KASKUS

Setuju ane ama agan ini, jauhilah utang kalo bisa.. Gw udah merasakannya punya utang 2th tidur pun gak nyenyak. Skrg utang udah kulunasin dgn jual apapun yg gw punya dan mulai dari nol tp tidur nyenyak dan tiap bangun pagi bisa tersenyum lepas
kalau ada kemauan, pasti ada jalan, insya Allah kalau agan Muslim, percaya dengan pertolongan Allah. asal jalannya jangan melanggar syariat.
Quote:Original Posted By gusur.cs
Wah ... thread keren nich, ane juga lagi kelilit utang.. tapi ngga nyampe milyaran gan, cuma pusingnya sama mungkin !!! iya mulai sekarang ane make cara sedekah gan buat ngelunasin utang- utang ane... modelnya seperti ini: 10-1= 9, tapi kalo niat kita sedekah ikhlas murni untuk Allah jadinya 10-1=19, why like this? soalnya 1 yang kita sedekahin di lipatkan oleh Allah jadi 10, jadi yang 9 tadi kita tambahin 10 hasil lipatan Allah, maka sama dengan 19, alhamdulillah ane angsuran perlahan terus kebayar, dan sedikit share cerita ane, ane sehari sebelum jatuh tempo bayar angsuran udah ketar- ketir nyari duit kemana buat bayar, setelah sebelum- sebelumnya nya ane konsisten sedekahin setiap 1/3 keuntungan usaha ane sedekahin bahkan setengahnya buat anak yatim (aku berlindung kepada Allah dari riya, buat berbagi cerita aja!) terus tau ga gan? ane bangun tidur, terus shalat shubuh, abis itu biasa ane beraktifitas siap- siap buka toko... sambil mikir gimana ya hari ini bayar angsuran, ane niatnya mau jual camera poccket, terus uangnya buat bayar, eh ternyata tiba- tiba ane di kasih uang 900ribu gan buat bayar angsuran dari bokap ane, emang sich ane baru berusia 22 tahun, tapi ane usaha mandiri gan, ngga mau minta- minta ama ortu, yauda ane terima ja tuch duit, tapi dalem ati ane niat mau ganti... Insya Allah

Hehe sekian share ane... yang intinya ane ga mau ngutang lagi, ane maunya cari investor yang make sistem bagi hasil (bukan sistem bunga/riba) + ane mesti kerja keras, kerja smart... and keep sedekah gan! karena Allah Maha kaya, kita minta cuma ke Dia aja, jangan yang lain....


ini Nice share banget, jauhkan diri dari riba gan . .
Ini solusi menurut ane ya bos, lebih baik anda jual aset anda untuk melunasi utang, setelah itu anda rintis usaha dari bawah lagi. pikiran anda akan tenang setelah melunasi utang dan anda bisa fokus untuk memulai usaha lagi, jangan kawatir untuk mulai dari bawah karena banyak orang sukses awalnya juga dari bawah gan.


Quote:

[ HOT ]RAHASIA Membuat Minimarket Sendiri Modal Cuma 15 jutaan


Lightbulb Hutang dan Solusinya

Halo agan agan, nubi numpang belajar ilmu melunasi hutang ya gan..
Nubi juga lagi kelilit hutang, ga ada apa-apanya sih dibanding TS. Sekitar 65jt, dan ini hutang karena ane resign dari kantor ane [BUMN] dikenai biaya gono gini.
Tapi ini pilihan ane gan, mau survive di dunia usaha.. Mohon doa agan agan,
ane lagi mau running bisnis elektronik sama fashion. Alhamdulillah ane punya mitra mitra yang reliable gan ..

Hutang ane pelan pelan bisa ane cicil,
ane ada sedikit pengalaman nih.. Silaturahmi ini juga penting untuk di maintain, karena mitra mitra baru ane ini ada kaitannya dengan teman teman ane jaman sekolah.. Nah, buat yang lagi berhutang.. coba deh bergaul lagi dengan teman teman lama, atau coba perluas jaringan silaturahmi agan agan..

Insya Allah, banyak saudara, banyak doa, banyak bantuan..
Toh kita ga berharap mereka meminjamkan uangnya buat kita, tapi kita berharap barang kali salah satu dari mereka bisa jadi jembatan menjemput rejeki kita dari Tuhan..

Tetap semangat agan agan ..
Wah salut gan.. utang banyak.. tapi aset ternyata jauh lebih banyak..
Kalo gitu sbenernya bisa disebut kelilit utang gak ya.. hehe..
Mungkin tepatnya adalah pencairan investasi yang tersendat..

Btw ane juga pengen tuh punya keberanian spt agan.. krn biar utang M M an tp pertumbuhan nilai aset properti jauh di atas suku bunga bank.. jadi yaah msh aman2 aja kan gan..

Hidup ane skrg nyantai tp ya jd kurang smangat dan pertumbuhan ekonomi jadi woles woles aja nih..
Ajarin dong gan gp soft itung2an nya dan resep nya...
alhamdulillah agan bisa tenang dengan beban sebesar itu... setuju dengan cara melunasi hutang dengan sedekah... karena ustad ane bilang "10 dikurang 10 bukan 0, tapi 100.." banyak yang ga percaya dengan kalimat itu. share aja yap.. just banyak2 dengerin ustad Yusuf mansur ane suka caranya ngasih solusi dunia yang berdampak ke akhirat... hehehe duh jadi ngelantur ceramah nih ya... hahahaha... maap ya gan.. senasib kita.. tapi alhamdulillah ga seberat ente gan... dan ente membuka semangat ane, agan yang seberat itu masih bisa berusaha keras.. masa ane ga bisa... hehehehe....

thanks gan... dan semangat terus!!
Quote:Original Posted By anDICKa
alhamdulillah agan bisa tenang dengan beban sebesar itu... setuju dengan cara melunasi hutang dengan sedekah... karena ustad ane bilang "10 dikurang 10 bukan 0, tapi 100.." banyak yang ga percaya dengan kalimat itu. share aja yap.. just banyak2 dengerin ustad Yusuf mansur ane suka caranya ngasih solusi dunia yang berdampak ke akhirat... hehehe duh jadi ngelantur ceramah nih ya... hahahaha... maap ya gan.. senasib kita.. tapi alhamdulillah ga seberat ente gan... dan ente membuka semangat ane, agan yang seberat itu masih bisa berusaha keras.. masa ane ga bisa... hehehehe....

thanks gan... dan semangat terus!!

setuju gan,.sedekah itu psti membawa berkah,
terus semangat gan,kl bisa banting setir dibidang lain yg lebih memberikan profit,just try.

agan sepertinya cukup wealthy tetapi punya hutang banyak gitu ???
waaddaawww....
agan2 disini muantep2. punya tanggungan jutaan ampe Milyaran, tp masih bisa nyantei.

kayaknya ane harus belajar mental pengusaha dari agan2...

ane kelihatan masih newbie banget soal utang piutang

ane terpaksa cari pinjaman bank buat memperbesar usaha ane.
sama gan, ane juga punya utang, tapi gak sebanyak agan TS...
and klo boleh ane simpulin tulisan TS ialah, bayar hutang tetap bayar, sisakan uang untuk cicilan full perbulan, tetapi yang dibayarkan tidak full, sbagian kita puter ke usaha lain yang sifatnya kerja sama, sehingga suatu saat, (menurut itungan masing2) utang beres, usaha kita menjamur....

karena ane make prinsip kayak gtu skarang ini, tetap kan prioritas, tetap sediakan uang cicilan full tiap bulannya, tapi yang dibayarkan tidak full, karena ane share ke temen ane yang sama2 usaha di di bidang yang sama kayak ane, jadi ane bisa controll juga usahanya dia... cuman rasanya emang yang bener2 kudu berasa "puasa" mulu. hahaha....
wah..treadnya masih ada yg baca2..sory udah lama gk ane update..
sekarang keadaan ane sedikit2 membaik..2 aset ane laku..cukup untuk lunasin semua utang..tp ane blom lunasin dulu..ane masih ambil posisi aman dulu (ane masukin deposito sebagian), sambil tetep usaha jualan retail..intinya semua tagihan udah ane satu per satu kalkulasi dan beberapa udh lunas..sisa hutang skrg sudah tidak sampai 2M, ane target akhir taun ini ane bebas hutang..
sementara itu dulu agan2 updatenya..nanti ada waktu senggang ane update dan ane bagi2 tips ngleunasin utang2nya..
Gan...tlg cek pm iaa...tx...
Waaaaaaaah cerah banget nih tritnya gan.
Alhamdulillah super duper pencerahaan dah buat agan2 yg pada survive di dunia usaha.
ane makin semangat ni gan, ane juga ada utang diatas 1 M.
tapi pelan2 nyicil dgn cara jual beberapa aset. So far, gapapa kok gan kalo kita HAQQUL YAQIEN ama Allah.
Be positive, selalu ada solusi tak terduga dari Allah gan.

untungnya ane ga punya hutang gan

bertahan hidup mode "on"

saya skg juga terlilit hutang. debt colector berbagai KTA dan kartu kredit sdh teror saya. sy udh lama ga pernah kasih uang ke istri. usaha sy lagi seret dan tidak punya asset. untuk ongkos pergi meeting ketemu relasi bisnis pun minta sana sini. tp sy ga pernah menyerah.. ikhtiar terus.sampai benar2 berhasil. tidak lupa . sholat wajib. dhuha.. tahajud jalanin terus. berdoa minta sama allah bhw hutang ini adalah siksaan di dunia. mungkin sbg balasan atas perbuatan keji dan munkar saya di masa lalu. dengan kejadian ini pun memacu saya untuk bertaubat bahkan saya malah tambah takut akan siksa di akherat atas dosa2 saya.
Gan..spacenya penuh...ane lokasi di jakarta...
ane satu tahun ini gan jatuh
nunpuk pula hutangnya...
mencoba bangkit terasa berat ....
pendapatan mines gan buat bayar hutang di bank gak nutup....

great thread.

Mantap Gan threadnya..
Menurut ane agan punya jiwa sosial yang tinggi yang hanya dimiliki miliarder2 kelas dunia. yang ane tau mereka suka mendonasikan kekayaannya untuk membantu yayasan kesehatan dan lainnya..

Kalo agan itu ikhlas ingin membantu, itu Mulia. tpi, lebih baik lagi agan kasih itu dalam bentuk pinjaman tanpa bunga saja. jgn dilunasin cuma2 seperti itu. toh, itu juga sifatnya membantu. dengan memotong bunga ribanya.

saya sebenarnya jg ada hutang. dibawah 40 juta aja sih.
krmn buat tambahan usaha yg gagal setaun kemudian pacar ngajakin nikah. akhrnya tarik tunai kartu kredit deh...
saya kebetulan bekerja dan dapet gaji THP dibawah 6,5 jta.
ane cicil dengan gaji bulanan dan tunjangan kerja shift ane itu. tapi ane heran
udah hampir 1 tahunan trnyata gak lunas2 jg ya gan. cuma turun 10 juta doank, apa karena bunga [riba ] itu ya. padahal ane pengen banget cepet2 ngilangin tuh bunga. karena dari beberapa kartu itu. saya itung bunganya perbulan hampir 1 juta.. jadi THP ane udah "terbakar" 1 juta jadi 5,5 jt.

sebenarnya sih Gan.. kalo gak ada kebutuhan tak terduga bisa ane lunasin dalam waktu 1,5 tahun. tapi, kadang kehidupan memberikan "kejutan2nya".
ada aja kebutuhan tak terduga. rumah bocorlah, mertua sakit, motor ada yg bagian penting yang rusak lah. dll. tapi itulah kehidupan.. Alhamdulillah, walaupun gak lunas2, ane tetep "mewajibkan" diri untuk memasukkan sedekah ke kotak amal masjid tiap shalat jumat. 50 - 100 rebu. and memberi ortu [ walau ] gak banyak Rp 500 rbu. dngan harapan. cukup utang tidak bertambah syukur bisa terlunasi melalui tangan2 ALLAH.

and skrg, lagi coba2 cari bisnis lagi. dengan modal dibawah 5 juta. [ walau utang belum lunas ] dengan harapan dengan usaha tersebut hutang bisa terlunasi.

O ya gan..
Ane juga punya saudara yang butuh banget pinjaman.
ceritanya begini. dia punya pinjaman sama bank exim [ kejadiannya sebelum krismon 1998 ], singkat cerita Bank mandiri [ nama merger beberapa bank ] memberikan ultimatum kepadanya untuk melunasi hutangnya sampai akhir tahun ini. sekitar Rp 150 juta. atau kalau tidak asetnya berupa rumah di daerah jaksel dieksekusi. Rmh tersebut memiliki luas tanah 200 mtr dan luas bangunan 239. tingkat lt 2. ditaksir harga sekitar 700 juta. SHM saat ini masih di bank mandiri. ada beberapa pembeli yang bersedia membeli seharga 685 juta. tapi, karena SHM ada di bank. mereka mundur. dan waktu terus berjalan. tinggal 2 bulan lagi. waktu yang diberikan pihak bank. karena, bila kemungkinan terburuk, rumah tidak dilunasi.. saya tidak bisa membayangkan. mereka, sekeluarga akan tinggal dmn. si kepala rumah tangga kini berusia 65 tahun. anak2nya ikut bantu nyicil ketika hutangnya mencapai 300 jt. dan tersisa 150 juta. [ di fixed kan ]
kalo ada yang mau bantu. melunasi terlebih dahulu. agar SHM bisa keluar. InsyaALLAH akan ada kompensasi bila nanti rumah laku. dan uang tebus SHM pasti akan diganti.
demikian, cerita ini benar adanya.. saya bisa berikan data sahih bila ada yang serius membantu.









Kalo ane punya hutang total 2,4M gan,
dengan cicilan 14juta perbulan selama 15tahun.