Halo Kaskuser yang baik, Ikutan isi survey yuk di SINI
BranKas Bisa Dipakai di WAP! Cari tau dimari Gan!

Main Content

Quote:Original Posted By Hudzmelodic
Mungkin ini pengalaman yg jarang terjadi pada agan2 yg tubuhnya sehat dan normal, usia saya 23th berat badan saya 46kg tinggi 165 bisa d bayangkan kerempengnya saya.

1bulan ini saya mulai menjalani fitnes dan mulai merasakan perubahan. Otot otot sudah aga berkembang akhirnya saya mencoba pakai susu gainer (dymatize) yg didalamnya terdapat 50+Gr protein, minggu pertama tidak ada kendala, malah saya merasa perkembangan otot semakin pesat.

Oiya saya lupa menyebutkan kalo saya ini penderita Asma yg sering kambuh, dan anehnya setelah 2minggu saya konsumsi gainer tsb asma saya malah makin sering kambuh, sehari bisa 3 sampe 4 kali kambuh. Mungkin itu karna saya alergi pada whey protein yg terkandung pada susu gainer tsb. Dan skrg saya sedang dilema apa yg harus saya lakukan, disatu sisi menkonsumsi gainer sangat terasa utk menambah berat badan dan masa otot namun di sisi lain asma saya sering kambuh. Apa para suhu disini punya solusi utk kasus saya? Bila saya tidak konsumsi gainer nafsu makan saya sangat amat jelek, malah kadang perut terasa lapar tapi tidak ada nafsu buat makan. Jujur saja gainer ini sangat membantu saya utk proses bulking karena butuh kalori surplus, dan malah sudah terasa naik berat badan saya. Trims mohon maaf kalo tanpa ilustrasi or spoiler dll.

Whey cocok2an gan.....beli aja yg bungkus terkecil cobain berbagi merk...kl dah ktmu yg pas baru beli banyak .
Quote:Original Posted By itnewcomer.com

Whey cocok2an gan.....beli aja yg bungkus terkecil cobain berbagi merk...kl dah ktmu yg pas baru beli banyak .


oh gitu gan, jadi emang ga semua whey itu bikin asma / alergi kambuh? mungkin agan punya rekomendasi ? ato agan2 yg lain mungkin
Quote:Original Posted By Hudzmelodic


oh gitu gan, jadi emang ga semua whey itu bikin asma / alergi kambuh? mungkin agan punya rekomendasi ? ato agan2 yg lain mungkin


Bantu jwb gan, pengalaman ane si ada bbrp produk yg ga cocok bs bikin mencret, klu bikin asma si br dgr
Tp setiap table nutrisi kan ada keterangan kandungan yg bs bikin alergi utk org2 tertentu
Klu mau cb aja protein yg bahannya bukan dari susu, takutnya agan alergi susu. Kan ada yg dari soy, wheat, ama egg protein
162/44 ketika menjadi pemalas dulu
sekarang 162/55 total bersih dalam tempo 3 bulan, banyak temen ane yang ngira ane pake supplement.
angkatan juga gak cupu" amat....
seharusnya tujuan ane ke 60 tapi akhir" nih lagi malas.

ane kasih tau caranya :
tekat dan tujuanmu harus kuat, mungkin dalam kondisi diputusin sama pacar lebih berpengaruh besar wkwkwk....

Pagi :
2 telur di buat omelet atau terserah, pake blueband.
2 lembar roti gandum di panggang pake mentega juga.
selembar keju
minumnya susu milo 3 sendok.
pisang ambon 2

kemudian latihan, sambil minum susu kedelai di tempat latihan yang biasanya di jual pakleNya.

setelah latihan :
susu dancow + oat meal + pisang + buah lain kalo ada

setelahnya istirahat....

makan siang :
makan aja nasi yang di sedia'in emak.
beberapa jam kemudian makan oat meal + dancow + pisang

makan sore :
makan aja nasi yang di sedia'in emak.
beberapa jam kemudian nyemil buah atau cemilan bergizi.

makan malam :
masih sama juga di atas. makan aja yang emak buatkan.
beberapa jam kemudian roti gandum 2 lembar dipanggang pake blueband + keju selembar.
minumnya milo 3 sendok.
jangan lupa pisangNya juga...

*)kalo bisa jangan makan mie instan.
sebelum makan kalo bisa jangan minum dulu... biar gak kekenyangan saat makan
sering makan buah alpukat, apel, salad buah, rujak atau apa gitu.
makan sayur juga jangan lupa, ane juga gak suka sayur biasanya yang ane makan sayur bening.
sering" juga nonton video motivasi tentang fitness yang membangun tujuan kita jadi ketika lagi ane malas fitness ane biasanya nonton youtube dulu terbukti ampu kalo ane.


hanya sekedar sharing aja....
Pagi ... Kadang sering binggung lihat aturan makan + pola latihan "teratur" para gymer pro ... Pasalnya saya lihat kuli" pekerja berat yang pola makan amburadul + pola angkat apapun oke bisa terbentuk dengan sempurna juga.
Quote:Original Posted By EnergyGoldLion
162/44 ketika menjadi pemalas dulu
sekarang 162/55 total bersih dalam tempo 3 bulan, banyak temen ane yang ngira ane pake supplement.
angkatan juga gak cupu" amat....
seharusnya tujuan ane ke 60 tapi akhir" nih lagi malas.

ane kasih tau caranya :
tekat dan tujuanmu harus kuat, mungkin dalam kondisi diputusin sama pacar lebih berpengaruh besar wkwkwk....

Pagi :
2 telur di buat omelet atau terserah, pake blueband.
2 lembar roti gandum di panggang pake mentega juga.
selembar keju
minumnya susu milo 3 sendok.
pisang ambon 2

kemudian latihan, sambil minum susu kedelai di tempat latihan yang biasanya di jual pakleNya.

setelah latihan :
susu dancow + oat meal + pisang + buah lain kalo ada

setelahnya istirahat....

makan siang :
makan aja nasi yang di sedia'in emak.
beberapa jam kemudian makan oat meal + dancow + pisang

makan sore :
makan aja nasi yang di sedia'in emak.
beberapa jam kemudian nyemil buah atau cemilan bergizi.

makan malam :
masih sama juga di atas. makan aja yang emak buatkan.
beberapa jam kemudian roti gandum 2 lembar dipanggang pake blueband + keju selembar.
minumnya milo 3 sendok.
jangan lupa pisangNya juga...

*)kalo bisa jangan makan mie instan.
sebelum makan kalo bisa jangan minum dulu... biar gak kekenyangan saat makan
sering makan buah alpukat, apel, salad buah, rujak atau apa gitu.
makan sayur juga jangan lupa, ane juga gak suka sayur biasanya yang ane makan sayur bening.
sering" juga nonton video motivasi tentang fitness yang membangun tujuan kita jadi ketika lagi ane malas fitness ane biasanya nonton youtube dulu terbukti ampu kalo ane.


hanya sekedar sharing aja....


Margarin/minyak goreng adalah contoh trans fat. lemak trans adalah lemak yg sangat berbahaya jika masuk tubuh, krn bisa merusak pmbuluh darah yg mnyebabkan lemak tersumbat dsitu.

Lemak trans sangat jauh lbh berbahaya drpd lemak jenuh, pdhal lemak jenuh sndiri sudah berbahaya.

Makanya dinegara luar setiap produk makanan hrs mncantumkan kadar transfat krn bahayanya, bahkan eropa melarang minyak sawit dr indo masuk ksana krn ini jg.

Lemak tak jenuh = hrs sring dkonsumsi
Lemak jenuh = boleh sekali2
Lemak trans= sama sekali tdk boleh
Quote:Original Posted By itnewcomer.com


Margarin/minyak goreng adalah contoh trans fat. lemak trans adalah lemak yg sangat berbahaya jika masuk tubuh, krn bisa merusak pmbuluh darah yg mnyebabkan lemak tersumbat dsitu.

Lemak trans sangat jauh lbh berbahaya drpd lemak jenuh, pdhal lemak jenuh sndiri sudah berbahaya.

Makanya dinegara luar setiap produk makanan hrs mncantumkan kadar transfat krn bahayanya, bahkan eropa melarang minyak sawit dr indo masuk ksana krn ini jg.

Lemak tak jenuh = hrs sring dkonsumsi
Lemak jenuh = boleh sekali2
Lemak trans= sama sekali tdk boleh


Iya Gan tapi menghentikan ya rada susah... Karena faktor keterbiasaan. Ane sebenernya mau ganti minyak pake minyak zaitun tapi bilang minyak zaitun gak boleh di panaskan ya. Sebagai gantinya margarine buat manggang roti.... Mohon pencerahan ya
Quote:Original Posted By EnergyGoldLion


Iya Gan tapi menghentikan ya rada susah... Karena faktor keterbiasaan. Ane sebenernya mau ganti minyak pake minyak zaitun tapi bilang minyak zaitun gak boleh di panaskan ya. Sebagai gantinya margarine buat manggang roti.... Mohon pencerahan ya


Zaitun kl dipanasi sama aja gan jd transfat jg
Org timteng kan zaitunnnya sbg salad dressing(zaitun mentah) jd msh brupa lemak tak jenuh ..

Roti beli yg gandum gan, dpanggang pke selai kacang khan dah enak gk perlu margarin...

Ya memang scr umum rumusnya, smakin enak makanan smakin tdk sehat, semakin sehat smakin tdk enak...tggal dplih aja sih

Tau gk gan, negara2 maju makanannya keju, daging .... Negara miskin jarang mkan daging tp total kmatian krn jantung/stroke ada di negara2 miskin macam indonesia.

Gmn gk kena jantung, tiap hr makan gorengan
kalo ane banyakin telor gan..
yg lain kurang, yg penting telornya
nice thread, btw klau modal makan telor sama kuningnya 4 butir sehari cukup gk?
Quote:Original Posted By EnergyGoldLion


ane kasih tau caranya :
tekat dan tujuanmu harus kuat, mungkin dalam kondisi diputusin sama pacar lebih berpengaruh besar wkwkwk....



Wakakak ane banget.... Malah ane sampai sekarang berpikir badan ane ini terbentuk apa karena gaya hidup ane atau karena di putus pacar ya? ...

Btw mo sekalian share.. Dulu ane termasuk obesitas.. Tinggi 174/105. Walaupun belum mencapai titik ideal sekarang udah 175/73 dalam waktu 5 bulan. Yah cukup ok lah...

Tapi bagaimana pun juga orang pasti liat perubahan badan ane. Pertanyaan pertama mereka pasti "Lo Fitness ya?" klo ane "iya" in pasti pada bilang "pantes...". Ane sih bingung sama orang yang berpikir badan kita terbentuk hanya karena kita Fitness aja. Padahal klo mereka iseng tanya ke instruktur tempat Fitness ane pasti mereka bilang "oh.. Si itu mah angkat beban juga masih ngik ngok ngik ngok". Yah Mo gimana lagi dalam 5 bulan pasti belum bisa lah menguasai semua tekhnik dan mengangkat beban yang terlalu berat.

Walaupun olahraga diperlukan, pola diet lah yang menjadi bagian utama. Ane setuju dengan pendapat bahwa suplemen hanya memberikan suggesti. Bahkan beberapa suplemen itu memang bertujuan untuk memberikan suggesti (contoh BCAA yang salah satu kandungan nya berfungsi mengecoh otak untuk tidak mengirimkan sinyal lelah). Kita diarahkan untuk membutuhkan suplemen ketika membentuk badan dan otot ya karna perusahaan suplemen memasarkan produk mereka dengan cara seperti itu. Padahal kalo kita jeli di setiap suplemen terutama yang mengandung kalori (seperti whey) pasti ada tulisan "hanya untuk pendukung dan jangan dijadikan sebagai pengganti makanan utama" . Artinya mereka juga setuju kalo real food itu penting juga... ..

Ketika Fitness dan masa penurunan berat badan Ini kisah dan cara diet ane :
Spoiler for diet:


Mengenai menu diet kurang lebih Ini yang ane jalankan sehari2:


Pagi kalo hari ini angkat beban:
Susu low fat setelah bangun tidur (memenuhi nutrisi setelah tubuh puasa 7-8 jam karena tidur) Dada ayam rebus, cah tauge (tumis dengan minyak zaitun. Bisa dengan sayuran lainnya untuk serat tapi kebetulan ane suka nya tauge), juice sayur dengan sedikit madu (mix buah seperti Apple atau jeruk nipis, dan sayur seperti seledri, wortel, tomat dan brokoli)

Pagi kalo hari ini kardio:
Susu low fat, pisang satu buah, juice sayur.
Ketika kardio sengaja ane pilih ga banyak makan dan hanya memasukkan nutrisi pagi setelah tidur dan sedikit karbohidrat untuk energi ketika kardio. Kenapa hanya sedikit? Tujuannya karena selain kardio menguatkan jantung, kardio sangat efektif untuk mengurangi lemak, jadi ketika karbohidrat habis, lemaklah yang akan di bakar ketika sedang kardio. Tapi kalo ane sih tetep butuh karbohidrat biar ga terlalu lemas, makanya ane tetep konsumsi pisang.

Siang :
Siang bisa beda2 karena umumnya ane makan di luar, tapi karena ane olahraga tiap pagi maka ane makan makanan yang kaya akan karbohidrat dan protein di siang hari . Kalo terpaksa makan nasi putih ane cuma konsumsi setengah porsi, lainnya ane biasa konsumsi ayam bakar (atau panggang) , mashed potato, salad (pake dressing minyak zaitun), steak, Salmon, tahu, tempe dan sayur2an. Intinya saat makan siang, kebutuhan protein ane usahakan untuk di penuhi karena disaat makan siang pula konsumsi karbohidrat dan lemak meningkat (sesuatu yang tidak baik dilakukan di pagi atau malam hari).

Malam:
Malam ane liat dulu kebutuhan nutrisi harian ane. Apabila karbohidrat dan lemak sudah hampir maksimal ane terpaksa makan makanan yang berserat dan vitamin seperti buah atau susu rendah lemak. Kalo masih ada sisa karbohidrat dan lemak ane biasanya makan yang mengandung protein seperti omelet, atau dada ayam rebus dan tentunya susu low fat juga. Tapi biar bagaimana pun porsi malam sudah tidak memungkinkan makan banyak karena kebutuhan kalori ane pasti cuma sedikit lagi.
Satu hal yang harus di perhatikan ketika makan malam: Protein dan vitamin bisa tetap bekerja ketika tubuh sedang tidur, tapi tidak dengan lemak dan karbohidrat karena mereka cuma berperan sedikit sekali ketika tubuh beristirahat ketika tidur. Jadi setelah makan malam kasih jeda agar karbohidrat tetap mengubah energi tubuh. Jadi jangan langsung tidur sekitar 2 jam setelah makan malam....

Snack :
Snack umumnya ane konsumsi di jeda makan siang. Kadang di jeda sebelum makan malam dan ane hitung sebagian porsi makan harian ane (total 4-5 kali makan per hari). Konsumsi snack ane wajib makanan berserat dan rendah kalori atau kadar gula. Enak sih kacang2 an yang di panggang atau di rebus. Konsumsi Maks 150-200 kalori per sekali makan. Kalo Kelebihan terpaksa kalori makanan utama yang ane kurangi...

Catatan : pola makan ane ini di sesuaikan dengan kebutuhan kalori ane yaitu 1800 kkal /hari...

Kepada Yth anak kost :-)

Salam kenal saya pefitness umur 32thn yg sudah sempat berhenti hampir 8-10 tahun... skrg mulai aktif 1 thn lagi

Kecelakaan patah tangan saat bertanding panco dan lanjut kuliah dimedik membuat saya lupa menjaga badan... sekedar sharing saja....

Dulu saya fitness saat umur 20thn hingga 24thn berhasil naik dari BB 45kg hingga 75kg
Tanpa supplemen...
Hanya murni telor rebus setengah matang (kira2 5 butir)
setiap malam setelah makan malam...
Lingkar pinggang saya tahun 2005 uk 29 dengan BB 75kg dan TB 170

Saya penggemar latihan Bahu ekstrim, dada, sedikit latihan sayap dan belakang...

Saya dari pertama lihat banyak yg ga pedulian atau sedikit mencemohkan anak kost/dana pas2an

Saya disini akan membantu anda2 yang punya dana pas2an tapi mendapatkan badan2 orang pefitness mahal2 yg kadang agak tinggi ngomongnya... maaf ya gan kalo tersinggung... kalo punya duit jangan mencemoh yang tidak punya...
pake bilang mau anak mama/kosan sama saja...
Saya sendiri orang punya tapi merasa sama dengan orang ga punya... kita diciptakan saling berbagi sesama...

Saya orang medis jadi tau persis kesehatan fitness seperti apa... supaya jelas saya akan mulai dengan poin

1. Jangan pernah membeda bedakan protein hewani ....

Contoh: Telor vs ayam vs daging sapi
Sama saja selagi asupan proteinnya anda hitung banyaknya misal kalo makan dada ayam 1 potong sama dengan 3 telor rebus......
Secara medis protein ya protein... apapun bentuknya setelah dicerna jadi asam amino essensial selagi dari protein hewani

2. Protein hewani termurah yang saya temuka adalah telor.....

Untuk anda yg merasa steak sapi mahal.... dada ayam mahal... tenang ganti saja dengan 5-8 butir telor setiap habis latihan...
Misal makan steak sapi 35ribu.... mahal kan... kalo anak kost silahkan beli telor sendiri. Misal 2 kg 54 ribu... cukup untuk asupan 4 hari makan.. rebus saja setengah matang untuk dimakan lezat dengan garam dan merica....

3 Atur protein anda sesuai kadar latihan anda...

Misal anda latihan dada.... otot yang dilatih lebih besar massanya maka makanlah telor setengah matang dengan jumlah lebih banyak dibandingkan latihan bahu...

4. Jangan konsumsi telor berlebihan bila anda tidak berlatih/aktivitas

Protein bila tidak digunakan akan memberatkan fungsi pembuangan pada ginjal.... anda tidak ingin gagal ginjal dan cuci darah saat umur 50thn kan?

Misal kalo hari ga latian cukup 3 telor saja kalo pas latihan bisa 8-10 telor terutama malam setelah latihan...

5. Pilihan saya selalu telor setengah matang
Kenapa? Murah!, mudah ditelan walaupun kondisi setelah makan malam.....

6. Makan Pilih2?
Ahahaa ga usa gan.... dengan agan berolahraga agan sudah mengurangi lemak dan kolesterol kok... ga usa pantang2 amat buat makan pake minyak ga boleh... lah blablabla.... ga percaya..? Tanya aja dokter singapore... yang tidak boleh adalah konsumsi kolesterol berlebihan.... misal cumi2, telor puyuh, jeroan, seafood, udang, kepiting semuanya memiliki kadar kolesterol tertinggi.... boleh saja asal jangan nambah 2 piring kalo pgn umur panjang (ga ada hubungannya sama badan berotot... kolesterol tinggi bisa berotot kok... tergantung latihan disiplin dan asupan protein anda

7. Mana menunya gan?buat anak kost ;-)
Gampang

Pagi

Sebelum sarapan
Jangan lupa rebus telor setengah matang misal 3-5 telor tebus setengah matang gelek aja digelas pake garam merica
Lanjut
Terus sarapan
aja seketemunya (ketoprak, nasi uduk, gado2)
(Karbo+protein)

Siang
Makan siang apa saja yg penting ada (karbo dan protein)

Malam
Makan malam apa aja (karbo+protein)
Mie goreng 2 silahkan sama telor 2
Sebelum tidur
Rebus lagi telor setengah matang 3-5 telor gelek terus tidur deh ahaha dorong pake air putih aja....

(Murahkan ?? Dibandingkan menu harus ada dada ayam, steak daging sapi?? Harus beli susu low protein??)
Siapin aja telor 2 kilogram masukin kulkas per 1 minggu (54.000/minggu)

8. Perhatikan usia anda
Kalo ente masi umur 18-40thn ga usa takut makan telor sama kuningnya selagi olahraga anda cukup biar hemat biaya ga buang kuning telor.... (saya cek kolesterol saya ga pernah tinggi padahal konsumsi 10 telor dengan kuningnya sehari.... tapi ingat!!! Harus senantiasa aktif olahraga)

umur 40thn keatas yah memang terpaksa agak boros buang kuning telor demi menghindari penumpukan kolesterol...

9. Jangan gila latihan

Anda maniak?? Sehari latihan 4 jam... tiap minggu 5 hari latihan??
Selamat badan anda akan hancur....

Perhatikan bahwa pefitness akan tumbuh ototnya disaat beristirahat.... jadi pastikan 8 jam sehari tidur... beri jeda 2 hari istirahat demi percepatan pertumbuhan.... baru latihan kembali... misal senin.... kamis... minggu...rabu....sabtu..... pastikan disiplin tanpa ada jadwal terlewat ya.. apapun terjadi tetap latihaaaan...

10. Latihan dan makan selalu seimbang....

Masa uda makan 10 telor sehari ngangkat beban benchpress cuma 5 kg masing2 sisi....
Ga wajar kalau gini...

Makin berat beban yang bisa kita angkat... makin besar massa otot kita... makin besar kebutuhan protein anda....

Contoh kalo uda benchpress 15kg tiap sisi bolehlah 8-10 telor rebus total sehari...

Tapi kalau benchpress sudah 40kg tiap sisi mungkin sudah butuh lebih dari 20 butir telor sehari sebagai asupan....

Ingat jangan berlebihan disaat tidak ada aktivitas...beban ginjal akan berat...


Sekian wss
dr budiman

Mohon dimaafkan bila ada salah kata... salah ilmu... saya hanya manusia yg bisa salah... tp setidaknya saya berbagi kepada orang susah hehehe anak kost... saya juga bekas anak kost





Gan, bagaimana cara menyimpan putih telur agar awet, disimpan di freezer atau chiller, dalam keadaan matang atau mentah, saya coba simpan di freezer dalam keadaan matang dan ketika mau diblender saya cairkan dulu, hasilnya tekstur tidak bida halus, air dengan telurnya terpisah gitu
[spoiler= spoiler][ /spoiler]
Quote:Original Posted By sentotan
Gan, bagaimana cara menyimpan putih telur agar awet, disimpan di freezer atau chiller, dalam keadaan matang atau mentah, saya coba simpan di freezer dalam keadaan matang dan ketika mau diblender saya cairkan dulu, hasilnya tekstur tidak bida halus, air dengan telurnya terpisah gitu
[spoiler= spoiler][ /spoiler]


Simpan aja dalam bentuk telor dikulkas gan..... jangan mau instant beli putih telor dari tempat lain.... belum tentu bersih...dan belum tentu tdk dicampur bahan lain..., paling aman rebuslah sendiri putih telor... pas mau ngupas kan panas.... cemplungin air dingin matang dan buang kuningnya deh... telor anda dijamin fresh... aman....
Quote:Original Posted By budiman2121


Simpan aja dalam bentuk telor dikulkas gan..... jangan mau instant beli putih telor dari tempat lain.... belum tentu bersih...dan belum tentu tdk dicampur bahan lain..., paling aman rebuslah sendiri putih telor... pas mau ngupas kan panas.... cemplungin air dingin matang dan buang kuningnya deh... telor anda dijamin fresh... aman....

Maunya sih gitu, tp budgetnya gk ada gan, dengan berat saya yg 75 kg, kebutuhan protein perhari 150 gr, itupun dari 1 kilo putih telur masih kurang