Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000001515648/no-sara-jual-beli-kucing-haram
Keledai dan bighal(campuran kuda dan keledai) haram dimakan tapi halal diperjual belikan selama tidak dimakan dagingnya
Begitu juga dengan anjing dan kucing
Karena ada fungsi lain selain utk dikonsumsi
Quote:Original Posted By SuperDong
Well, kalo menurut gue sih, Haram hukum nya kalau menjadikan Kucing/Anjing untuk komersial, dan menomor-2 kan kesejahteraan hewan2 tersebut. Karena dalam etika breeding pun, u/ menjadi Responsible Breeder banyak point2 yg harus diperhatikan. Kesehatan hewan hasil breedingan kita, kesejahteraan mereka, sampai "rumah" untuk mereka, dsb... (Please note that Breeding Pet-animal is different compare to breeding livestock or Animal for consumption)

Contoh paling gampang yah seperti para pedagang2 anjing/kucing di daerah Taman Lawang, yg semata-mata memperdagangkan hewan2 tersebut u/ kepentingan mereka pribadi tanpa memperhatikan kesejahteraan hewan2 tersebut. (But then, its not for us to judge, cos somebody have to make a living right ).


Just my 2 cents


cheers


Good opinion gan....seep
Samina wa atona
Klo belum tau jawaban pastina mending cari aman ato Ati2 dolo dah.
Tpi justru karena blom ada jawaban pasti maka kewajiban kita yg masih hidup untuk meneliti
Btw steril hewan juga klo gada alasan medis yg kuat juga harom yah ?

Di haromin bisa karena berbagai sebab.

ku tak tahu apa2... dan g perna jual.. hanya membeli
Wah ga rugi deh punya moderator kaya agan...
Sedikit lega nih denger komentarna :
ku tak tahu apa2... dan g perna jual.. hanya membeli
Biarlah mereka menggunakan hadist yg mereka yakini masing - masing. Tapi kalau saya pribadi memilih untuk menghindari perkara syubhat, karena akan terhindar dari kerugian.
Bukan masalah jualnya saja tapi perkara membeli kucingpun masuk ke dalam pembahasan ini.
Memang ada beberapa pendapat dari kalangan ulama.

Imam Nawawi dan Imam Syafi'iy membolehkan jual beli kucing dengan syarat kalau kucing itu memang berguna bukan sebagai hiasan
Sedangkan Abu Hurairah, Ibnul Mundzir, dan juga Mujahid mengatakan haram.
Lebih baik yaa menghindari hal itu.

Wallaahu A'lam,

Jual kucig himalaya campuran maincon

Permisi agan sis..
Ane mau jual kucing ane umur 9bln..
Warna bulu abu2 dan putih
Peranakan maincon bapak himalaya..
Harga 1,9jt nego tipis sudah termasuk :
1.Kandang nya bagus
2.Mainan kucing
3.Makanan

Untuk fotonya menyusul jika minat..
Jika berminat silahkan WA/SMS not call
085691962696

Terima kasih
Ini masalah agak krusial yah. Sebisa mungkin memang harus dihindari karena termasuk "subhat" ya mirip"lah sama orang pacaran, sebisa mungkin dihindari.. "yang punya pacar sih gk perduliin itu haram/halal, yg gk punya pacar bisa aja bilang itu haram lha wong gk punya pacar"

Coba agan ganti pacar ke "kucing ras"
Iya haram soalnya yang jual buat cari keuntungan dan dikembang biak kan kadang2 maksain kimpoi kan demi dapet anak anaknya supaya bisa dijual lagi. Kadang melas lihat dipetshop atau dijalan jalan mereka dikandangin sempit banget itu dosa besar lho. Bayangin kalau manusia yg dijual dan dikandangin kayak gitu.

Binatang kan memang kodrat hdpnya bebas. Kalau kt mungut dijalan tapi kita rawat lebih baik daripada keluar uang untuk beli. Abangnya untung, dia ternakin lagi. Kasihan binatangnya. Tapi bukan berarti gak boleh pny keturunan sampai ras hewan itu gak ada lagi. Jadi ya sewajarnya aja.

Kalau menurut aku lebih baik disteril kalau kita sudah punya. Karena mencegah dia akan beranak lagi. Dan disalahgunakan orang lain. Kecuali kita mau merawat semua. Susah mencari orang yg mau berkomitmen karena jelas jelas orang bisa berubah. Janji besoknya berubah gak ada yg tau. Atau keadaan ekonominya berubah. Kyk tmn gw pny anjing ras akhirnya dia baru tau kalau biayainnya mahal dia kasih ke orang. Binatang pny hati nurani juga.

Gw suka sebel sama yg jual binatang misahin pas mereka uda 3 bulan sm induknya. Alasannya gapapa kok. Udah waktunya. Emang bener 3 bulan sudah disapih tapi kadang mereka ada keterikatan batin biasanya namanya juga keluarga. bayangin kalau umur segitu lo fipaksa pisah sama orang tua lo. haha. pelihara kucing or aniing gak harus ras lha kalau memang tulus dan sayang gak gengsi ya yg dijalan itu banyak juga yg bagus disteril sehat pun lucu kok.

Tp itu mnrt gw sih. Kalau org yg cari duit dari situ pasti gak akan setuju karena ada keuntungannya
mungkin gini gan, jual beli kucing dan si kucingnya itu pas udah di beli ga di urus, di terlantarin dan lebih parahnya lagi di siksa !
Quote:Original Posted By Fashiongirl
Iya haram soalnya yang jual buat cari keuntungan dan dikembang biak kan kadang2 maksain kimpoi kan demi dapet anak anaknya supaya bisa dijual lagi. Kadang melas lihat dipetshop atau dijalan jalan mereka dikandangin sempit banget itu dosa besar lho. Bayangin kalau manusia yg dijual dan dikandangin kayak gitu.

Binatang kan memang kodrat hdpnya bebas. Kalau kt mungut dijalan tapi kita rawat lebih baik daripada keluar uang untuk beli. Abangnya untung, dia ternakin lagi. Kasihan binatangnya. Tapi bukan berarti gak boleh pny keturunan sampai ras hewan itu gak ada lagi. Jadi ya sewajarnya aja.

Kalau menurut aku lebih baik disteril kalau kita sudah punya. Karena mencegah dia akan beranak lagi. Dan disalahgunakan orang lain. Kecuali kita mau merawat semua. Susah mencari orang yg mau berkomitmen karena jelas jelas orang bisa berubah. Janji besoknya berubah gak ada yg tau. Atau keadaan ekonominya berubah. Kyk tmn gw pny anjing ras akhirnya dia baru tau kalau biayainnya mahal dia kasih ke orang. Binatang pny hati nurani juga.

Gw suka sebel sama yg jual binatang misahin pas mereka uda 3 bulan sm induknya. Alasannya gapapa kok. Udah waktunya. Emang bener 3 bulan sudah disapih tapi kadang mereka ada keterikatan batin biasanya namanya juga keluarga. bayangin kalau umur segitu lo fipaksa pisah sama orang tua lo. haha. pelihara kucing or aniing gak harus ras lha kalau memang tulus dan sayang gak gengsi ya yg dijalan itu banyak juga yg bagus disteril sehat pun lucu kok.

Tp itu mnrt gw sih. Kalau org yg cari duit dari situ pasti gak akan setuju karena ada keuntungannya


MANTAP !!
SETUJU BANGET SM SIST YANG ATU INI 👍👍👍
Menurut ane haram gan jual beli kucing karena sudah ada haddistnya, pengalaman ane kalo kita sudah kebanyakan kucing ras atau biasa lebih baik berikan kepada pencinta kucing dengan free atau tanpa biaya (jadi tidak terjadi jual beli) tapi dengan syarat si pemilik kucing harus tau orang yang akan mengadopsi kucing tersebut, apakah sudah piara kucing sebelumnya dan yg pasti yg adopt pencinta kucing dan tidak untuk diperjual belikan, kalo perlu agan tau rumah si pengadopsi biar betul2 lega memberikannya, karena kalau yg adopsi ternyata siksa si kucing yg memberikan kucing tsb juga dosa karena kucing merupakan hewan kesayangan nabi...


just my opinion
Semua perkara yg ada didunia ini hukum awalnya halal,sampai ada ketentuan dari allah swt yg menyatakan perkara itu haram,cmiiw
ane juga pernah denger nih masalah ini,kalo menjual kucing itu haram...kalo gak salah,bagi orang yg mau menjual kucing lebih baik jangan menggunakan istilah jual,tapi lebih baik di ganti dengan menggunakan istilah "menggantikan biaya perawatannya"
klo jual beli untuk dimakan, barulah haram hukumnya
Sebelum kita membahas hukum jual beli kucing, sebagai MUSLIM, kita sepakati dulu parameter benar dan salah kita itu apa. Karena bisa aja ane bilang pendapat ane yg menyatakan kucing itu boleh dijual asal bermanfaat itu paling benar, atau agan mengaku bahwa kucing itu haram juga paling benar.

Oke lanjut. Kalau kita serahkan benar dan salah Kepada manusiawi pasti hasilny subjektif. Oleh karena itu Allah swt. menurunkan pedoman Kepada kita di dalam Alquran dan Assunnah. Sebagai Muslim tentu kita meyakini pedoman dari Allah swt. itu pasti benar dan menghapus semua perselisihan.

Misal ane bilang hukum bunga bank itu gpp krn bisa mensejahterakan ratusan ribu pegawai. Terus ada yg bantah bunga bank itu tidak baik. Nah karena Allah sdh menyatakan bunga bank itu haram make sekali lagi sebagai MUSLIM kita wajib nurut dengan aturan Allah, yaitu bunga bank adalah haram. Walaupun kita tdk menyukainya.

Oke lanjut lagi.
Secara pribadi dan otak bisnis ane, menurut ane jual beli kucing itu sangat menguntungkan. Bisa beranak banyak dan harga jual tinggi. Tp ane mengurungkan niat menjadi breeder setelah tau petunjuk dari Allah swt. melalui hadits shahih larangan jual-beli kucing.
Ini haditsnya :

Dari Abu Az Zubair, beliau berkata bahwa beliau pernah menanyakan pada Jabir mengenai hasil penjualan anjing dan kucing. Lalu Jabir mengatakan,
زَجَرَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ ذَلِكَ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang keras hal ini.” (HR. Muslim no. 1569).

Abu Muhammad Ibnu Hazm mengatakan bahwa yang dimaksud dengan zajar dalam hadits di atas adalah larangan keras. (Al Muhalla, 9: 13)
Juga dari Jabir, beliau berkata,
أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ وَالسِّنَّوْرِ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari hasil penjualan anjing dan kucing.” (HR. Abu Daud no. 3479, An Nasai no. 4668, Ibnu Majah no. 2161 dan Tirmidzi no. 1279. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Don't get me wrong.
Post ane ini bkn utk mendiskreditkan para pedagang kucing atau orang dari agama lain. Mungkin nnti akan ada banyak perdebatan gmn nasib keluarga pedagang kucing, berarti kita gk bisa beli kucing anggora dong dan sebagainy.

It's about your choice.
Dalil keharamannya udh ada, kalau memang mau ttep jual-beli kucing sekali lagi it's your choice ane gk akan memaksa atau obrak-abrik toko agan ko, hehehehe.

Tugas ane hny memberikan informasi, mau diikutkan atau tidak itu tinggal urusan kita dengan Allah swt.

Sorry kalau kepanjangan, ane hny berusaha merangkai kata agar post ane bisa diterima semua pihak.
×