KASKUS

Lightbulb Pro & Kontra Kenaikan BBM 2013

Search "Pro & Kontra Kenaikan BBM 2013" jamin no repost daaah

Ayok ramaikan thread ini.. Kalian bisa pro maupun kontra dengan rencana kenaikan BBM.. Tapi tolong no sara, berbobot komennya dan punya data serta alasan logis + fakta ya

Kalau ane sendiri PRO, setelah ikut seminar dari Pak Faisal Basri
gak tahu nih thread cocok gak taruh di subforum perencanaan keuangan?

klo nggak cocok mohon minta bantuan momod buat dipindah yah

btw, kok nggak kasih alasan kenapa pro dengan kenaikan BBM? memang Bapak Faisal Basri menyampaikan apa di seminar tersebut?

BTW
PERTAMAX!!!!
Kayaknya cocok kali gan, rencana keuangan sejalan dengan rencana APBN. Nah APBN yang ngatur subsidi BBM gan..

Intinya gan, rendahnya harga BBM itu sering dimanfaatkan pihak tertentu seperti kecurangan pengawasan, oknum-oknum, penyeludupan BBM dengan tanker, dll.. Dan APBN itu seharusnya dinikmati orang banyak yang memerlukan, namun kenyataan banyak yang gak terkena dampak + nya, dan lagi masa yang naik mobil pakai bbm subsidi ? gak lucu (gaklucutapingakak)
yang pasti daya beli rupiah bakal melemah banyak tahun ini, TDL juga bakal naik kan beberapa kali tahun ini, kurs rupiah diperkirakan juga akan melemah terhadap SGD, CHY, AUD......

tapi mau naik / tidak naik tidak terlalu berpengaruh signifikan pada saya, meskipun biaya naik, saya juga bisa menaikan penghasilan (baca : naikin harga )
Naikin saja. Itu program salah sasaran dan malah menghambat pengembangan bahan bakar altenatif dan sumber energi terbarukan. Duit juga los ke luar negeri buat beli bensin subsidi. Impor bensin RON 88 (premium) tahun 2011 adalah 15,218 juta kiloliter (sumber: Kementerian ESDM). Kalau dihargai Rp. 9000 per liter, berarti devisa sebesar 136,962 triliun rupiah lari keluar. Solar cuma 9,790 juta kiloliter. Rp. 88,11 triliun. Belum lagi ngitung cost of opportunity dari bensin dan solar yang diproduksi sendiri.

Kalau takut dengan price shock gara-gara inflasi, bisa diminimalisasi dengan kenaikan bertahap dan pengetatan kebijakan moneter di bidang lain.

Kalau kasihan ke orang miskin, alihkan subsidi ke bentuk lain yang tepat sasaran.
kalo ane setuju gan
alasanya simple aja, BBM di negara kita udah terlalu murah gan. .yang seharusnya sekitar 120an$ per barrel atau kalo dirupiah in jadi skitar 8000~9000 per liter, kita sekarang bisa menikmati dgn 5rb saja, mending daripada buat subsidi BBM bisa buat pembngunan yg lain, selain itu kalo harga BBM skitar 8000rb kita pasti akan berpikir untuk irit BBM alias gag asal kluyuran pake motor
hemat Energi !
mo naik ato turun harga bbm, tetep si reza & geng petral nya yg untung... googling deh gimana caranya petral morotin negara triliunan rupiah setiap tahunnya.
ane cinta Indonesia gan tapi nyeri hati denger & liat tikus yg makan duit rakyat. tapi ya apalah yg bisa hamba buat selain menjaga diri untuk tidak ikut arus...
×