ASK kincir air pembangkit listrik mini

maaf sebelumnya karna ini tread gk berguna cuman nanya doang ...

sebelumnya sedikit cerita, ane pengen punyak akuarium tapi listriknya gak pengen dari listrik rumah pengennya dari pake kincir air mini buat pembangkit listrik ....

nah kalo ada yg tau bikin pembangkit listrik tenanga air tempat penyimpanan daya listriknya dan semuanya tolong kasih tw atau pm ...
dan momod yg pasti ngehapus ni tread , cuman rekomendasi aja lomba tread tentang pembangkit listrik sederhana ya khusunys kincir air ...
oh ya alesan ane bikin disini ane pengen ngurangin konsumsi listrik dengan cara ane....
terima kasih
ini mungkin bisa dicoba gan


atau gak pake batere, tapi colokannya di otak-atik dulu

ini ada lagi
Quote:Original Posted By amad007
maaf sebelumnya karna ini tread gk berguna cuman nanya doang ...

sebelumnya sedikit cerita, ane pengen punyak akuarium tapi listriknya gak pengen dari listrik rumah pengennya dari pake kincir air mini buat pembangkit listrik ....

nah kalo ada yg tau bikin pembangkit listrik tenanga air tempat penyimpanan daya listriknya dan semuanya tolong kasih tw atau pm ...
dan momod yg pasti ngehapus ni tread , cuman rekomendasi aja lomba tread tentang pembangkit listrik sederhana ya khusunys kincir air ...
oh ya alesan ane bikin disini ane pengen ngurangin konsumsi listrik dengan cara ane....
terima kasih


gak bisa murni menggunakan PLTA mini....
Quote:Original Posted By amad007
maaf sebelumnya karna ini tread gk berguna cuman nanya doang ...

sebelumnya sedikit cerita, ane pengen punyak akuarium tapi listriknya gak pengen dari listrik rumah pengennya dari pake kincir air mini buat pembangkit listrik ....

nah kalo ada yg tau bikin pembangkit listrik tenanga air tempat penyimpanan daya listriknya dan semuanya tolong kasih tw atau pm ...
dan momod yg pasti ngehapus ni tread , cuman rekomendasi aja lomba tread tentang pembangkit listrik sederhana ya khusunys kincir air ...
oh ya alesan ane bikin disini ane pengen ngurangin konsumsi listrik dengan cara ane....
terima kasih



bisa jd berguna gan yg penting dipajang di pejwan nanti na
klo mau bkin pembangkit kecepatan kincir agan harus stabil,,terus juga butuh kincir angin yg banyak gan,,
Kalo pengen punya Pembangkit listrik tenaga air, paling tidak rumah agan harus dekat dengan sungai dan sungai itu juga punya arus yang deras. atau sumber air lainya yang dapat mengalir

Kalo angin ya, rumah agan juga di daerah yang banyak angin juga seperti pantai dan sebagainya

Tapi kenapa kaga coba pakek Tenaga surya aja gan ? Lagi pula Pembangkit listrik tenaga surya cocok kok di pasangi di daerah yang ada di indonesia karena dekat dengan garis Khatulistiwa

TS Jangan kabur yah
Quote:Original Posted By Kovalski
ini mungkin bisa dicoba gan


atau gak pake batere, tapi colokannya di otak-atik dulu

ini ada lagi

ok ane coba buffering, makasih gan ...

Quote:Original Posted By azlon


gak bisa murni menggunakan PLTA mini....

maksudnya gmana ?

Quote:Original Posted By coolle01



bisa jd berguna gan yg penting dipajang di pejwan nanti na

terserah agan ntar juga di close ma momod ni thread

Quote:Original Posted By GondrongDesa
klo mau bkin pembangkit kecepatan kincir agan harus stabil,,terus juga butuh kincir angin yg banyak gan,,

emang sih gan, tapi ane niatnya bikin yang kincir air manfaatin arus di akuarium ... tapi makasih dah komeng

Quote:Original Posted By loktut
Kalo pengen punya Pembangkit listrik tenaga air, paling tidak rumah agan harus dekat dengan sungai dan sungai itu juga punya arus yang deras. atau sumber air lainya yang dapat mengalir

Kalo angin ya, rumah agan juga di daerah yang banyak angin juga seperti pantai dan sebagainya

Tapi kenapa kaga coba pakek Tenaga surya aja gan ? Lagi pula Pembangkit listrik tenaga surya cocok kok di pasangi di daerah yang ada di indonesia karena dekat dengan garis Khatulistiwa

TS Jangan kabur yah

niat ane bikin kincir air buat manfaatin arus air di akuarium, tapi klo miisalnya agan tau stuktur kincir sngin ma panel surya boleh kasih tw ane ntar ane coba bikin .... maksih dah komeng ...
Quote:Original Posted By amad007


emang sih gan, tapi ane niatnya bikin yang kincir air manfaatin arus di akuarium ... tapi makasih dah komeng


niat ane bikin kincir air buat manfaatin arus air di akuarium, tapi klo miisalnya agan tau stuktur kincir sngin ma panel surya boleh kasih tw ane ntar ane coba bikin .... maksih dah komeng ...


Oh gitu ya gan, berarti ane yang kaga mudeng dari awal
Quote:Original Posted By loktut


Oh gitu ya gan, berarti ane yang kaga mudeng dari awal


tapi agan tw stukturnya ? kasih tw ane dong ...
Wah gaaan.. kalo pembakin listrik tanaga aer butuh arus yang besar buat muterin kincir.. ane kagak tau gan..









Aardaannnaagraa posted ©2013

Vertical Axis Wind Turbin

gan saran ane lebih tertarik di VAWT,, kemarin ane liat ada yang pasang di daerah bintaro jaksel..

salah satu bentuknya penampakannya kayak gini :

Spoiler for penampakan:


cukup dengan rpm 700 aja.. gak perlu kenceng2 rpm nya..

kalo ada yang bisa bantu ane kabar2 ya.. ane lagi development VAWT homemade..

di tempat ane ga bisa tuh gan pake kincir

kayanya butuh arus deras
Quote:Original Posted By amad007
maksudnya gmana ?


dulu sma-nya IPA atau IPS?
Quote:Original Posted By atnishard
gan saran ane lebih tertarik di VAWT,, kemarin ane liat ada yang pasang di daerah bintaro jaksel..

salah satu bentuknya penampakannya kayak gini :

Spoiler for penampakan:


cukup dengan rpm 700 aja.. gak perlu kenceng2 rpm nya..

kalo ada yang bisa bantu ane kabar2 ya.. ane lagi development VAWT homemade..



Ane penasaran nih sm yg ini,

ini bentuk lain dari kincir angin yah

ada yg paham gak gan

Lightbulb VAWT

Quote:Original Posted By coolle01


Ane penasaran nih sm yg ini,

ini bentuk lain dari kincir angin yah

ada yg paham gak gan


ane terangin dikit hasil seaching kemarin.. terus terang ane bukan ahlinya.. tp ane coba dikit:

Tipe Wind Turbin ada macem2 seperti

Spoiler for macem2 wind turbin:


kelemahan HAWT (Horisontal axis wind turbin)
1. Tidak bisa optimal menerima aliran angin dari berbagai arah
2. RPM harus tinggi.
3. Memerlukan Motor pengerak awal jika aliran angin dalam kondiri rendah

ane tertarik VAWT yang dikeluarkan oleh www.hi-vawt.com.tw
Spoiler for penampakan:


keuntungannya
1. tidak perlu motor pengerak awal, karena ada baling2 yang ditengah.
2. Arah angin dari mana aja
3. rpm rendah, jd tidak noise / berisik

Komponen utama ialah turbine / generator / umumnya orang indonesia bilang dinamo..

gitu gan..

ane lagi nyari dinomo sepeda listrik untuk menggantikan generator tersebut. kalo ada info kabar2 yah..




Quote:Original Posted By Aardaannnaagraa
Wah gaaan.. kalo pembakin listrik tanaga aer butuh arus yang besar buat muterin kincir.. ane kagak tau gan..









Aardaannnaagraa posted ©2013

paling ngak manfaatin arus nya buat lampu gan ...

Quote:Original Posted By atnishard
gan saran ane lebih tertarik di VAWT,, kemarin ane liat ada yang pasang di daerah bintaro jaksel..

salah satu bentuknya penampakannya kayak gini :

Spoiler for penampakan:


cukup dengan rpm 700 aja.. gak perlu kenceng2 rpm nya..

kalo ada yang bisa bantu ane kabar2 ya.. ane lagi development VAWT homemade..


ane bukan mw bikin pabrik gan ... mw punya akuarium tanpa memakai listrik rumah..

Quote:Original Posted By in1
di tempat ane ga bisa tuh gan pake kincir

kayanya butuh arus deras

arus yang di akuarium .....

Quote:Original Posted By azlon


dulu sma-nya IPA atau IPS?

smk gan, nih lg UN

Quote:Original Posted By coolle01


Ane penasaran nih sm yg ini,

ini bentuk lain dari kincir angin yah

ada yg paham gak gan

suka ada gan di atep pabrik ...

Exclamation bikin pabrik

gan anak SMK ya.. udah dipikirin parameter2 dibawah gan :

1. Aquarium nya segede apa gan ??
2. Beban nya peralatanya berapa Watt ??
3. Generatornya yang dipake pake tipe apa ??

misal : alat gelembung 10W, filter 10W, total 20 W terus jika generator atau dinamo kincir air output maksimalnya 12V, maka arus yang dibutuhkan 1,2 A

Ane rasa gak mungkin mengambil energi dari arus air dalam Aquarium untuk menghasilkan 1,2A kalo cuma ngidupin lampu led doang sih bisa.. karena led butuh sekitar 0.0005 A dengan tegangan 5 V

kalo bebannya filter, gelembung udara dan lain2.. kayaknya kurang memungkinkan..

ane punya generator / dinamo copotan dari Truck, (orang awam bilangnya dinamo amper). Generator tersebut mampu mensuplai diatas 5 A dengan tegangan 12 V pada saat truk tersebut masuk gigi ke 2.. alias rpm tinggi banget..

NB: kipas / kincir angin yang dipabrik2 itu namanya cyclone, fungsinya bukan buat generator listrik, tp sirkulasi angin gan.. biar adem gitu..

Quote:Original Posted By atnishard
gan anak SMK ya.. udah dipikirin parameter2 dibawah gan :

1. Aquarium nya segede apa gan ??
2. Beban nya peralatanya berapa Watt ??
3. Generatornya yang dipake pake tipe apa ??

misal : alat gelembung 10W, filter 10W, total 20 W terus jika generator atau dinamo kincir air output maksimalnya 12V, maka arus yang dibutuhkan 1,2 A

Ane rasa gak mungkin mengambil energi dari arus air dalam Aquarium untuk menghasilkan 1,2A kalo cuma ngidupin lampu led doang sih bisa.. karena led butuh sekitar 0.0005 A dengan tegangan 5 V

kalo bebannya filter, gelembung udara dan lain2.. kayaknya kurang memungkinkan..

ane punya generator / dinamo copotan dari Truck, (orang awam bilangnya dinamo amper). Generator tersebut mampu mensuplai diatas 5 A dengan tegangan 12 V pada saat truk tersebut masuk gigi ke 2.. alias rpm tinggi banget..

NB: kipas / kincir angin yang dipabrik2 itu namanya cyclone, fungsinya bukan buat generator listrik, tp sirkulasi angin gan.. biar adem gitu..



ya ni ane smk sayangnya bukan jurusan listrik, klo listrik mungkin puya gambaran lebih buat bikin proyek ane ni ...

tapi ada gambaran dikit, maanfaatin air yang ngalir ke tempat aerator penyaring sama arus air dari penyaring ... nah yang ane mw tw tuh Struktur kincir airnya?, tempat penyimpanan dayanya?, dan cara pengaliran arusnya ?.... urusan berhasil tidaknya belakangan yang penting ane dah nyoba biar ga penasaran juga ... agan tw gak bikin kincir airnya ? blue printnya gtu lah ...

dan generator berati harus rpm yang gede dulu baru bisa dapet daya besar gtu gan ?

wah ada itu cyclone gtu aja tetep gerah #pengalaman pkl apalagi gak ada wah pada kepanggang semua karyawan pabrik haha...

oh ya agan sapa sih? kayaknya tw banget tentang kelistrikan ....
Quote:Original Posted By atnishard


ane terangin dikit hasil seaching kemarin.. terus terang ane bukan ahlinya.. tp ane coba dikit:

Tipe Wind Turbin ada macem2 seperti

Spoiler for macem2 wind turbin:


kelemahan HAWT (Horisontal axis wind turbin)
1. Tidak bisa optimal menerima aliran angin dari berbagai arah
2. RPM harus tinggi.
3. Memerlukan Motor pengerak awal jika aliran angin dalam kondiri rendah

ane tertarik VAWT yang dikeluarkan oleh www.hi-vawt.com.tw
Spoiler for penampakan:


keuntungannya
1. tidak perlu motor pengerak awal, karena ada baling2 yang ditengah.
2. Arah angin dari mana aja
3. rpm rendah, jd tidak noise / berisik

Komponen utama ialah turbine / generator / umumnya orang indonesia bilang dinamo..

gitu gan..

ane lagi nyari dinomo sepeda listrik untuk menggantikan generator tersebut. kalo ada info kabar2 yah..






Tq gan, Lumayan dah