KASKUS

Mbak vitawulandari,

Kalau misalkan begini:
KTP saya sudah pindah alamat Jakarta. Tapi SIM A dan C saya masih alamat Depok Jawa Barat. Motor saya masih terdaftar atas nama saya sendiri dan alamat Depok.
Nah, saya kebetulan masih stok fotokopi KTP lama untuk jaga-jaga hal seperti ini.

1. Bisakah saya tetap menggunakan alamat Depok tersebut, mengingat SIM masih bisa hingga tahun 2015?
2. Apakah harus tetap menunjukkan KTP asli? Bisakah hanya dengan fotokopi KTP tersebut?

Terimakasih
Gan mau tanya motor ane uda mati pajaknya bulan 3 tahun 2014.
masalahnya KTP ganti alamat, di STNK masih pake alamat lama.
Dari tangerang kota, ke Tangerang kabupaten.
Cara urus nya gimana ya? bisa ga klo pake KTP baru?
Misal pake acc BPKB bisa ga?
soalnya BPKB belom ambil di dealer. ane mau sekalian ganti kaleng sudah 5 tahun.
mohon bantuannya. PM ya gan
setelah baca nih thread akhirny gw tahu harus ngapain.........
jatuhny gw mesti mutasi karena ktp gw ganti alamat dan tidak 1 samsat......
huaaa padahal dikota yg sama (bekasi).......kapan nih samsat bersatu online semua agar yg namany mutasi alamat ditiadakan...coz ribet...habis waktu,biaya,.... jadi serba salah taat pajak salah,ga taat juga salah...mau taat tapi ribetny nya itu loh.....
hmm.. gara2 ada perubahan no rumah dan rt/rw jd terpaksa hrs nyiapin budget lebih ni untuk perpanjang stnk, pdhl rumahnya masih sama

kira2 kena biaya brp ya gan utk perubahan alamat buat mobil yg pajaknya 1,5 an?
gan ane mau nanya dunk, setahun lalu ane beli motor bekas dan sekarang mau perpanjang STNK 5 tahunan tetapi KTP pemilik sebelumnya sudah habis masa berlakunya.
kira-kira untuk kasus ane ini masih bisa gk buat perpanjang STNK dan berapa ya biayanya??
Thanks
Reply tuk mas Tugiyo
Perpanjangan STNK harus sesuai/sama PERSIS dengan KTP dan BPKB , jangankan pindah rumahnya, rumah yang sama tapi data KTP nya berubah seperti nama jalan atau no. rumah atau berubah RT/RW aaataau....nama pada KTP salah ketik saja (misalnya KTP lama tertulis Alex Abdurrahman Zaki tiba-tiba dapet KTP baru tertulis namanya Alex Abdurrohman Zaki) tetap tidak akan diproses oleh SAMSAT.

Pilihan yang bijak adalah memang harus diproses Penyesuaian Alamat, kalau masih dalam kota seperti dari wilayah Jakarta Timur ke Jakarta Barat maka cukup prosesnya di SAMSAT Jakarta Timur saja untuk mendapatkan STNK baru (plus sekalian diperpanjang), dan kalau wajib pajaknya sendiri yang hadir mengurus biasanya tidak dipungut biaya. Setelah STNK baru diterima selanjutnya urus Penyesuaian Alamat BPKBnya di Gedung Biru Polda Metrojaya.

Kalau pindah alamatnya keluar DKI Jakarta seperti ke Depok, Tangerang, atau Bekasi, maka prosesnya Penyesuaian Alamat Antar SAMSAT, kita diharuskan mencabut berkas di SAMSAT asal, setelah lengkap berkas yang diterima dari kantor SAMSAT asal selanjutnya bergerak mendaftarkan kendaraannya di SAMSAT tujuan. Begitu dapat STNK baru tinggal ngurus BPKBnya di Gedung Biru Polda Metrojaya. Apalagi kalau pindahnya ke luar kota maka prosesnya adalah Penyesuaian Alamat Antar Polda.

Kalau perpanjangan tanpa KTP diluar DKI Jakarta sepertinya masih bisa tapi kalau DKI Jakarta gak ada yang mau biar bayar 1 juta pun uang acc nya. Kalau di kota lain tanpa KTP pun diterima wong bayar pajak kok masa gak diterima.

Quote:Original Posted By boltcrank
maaf baru masuk sini..
klo masih 1daearah gpp gan,kecuali udh beda samsat...
gk da kewajiban bbn dgn alasan apapun klo cm perbedaan alamat tapi masih 1daerah/samsat

knp harus 1samsat,ini terkait pendataan aja..sebab jika beda samsat udh beda wilayah administrasi...soalx di samsat itu ada POLRI,DISPENDA,JASA RAHARJA


kalo seandainya mau pindah dari KTP jakarta timur ke jakarta selatan apa harus balik nama, atau gimana yaa?

×