KASKUS

numpang gabung ya gan. klo yang saya tau dan pernah dilakukan sih kita gulung kawat sesuai keinginan gan, setelah itu ujung tiap kawat dikerok masing2 sisinya. lalu pala angkur di bagian yang buat nyantolin di potong trus di kikir biar kasar. alesan dikikir biar solderan nempel. setelah itu kawat yang sudah di kerok ujung2nya di lilit jd 3 bagian, karena angkur itu sendiri ada 3 sisi bagian kan. lalu tempelkan ujung2 kawat tadi ke tempat pala angkur yg udah di kikir. lalu tinggal solder aja deh gan.

klo kurang jelas maap ya gan. maklum newbie hehee
mlm . ijin gabungg
nice info para master..ijin nyedot ilmunya
klw ada sekemanya tolong di share dong para master
pngin belajar ngilik dinamo sendiri
SORRY GAN ANE NYUBI BGT.
ngelik itu apa sih??
warna kawat pada dinamo itu beneran ngefek apa cuma mitos sih?
thx before
ane parnah nyoba gak tapi , di ujung kawatnya selalu lepas

cara biar gak lepasnya gimana ya ?
gan numpang nanya.....apa ada perbedaan fungsi dari kawat yang warna nya beda2??cz ada yang warna biru merah hijau..
thanx gan
Untuk warna kawat sama aja gan, warna ga ngaruh, yang ngaruh itu material campuran yang dipake buat kawat itu sendiri. Emang untuk dinamo TAMIYA kebanyakan orang nyari yang warna nya mencolok biar eye catching aja...
Misi, numpang sharing aja..

kl biasanya saya pakek kawat 0,4 jumlah lilitan 15x
tp kalau pakai yg 0,5 jmlh lilitan 10x.
lebih bagus lagi kawatnya pakai yg jenis German.ciri2nya kawat tidak terlalu kaku di banding kawat lokal.

lumayan ngacir buat class stndart,
tp harus di sesuaikan angkur ama magnet nya juga.
minim pakai yang merek AUDY udah cukup.
ku sudah gulung motor dengan 0,6.. sebanyak 6 lilit single.... dan angker ke2 0,6 double 6 lilit dan 5 lilit.. ( angker hjh... dan magnet emas ) pakai magnet bawaan pun sama..

batre 700mA/h , dinamo ku tes... pakai gear3 .. kok RPM pelan ...
( nyoba cm dilantai) ( jg boros bangt .... bentar dah low batre ( rpm tinggi kalo batre awal di cas doang...pakai magnet bawaan pun sama..

aku bandingin dengan 4wd yg murahan itu... dinamo bawaan nya... malah kalah jauh ... ( rpm tinggi... nguiiiiiiiing..... dan ga boros batre... jg ) nah lho... gmn ya.. si... ini hehhehe
- apa ini yg disebut rpm dan torsi?? memang lilitan dengan kabel besar .. magnet as nya di putar jadi berat ... berbobot dibanding motor bawaannya..(enteng )
- kok yg di sharing pakai kawat 0.6...0.8mm .... pnya ku kok ga kenceng2 rpm nya ya..... huhuhhuuhuhuu

sarannya y,....

masih hidup ga trit ni ya/
^
kalo terlalu pendek sama aja konslet bukan jadi dinamo tapi strikaan gan .di ankurnya sdh ada lapisan belum plastik atau cat, kalo ngak ada kalo tembaga terkelupas bisa konslet juga,tariknya jangan nafsu.masih ada longgar ngak coba saran yang di depan pake yang kecilan tembaganya gulungan kalo bisa banyak menurut saya biar ngak boros.