Main Content

Quote:Original Posted By prural
@agan gerindamesin

Pajak import gan..
Kmren ane import casing dr china, jd terpaksa haru pnjem npwp tmen yg blm prnah d bayar.. Brarti pas ke kantor bea ga bakal di tagih kan gan?

Oiya gan, ane kena:
bea masuk 15%
Ppn 10%
Pph 15%

Total2 40% gan..
Pphnya harus nya 7.5 kan gan??
Yg ane bingung bea masuknya, msh blm tau casing hp tuh tepatnya kategori barang apa + brp persen

Ada yang pernah import casing ga agan2 semua?? Bea nya kena kategori apa ya gan?(brp %)


Bea msuk beda2 gan
kalo PPN fix 10%
PPh bisa 2,5% (pny API) atau 7,5% (gak pny API) atau 15% (gak pny NPWP)

*API = Angka Pengenal Importir

ngitungnya:
(CIF x tarif bea masuk) = A
(CIF + A) x PPN = B
(CIF + A) x PPh = C

utk impor lewat POS/PJT (perusahaan jasa titipan)*
penghitungannya begini
(CIF-$50) x tarif bea masuk)) = A
(CIF-$50) + A) x PPN) = B
(CIF-$50) + A) x PPh) = C

yg harus dibayar = A+ B+C

*CIF= Cost+Insurance+Freight

-----------------------------------

kalo HP 0%, aksesorisnya mungkin 0% juga
CMIIW
Quote:Original Posted By prural
@agan gerindamesin

Pajak import gan..
Kmren ane import casing dr china, jd terpaksa haru pnjem npwp tmen yg blm prnah d bayar.. Brarti pas ke kantor bea ga bakal di tagih kan gan?

Oiya gan, ane kena:
bea masuk 15%
Ppn 10%
Pph 15%

Total2 40% gan..
Pphnya harus nya 7.5 kan gan??
Yg ane bingung bea masuknya, msh blm tau casing hp tuh tepatnya kategori barang apa + brp persen

Ada yang pernah import casing ga agan2 semua?? Bea nya kena kategori apa ya gan?(brp %)



ane pernh beli cashing hp...
ada sekitar 500-an ,,gak bnyk2..
trus ane suruh si seller di china buat invoice nya 120$ ...
tp gk kena pajak...kirim via ems
Quote:Original Posted By storvinst
Bea msuk beda2 gan
kalo PPN fix 10%
PPh bisa 2,5% (pny API) atau 7,5% (gak pny API) atau 15% (gak pny NPWP)

*API = Angka Pengenal Importir

ngitungnya:
(CIF x tarif bea masuk) = A
(CIF + A) x PPN = B
(CIF + A) x PPh = C

utk impor lewat POS/PJT (perusahaan jasa titipan)*
penghitungannya begini
(CIF-$50) x tarif bea masuk)) = A
(CIF-$50) + A) x PPN) = B
(CIF-$50) + A) x PPh) = C

yg harus dibayar = A+ B+C

*CIF= Cost+Insurance+Freight

-----------------------------------

kalo HP 0%, aksesorisnya mungkin 0% juga
CMIIW


yup, ane udah ngitun pake rumus ini sih gan..
Masalahnya ane krg tau aksesoris Hp itu kenanya di barang apa gan. Ane coba cari2 hss codenya tp ga ada yg spesifik
Quote:Original Posted By angganopella
ane pernh beli cashing hp...
ada sekitar 500-an ,,gak bnyk2..
trus ane suruh si seller di china buat invoice nya 120$ ...
tp gk kena pajak...kirim via ems


Kok bisa gan ga kena pajak?
Kmren ane belinya 600pcs, d invoice pun udah d tulis 120$ gan.. Cmn pas sampe kesini bea cukai nentuin kalo hrg sesungguhnya 300$ gan..
Ane juga pake ems btw..
Hehe sharing dong gan
ijin ninggalin jejak gan
Quote:Original Posted By prural


Kok bisa gan ga kena pajak?
Kmren ane belinya 600pcs, d invoice pun udah d tulis 120$ gan.. Cmn pas sampe kesini bea cukai nentuin kalo hrg sesungguhnya 300$ gan..
Ane juga pake ems btw..
Hehe sharing dong gan


mgkn mereka curiga gan..nilai invoice sama fisik barangny ga sesuai..soalny tmn ane kcl invoice juga..mereka bisa cek di pasaran harga brgny..klo bisa pake cargo borongan jauh lbh aman gan..klo minat pm saya ja..thx
Quote:Original Posted By evan2211


cek pm gan..thx


Hallo gan evan, salken mau nanya "Gimana cara memulai import barang, maksud saya langkah apa aja, dari kita mencari supplier yang mempunyai kualitas product bagus, lalu masalah harga sampai quantity, ane nubie gan. Trus ada gak ya jasa yang membantu urus itu semua, contoh saya mau beli barang a dengan jumlah sekian sedikit curhat saya pengin mendalami bisnis import product yang mau saya jual di sini, nah kebetulan yang kepingin saya jalani ada temen langganan saya, ketika saya mau jadi resseler/dropshipper harga dan model ambil dari FB trus tinggal naikan, menurut saya ini kurang efisien makanya saya kepikiran mending nurunin barang sendiri dan bisa tahu susah mudahnya, itung2 cari pengalaman"

sundul

ijin ninggalin jejak
klo import dari cina itu apa z gan yg mesti dipenuhin?
Quote:Original Posted By tkp.faster


Hallo gan evan, salken mau nanya "Gimana cara memulai import barang, maksud saya langkah apa aja, dari kita mencari supplier yang mempunyai kualitas product bagus, lalu masalah harga sampai quantity, ane nubie gan. Trus ada gak ya jasa yang membantu urus itu semua, contoh saya mau beli barang a dengan jumlah sekian sedikit curhat saya pengin mendalami bisnis import product yang mau saya jual di sini, nah kebetulan yang kepingin saya jalani ada temen langganan saya, ketika saya mau jadi resseler/dropshipper harga dan model ambil dari FB trus tinggal naikan, menurut saya ini kurang efisien makanya saya kepikiran mending nurunin barang sendiri dan bisa tahu susah mudahnya, itung2 cari pengalaman"


coba ane bantu dikit..untuk memulai impor barang dari cina, mungkin agan bisa coba belanja sedikit dulu utk liat kualitas produknya. Kalo agan buka di taobao atau alibaba sudah ada patokan harganya (alibaba utk pembelian grosir). kalo jasa yg membantu urus pembelian serahkan ke ane aja . Ane bantu pembelian barangnya (chat dengan supplier) dan sekaligus mengurus pengiriman ke indonya. PM ane aja gan.
Gan mau tanya ane newbie nih, kemarin sempet ikutan seminar tentang cara import barang di china tapi gak dijelasin detailnya.
ane mau tanya gimana cara beli barang dari china ada yg tau website khusus supplaier china atau pabrikannya yg jual barang2 nanti kita bisa pilih mau ngimport yang mana gitu?
cara import barang dalam jumlah kecil, mau belajar dulu yg kecil dan cara pengirimnanya dan pembayarannya serta ijin dan pajaknya itu gmana ya? tolong ada yang bisa bantu jelasinnya gan. Thanks sebelumnya
seminar dari mana yah?
kalao skala kecil beli di online aja minta bantuan jasa agen
cek barang di taobao / tmall
ane mhn pencerahan suhu2 langkah2 mo usaha jual beli brg dari china, kira2 modal minimum brp ya gan