KASKUS

Pesta Kesenian Bali ke 35 DIMULAI!! [+ PICT]



DENPASAR.KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melepas rombongan pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-35 di Depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Bajra Sandhi, Denpasar, Sabtu (15/6/2013) sekitar pukul 14.10 Wita.

Setelah Presiden memukul gong sebanyak 3 kali, rombongan pawai mulai beratraksi dari Jalan Moh Yamin Denpasar.
Para peserta pawai maupun ribuan penonton yang memadati kawasan Renon Denpasar harus rela berbasah-basahan karena saat tarian pertama tampil di depan Presiden SBY, karena hujan deras mengguyur kawasan Denpasar.
Namun meski dibawah guyuran hujan, penonton justru lebih semangat dan semakin mendekat ke lokasi pawai. Hujan deras ini berlangsung sekitar 15 menit mengawali pawai PKB.

Dalam pawai ditampilkan berbagai macam kesenian tradisional 9 Kabupaten/Kota di Bali seperti tari Ciwa Nataraja. Selain kesenian asal Bali, ditampilkan juga kesenian berbagai Provinsi di Indonesia yang ikut berpartisipasi dalam PKB ke-35 ini diantaranya Lampung dan Papua.
Seperti diberitakan, sebanyak 15.000 seniman akan memeriahkan Even kesenian akbar Pesta Kesenian Bali (PKB) yang sudah memasuki tahun ke-35 pada 15 Juni sampai 13 Juli mendatang di Taman Budaya Denpasar.

Pentas kesenian yang dapat disaksikan warga Bali secara gratis ini mengangkat tema Taksu, Membangkitkan Daya Kreatif dan Jati Diri.


Sebelumnya, tujuh negara akan mengirimkan 200 seniman ke PKB Bali.
Quote:DENPASAR, KOMPAS.com - Pentas Kesenian Bali (PKB) Ke-35 yang akan dibuka Sabtu (15/6/2013) mendatang semakin meriah dengan keikutsertaan seniman 7 negara sahabat. Empat negara yang akan menampilkan kesenian khas mereka adalah Amerika Serikat, Timor Leste, India, dan Jepang.

Sementara seniman yang berasal dari 3 negara lainnya yakni Inggris, Prancis, dan Korea Selatan akan berkolaborasi dengan seniman lokal untuk membawakan seni budaya Bali maupun seni kontemporer.
"Kolaborasi hampir 200 seniman, satu sekaa (kelompok kesenian) 20 orang, warga Balinya hanya 7, sisanya seniman luar," ujar Kepala Dinas Kebudayaan Bali I Ketut Suastika saat konferensi pers di kantornya, Rabu (12/6/2013).

Perhelatan kesenian yang dipusatkan di Taman Budaya Denpasar pada 15 Juni hingga 13 Juli ini melibatkan sedikitnya 15.000 seniman. Selain dari Bali dan 7 negara sahabat, seniman dari berbagai provinsi di Indonesia juga tak ingin ketinggalan unjuk kebolehan membawakan kesenian daerah mereka masing-masing.


Sahabat kita dari Papua ikut 3 kegiatan PKB
Quote:
DENPASAR, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Papua ikut ambil bagian dalam tiga kegiatan Pesta Kesenian Bali (PKB) XXXV tahun 2013 yang dijadwalkan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Denpasar, 15 Juni 2013. "Duta seni dari tanah Papua beranggotakan sekitar 100 orang kini sudah berada di Bali," kata Kasdam XVII Cenderawasih Brigjen TNI I Made Agra ketika bersama timnya mengadakan kunjungan ke Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Rabu (12/6/2013).

Ia mengatakan, Papua untuk pertama kalinya ikut memeriahkan PKB pada pawai budaya, pementasan, serta pameran industri kecil dan kerajinan rumah tangga. Ketiga kegiatan seni itu mengusung tema "Aku masyarakat Papua dari Bali untuk Indonesia".

Brigjen Made Agra menjelaskan, pementasan pada hari kedua di panggung terbuka Ardha Candra Taman Budaya Denpasar menampilkan pergelaran yang mengusung kejayaan burung cendrawasih jantan dan betina. "Pergelaran oleh 100 seniman Papua itu akan diperkuat oleh 50 anggota TNI Kodam IX Udayana," ujarnya.

Direktur Program Pascasarjana ISI Denpasar Prof Dr I Wayan Rai S yang mendapat kehormatan sebagai penasihat duta seni Papua menambahkan, persiapan sudah dilakukan secara matang dan masih ada waktu beberapa hari untuk lebih memantapkannya.

"Gubernur Papua rencananya akan hadir menyaksikan pawai budaya PKB dan pementasan duta seni Papua tersebut," ujar mantan Rektor ISI Denpasar itu.

Prof Rai menilai Pemprov Papua yang berperan dalam PKB dengan mengirimkan duta seninya dalam jumlah banyak menunjukkan keseriusan untuk memperkenalkan kearifan lokal daerah itu kepada masyarakat nasional juga internasional.

Selain itu, secara tidak langsung langkah ini juga memperkenalkan potensi seni budaya sebagai salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke daerah itu. "Kehadiran tim kesenian Papua dalam PKB tentu memberi dampak positif bagi kedua belah pihak, di samping menjalin kerja sama yang lebih baik di masa mendatang," tambah Rai.


foto foto pembukaannya:
Spoiler for klik:

Spoiler for klik:

Spoiler for klik:

Spoiler for klik:

Spoiler for klik:

Spoiler for klik:

Spoiler for klik:

Spoiler for klik:


Jadi bagi agan agan yang sedang liburan ke bali, jangan sampai melewatkan tontonan gratis ini...

Silakan berkomentar dengan baik dan
kalo bersedia..

sumber1
sumber2
suumber foto
pertamax lagi pertamax lagi...
memang gak ada yang mau kali..
bingung mau komen apa
ane nyumbang lagu aja

Quote:Original Posted By rhythmoftherain
bingung mau komen apa
ane nyumbang lagu aja



iya sudah...boleh.. boleh...
slamat gan ,,
semoga acara kesenian nya lanccar
awal dari kebanggan menjadi orang Indonesia yang kaya akan kesenian dan budaya
Quote:Original Posted By eijiai
awal dari kebanggan menjadi orang Indonesia yang kaya akan kesenian dan budaya

Quote:Original Posted By arekmbois
slamat gan ,,
semoga acara kesenian nya lanccar


ok gan, silakan mmpir...
pengen mampir gan, cuman jarak nya jaduh

pesta/event kesenian, ane suka
kapan2 ya gan, ane mampir event kyk gini di bali




Original®° By AizenMyo14
"Good Start Will Lead You To Great End."
Quote:Original Posted By aizenmyo14
pengen mampir gan, cuman jarak nya jaduh

pesta/event kesenian, ane suka
kapan2 ya gan, ane mampir event kyk gini di bali




Original®° By AizenMyo14
"Good Start Will Lead You To Great End."


waktunya 1 bulan gan..lama kok..