KASKUS

Kurator Batavia Air: Kami Tak Bisa Janji Pengembalian Tiket dengan Uang Tunai

PTO News - Pasca keputusan pailit dari Pengadilan Niaga, Jakarta Pusat kemarin, maskapai penerbangan Batavia Air berhenti beroperasi. Nasib calon penumpang saat ini di tangan kurator yang sudah ditunjuk.

Salah satu kurator yaitu Andra Pasaribu mengatakan, pihaknya baru bekerja satu hari pasca pailitnya Batavia Air. Dia meminta calon penumpang yang menginginkan pengembalian tiket (refund) untuk bersabar.

"Kami datang tadi pagi untuk meminta putusan dan penetapan terhadap proses kepailitan nantinya yang akan diumumkan hari Senin nanti. Kepailitan merupakan suatu proses, kami tidak bisa menjanjikan pengembalian uang cash, mengalihkan penerbangan, dan lain-lain. Ini ada proses hukum. Dan kami bekerja sesuai UU yang berlaku," tutur Andra dalam jumpa pers di rumah makan kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (31/1/2013).

Sementara soal pengalihan rute Batavia Air oleh Mandala Airlines, Sriwijaya Air, dan Express Air dan juga pergantian penerbangan para pemegang tiket Batavia Air seperti pengumuman Kementerian Perhubungan, Andra menyatakan itu bukan keputusan kurator.

"Kalau pemerintah begitu, dirjen (perhubungan udara) mengeluarkan statement, dirjen yang bertanggung jawab. Kita tidak akan tunduk kepada dirjen, kita tunduk pada undang-undang. Kurator belum beranjak, belum melakukan verifikasi, bagaimana mengeluarkan statement untuk mengganti (penerbangan dan tiket)," tegas Andra.

Dia meminta para calon penumpang Batavia untuk menyimpan tiketnya baik-baik dan sabar menunggu sampai kurator menyelesaikan tugas-tugasnya.

"Pemegang tiket harap bersabar, dan jangan terpancing. Karena baru diputus pailit. Dan menurut UU, kurator bekerja 2 hari setelah mendapatkan salinan putusan," tegasnya.

Untuk informasi kepada para calon penumpang, Andra mengatakan, pihak kurator akan mengumumkan di media massa pada Senin pekan depan.

Seperti diketahui, dengan diputuskannya pailit, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat telah menunjuk empat kurator. Adapun kurator tersebut antara lain Turman Panggabean, Andra Pasaribu dari Lawfirm Duma & Co, kemudian Permata N Daulay dari Law Firm PN Daulay & Partners dan Alba Sukma Hadi Sukma & Partners.

Sumber : www.pt-o.com
Berita Lainnya :
- Batavia Air Pailit, Agen Perjalanan Was-was Uang Belasan Juta 'Hangus'
- 11 Hal Penting yang Tidak Dibilang Pramugari Saat Demo Keselamatan Pesawat
- Setelah Merpati, Giliran Garuda 'Lirik' Rute Eks Batavia Air
hahham batavia di kalahin sama tentara Sultan Agung yach?
We will miss you, batavia
gimana nasib para pramugarinya

SAVE PRAMUGARI BATAVIA
dan pada akhirnya konsumenlah yang dirugikan
ya udah deh dibayar pake life vest juga gak apa
ucapan yang sangat biasa dari orang Indonesia ketika ditagih kewajibannya :
ngeles, cari kambing hitam ato cari pembenaran

dan mengeluarkan kata sakti :

"sabar yaaaaa sabbaaaarrrrrr"

mau dibayar pake ban pesawat kali ya
Quote:Original Posted By youlee08
gimana nasib para pramugarinya

SAVE PRAMUGARI BATAVIA


Kalau gak kuat bayar kosan.

Kamar rmh Ane banyak kosong tuw.

Monggo Monggo aza
selalu konsumen ujung2nya yg di rugikan

oh kurator
Lucu juga sih kalo liat kasus ini, tiba2 pailit plus kantor perwakilannya jg pada tutup..sementara para kurator posisinya di jakarta semua..gmn si konsumen mo claim duitnya.. ya udah pasti berbelit2
Quote:
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kurator aset Batavia Air berjanji untuk membantu uang tiket calon penumpang yang telanjur terbeli. Meski demikian mereka tidak menjamin uang tersebut dikembalikan.
Dalam konferensi pers yang digelar di Restoran Pulau Dua, Jakarta, Kamis (31/1/2013) hadir empat kurator yang ditunjuk oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat untuk menghitung aset Batavia Air pasca keputusan pailit. Keempat kurator tersebut adalah Turman Panggabean, Alba Sukmahadi, Permata Daulay, Andra Reinhard Pasaribu.
Turman Panggabean meminta agar calon penumpang bersabar pihaknya berusaha untuk menyelesaikan masalah pailit berlangsung profesional, bukan wajib mengganti tiket sekarang, besok atau yang akan datang, jangan gara-gara tiket kurator dihujat.
"Khususnya pemegang tiket PT Metro Batavia, kurator akan bekerja untuk berusaha selesaikan, minta kerjasama u tak lakukan pelanggaran hukum, dan simpan tiket sbg bukti klaim," kata Turman.
Meski demikian Turman mengatakan tak menjanjikan bisa menggantikan secara cash atau dengan tiket lain. "Kita kerja sesuai UU Kepailitan yang berlaku," ujarnya.
Dia menjelaskan, yang menjadi prioritas untuk mendapatkan aset Batavia adalah pajak dan karyawan Batavia. Sementara pihak lainnya setelah itu. (Hendra Gunawan)


Sumber : Yahoo id

==============

Dari jawaban diatas kayanya ga bakal balik nih duit para penumpang, ga menjamin akan dibalikin dan ga menjamin kapan...

ya dibiarin aja 3-4 bulan, penumpang uda malas komplain, dan bebas dan ga perlu ganti rugi duit penumpang, parah...

diminta jangan melakukan pelanggarana hukum, maksud nya jangan merusak aset batavia kali yah ???

karea tugas kurator adalah menyita aset batavia, melelang nya, dan duit lelang diberikan ke kreditur...

kalo aset dirusak, apa yg mau di lelang ???

tapi dengan jawaban seperti itu, gw malah takut ada tindakan anarkis dari massa yg emosi, kalo ada yg melakukan pengrusakan aset batavia, kira kira sapa yg salah ?????

karena orang kalo dibilang, JANGAN MIKIR GAJAH... di pikiran tuh pasti otomatis mikir GAJAH....
kesanny kaku banget kurator ini
harusny dcari win2 solution donk . emank kurator engga mau rugi..dsar . .
trus diganti apa dong? masa iya diganti permen
pailit..............
Quote:Original Posted By kmingh


Sumber : Yahoo id

==============

Dari jawaban diatas kayanya ga bakal balik nih duit para penumpang, ga menjamin akan dibalikin dan ga menjamin kapan...

ya dibiarin aja 3-4 bulan, penumpang uda malas komplain, dan bebas dan ga perlu ganti rugi duit penumpang, parah...

diminta jangan melakukan pelanggarana hukum, maksud nya jangan merusak aset batavia kali yah ???

karea tugas kurator adalah menyita aset batavia, melelang nya, dan duit lelang diberikan ke kreditur...

kalo aset dirusak, apa yg mau di lelang ???

tapi dengan jawaban seperti itu, gw malah takut ada tindakan anarkis dari massa yg emosi, kalo ada yg melakukan pengrusakan aset batavia, kira kira sapa yg salah ?????

karena orang kalo dibilang, JANGAN MIKIR GAJAH... di pikiran tuh pasti otomatis mikir GAJAH....


Karena ga pernah adil hukum disini, ga heran org akan ambil jalan pintas..

Kalo ga bakar, yaaa bongkarin barangnya satu2.. Dibilang primitif ky org gila? Yaaa coba aja duit tu kurator terlepas dia pk UU ato apalah itu namanya duitna dibuat lenyap.. Kalap ga dia?

Keterangan ente banyak benerna bos..
Jumlah aset dikumpulin dulu didata, trus dibayarkan ke kreditur, sisanya (KALO ADA SISA..) Baru dibayarkan kpenumpang..
kasian para pramugarinya