Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013956359/ask-your-pulmonologist---ruang-diskusi-penyakit-paru-dan-saluran-pernafasan
Quote:Original Posted By dewi.vanjava
dok saya mau tanya.. sepupu saya kenapa ya setiap tarik nafas itu selalu berbunyi "ngiiikk"

padahal dia sudah berhenti merokok 1th yg lalu dan nafasnya agak berat.

dia jg aktif bermain futsal.. mohon jawabannya dok terimakasih


ngik nya terutama kalau malam hari atau udara dingin kah?
mungkin bsia jadi asma
Quote:Original Posted By dewisuci18
Sore Gan..
Saya mau tanya, kalau pemeriksaan Diagnosa Penyakit Gangguan Sistem Pernapasan ada berapa ya??bisa dijelaskan satu persatu?? atau agan pnya info mengenai Hasil diagnosa penyakit Gangguan Sistem Pernapasan,,Hasil Lab. atau Hasil Rontgen ??
Terimakasih Gan.. Mohon bantuannya..


gangguan sistem pernafasan ada banyak sekali sis
hasil lab kalau menunjukan infeksi leukositnya meningkat
atau kalau tb yang dicek BTA +
kalau asma bisa dengan tes spirometri
hasil rontgen macam2
tergantung sakitnya
kalau tb banyak gambaran awan2 putih gitu
asma kalau udah lama dan kronis bisa buat rongga dada bentuk kaya tong
masih banyak lagi gangguan sistem pernafasan terlalu luas untuk menjadi diagnosis
Quote:Original Posted By arsyifa3
Dok saya mau nanya maksud dari hasil rontgen ini apa ya??
Ask Your Pulmonologist - Ruang Diskusi Penyakit Paru dan Saluran PernafasanAsk Your Pulmonologist - Ruang Diskusi Penyakit Paru dan Saluran Pernafasan


bantu jwab ya sis
jadi
Cor = jantung ( tidak ada kelainan)
Pulmo = paru-paru
Infiltrat biasanya ditemukan pada pasien TB
corakan paru bertambah itu yang ptuih2 kaya rambut di samping2 tulang belakang , kesan : bronkhitis , jadi gambaran bronchovascular patter sis nampaknya meningkat ( yang putih2 tadi) sehingga arah diagnosisnya ke arah bronchitis
makannya kesan : bronchitis masih belum merupakan diagnosa pasti tanpa disertai gejala klinis dan pemeriksaan fisik
ane udah mau jalan 4 bulan obat parunya pun udah berubah , tapi yg ane rasain lambung ane ga enak banget gan. lemes mual. ga nyaman di bagian lambung. udh berobat di kasih obat enakan eh obatnya abis 3 hari ngadat lagi nih lambung. yang mau ane tanya apakah efek samping obat ini ? atau emg ada yang salah sama lambung.

Misi agan agan dokter ini maksudnya apa

Gan numoang tanya ini maksudnya apaAsk Your Pulmonologist - Ruang Diskusi Penyakit Paru dan Saluran PernafasanAsk Your Pulmonologist - Ruang Diskusi Penyakit Paru dan Saluran PernafasanAsk Your Pulmonologist - Ruang Diskusi Penyakit Paru dan Saluran Pernafasan

Ini maksudnya apa dok, ane kerja sibuk jadi belum ada waktu ke sana mohon oenjelasannya
Siang Gan, semoga sehat selalu.
Dari foto ro saya tidak bisa lihat jelas.
Jadi ane beri penjelasan dari keterangan tertulis aja ya.

Dari keterangan foto ro, agan dicurigai menderita TB paru. Foto ro memang merupakan salah satu pendukung untuk mendiagnosa TB paru. Namun harus didukung beberapa hal lagi, di antara nya:
- Hasil periksa dahak (sputum BTA), jika positif agan dipastikan menderita TB paru
- Hal-hal lain seperti: batuk kronik (batuk di atas 2 minggu), penurunan BB, batuk darah, demam berulang yg tidak tinggi etc.

Semoga dapat membantu. Tksh

Quote:Original Posted By Ahfen
Gan numoang tanya ini maksudnya apaAsk Your Pulmonologist - Ruang Diskusi Penyakit Paru dan Saluran PernafasanAsk Your Pulmonologist - Ruang Diskusi Penyakit Paru dan Saluran PernafasanAsk Your Pulmonologist - Ruang Diskusi Penyakit Paru dan Saluran Pernafasan

Ini maksudnya apa dok, ane kerja sibuk jadi belum ada waktu ke sana mohon oenjelasannya



Hai Dokter.

Terima kasih banyak sebelumnya sudah berbagi. Mau tanya Dok. Saya didiagnosa kena Mild Fibrosis, atau Fibrosis Ringan.
Gejalanya memang ketika bernapas seperti berat gitu. Saya seperti merasakan paru kaya ga ngembang banget kalo napas.
Saya juga sudah ke dokter spesialis paru di jakarta, 2 dokter yang berbeda. Dan diberikan obat, tapi tidak ada antibiotiknya.

Menrut dokter seperti apa penanganan untuk kasus fibrosis ini ? Dan apakah perlu CT Scan?
Terima kasih.
Quote:Original Posted By kevyudistira
Hai Dokter.

Terima kasih banyak sebelumnya sudah berbagi. Mau tanya Dok. Saya didiagnosa kena Mild Fibrosis, atau Fibrosis Ringan.
Gejalanya memang ketika bernapas seperti berat gitu. Saya seperti merasakan paru kaya ga ngembang banget kalo napas.
Saya juga sudah ke dokter spesialis paru di jakarta, 2 dokter yang berbeda. Dan diberikan obat, tapi tidak ada antibiotiknya.

Menrut dokter seperti apa penanganan untuk kasus fibrosis ini ? Dan apakah perlu CT Scan?
Terima kasih.


Hi kevyudistira..
Sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu fibrosis.
Fibrosis kalau diartikan ke bahasa Indonesia artinya adalah jaringan Parut, yaitu jaringan yang terbentuk sebagai akibat proses penyembuhan karena luka. Mungkin kamu pernah memiliki bekas luka, atau melihat teman yang memiliki bekas luka, ya itulah jaringan parut, jaringan fibrosis. Akan lebih terlihat jelas pada orang yang memiliki bekas luka bakar, biasanya jaringan parut/fibrosis akan terlihat jelas.

Sifat jaringan fibrosis ini adalah kaku/keras, sedangkan sifat jaringan paru adalah lunak, malah seperti sponge, bisa mengembang dan mengempis. Akibat nya jika ada jaringan fibrosis maka akan mengakibatkan terganggunya gerakan paru-paru (compliance paru akan terganggu).

Apakah kondisi ini berbahaya, jawabnnya adalah tidak, tapi kondisi ini akan mengakibatkan menurunnya fungsi paru, mudah capek, mudah sesak, tidak puas bernafas etc.

Dengan penjelasan di atas CT Scan bisa perlu bisa tidak, kalau 2 sp.P sudah mengatakan fibrosis, saya rasa tidak ada gunanya lagi utk CT-Scan, toh ct scan di sini hanya akan berperan sebagai alat diagnostik, tapi kalau pengen puas ya boleh-boleh saja.

Mudah-mudah informasi ini bisa membantu...

Selamat malam dokter. Maaf di sini ane mau cerita sekaligus bertanya tentang penyakit pernapasan ane.

Kenalin dok, ane zak dari malang. Ane punya penyakit sesak napas dari kelas 4 SD. Dulu waktu kecil penyakit ane sering kumat pas jam 2 malam aja, dan ane harus bergantung sama obat yg d kasi dokter d desa ane.
Semenjak saat itu ane gabisa aktifitas berat dikit atau terlalu lelah. dan sampai sekarang ane gampang banget lelah+sesak kalau jalan agak jauhan. Umur ane skrg uda 20th, dan krg lbih uda 3thn ane uda lepas dari obat yg d kasi dokter desa, tpi skrg bergantung pada inhaler karna hampir setiap malam pasti kumat.

Untuk saat ini gejala yg ane rasain ketika sesak napas sering pegal d punggung bagian atas.
Ketika sesak napas keluarr suara "ngiik, ngiik".
Oiya, ane juga punya alergi dingin+debu dok. jadi klw pas hbis subuh/kena debu pasti ane bersin2 trus sesak napas deh..

Apakah benar saya terkena bronchitis dok? soalnya dulu pernah d vonis begitu sama dokter desa, tpi ane krg yakin, soalnya dokternya minim fasilitas juga saat itu.
Atau karena ini penyakit turunan dari kakek? soalnya kakek dulu punya asma.

Dan apakah pemakaian inhaler tidak berefek bahaya untuk paru2/organ pernapasan lainnya? soalnya dulu pake ventolin trus lama2 ga ada efek skrg pake Berotec dok.

Mohon penjelasannya ya dok. terimaksih dan mohon maaf uda pake cerita panjang lebar di sini..
Malam Gan, mau tanya... saya dulu pernah punya bronkitis... kata dokternya bronkitis asmatis
dulu sih emang buat napas biasa suka engap, kadang kalo lagi kumat suka ampe kayak orang asma dan ngik ngik juga dan baru balik normal lagi setelah di nebul sama kasih oksigen... setelah itu udah sembuh setahun an sembuh kumat lagi terus udah berobat lagi udah sembuh lagi
dan sekarang ada lagi, cuma ada kalo lagi lelah banget atau kondisi udara dingin atau kena asap rokok tapi cuma engap sesek aja ngga sampe kek orang asma lagi
yg mau di tanyakan: ini kemungkinan sama kah dengan sakit yg pertama?
kalo iya kalo mau berobat lagi bisa sembuh bener bener hilangkah?
sama mau tanya juga bronkitis asmatis itu gimana yak?
terimakasih...
Quote:Original Posted By r.zacharias
Selamat malam dokter. Maaf di sini ane mau cerita sekaligus bertanya tentang penyakit pernapasan ane.

Kenalin dok, ane zak dari malang. Ane punya penyakit sesak napas dari kelas 4 SD. Dulu waktu kecil penyakit ane sering kumat pas jam 2 malam aja, dan ane harus bergantung sama obat yg d kasi dokter d desa ane.
Semenjak saat itu ane gabisa aktifitas berat dikit atau terlalu lelah. dan sampai sekarang ane gampang banget lelah+sesak kalau jalan agak jauhan. Umur ane skrg uda 20th, dan krg lbih uda 3thn ane uda lepas dari obat yg d kasi dokter desa, tpi skrg bergantung pada inhaler karna hampir setiap malam pasti kumat.

Untuk saat ini gejala yg ane rasain ketika sesak napas sering pegal d punggung bagian atas.
Ketika sesak napas keluarr suara "ngiik, ngiik".
Oiya, ane juga punya alergi dingin+debu dok. jadi klw pas hbis subuh/kena debu pasti ane bersin2 trus sesak napas deh..

Apakah benar saya terkena bronchitis dok? soalnya dulu pernah d vonis begitu sama dokter desa, tpi ane krg yakin, soalnya dokternya minim fasilitas juga saat itu.
Atau karena ini penyakit turunan dari kakek? soalnya kakek dulu punya asma.

Dan apakah pemakaian inhaler tidak berefek bahaya untuk paru2/organ pernapasan lainnya? soalnya dulu pake ventolin trus lama2 ga ada efek skrg pake Berotec dok.

Mohon penjelasannya ya dok. terimaksih dan mohon maaf uda pake cerita panjang lebar di sini..


Kalau dari informasi yang agan sampaikan, penyakit agan lebih mengarah ke asma.
Apakah ini penyakit keturunan? Faktor genetik sangat berperan terhadap terjadinya penyakit asma pada seseorang.

Secara umum obat inhaler sangat aman, jauh lebih aman dibandingkan obat2an tablet atau sirup.
Saran saya jika memakai obat inhaler jangan hanya yang bersifat pelega (bronkodilator) saja, kalau merek yang agan sampaikan itu hanya bersifat pelega saja. Kalau bisa inhaler yang mengandung pelega dan pengontrol (controller).
Kalau saat ini dalam 1 minggu agan ada mengalami 2-3x serangan/sesak nafas, saran saya pakai inhalaer secara teratur dulu sampai 3 bulan sehari 2x pagi dan malam.

Namun akan jauh lebih baik jika agan menyempatkan diri konsultasi secara langsung ke dokter paru.

Mudah2an membantu


Quote:Original Posted By cuuuuuun
Malam Gan, mau tanya... saya dulu pernah punya bronkitis... kata dokternya bronkitis asmatis
dulu sih emang buat napas biasa suka engap, kadang kalo lagi kumat suka ampe kayak orang asma dan ngik ngik juga dan baru balik normal lagi setelah di nebul sama kasih oksigen... setelah itu udah sembuh setahun an sembuh kumat lagi terus udah berobat lagi udah sembuh lagi
dan sekarang ada lagi, cuma ada kalo lagi lelah banget atau kondisi udara dingin atau kena asap rokok tapi cuma engap sesek aja ngga sampe kek orang asma lagi
yg mau di tanyakan: ini kemungkinan sama kah dengan sakit yg pertama?
kalo iya kalo mau berobat lagi bisa sembuh bener bener hilangkah?
sama mau tanya juga bronkitis asmatis itu gimana yak?
terimakasih...


Halo gan ..
ini kemungkinan sama kah dengan sakit yg pertama? Yup, kemungkinan besar sama.

Apakah bisa sembuh 100%? Kalau bicara mungkin, ya mungkin saja, kalau kata tuhan sembuh apa sih yang tidak mungkin sembuh...
Namun, jujur dalam teori dan praktek nya penyakit ini sangat sulit untuk sembuh 100%. Saran saya, agan secara teratur mengkonsumsi multivitamin antioksidan, madu dan bawang. beberapa penelitian menunjukkan hal2 tersebut dalam jangka panjang sangat berperan baik. dan tentu nya agan konsultasi/berobat jika ada keluhan.

sama mau tanya juga bronkitis asmatis itu gimana yak? hanya perbedaan terminologi bahasa saja, saat ini sudah jarang sekali dipakai istilah bronkitis asma.
mudah2an membantu
Sore gan ane mau konsul nih

Ane laki2 umur 35 tahun tidak pernah merokok, tidak minum2an keras, minum kopi tiap hari, kurang aktivitas, tinggi 172cm berat badan 91 kg (sekarang udah turun 89kg) - obes ringan katanya sih


sekitar 6 bulan lalu ane merasakan nafas berat dengan kondisi saat itu sedang di ruangan posisi duduk bukan habis aktifitas berat. karena ibu ane kebetulan baru sekitar seminggu yang lalu dirawat karena jantung ane langsung EKG dengan hasil normal sinus rhytm abnormal ECG

Besok ny ane alami hal yang sama posisi lagi di luar ruangan, tidak sedang aktifitas berat

Ane konsul ke dr Sp Dalam. Cek lab darah rutin normal, enzim jantung normal, kolesterol 200an (sedikit di atas normal)
ane pun didianosis ada masalah dengan lambung dan diberi obat lambung

Sampai sekarang nafas berat tersebut tidak terasa lagi tapi kadang suka merasa:
  1. sakit dada atas bagian kiri, kadang kanan,
  2. suka merasa kepala agak melayang, dan
  3. waswas takut penyakit jantung.


yang ada hubungannya dengan paru/ pernafasan kadang suka serasa hidung mampet. susah nafas tapi normal kalau nafas lewat mulut. mampet terasa di hidung karena kalau ane tutup satu lubang suka kerasa. posisi lubang hidung yang mampet suka pindah-pindah. dan kondisi tidak sedang pilek/flu/batuk

minggu kemarin karena penasaran ane periksa ke dr. Sp Jantung dan pembuluh darah. hasil observasi dan wawancara normal, EKG normal sinus rhytm normal ECG, di echo jantung normal. disuruh datang lagi untuk cek treadmill tapi belum sempat. dikasi obat untuk lambung dan penurun kolesterol

pertanyaannya apakah keluhan yang ane rasakan berhubungan dengan saluran pernafasan/ paru?
kemana ane harus konsul? dokter sp pernafasan/paru atau THT?

keluhan yang sekarang dirasakan:
  1. sakit dada masih ada tapi sudah jauh berkurang (seminggu 1-2 kali)
  2. kepala agak melayang juga sama
  3. cepat cape. naik tangga 3 tingkat udah lumayan cape
  4. hidung mampet masih sering


ane sudah mulai memperbaiki pola makan, ngurangi makanan berlemak, kopi stop, makan dikelola 5x sehari porsi kecil, sekarang sudah turun BB nyampe 3 kg an. tapi olahraga masih malas

mohon pencerahan
terima kasih gan
Salam dok, saya dan istri habis RO krna d sarankan dokter anak saya yg menderita TBC. Saya dan istri kebingungan membaca hasil RO, mohon bantuannya Dok.

SAYA
cor : tidak tampak membesar
sinuses dan diagfragma : normal
pulmo : tidak tampak gambaran infiltrat/nodul
cor dan pulmo tampak masih dalam batas normal

ISTRI
cor : tidak membesar
sinuses dan diagfragma : norma
pulmo : corakan paru tampak berlebih dengan penebalan peribronchial ringan di perihiler. tidak tampak infiltrat/nodul.
gambaran bronchitis nhronis ringan, cor tampak dalam batas nornal

terimakasi banyak atas bantuan dan penjelasannya dok.
mau nanya dok,
hasil rontgen : TB paru kanan lesi aktif disertai kavitas. maksudnya apa ?
apa bisa sembuh dan paru2 pulih kembali ?
×