Mungkin liatnya dr SAE dan GL-4 nya aja. Ya mohon info bagi yg udah dapat olinya.. sementara inimsay cuma bisa bantu kasih info segitu dulu, mobil saya juga km masih di bawah 5rb... masih lama ganti oli transmisinya, palingan nanti baru 2 bulanan baru beres buat servis berkala, sekalian nanyain bo
Utk transmisi manual seri F17 dr literatur GM North America olinya tercantum BOT 402 SAE 75W-85, GL-4 utk yg diproduksi 2012 dan selanjutya diganti pakai BOT 303 mod (low viscosity) SAE 70W, GL-4. Kalo liat pendapat orang di sini bilangnya pergantian dr bot 402 ke bot 303 lebih krn factor better
Spin saya sejak 1 tahun lalu saya ganti oli transmisi pake Valvoline HP Gear SAE 75W90 GL4. Tanpa embel2 BOT 303 mod. Soalnya lebih nyaman & lembut saat pindah gigi. Ini kira2 aman gak ya? Ini oli yg berhasil memelihara mobil terdahulu saya hingga terjual pada usia 14 tahunan. Tanpa masalah tran...
Ini penampakan transmisi aveo 1.4 manual seri F17 lgs dr kap mesinnya, siapa tahu bisa membantu dg membandingkannya dg layout di Spin 1.2, tinggal klik aja gambarnya utk dapat hasil foto yg lebih besar. ...... Ini foto resmi transmisi manual F17 dr GM https://s32.postimg.org/bdbfz97wx/f17.jpg Be
teman2, ada yang pernah coba copotin jok spin row ke 3 ? sepertinya salah satu baut nya di las ya ? Gak di las. Puter aja ke kiri pake kunci Torx T-50. :) Saya lebih sering cuma 2 baris jok. Kalo piknik bareng ponakan baru pasang jok row-3. -tt-
trims om totowel atas informasi nya...klo boleh tau ad nya di bagian mana ya suhu... Pada mesin Spin 1.5. http://s.kaskus.id/images/2016/06/19/5570035_20160619093530.jpg -tt-
siang om dan para suhu ipin... ada yg ganjel lagi nih di hati... pas mundur tiba2 ipin ane bunyi kreot kreot gitu...kira2 apa nya ya suhu...tapi saat posisi maju normal halus...cuma saat mundur aja..apalagi posisi mundur agak nanjak... ane pake spin 1,5 triptonic... trims suhu... Itu suara nyanyian
Normal kalo itu terjadi pd RPM tinggi dan gak ada indikasi check-engine. ECU menganggap ada demand thd torsi, misal utk overtake, high load ato jalanan nanjak. Kalo RPM cepat drop bisa kedodoran momentum dan torsi nya. Saran saya pindah gigi di jalan mendatar sekitar 2000 RPM saja. Ato ikutin sp...
om -tt-,,,,apakah itu artinya agar AC aman dan setidaknya memiliki usia pakai yang cukup lama kita hanya perlu aplikasikan keseimbangan antara pengatur suhu dg fan yg sebagaimana slma ini pernah dibahas jg misal : pangatur suhu di maks jam 9 dan pengatur fan di posisi no.2 ? apakah cara pertama ak
.......................... Bener Om, thermister ini benar2 menghantui... :( Om Tototewel punya wiring diagram sistim kelistrikan Spin gak? Kalau ada, bisa di-sharing Om? :) Sama dgn wiring All New Aveo & Cruze tahun 2012. Hanya beda komunikasi modul HVAC dgn ECM tidak pake jalur serial data
Mantap penjelasan tototewel. Jd lebih baik setelah mematikan kompresor biarkan dulu beberapa saat blowernya ya gan biar Liquid-refrigerantnya menguap habis gitu ya. Trus penjelasan extra fan gimana nih utk skema diatas Ya gak selalu begitu. Kalo cuaca panas dan duty-cycle kompresor di bawah 70%,
Mantap sharingnya Om Tototewel. Itu yg selalu saya lakukan: - Hidupkan blower dulu beberapa saat, setelah itu baru hidupkan kompresor. - Matikan dulu kompresor, setelah itu baru blower. Sebelum mobil berhenti, menjelang masuk rumah / parkiran, tombol ac sudah saya off kan lebih dulu. Jadi setelah
Ada yg nanya lagi: .. Gimana caranya kita tau heat-transfer pada evapporator tidak efektiff. Apa ada tanda ato suara yg terdengar..?? Dijawab: Kalo pengen denger suara sisa liquid-refrigerant yg belum menguap di evaporator, bisa di coba pagi2/ sore2. Nyalakan AC dgn posisi tombol suhu di jam 10 da
Ada yang nanya: jadi cara menjaga keseimbangan wujud freon dalam prakteknya,gmana om...?? Dijawab: Caranya: 1. Monitor sensor yg mengatur duty-cycle kompresor, yaitu sensor suhu evaporator (thermistor). Harus bekerja dgn baik, gak boleh rusak. Sekali rusak, duty-cycle kompresor bisa 100%. Krn O
Cerita lanjutannya ttg Refrigerant-Flood-Back. Kalo gak ngerti coba googling. :) Kalo freon cair sudah bergeser ke line antara evaporator (4) dan kompresor (1). Disebabkan proses evaporasi yg tidak efektif. Maka terjadilah "Refrigerant-Flood-Back". Bisa di bayangkan akibatnya kalo ko
Cerita lanjutannya: :) Misalnya duty-cycle kompresor diperbesar (suhu diputer ke kanan), tapi tidak diimbangi dgn proses evaporasi yg efektif (seimbang). Maka terjadi over-produksi freon cair. Jika line antara kompresor (1) dan kondensor (2) sudah dipenuhi oleh freon cair. Maka terjadilah efek pom
kalo AC rootcause nya ada di dryer..kalo jebol silika nya masuk ke sistem AC..dari temen2 CSI menyarankan ganti dryer dengan merk Denso..untuk biaya service dan penggantian dryer sekitar 750rb Ini penjelasan dari grup sebelah. :) Kompresor jebol, kondensor & evap bocor, selang bocor & dry
Klo Gulf, nyimak dulu deh, mungkin bawah ane ada yg ngerti Oia Gan,... kalo mampir di IIMS coba di cari TOTAL QUARTZ INEO MC3 5W-30 olie ini sudah ada certification dexos 2 nya. ada program promo serupa nda atau yg lebih yahuuddd ?? dipasaran harga per liter sekitar 95rb Mungkin bisa jadi alter
Pak toto apabila sudah kita lakukan fushing berkala dan penggantian desicant bag tetap diperlukan penambahan fan?? Tks Sebenarnya kalo cooling fan bekerja normal, itu sudah memadai utk mendinginkan kondensor. Asal kondensor selalu dalam keadaan bersih dan sering dibersihkan, disemprot air berteka
Sipp...thanks pencerahannya Om Tototewel. Bener jg, skrg sdh banyak bengkel ac yg pakai alat itu. Btw untuk desiccant nya, Om Tototewel tau gak part buatan Denso untuk mobil lain yg cocok dg Spin? Kemarin dikasih yg tipe ini. Lebih panjang dikit dan kurus dikit. Gapapa kata montir nya. Yg penti