Daftar jurusan Paling Dicari Saat Mencari kerja

Nah, buat adik-adik SMA yang sekarang lagi sibuk UN, setelah lulus nanti rencana mau kuliah dimana?
nah, bagi yang bingung mau kuliah dijurusan apa, nih ane punya beberapa referensi buat kalian, disimak ya





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------








Jurusan yang kita ambil saat kuliah, sangat penting untuk masa depan kita nanti. Umumnya orang mengambil jurusan saat kuliah berdasarkan kesenangan atau Hobinya, Padahal jika orang mengambil jurusan saat kuliah harus dipikirkan matang-matang agar kelak kita mendapatkan pekerjaan yang mudah saat lulus nanti. Menurut survei terhadap sejumlah lulusan di Inggris yang dilakukan oleh Higher Education Careers Services Unit (HECSU) mengenai kegunaan jurusan yang dipilih ketika kuliah dengan kesempatan kerja, Jurusan Studi Filosofi dan Sejarah menempati urutan terakhir. Berikut 10 program studi (prodi) di perkuliahan yang paling bermanfaat di dunia kerja.





1. Ilmu Pengobatan dan Kedokteran Gigi
Sebesar 94,1 persen lulusan Ilmu Pengobatan dan Kedokteran Gigi merasa subyek studi yang mereka pelajari ketika kuliah membantu dalam mendapatkan pekerjaan dengan jangka waktu 18 bulan setelah lulus.

2. Farmasi dan Keperawatan
Sebanyak 82,1 persen lulusan prodi Farmasi dan Keperawatan mengaku jurusan tersebut membantu dalam mendapatkan pekerjaan setalah 18 bulan lulus.

3. Pendidikan
Secara konsisten, 72,4 persen lulusan jurusan Pendidikan mengaku jika subyek studi yang mereka pelajari selama perkuliahan memiliki keuntungan dalam mendapatkan pekerjaan dalam waktu 18 bulan setelah lulus.

4. Jurusan Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM)
Para lulusan dari keempat disiplin ilmu tersebut secara konsisten mengaku jika gelar mereka berguna dalam mencari kerja. Dalam persentase, 65 persen mahasiswa Ilmu Fisika, 68,6 persen lulusan prodi Matematika dan Ilmu Komputer, dan 73,4 persen mahasiswa Teknik menyatakan, materi perkuliahan yang mereka pelajari berguna untuk meraih pekerjaan.

5. Hukum
Para lulusan Jurusan Hukum merasa menyukai pilihan mereka karena bermanfaat dalam memperoleh pekerjaan dengan jangka waktu 18 bulan setelah lulus. Sebesar 92 persen mahasiswa Hukum semester akhir merasa jurusan tersebut berguna dalam mencari pekerjaan. Namun, hanya 61,9 persen lulusan Jurusan Hukum yang merasa subyek studi mereka selama perkuliahan bermanfaat dalam mencari pekerjaan.

6. Bahasa
Para lulusan prodi Bahasa relatif puas dengan jurusan yang mereka pilih. Sebesar 60,8 persen lulusan mendapatkan pekerjaan setelah 18 bulan menamatkan studi mereka.

7. Biologi, Agrikultur, dan Ilmu Binatang
Hanya 54,3 persen lulusan dari ketiga jurusan tersebut yang merasa subyek studi mereka selama perkuliahan memiliki manfaat dalam mendapatkan pekerjaan. Jumlah ini menurun dibandingkan survei yang dilakukan kepada mahasiswa semester akhir di jurusan yang sama, yakni 75 persen yang mengaku jurusan tersebut berguna dalam mendapatkan pekerjaan.

"Responden dengan gelar Biologi mengindikasikan, ada beberapa isu tertentu yang berkaitan dengan kurangnya spesialisasi dalam gelar Biologi murni," tulis laporan tersebut.

8. Seni Kreatif dan Desain
Lulusan prodi ini yang merasa jurusan tersebut berguna dalam mendapatkan pekerjaan kurang dari 50 persen.

9. Jurusan Komunikasi Massa dan Dokumentasi
Prodi ini juga menempati urutan menyedihkan di mata para responden. Hanya 44,8 persen lulusan prodi tersebut yang mempertimbangkan jurusan tersebut bermanfaat dalam bursa kerja. Namun, 70 persen mahasiswa semester akhir pada jurusan tersebut berpendapat, materi studi yang mereka pelajari berguna untuk menemukan pekerjaan. Menurut laporan HECSU, prodi tersebut meliputi para lulusan dari sebagian besar subyek vokasi, termasuk Jurnalistik yang mungkin menyoroti isu bagaimana mengantisipasi lulusan dalam mendapatkan pekerjaan di sektor media.

10. Studi Filosofi dan Sejarah
Hanya 42,5 persen mahasiswa jurusan tersebut yang setuju jika subyek studi yang mereka pelajari semasa kuliah memiliki keuntungan dalam mencari pekerjaan.

Naaah, sudah pada punya bayangan kan??
Maap yah kalo ane tapi semoga aja ngga deh ya

Buat yang berkenan, silahkan komen yaa dan kalo boleh berbaik hati, ane jangan dikasih yaa, mending ane dikasih

Wah ngawur nih, selama pengalaman ane, yg hampir selalu dibutuhkan dimanapun tuh teknik kimia, mulai dr bank, manufaktr, oil gas, perkebunana, markeetig, tiap pembukaan selalu minta tek kimia. Kl dokter gigi ane malah jrg banget ngelihatnya dibuka lowongannya.
Akuntansi jg banyak yang nyari kok
Kyknya ga realistis d indonesia, mungkin tu survey d inggris kali yak, dan utk warga inggris
Bukannya yg paling banyak itu akutansi ya?
jurusann jogja-bandung ada gk yaaa???
hmmm daftar nya masih bisa di perdebatkan, tergantung ama perusahaan nya bergerak dibidang apa
Quote:Original Posted By zendintelkom
jurusann jogja-bandung ada gk yaaa???


Adanya Kemang-Ragunan cak
Quote:Original Posted By LadyPurpleYess
Akuntansi jg banyak yang nyari kok


Yup, biasanya sih ditaruh bagian administrasi untuk yang masi Fresh Graduate
Jurusan ane peringkat 1-2 gan mantap