KASKUS

nice info gan.. kirain ane ampe mati d penjara
ane baru tau nih ternyata beneran seumur hidup ya u,u
Wah ane baru tau gan
Kirain sampe dia meninggal

Nice share gan
Emang iya sih gan, tp kalo ada org kena hukuman seumur idup pas umur dy 50taun
Kemungkinan besar doi dihukum sampe mati
Udah jarang umur manusia smp lbh dr 100taun jaman skrg
ane dulu ngiranya sampe mati hidup di penjara
jadi gitu artinya ya baru tau ane
trs knp ada yg msh berumur 19 tahun yg ngelakuin pembunuhan berencana.
tuh polisinya bilang dia di ancam hukuman 25thn atau yang paling parah adalah hukuman seumur hidup??????
Quote:Original Posted By 481K4R4
http://makalahkriminologi.blogspot.c...p-dan.html?m=1


ini baru jelas dan ada dasar hukum nya
emang bisa bikin ambigu sih dari struktur katanya, "seumur hidup" dan "se-umur hidup"

tapi memang yang dimaksud di hukuman ini ya struktur yang kedua, se-umur hidup (jumlahnya sama dengan jumlah umur dia yg sekarang)

melek hukum

gan,ane pastiin penjelasan dr guru pkn ente salah besar...
fyi ane llusan fh salah satu kampus ternama di bandung
hukuman seumur hidup adalah hukuman/pemidanaan bagi mereka yang terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan pidana berat (misal pembunuhan berencana) seumur hidupnya,jd bnr2 gtu out dr penjara lu uda tggl nama doank,bnyk yg salah arti,but hukum kita yang menganut sistem civil law ga da itungan keq gtu
Pidana penjara seumur hidup adalah satu dari dua variasi hukuman penjara yang diatur dalam pasal 12 ayat (1) KUHP. Selengkapnya, pasal 12 ayat (1) KUHP berbunyi, pidana penjara ialah seumur hidup atau selama waktu tertentu. Dalam pasal 12 ayat (4) KUHP dinyatakan, pidana penjara selama waktu tertentu sekali-kali tidak boleh melebihi dua puluh tahun.


Dari bunyi pasal 12 ayat (1) KUHP tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pidana penjara seumur hidup adalah penjara selama terpidana masih hidup hingga meninggal. Ketentuan tersebut sekaligus menolak pendapat bahwa hukuman penjara seumur hidup diartikan hukuman penjara yang dijalani adalah selama usia terpidana pada saat vonis dijatuhkan.


Apabila pidana penjara seumur hidup diartikan hukuman penjara yang dijalani adalah selama usia terpidana pada saat vonis dijatuhkan, maka yang demikian menjadi pidana penjara selama waktu tertentu. Contohnya, jika seseorang dipidana penjara seumur hidup ketika dia berusia 21 tahun, maka yang bersangkutan hanya akan menjalani hukuman penjara selama 21 tahun. Hal itu tentu melanggar ketentuan pasal 12 ayat (4) KUHP, di mana lamanya hukuman yang dijalani oleh terpidana - yaitu 21 tahun - melebihi batasan maksimal 20 tahun.


Berikut contoh lainnya. Apabila terpidana divonis penjara seumur hidup, pada saat ia berumur 18 tahun. Dengan pendapat tadi, berarti terpidana tersebut hanya akan menjalani hukuman penjaranya selama 18 tahun. Hal ini tentu menimbulkan kerancuan yaitu mengapa hakim tidak langsung saja menghukum terpidana 18 tahun penjara, padahal hal itu masih diperbolehkan dalam KUHP?


Jadi, dari uraian di atas dapat kita pahami dasar hukum serta logika mengapa pidana penjara seumur hidup berarti penjara sepanjang si terpidana masih hidup, dan hukumannya baru akan berakhir setelah kematiannya.

sumber:hukumonline.com
bah
makin muda makin ringan dong ya hukumannya,

ane juga tadinya mikir kalo seumur hidup itu sampe dia mati
Quote:Original Posted By 5.22.33.44
ane udah tau dari dulu gan


sama gan...
ane juga
Kok ane baru sadar ya..
Salah kaprah. Seumur hidup ya sampe metonglah.
Ni T'S ahli hukum apa ya
hukum karma kali, sotoy banget

m.kompasiana.com/post/read/431952/1/pidana-seumur-hidup-itu-berapa-tahun-sih.html
http://m.hukumonline.com/klinik/detail/cl6203/pengertian-pidana-kurungan,-pidana-penjara,-dan-pidana-seumur-hidup
×