Quote:Original Posted By evil_art



coba nambahin ya gan..

untuk kasus ini sebenarnya bagaimana kebijakan dari bapak - bapak petugas samsat , tapi menurut ane, lebih baik di bbn alamat aja gan, kan lebih enak tuh kalo stnk sama ktp sesuai, tapi mungkin untuk bbn alamat proses nya tidak secepat proses perpanjangan , karena harus dicetak stnk yg baru dengan alamat yang baru ...

untuk persyaratannya kalo ga salah

stnk asli , ktp asli alamt baru, foto copy bpkb, gesekan no mesin dan rangka kendaraan, kalo disamsat deket ane biasanya 1 hari jadi. + plat nomer
jadi nanti yang muncul di pembayaran adalah

1. pkb
2. swdkllj
3. adm stnk
4. adm tnkb

dan yang pasti stnk nanti nama dan alamat sesuai dengan ktp agan punya...

mudah - mudahan bisa membantu..

oh iya gan, di semarang bayar pajak tiap bulan ya??



kalo BPKB alamatnya masih yg lama ga apa2 ya gan ?

Threadnya ane sundul lagi nih soalnya mau perpanjang pajak STNK montor bapak ane. STNK alamat Tangerang, sedangkan bapak ane udah pindah di Yogyakarta dan KTP sudah ganti E-KTP Yogyakarta sedangkan yg lama tinggal Foto Kopiannya aja. Itu mending di mutasi atau ganti alamat STNK aja ya ? dan syaratnya pake KTP asli yg baru juga kah ?

Thank you, soalnya udah 5 taunan juga.

Jakarta Selatan ke Jakarta Timur

Ini keterangan dari Bapak Polisi yang biasa urus mutasi, balik nama dan pindah alamat. kebetulan beliau sering jual beli motor (buat tambahan jajan anak katanya) jadi biasa urus maslah seperti disebut diatas.
Dikesempatan ini saya mau cerita untuk kasus pindah dari alamat lama Tebet Jakarta Selatan ke Pinang Ranti Jakarta Timur.
Masih sama-sama Jakarta tapi kantor Samsatnya beda.
Dari keterangan beliau:
1. Siapkan keterangan dari kelurahan alamat baru (pinang ranti)
2. BPKB dan STNK asli
3. Datang ke Polda Metro ke bagian BPKB/STNK
4. Bayar Pajak Tahunan (online system sama dengan Samsat)
5. Tunggu perubahan BPKB/STNK jadi.
bismillah,
mohon maap yah sesepuh2 forpol..
Ane hanya sedikit mau ngungkapin unek2 dihati aja, kenapa yah kayaknya betapa ribet dan syusyahnya bila kita mau berurusan dg yg namany administrari permotoran.. Coba agan2 simak di berbagai forum2 di dumay, beberapa pengalaman dan kenyaataan yg ada dilapangan, seakan2 betapa banyak kasus dan hampir2 itu gak pernah selesai, adaa aja kasus2 seputar pengurusan adm yg berurusan dg kepolisian, yg balik nama, mutasi, pajak, stnk dlsb...
Sehingga kadang2 kita itu jadi males kalo mau berurusan dg yg gitu2,
Akhirnya daripada ribet mending nembak dlsb, pokoknya terima beres..
Inget ndan, ane tinggal didaerah pelosok sumatera, namun jangan heran, populasi kendaraan bermotor begitu ramainya kian tahun.. Tapi terus terang didaerah kami banyak yang menganggap remeh masalah pajak kendaraan, yah karena alasan diatas tadi itulah, jadi pada males.
Padahal kalo saja pihak kepolisian mau KREATIP lumayan lho,
Memberi semangat masyarakat untuk sadar wajib pajak, kan bisa nambah pendapatan daerah..
Dan kalo dibiarkan kayak gini terus yah, malah menumbuh biakkan pungliers2...

Semoga ada solusinya...

Pliss dijawab gan

sebelumnya maap mampir dikit dimari ya TS..

kasus ane hampir sama dgn agan diatas..

motor ane stnknya alamat jakarta krn menggunakan ktp jakarta saat membeli.. nah skrg ane udah pindah ke tangerang dan punya ktp baru alamat tangerang..

kasusnya ane mau pindahin alamat di stnk/bpkb ane dr jakarta ke tangerang..
hanya saja masalahnye ktp jakarta ane udah expired gan..

itu bisa tetep balik nama atau harus perpanjang ktp jakarta ane dulu??

klopun ga perlu diperpanjang kira2 kena denda nominal brp ya gan??

mohon pencerahannya!!
ane dari dulu bingung, KTP itu harusnya berlaku di seluruh wilayah NKRI,tapi cuman pindah domisili aja kok udah dimasalahin
ane mobilitasnya sangat tinggi, tiba2x bisa di makasar dalam waktu lama,beli boil di sono disuruh nembak ktp agar dapat plat sulawesi
Halo gan,

Ane mau mempertegas pertanyaan sedikit nih.

Bulan besok STNK ane habis berikut pelatnya ( 5 tahunan ).
Kebetulan ane pindah alamat, cuma masihsatu Kelurahan dan satu kecamatan dengan KTP lama, wilayah Jakarta Pusat.

Kalau ane hanya mau merubah alamat di STNK saja, tanpa merubah alamat di BPKB, bisa...? dan nggak akan masalah...?

Kalau memang bisa di mana sebaiknya ane memprosesnya...?

Apa bisa di Samsat yang di daerah Daaan Mogot...? Karena dekat dengan lokasi kerja ane.

Terimakasih sebelumnya.
klo beda POLDA harus cabut dulu dari polda lama kemudian mutasi ke polda yang baru.
Gan, mau tanya tanya nih hehehehe

Ane baru beli motor, kondisi pajak mati sama stnk mati. Ane mau perpanjang stnk 5 tahun, tp ane ga tau pemilik aslinya, soalnya ni motor beli dr temen. Motor stnk bandung timur.

Ane mau mutasi dari bandung ke bekasi, itu syaratnya gimana ya gan ? dengan kondisi ktp ane sama stnk bpkb kan beda..

Sama kalo bisa perkiraan biaya nya gan..

minta info

Quote:Original Posted By andri207
Ini keterangan dari Bapak Polisi yang biasa urus mutasi, balik nama dan pindah alamat. kebetulan beliau sering jual beli motor (buat tambahan jajan anak katanya) jadi biasa urus maslah seperti disebut diatas.
Dikesempatan ini saya mau cerita untuk kasus pindah dari alamat lama Tebet Jakarta Selatan ke Pinang Ranti Jakarta Timur.
Masih sama-sama Jakarta tapi kantor Samsatnya beda.
Dari keterangan beliau:
1. Siapkan keterangan dari kelurahan alamat baru (pinang ranti)
2. BPKB dan STNK asli
3. Datang ke Polda Metro ke bagian BPKB/STNK
4. Bayar Pajak Tahunan (online system sama dengan Samsat)
5. Tunggu perubahan BPKB/STNK jadi.





Alow gan.ane mau share masalah ane nih.
Barusan ngurus pindah alamat stnk sama ngurus pajak. Pindah dri bangka 8 jaksel ke bangka 2 jaksel.
Ngurusnya lmayan ribet karna kebetulan bukan atas nama ane tuh kendaraan tp pnya sodara ane jd musti bawa surat kuasa tetek bengek. Setelah mondar mandir kaya orang gila kelar tuh Ngambil kamis sekalian bayar. Tapi ada satu kegalauan nih masih nyangkut. Kalo stnk sodara ane udah di pindah ke alamat baru,emang bpkb jg ga ikut di ganti alamat baru.secara bpkbnya tetep ane pegang!
Mohon info agan yg budiman

ask

nyundul juga nih Gan...

Jika saya ingin memperpanjang STNK 5 th-an...
Tetapi KTP saya sudah expired.
Expirednya 2011 hehe
Apakah masih bisa tidak yha?
Terimakasih atas pencerahannya...
Quote:Original Posted By boltcrank
maaf baru masuk sini..
klo masih 1daearah gpp gan,kecuali udh beda samsat...
gk da kewajiban bbn dgn alasan apapun klo cm perbedaan alamat tapi masih 1daerah/samsat

knp harus 1samsat,ini terkait pendataan aja..sebab jika beda samsat udh beda wilayah administrasi...soalx di samsat itu ada POLRI,DISPENDA,JASA RAHARJA

Setiap saran, opini dan masukan yang saya tulis adalah murni Pendapat Pribadi.
Tidak mencerminkan pendapat resmi dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Gunakan untuk memperoleh "second opinion" untuk masalah Anda.
Kebijaksanaan dari para pembaca sangat disarankan.


Lapor :
Hari ini 24 Februari 2014, di Samsat Kab. Bogor Cibinong, nama pemilik sama tapi alamat berbeda walau masih dalam satu samsat, pembayaran pajak satu tahunan DITOLAK.
Alasannya, karen beda alamat.

Tapi kalo yang nembak KTP malah bisa diperpanjang

Sekian informasinya,
Terima Kasih

numpang bantu jawab gan..perpanjangan pajak tahunan dapat menggunakan sim yg sesuai stnk atau identitas lain spt paspor,kartu keluarga...klo yg 5 tahunan kudu cek fisik dulu gan..
wah berarti intinya kalau alamat stnk beda sama alamat ktp pas mengurus pajak tahunan ga bisa ya.
thx sharing nya agan2
tadinya rencna mau ngambil mtor a/n pribadi tapi dngan alamat domisili (maklum perantau gan) ga jadi deh takutnya entar pas ngurus pajak susah..
Kalau beda samsat prosedurnya mutasi kendaraan, kalau masih samsat yang sama prosedurnya rubentina (rubah bentuk ganti Nama) jelas Harus sama alamat dengan ktp Karena di samsat kalau Ada data yang beda bisa di tolak sistem, mudah2an bisa membantu
Quote:Original Posted By mfik
wah berarti intinya kalau alamat stnk beda sama alamat ktp pas mengurus pajak tahunan ga bisa ya.
thx sharing nya agan2
tadinya rencna mau ngambil mtor a/n pribadi tapi dngan alamat domisili (maklum perantau gan) ga jadi deh takutnya entar pas ngurus pajak susah..

Alamat domisili itu sah kok, yg penting berkas lainnya lengkap aka bukan kendaraan bodong