KASKUS

Quote:Original Posted By thebokong


Bukannya mereka suami istri ya om



nah itu,,setau saya tadi'nya juga gtu..
Quote:Original Posted By Digdadinaya




kan bukannya emang Krishna yang nyebelin.......


iya broo...

Kyk nya kudu donlot mahabarata persi tipi na nih
Duh iya ol dr hp jd pake klon nih

Selesai saya baca mahabarata, kok terkesan bahwa perang itu terjadi dan harus terjadi, dan semua anggota kerajaan habis kecuali parikesit (yg nyaris kena kutuk resi juga). Krishna dalam rajagopal berkata biar uh... perang kurusetra meringankan beban dunia atau semacamnya.

Dan karena ane baru baca, ga disangka yadawa hancur gara2 ulah rakyat na sendiri. Padahal kutukan resi yg dtg cuman berupa rumput tajam setajam silet atau apa ya?

Selesai baca ramayana juga
Pdahal buku nya sama tebel tapi lebih lama baca mahabarata.
Quote:Original Posted By sakradeva



bukan salahnya Krishna lho Radheya tewas ditangan Arjuna


eng....kalo itu sih.....tetep...
Quote:Original Posted By Adrilicious


nanya dong bli.. hubungan Radha sama Krishna itu sbnr'nya sprti apa sih??


Radha??ibunya Karna??

Quote:Original Posted By kesambetjengkol
Kyk nya kudu donlot mahabarata persi tipi na nih
Duh iya ol dr hp jd pake klon nih

Selesai saya baca mahabarata, kok terkesan bahwa perang itu terjadi dan harus terjadi, dan semua anggota kerajaan habis kecuali parikesit (yg nyaris kena kutuk resi juga). Krishna dalam rajagopal berkata biar uh... perang kurusetra meringankan beban dunia atau semacamnya.

Dan karena ane baru baca, ga disangka yadawa hancur gara2 ulah rakyat na sendiri. Padahal kutukan resi yg dtg cuman berupa rumput tajam setajam silet atau apa ya?

Selesai baca ramayana juga
Pdahal buku nya sama tebel tapi lebih lama baca mahabarata.


nyaris? Parikseit akhirnya juga mati karena kutukan kok
dikutuk sama resi untuk mati di gigit uler

Quote:Original Posted By Digdadinaya


eng....kalo itu sih.....tetep...


Radha??ibunya Karna??



nyaris? Parikseit akhirnya juga mati karena kutukan kok
dikutuk sama resi untuk mati di gigit uler



Wat?

alama beneran abis semua ni
Quote:Original Posted By kesambetjengkol


Wat?

alama beneran abis semua ni


kan masih ada anaknya parikesit, Janamejaya...........
gak habis2 bgt ah hihihihi...
Quote:Original Posted By kesambetjengkol


Wat?

alama beneran abis semua ni

Gak abis kok...
Parikesit meninggal setelah punya keturunan..
Tuh diatas,...

Jadi trah Arjuna lah yang bertahta.

Kisah keturunan Pandawa setelah Pariksit ada beberapa di thread ane.
Quote:Original Posted By Digdadinaya

Radha??ibunya Karna??


Bukan,,Radha pasangan'nya Krishna.. Ada yg bilang,,mereka saling mencintai tapi mereka tidak menikah..

Klo sama Radha,,ibu'nya Karna.. Demen ama tante2 dong??
Quote:Original Posted By Adrilicious


nanya dong bli.. hubungan Radha sama Krishna itu sbnr'nya sprti apa sih??


rumit

gimana ya jelasin, biar cepat dicerna ......

gini aja deh anda nonton Film Mahadeva ?
Radha-Krishna itu seperti SHiva dan Sati , tapi tentu saja minus Daksa yang tidak menyetujui dan Sati bakar diri

bagi beberapa sekte Vaishnava, Radha itu shakti dari Krishna sedangkan Krishna sendiri merupakan Svayam Bhagavan (Manifestasi tertinggi dari Tuhan, bahkan ada yang mengganggap Krishna adalah personalitas Tuhan )
seperti halnya Ardhanareswar yang menjadi Mahadeva dan adisakti

Krishna adalah sumber segalanya sedangkan Radha adalah pasangan abadinya. Krishna adalah sumber dari para Deva sedangkan Radha adalah sumber dari Shakti

di Mahabharata kita tidak akan menemukan kisah Radha-Krishna bahkan nama Radha sama sekali ga disebutkan, demikian pula di Kitab Harivamsa yang merupakan suplemen Mahabharata yang khusus menceritkan keluarga Yadu dan kehidupan Krishna, salah satu kitab Purana yang utama dan terkenal Shrimad Bhagavata Purana yang menceritakan kehidupan Krishna secara rinci pun tidak menyebutkan nama Radha secara spesifik

hanya di Kitab Brahmavaivarta Purana, satu-satunya purana dari 18 Mahapurana yang mengagungkan Krishna sebagai Brahman itu sendiri memuat kisah Radha-Krishna. ada juga menyebutkan kitab Padma Purana juga bercerita tentang Radha ( tapi saya lupa dimana naruh buku itu )
perlu diketahui kalau dikitab tersebut (Brahmavaivarta) Krishna lah yang menciptakan Narayana (Vishnu) Shiva dan Brahma beserta pasangan mereka Sarasvati, Lakshmi dan Durga.


diperkirakan bahwa kisah Radha-Krishna menyebar di jaman pertengahan seiring berkembangnya beberapa sekte Vaishnawa seperti Nimbarka Vallabha dan Gaudiya vaishnava pada sekte2 tersebut Radha memperoleh tempat khusus.
Radha adalah sumber shakti, jiwa dari Krishna lambang cinta kasih yang murni, seorang pemuja paling utama dari Krishna namun Krishna sendiri memuja beliau.

nah ribet kan ??
saya ga berniat untuk bahas lebih jauh lagi masalah Radha-Krishna karena nanti masuk pada ranah kepercayaan, mengingat Radha-Krishna begitu disucikan oleh sebagaian sekte Vaishnava salah satu sekte Utama di Hindu ( Vaishnava, Shaiva dan Shakta )
berarti Radha menjelma lagi inkarnasi sbg Rukmini ya bli?
Quote:Original Posted By rizz38
berarti Radha menjelma lagi inkarnasi sbg Rukmini ya bli?


kalau dikatakan RUkmini adalah inkarnasi langsung dari Radha tentu saja tidak bisa dikatakan begitu.

Brahmavaivarta Purana menyatakan pada saat penciptaan awal, dari Tubuh Krishna tercipta seorang Dewi yang sangat cantik, kemudian Dewi tersebut membagi diri menjadi dua, satu menjadi Lakshmi yang menjadi pasangan Narayana mereka pergi ke Vaikunthaloka sedang satunya lagi menjadi Radha yang menjadi pasangan Krishna tinggal di Goloka

Kemudian ketika Krishna turun ke dunia menjadi Krishna Putra Devaki dan diasuh oleh Yashoda di Vraja, Radha berinkarnasi menjadi Radha seorang Gopi putri Vrsabhanu di Gokula, mereka akhirnya bertemu di rumah Nanda suami Yashoda.
ketika mereka pindah ke Vrandavan disana Radha bersama gopi menemani Krishna. suatu saat Radha hendak dika_winkan dengan seorang bernama Ayana , tapi Radha tidak ingin ka_win, sehingga meninggalkan bayangan maya nya disana dan kembali ke Goloka menunggu Krishna selesai melaksanakan tujuan turun ke dunia.

sedangkan kita tahu bersama bahwa Rukmini adalah salah satu dari inkarnasi Lakshmi, sedangkan Brahmavaivarta Purana menyatakan Lakshmi dan Radha berasal dari tubuh /esensi yang sama.

nah complicated kan
Versi antv dong ya
Quote:Original Posted By sakradeva


kalau dikatakan RUkmini adalah inkarnasi langsung dari Radha tentu saja tidak bisa dikatakan begitu.

Brahmavaivarta Purana menyatakan pada saat penciptaan awal, dari Tubuh Krishna tercipta seorang Dewi yang sangat cantik, kemudian Dewi tersebut membagi diri menjadi dua, satu menjadi Lakshmi yang menjadi pasangan Narayana mereka pergi ke Vaikunthaloka sedang satunya lagi menjadi Radha yang menjadi pasangan Krishna tinggal di Goloka

Kemudian ketika Krishna turun ke dunia menjadi Krishna Putra Devaki dan diasuh oleh Yashoda di Vraja, Radha berinkarnasi menjadi Radha seorang Gopi putri Vrsabhanu di Gokula, mereka akhirnya bertemu di rumah Nanda suami Yashoda.
ketika mereka pindah ke Vrandavan disana Radha bersama gopi menemani Krishna. suatu saat Radha hendak dika_winkan dengan seorang bernama Ayana , tapi Radha tidak ingin ka_win, sehingga meninggalkan bayangan maya nya disana dan kembali ke Goloka menunggu Krishna selesai melaksanakan tujuan turun ke dunia.

sedangkan kita tahu bersama bahwa Rukmini adalah salah satu dari inkarnasi Lakshmi, sedangkan Brahmavaivarta Purana menyatakan Lakshmi dan Radha berasal dari tubuh /esensi yang sama.

nah complicated kan


harus baca tiga kali biar ngerti

ane pernah liat di youtube film animasi Krishna Aur Kans...(film yg jd inspirasi Little Krishna)
Radha waktu lahir gk mau membuka mata, waktu disentuh Krishna kecil Radha membuka mata. katanya alasannya hanya Krishan yg ingin dilihat pertama kali di dunia.....keren....
Suksma bli,,udh dijelaskan.. Meski mungkin belom sepenuh'nya dipahami.. (Lagi kerja)
Mungkin ntar klo udh pulang,,masuk kamar,,dibaca lagi.. Hehehehe..

Mmg bnyk yg bilang,,ini adlh salah satu hubungan cinta terumit.. Dmn yg seharus'nya bersatu tpi malah mmg tdak bisa dipersatukan..
Permisi para sesepuh sebelumnya perkenalkan nubie ini...


Selama ini ane cuma jadi SR aja dan sekarang ane beranikan diri untuk menimba ilmu dan wawasan disini terutama setelah pembahasan terakhir soal Krisnha dan Radha.

Ane sangat tertarik dan terhenyak ketika mengetahui pada post page ini mengenai hubungan antara Krisnha dan Radha itu ternyata lebih banyak dari sisi spiritualnya dibandingkan dengan sisi psikisnya. Padahal waktu merek kecil di Vrindavan, mereka kan sering berantem yaa kalo ga salah?

Jadi agak ngetwist aja kalo diurut lagi sejarah mereka berdua. Hehehe

Menurut penjelasan bli sakradeva dan pemahaman yang sangat dangkal nubie atas penjelasan tersebut, bahwa awal dari semua penciptaan itu berasal dari Krisnha dan disaat yang sama itu muncullah Radha yang notabenya adalah Krisnha itu sendiri namun dalam wujud seorang dewi. Dan setelah mencari berbagai sumber (dalam hal ini nanya ke mbah gugel), nubie menemukan artikel atau kutipan seperti ini "Diluar semua itu, akhir dari Radha yang sebenarnya adalah menyatu dengan Krishna (apapun bentuknya) di Vrindavan. Krishna selamanya tidak akan pernah meninggalkan Vrindavan, dan sebagaimana yang dijanjikan oleh Krishna, walaupun secara fisik mereka tidak saling berdekatan, jiwa mereka selalu bersama. Kemanapun Radha pergi akan selalu di ikuti oleh Krishna. Radha dan Krishna adalah Satu"

Yang nubie mau tanyakan itu, apakah kedudukannya Krisnha dan Radha itu lebih tinggi dari trimurti beserta pasangannya itu sendiri atau justru malah Krisnha dan Radha itu seperti "behind the scene" nya para trimurti beserta pasangannya.

Mohon maaf apabila nubie yang mempunyai pengetahuan yang sangat amat terbatas ini mengucapkan kata-kata yang kurang berkenan dan menyinggung para sesepuh disini. Terima kasih.

iloveindonesia
Quote:Original Posted By reskirawan
Permisi para sesepuh sebelumnya perkenalkan nubie ini...


Selama ini ane cuma jadi SR aja dan sekarang ane beranikan diri untuk menimba ilmu dan wawasan disini terutama setelah pembahasan terakhir soal Krisnha dan Radha.

Ane sangat tertarik dan terhenyak ketika mengetahui pada post page ini mengenai hubungan antara Krisnha dan Radha itu ternyata lebih banyak dari sisi spiritualnya dibandingkan dengan sisi psikisnya. Padahal waktu merek kecil di Vrindavan, mereka kan sering berantem yaa kalo ga salah?

Jadi agak ngetwist aja kalo diurut lagi sejarah mereka berdua. Hehehe

Menurut penjelasan bli sakradeva dan pemahaman yang sangat dangkal nubie atas penjelasan tersebut, bahwa awal dari semua penciptaan itu berasal dari Krisnha dan disaat yang sama itu muncullah Radha yang notabenya adalah Krisnha itu sendiri namun dalam wujud seorang dewi. Dan setelah mencari berbagai sumber (dalam hal ini nanya ke mbah gugel), nubie menemukan artikel atau kutipan seperti ini "Diluar semua itu, akhir dari Radha yang sebenarnya adalah menyatu dengan Krishna (apapun bentuknya) di Vrindavan. Krishna selamanya tidak akan pernah meninggalkan Vrindavan, dan sebagaimana yang dijanjikan oleh Krishna, walaupun secara fisik mereka tidak saling berdekatan, jiwa mereka selalu bersama. Kemanapun Radha pergi akan selalu di ikuti oleh Krishna. Radha dan Krishna adalah Satu"

Yang nubie mau tanyakan itu, apakah kedudukannya Krisnha dan Radha itu lebih tinggi dari trimurti beserta pasangannya itu sendiri atau justru malah Krisnha dan Radha itu seperti "behind the scene" nya para trimurti beserta pasangannya.

Mohon maaf apabila nubie yang mempunyai pengetahuan yang sangat amat terbatas ini mengucapkan kata-kata yang kurang berkenan dan menyinggung para sesepuh disini. Terima kasih.

iloveindonesia


mungkin biar lebih jelas , bisa dibaca postingan saya tentang Purana di page2 sebelumnya.
saya pun seorang pemula jadi hanya bisa ngasi penjelasan sesuai kemampuan saya.
secara singkat bisa dikatakan begini :
kehadiran kitab2 purana seiring dengan bertumbuh kembangnya sekte-sekte Hindu, dimana kedudukan Dewa Tri Murti mendapat tempat khusus bagi pengikut ajaran Veda.
perlu diketahui dalam Hindu ada dua pendekatan dalam memahami Tuhan :

1. NIrguna Brahman Tuhan yang impersonal (Transcedent)
tidak berpribadi dan tidak bisa dibayangkan dan terjangkau oleh pikiran, tidak ada sesuatu apapun yang tepat untuk menggambarkan Beliau
2. Saguna Brahman Tuhan personal (immanent)
berpribadi dan dismbolkan dengan dengan atribut-atribut tertentu bahkan memiliki sifat -sifat seperti Maha Pengasih dan Penyayang, Pemberi Anugerah dll

Tuhan berpribadi merupakan upaya manusia untuk "menarik" Tuhan yang tidak terjangkau kedalam pikiran manusia yang terbatas. karena Tuhan yang impersonal sulit untuk bisa dipahami.
Kitab-kitab Purana tentu saja berbicara mengenai Tuhan yang berpribadi yang dilambangkan dengan Trimurti sebagai perwujudan utama Tuhan (Brahman), namun kecenderungan Purana satu dengan yang lain ada kecenderungan mengagungkan salah satu Trimurti lebih tinggi dari yang lain.
jika anda menonton Mahadeva maka disana terlihat Shiva lebih menonjol dibandingkan Brahma dan Visnu karena mengambil sumber dari Purana-purana Tamasika / mengagungkan Shiva seperti Shiva Purana, Linga Purana, Skanda Purana dll......
tapi jika anda membaca Purana seperti Padma Purana, Vishnu Purana, Bhagavata Purana ,Narada Purana maka disana Vishnu lah yang paling agung .
ada 18 Mahapurana atau purana utama yang secara garis besar digolongkan menjadi tiga, Sattvika , Rajasika, Tamasika, selain itu masih ada upapurana seperti Kalki Purana, Ganesha Purana, Devi Bhagavatam Purana dll.
Brahmavaivarta Purana dimasukkan sebagai Sattvika (mengagungkan Vishnu) meski didalamnya Krishna dan Vishnu dipisahkan, Krishna bukan inkarnasi Vishnu (Narayana) mala sebaliknya Krishna adalah yang menciptakan/ "melahirkan" Vishnu Brahma dan Shiva serta seisi semesta lainnya adalah berasal dari Krishna.
namun kisah-kisah lain dalam purana tersebut banyak ditemukan kisah yang sama dalam purana lain yang memuja Vishnu.
jika dalam Purana yang Tamasika, dikenal personalitas Tuhan yang setengah laki-laki setengah wanita yang melambangkan Purusha dan Prakirti simbol dari sumber segala sesuatunya, maka di Brahmavaivarta purana simbol tersebut diwujudkan sebagai Radha-Krishna. hubungan spritual bhakta (pemuja) dengan yang dipuja, dimana yang dipuja terikat dengan pemujanya.
kitab-kitab purana menyebutkan bahwa kewajiban dari yang dipuja adalah "melayani" pemuja nya, Pemuja dan yang dipuja memiliki keterikatan yang kuat dan tidak terpisahkan.
seperti halnya Brahma dan Shiva sering diceritakan memberi anugerah kepada kaum Asura atas pemujaan yang mereka lakukan meski tahu anugerah tersebut akan disalah gunakan.
dikatakan juga kekuatan para Deva melemah karena tidak ada lagi pemujaan yang ditujukan kepada mereka.
maka dari sana bisa ditarik suatu pemahaman bahwa "kekuatan" yang dipuja bersal dari pemuja nya, sedangkan "kekuatan" sang pemuja adalah hasil dari pemujaan yang dilakukannya (anugerah dari yang dipuja )

Quote:maaf klo lebih banyak jadi ngomongin Agama
btw
terkait penggambarkan hubungan Radha dan krishna yang sering bertengkar itu wajar .... lha wong kisah itu ditujukan untuk anak2
Quote:Original Posted By sakradeva


mungkin biar lebih jelas , bisa dibaca postingan saya tentang Purana di page2 sebelumnya.
saya pun seorang pemula jadi hanya bisa ngasi penjelasan sesuai kemampuan saya.
secara singkat bisa dikatakan begini :
kehadiran kitab2 purana seiring dengan bertumbuh kembangnya sekte-sekte Hindu, dimana kedudukan Dewa Tri Murti mendapat tempat khusus bagi pengikut ajaran Veda.
perlu diketahui dalam Hindu ada dua pendekatan dalam memahami Tuhan :

1. NIrguna Brahman Tuhan yang impersonal (Transcedent)
tidak berpribadi dan tidak bisa dibayangkan dan terjangkau oleh pikiran, tidak ada sesuatu apapun yang tepat untuk menggambarkan Beliau
2. Saguna Brahman Tuhan personal (immanent)
berpribadi dan dismbolkan dengan dengan atribut-atribut tertentu bahkan memiliki sifat -sifat seperti Maha Pengasih dan Penyayang, Pemberi Anugerah dll

Tuhan berpribadi merupakan upaya manusia untuk "menarik" Tuhan yang tidak terjangkau kedalam pikiran manusia yang terbatas. karena Tuhan yang impersonal sulit untuk bisa dipahami.
Kitab-kitab Purana tentu saja berbicara mengenai Tuhan yang berpribadi yang dilambangkan dengan Trimurti sebagai perwujudan utama Tuhan (Brahman), namun kecenderungan Purana satu dengan yang lain ada kecenderungan mengagungkan salah satu Trimurti lebih tinggi dari yang lain.
jika anda menonton Mahadeva maka disana terlihat Shiva lebih menonjol dibandingkan Brahma dan Visnu karena mengambil sumber dari Purana-purana Tamasika / mengagungkan Shiva seperti Shiva Purana, Linga Purana, Skanda Purana dll......
tapi jika anda membaca Purana seperti Padma Purana, Vishnu Purana, Bhagavata Purana ,Narada Purana maka disana Vishnu lah yang paling agung .
ada 18 Mahapurana atau purana utama yang secara garis besar digolongkan menjadi tiga, Sattvika , Rajasika, Tamasika, selain itu masih ada upapurana seperti Kalki Purana, Ganesha Purana, Devi Bhagavatam Purana dll.
Brahmavaivarta Purana dimasukkan sebagai Sattvika (mengagungkan Vishnu) meski didalamnya Krishna dan Vishnu dipisahkan, Krishna bukan inkarnasi Vishnu (Narayana) mala sebaliknya Krishna adalah yang menciptakan/ "melahirkan" Vishnu Brahma dan Shiva serta seisi semesta lainnya adalah berasal dari Krishna.
namun kisah-kisah lain dalam purana tersebut banyak ditemukan kisah yang sama dalam purana lain yang memuja Vishnu.
jika dalam Purana yang Tamasika, dikenal personalitas Tuhan yang setengah laki-laki setengah wanita yang melambangkan Purusha dan Prakirti simbol dari sumber segala sesuatunya, maka di Brahmavaivarta purana simbol tersebut diwujudkan sebagai Radha-Krishna. hubungan spritual bhakta (pemuja) dengan yang dipuja, dimana yang dipuja terikat dengan pemujanya.
kitab-kitab purana menyebutkan bahwa kewajiban dari yang dipuja adalah "melayani" pemuja nya, Pemuja dan yang dipuja memiliki keterikatan yang kuat dan tidak terpisahkan.
seperti halnya Brahma dan Shiva sering diceritakan memberi anugerah kepada kaum Asura atas pemujaan yang mereka lakukan meski tahu anugerah tersebut akan disalah gunakan.
dikatakan juga kekuatan para Deva melemah karena tidak ada lagi pemujaan yang ditujukan kepada mereka.
maka dari sana bisa ditarik suatu pemahaman bahwa "kekuatan" yang dipuja bersal dari pemuja nya, sedangkan "kekuatan" sang pemuja adalah hasil dari pemujaan yang dilakukannya (anugerah dari yang dipuja )


btw
terkait penggambarkan hubungan Radha dan krishna yang sering bertengkar itu wajar .... lha wong kisah itu ditujukan untuk anak2


Terima kasih bli sakradeva atas penjelasannya.

Jadi pengutamaan salah satu trimurti, Krisnha dan Radha itu tergantung purana mana yang kita baca dan dari sekte mana yg diambil yaa bli? Dan setiap trimurti itu saling memuja satu sama lain.

Untuk soal kesaktian dan kekuatan IMHO yaa, Brahma dan Shiva itu gampang banget yaa ngasih anugrah ke bhakta nya walaupun mereka udah tau kalo anugrahnya itu bakalan disalah gunakan. Jadi ketika baktanya (seperti Rahwana dan Tarkasur yang dikasih anugrah oleh Shiva dan Brahma) melakukan kejahatan justru yang membereskan itu semua malah sepertinya Vhisnu yang clean up the mess gitu. Saya memakai pemikiran dari sudut pandang sebagai manusia biasa, bukannya dengan memberikan anugrah itu keselamatan dunia justru terancam yaa bli? Mungkin para trimurti memiliki pemikirannya tersendiri namun pernah ga sih bli kalo para trimurti itu berbeda pendapat? Kan serem banget kalo para trimurti saling bertempur. Bisa kelar dunia persilatan ini

(Kalo menurut bli sakradeva hal ini sudah terlalu jauh masuk ke ranah kepercayaan dan agama, nubie sangat mengerti jika ini tidak perlu dijawab)

Mohon maaf apabila ada kata-kata yag kurang berkenan
Ndeprok dulu..makin mantepss untuk disimak

×