KASKUS

Menhan Malaysia Kagumi Atraksi Jupiter di Langkawi

Tujuh pesawat KT-01 Wong Bee atau Jupiter Aerobatic Tema (JAT) milik TNI AU lepas landas dari Lanud Adisutjipto, Yogyakarta menuju Langkawi, wilayah utara Malaysia, 23 Maret. Sebelum ke Langkawi, Jupiter Aerobatic Team (JAT), yang bermarkas di Pangkalan TNI AU (Lanud) Adisutjipto ini mampir sejenak ke Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, dan dilepas oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia.

JAT melakukan atraksi High Show Sequences (untuk cuaca cerah/baik) di Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2013 (LIMA’13), yang berlokasi di wilayah utara Malaysia. Dalam perjalanannya Jupiter mampir juga ke Palembang, Pekanbaru, Medan untuk kemudian menuju Bandara Langkawi, Malaysia.

Sebelumnya, dalam Briefing Penerbangan pagi, yang dipimpin oleh Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Agus munandar dan Komandan Wing Pendidikan Terbang Kolonel (Pnb) Minggit Tribowo, menghadirkan seluruh Penerbang JAT serta pihak PLLU, Meteo, Lambangja, Perwira teknik. Briefing terakhir yang membahas teknis penerbangan yang dilakukan berlangsung singkat dan diakhiri dengan doa bersama.

Komandan Lanud Adisutjipto dan Komandan Wing Pendidikan Terbang ikut dalam rombongan Tim JAT dengan tujuh pesawat itu. Sejak 26 Maret hingga 28 Maret nanti Tim Jupiter akan melaksanakan unjuk kebolehan di negeri serumpun Malaysia. Sedikitnya ada 35 Ground Crew dan para pendukung lainnya juga bersama-sama menuju langkawi, namun singgah sejenak di Lanud Halim Perdanakusuma sebelum menuju langkawi Malaysia, mengunakan Hercules A-1308 dan A1326.

JAT dipimpin oleh Flight Leader Letkol Pnb Dedy “Leopard” Susanto, JAT masing-masing diawaki oleh Mayor (Pnb) Frando Marpaung, Mayor (Pnb) HS Romas, Mayor (Pnb) Marcelinus, Mayor (Pnb) HM Kisha, Kapten (Pnb) IB Adi Brata.

Dalam menghadapi LIMA’13, Jupiter Aerobatic Team (JAT) latihan serius. Pada Kamis, 21 Maret, merupakan latihan terakhir mereka sebelum menuju negeri Jiran Malaysia. Latihan yang di mulai dengan breifing penerbang dilakukan pukul 9.00 WIB, 21 Maret dan dilanjutkan dengan Take off pesawat KT 01 Wong Bee, dan menyelesaikan sepuluh gerakan diakhiri pukul 10.15 WIB.
Tim JAT telah berlatih selama 27 sorte dan mencapai 40 jam selama Januari hingga Maret 2013.Tim Aerobatik Jupiter melakukan atraksi maneuver, seperti Jupiter Roll, Loop, XClover Leap, Mirror, Tango to dan Jupiter Roll back. Hi “G” TurnRoll Slide dan Break Off, Jupiter Wheel, dan Bomb Brust.
Letkol Pnb Dedy “leopard” Susanto, menjelaskan bahwa team aerobatik ini telah berkali-kali membawa nama Indonesia seperti pembukaan resmi Asian Fair tahun 2011 di Bali, Centennial of RTAF Founding Father Aviation atau 100 tahun penerbangan Thailand, tahun 2012, Babel Air Show tahun 2012, dan terakhir Indo Defence tahun 2012 di Jakarta.
Dalam rangka The Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) 2013 di Malaysia, yang berlangsung pada 26-30 Maret 2013, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menghadiri pameran Maritim dan Kedirgantaraan bersama Jupiter Aerobatic Team (JAT) di Malaysia dari Skadron Udara Pendidikan 102 Lanud Adisutjipto Yogyakarta yang melaksanakan demonstrasi aerobatik udara.
Tak hanya Menhan, Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia juga hadir pada LIMA’13 yang di buka oleh Perdana Menteri Malaysia, Dato Muhammad Najib Tun Abdul Razak, pada 26 Maret pagi.
Menhan Purnomo Yusgiantoro dan Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia memberikan dukungan moril kepada tim aerobatik JAT (Jupiter Aerobatic Team) yang tampil setiap hari selama penyelenggaraan pameran. Jupiter Aerobatic Team tampil setiap hari dari tanggal 25-30 Maret, sedangkan pada tanggal 29 dan 30 Maret akan tampil dua kali dalan serhari.
Pada ajang LIMA’13, Jupiter Aerobatic Team menampilkan delapan belas manuver andalannya atau High Show Sequences seperti Jupiter Roll, Arraw Head Loop, Clover Leaf, Leader Benefit, Arraw Head Loop-Break Off, Half Cuban-Jupiter Wheel, Tanggo To Diamond Loop, Mirror, Screw Roll, Heart, Roll Slide, Kite Barrel Roll, jupiter Roll Back, Knife Edge dan Arraw Head Loop-Bomb Burst.
Di Langkawi, Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia diterima Panglima Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) Jenderal Tan Sri Dato’ Sri Rodzali Bin Daud dan Chief of Staff Royal Australian Air Force (CoS RAAF) Marshall Geoff Brown, keduanya membahas kerjasama kedua angkatan udara dibidang pendidikan dan latihan.
Marshall Geoff Brown sangat tertarik dengan penampilan Jupiter Aerobatic Team pada kesempatan tersebut juga Geoff Brown mendatangi dan berbincang-bincang dengan para penerbang Jupiter Aerobatic Team usai melakukan aerobatik. “Selain JAT, TNI AU menanpilkan statik show alutsista terbarunya CN-295 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma yang merupakan pesawat angkut sedang versi militer buatan Airbus Industri bekerjasama dengan PT DI,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AU Mareskal Pertama Azman Yunus.
Saat atraksi JAT berlangsung Perdana Menteri Malaysia, Dato Muhammad Najib Tun Abdul Razak, Wakil Perdana Menteri, Menhan Malaysia serta Dr Mahatir Muhammad yang duduk satu meja dengan Menhan Purnomo Yusgiantoro, mengaggumi atraksi yang ditampilkan Tim Jupiter TNI AU. “Luar biasa,” ujar Menhan Malaysia Menteri Pertahanan Malaysia, Dato 'Seri Dr Zahid Hamidi. Hadirin dan pejabat Malaysia yang ada disana bertepuk tangan mengungkapkan kekagumannya atas atraksi-atraksi berbahaya yang dilakukan JAT dilangit Langkawi.
Di Langkawi, Menhan Purnomo Yusgiantoro juga melakukan bilateral meeting dengan delegasi dari Chekoslovakia dan Russia (Rossoboron Export) di One Helang Hotel, Langkawi, Malaysia. Menhan juga menyempatkan diri meninjau stand PT Dirgantara Indonesia dan beberapa stand lainnya di LIMA’13, Langkawi. Turut mendampingi Menhan adalah Dirjen Renhan Kemhan Marsda TNI FX Sulistyo, Karo TU Kemhan Brigjen TNI Bambang Hartawan, dan Kapuskom Publik Kemhan Brigjen TNI Sisiriadi. Di Langkawi, Menhan didampingi Dubes RI untuk Malaysia Marsekal TNI (Purn) Herman Prayitno.