Main Content

kasi pict biar ane rada ngerti,gan
ane pernah bikin gan
lonh time a go
ane mah beli aje,gan biar cepet




New Member
i.w.yoga.m
mungkin kalo ada gambarnya lebih bagus ya gan.?!
ane gak mainan layangan lagi gan. ane main heli
law ane beli aja deh mending gan
Quote:Original Posted By Mr.Chandr4
MANTAP.

KELEBIHAN BUAT GELASAN SENDIRI MEMANG BIASANYA LEBIH TAJAM.

TAMBAHAN, SEBELUM DI PAKE SEBUK NEON YANG HABIS DITUMBUK ITU DI SARING DULU PAKE SARINGAN ATO KAIN YANG KERAPATANNYA LEBAR.

NICE.

TAPI GW PUNYA CARA UNTUK BUAT GELASAN YANG SATU TINGKAT LEBIH AMPUH, DAH GW BUKTIKAN DAN HASILNYA GW JUARA LAYANGAN SATU KOTA. KALAU LAYANGAN GW NAIK YANG LAIN PADA TAKUT.

KALAU MINAT NANTI GW BIKIN THREADNYA.


ditunggu tips-nya gan...
Quote:Original Posted By bocahtelo
Agan-agan pasti pernah main sama ni permainan...... Layang-layang
Jenis permainan ini memang sudah mendunia dan tiap-tiap daerah punya ciri layang-layang sendiri
nih kalo yang gak tau layang-layang itu apa?atopun lupa


dan untuk menerbangkannya kita butuh bantuan yang namanya benang ato orang menyebutnya senar...betul
nah di Indonesia permainan layang-layang bukan hanya bagus-bagusan bentuk aja tapi juga pasti ada yang namanya "SANGKUTAN"

untuk dapat menang dalam beradu sangkutan dengan layangan lawan kita perlu ini

yach benang gelas atau gelasan

dah dalam Thread ini ane bakal kasih pencerahan buat agan sekalian dalam proses pembuatan benang gelasan ini

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

1. Pertama agan harus memiliki benang yang terbuat dari kapas dengan ukuran 24, dan sebisa mungkin pilih yang paling berkualitas, tidak melar jika sedikit ditarik, namun juga jangan yang mudah putus jika ditarik.

2. Buat serbuk beling dan caranya adalah : cari neon-neon bekas atau lampu bolam bekas, jangan jenis kaca yang lain sepeti piring, gelas, kaca jendela, dll, tp jangan ngambil punya tetangga ye

Hal ini memang sangat memakan waktu lama sehingga agan harus bersabar, karena agan harus sebisa mungkin menumbuknya sampai benar-benar halus seperti pasir yang sudah disaring. Terkadang ditoko-toko layang-layang ada yang jual serbuk kaca, bahkan luar biasa halusnya hampir seperti gandum. Jika memang masih ada sebaiknya agan membelinya supaya tidak terlalu repot.

3. Siapkan lem perekat : lem yang digunakan juga khusus dan dibeberapa tempat menyebutnya sebagai lem Kak (Animal Glue) yang banyak dijual di toko besi. Jika anda belum pernah melihatnya, lem ini berbetuk kristal kecil-kecil berwarna kuning tua dan keras, atau ada juga yang berbentuk potongan-potongan dan lempengan.

4. Siapkan kaleng bekas yang terbuat dari seng, yang nantinya akan digunakan untuk merebus lem Kak agar bisa mencair.

5. Siapkan telur ayam satu butir yang nantinya berfungsi agar benang tidak kaku. jangan dimasak ye

6. Dan yang terakhir adalah pewarna dan pengawet textil sesuai dengan selera agan

Cara membuatnya :

1. Masukan kedalam kaleng bahan-nahan tersebut seperti lem Kak, serbuk kaca, telur, pewarna, pengawet dan tambahkan air namun jangan terlalu banyak agar bisa tetap kental.

2. Rebus adonan tersebut secara bersamaan di kompor kira-kira 10 menit sambil diaduk merata hingga mendidih, terus siap dimakan (bercanda)

3. Cari tempat yang teduh dimana terdapat dua tiang atau pohon, yang nantinya digunakan untuk menjemur benang.

4. Ikat ujung benang pada salah satu tiang, kemudian masukan pintalan benang (kelosan) kedalam adonan tersebut.

5. Pegang benang tersebut dengan dua jari agan(jempol dan telunjuk - bukan jempol kaki ye), kemudian bergeraklah mundur dengan melingkari kedua tiang sampai benang habis. Dengan demikian adonan gelasan sudah menempel

Sebagai catatan :

1. Jangan sampai adonan yang menempel pada benang menggumpal, jika ada yang menggumpal haluskan pakai dua jari agan.

2. Lebih baik proses pembuatan di pagi hari sampai jam 11 siang, agar hasil benang gelasan tidak terlalu kaku, namun tetap harus benar-benar kering. Tambahan yang tak kalah penting jangan membuat di musim hujan

3. Jika agan ingin hasil yang lebih baik ulangi proses tersebut sampai 2 hingga 3 kali, agar gelasan benang agan lebih tajam dan mantab, kalo agan bisa sampe 10x dapet piring (persediaan terbatas)

Semoga bermanfaat dan selamat nostalgia permainan masa kecil agan
jangan lupa


Gak tau malu kau nak
http://kiostips.blogspot.com/2012/11...g-gelasan.html
Musim layangan tahun lalu tangan ane luka DUA KALI gara-gara benang gelasan.
Salah satunya hampir jerat leher, untung bisa refleks.
Maen layangan di jalan raya, layangan jatuh cuma diambil layangannya, benangnya ga diberesin.