmu ganz...wkwkw..trims




waw bagus gan konsepnya ini,,tapi bisa d aplikasiin di aquarium gak ya?? ya minimal buat aquarium 60x40x30 butuh berapa dosi/ml ya


bantu sundul

sekedar bantu sundul semoga banyak yang membagi pengalamannya nanti.
karena keqnya bagus banget sistem ini
Ikut nunggu jawaban ramuan Nanas + Gula Jawa bisa digunakan di aquarium apa gak!! Klo bisa, dosis yg aman nye seberapa ???
Quote:Original Posted By bhay83
Ikut nunggu jawaban ramuan Nanas + Gula Jawa bisa digunakan di aquarium apa gak!! Klo bisa, dosis yg aman nye seberapa ???


coba ke trit komet, ada kang Ely, yg udah praktek'in
Quote:Original Posted By KokiBelang


coba ke trit komet, ada kang Ely, yg udah praktek'in


Siap om,,, ane ke TKP ....
×