Quote:Original Posted By riknelson

Kalo dia udah melihara 15 kucing ya dikasihin aja ke sodara gan atau di hibahkan gan...bukan di jual dengan dengan harga tertentu dengan pengganti biaya ini itu. Kalo di jual berarti dulu waktu ngerawat niatnya memang mau di jual.
Dulu kan waktu ngerawat niatnya ikhlas bukan tujuan komersil

Haram tidaknya sudah tertuang dalam Hadits gan jelas dan tegas dan tidak bisa di ganggu gugat....Allah lah yg mengharamkan lewat Nabi Muhammad SAW yg tertuang dalam hadits..

Selama ada harga yg di tetapkan oleh si penjual dengan alasan Mahar, biaya perawatan dll ya sesuai hadits jelas haram gan. Kalo sudah di Tarif waktu serah terima kucing ya itu jual beli namanya...meskipun di pelesetin jadi mahar, biaya perawatan, biaya adopsi dll.

Kecuali kita simpan uang itu untuk biaya perawatan kucing yang lain dan kita gak makan uang itu seperpun.
Contoh selama 5 bulan kita merawat kucing Maine Coon total biaya perawatan misal 2 juta tapi kita jual senilai 12 juta....jadi selisih 10 juta di apain gan? kalo tidak dimakan ga masalah...kalo dimakan ya itu yg masalah besar.

Kalo kita merawat kucing itu dengan niat mw dijual lagi agar mendapat uang ya jelas punya tujuan komersil pastinya.

Saya setuju gan banyak kucing domestik yg pernah saya pelihara juga sebetulnya bisa di kasih makan kalo pengen pahala...kenapa harus kucing Persia meskipun saya akui saya punya 5 kucing persia dirumah dan waktu beli sebelum tau hukum jual beli kucing itu haram.

Copy paste:
Dari Abu Az Zubair, beliau berkata bahwa beliau pernah menanyakan pada Jabir mengenai hasil penjualan anjing dan kucing. Lalu Jabir mengatakan,
زَجَرَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ ذَلِكَ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang keras hal ini.” (HR. Muslim no. 1569).
Abu Muhammad Ibnu Hazm mengatakan bahwa yang dimaksud dengan zajar dalam hadits di atas adalah larangan keras. (Al Muhalla, 9: 13)
Juga dari Jabir, beliau berkata,
أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ وَالسِّنَّوْرِ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari hasil penjualan anjing dan kucing.” (HR. Abu Daud no. 3479, An Nasai no. 4668, Ibnu Majah no. 2161 dan Tirmidzi no. 1279. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)


oh gtu gan , sip deh oh gtyu, sip deh
TOLONG YG NON MUSLIM DAN ORANG MUSRIK
JANGAN KOAR2 DI SINI YA KALO MEMANG
ANDA TIDAK TAU TENTANG ISLAM.
TERIMA KASIH
selama ente memelihara dengan baik ga haram ko,kan dipelihara kecuali buat di siksa2 baru haram itu
Setau ane hewan yg gaboleh di perjual belikan itu hewan yg lagi mengandung/hamil deh jadi kalo kucingnya ga lagi hamil kayaknya gpp deh di jual belikan asalkan bener aja
Quote:Original Posted By Nadrinda


Wah ga rugi deh punya moderator kaya agan...
Sedikit lega nih denger komentarna :


sumpeh ngakak banget lihat komen ini..

----

menurut ane haram di sini itu sbb;
Niatan meraup untung dari si kucing
Maksudnya gini gan, kita ambil contoh seorang A (penjual/peternek) yang memiliki visi budidaya kucing yang cukup menjanjikan. Dia modal 600rb untuk membeli pejantan ras Persia/ Anggora, lantas di kimpoin sama kucing betina lokal dan beranak-pinak. Sedangkan anaknya kemungkinan 60% ikut ras bapak dengan kondisi fisik 70% sama, 30% ikut ras bapak dengan kondisi fisik 50% selainnya ikut fisik ibu, dan terahir kemungkinan cukup kecil 10% kondisi fisik seperti kucing lokal (ibu). Nah di sini si A tadi sudah mendapatkan keuntungan tatkala kucing tsb melahirkan 4 ekor yang di jual paling murahpun 300rb.

Nah itu poiin haramnya, n walau bagaimanapun juga kucing itu hewan spesial di mata rosul. Bliau sampai tak tega membuat kucingnya terbangun demi mengambil jubah Beliau dan memotong jubah yang di tiduri kucingnya tsb
Oleh sebabnya, Hibah tanpa pungutan sangat di anjurkan, ingat ini bukan hewan konsumsi namun hewan rumahan. Dan bagi agan-agan yang ingin menjual kucingnya mohon di pertimbangkan peringatan yang sudah ada.

Sholallohu alai wa sallam
ane juga ga pernah tega liat kucing diperjual belikan
waduh ane bingung gan apa lagi baca komen agan2 jadi makin bingung
yang pernah ane baca sih emang gak boleh tapi masih terjadi perdebatan antar para ulama..
tapi ane juga masih bingung.. kemaren ane abis beli kucing lagi.. -_-||
banyak yg ingin mendapatkan kebaikan namun tidak mendapatkan nya