Klo mau setahun bener, pilihannya: - Q8 Formula Special D1 G2 - Amsoil Signature - Mobil 1 Extended Performance dgn catatan mesin jgn kebanyakan idle / jd gensett
sffmagma ok stay di 0w20. klo dah biasa pakai Q8, begitu pakai yg 100rb-an seliter, alus mesinnya beda pas di rpm tinggi. Lol
sffmagma tergantung. untuk case oli yg sama, klo sblmnya gak pernah nguap, trus udh mulai nguap dikit, monitor aja terus dan ditambah oli nya. tapi, klo nguapnya makin banyak, ya ganti aja sm yg baru atau ikutin viscocity yg ada di buku manual. Q8 formula ada 2 macam: - 0w20 D1 FE (Dex 1 Gen2) -
sffmagma itu seri terbaru nya. sy pakai itu jg.. mantappp buat rpm tinggi jg alus. klo livina kapasitas oil pan nya kecil kan. cb pakai sampai 7rb Km. sambil cek dipstick oli scr berkala. klo dah mulai nguap, mending siap2 ganti.
wildfire2 yuga164 mantap om, enjoy 0w20 nya. klo sy dulu dari TQ9000 0w20 upgradenya lgs ke Q8 formula. sampai skrg nagihh, lanjut pakai Q8 formula special D1 FE 0w20 :D selanjutnya misal flush oli lama, cukup tuang pk oli mesran murah 1 liter ketika oli lama tinggal netes. karena ganti oli juga ...
valach iya gak hanya mahal di segel, namun jg mencegah oksidasi. oksidasi tsb yg membuat oli terdegradasi. maka dari itu ketika oli sudah dibuka umurnya max hanya 1 thn (ini oli kelas keraton loh)
cek ke tkp lgs klo oli curah. klo oli curah gtu kan gak segel, resiko oksidasi cpt betul (apalagi klo turn over jualan oli nya lambat) amannya beli botolan dan segel, yg disegel shelf life bisa 3-5 thn tergantung kondisi penyimpanan sekitar. klo dah dibuka, max 1 tahun deh.
sneakers94 sekelas kok itu antara Amsoil OE atau PTT Supersyn evotec 0w20, bisa pakai 7rb Km max. amsoil OE lbh murah dikit 135rb seliter, om jg bisa nulai dr sini. Klo PTT eco 0w20 kelas ekonomisnya, ganti di 5rb Km ajah. semuanya dah API SP di PDS
sneakers94 cuman mobil rakyat lmpv honda mobilio cvt om ni honda demennya oli 0w20. pk 5w30 kurang memuaskan.
sneakers94 coba ganti merk oli lain, 1. PTT Eco 0w20 APi SP - 80rb an seliter (di official store blibli) 2. Amsoil OE 0w20 - 130rb an seliter (di sentra pelumas Tokped) 3. Amsoil Signature 0w20, atau Q8 Formula Special D1 FE 0w20 - 180 an seliter (di sentra pelumas Tokped) #3 bisa pakai 1 tahun m...
loRdoflord based on common sense dan visual. klo test UOA, lbh valid nya untuk ngukur oli lama In my view kita sbetulnya gak perlu mikirin sampai ngeflush 100% bersih. karena, ketika mesin panas dan dimatikan, itu sifat fluida oli kan jd super encer (coba aja direbus dikit taro di atas wajan). ke...
cara ky gini ekonomis dan ampuh bro/sist. dulu saya blm paham cara spt ini, tiap oli baru dipakai jalan cuma bbrp puluh KM aja udh keruh warna nya di dipstick. setelah ngelakuin metode dorong oli lama spt ini, even pakai oli murah sekalipun, bahkan dipakai jln bbrp ratus KM, oli masih relatif ben...
yuga164 jika be-res boleh bawa oli sendiri ya gpp ke beres. krn kita jg perlu beres, ketika perlu handle masalah mesin dan electrical yg mana bengkel non-resmi handlenya terbatas alat2nya. rata2 sih be-res pasti dorong pakai oli merk nya sendiri, krn dah ditarget jualan dr situ. ada bbrp beres yg...
yuga164 itulah momen ketika bengkel (bahkan kelas resmi), merasa lbh paham drpd yg bikin mobil 😅 ketika mesin kasar, yg disalahin viskositasnya encer.. padahal olinya aja yg emang kelas low end dan direbranding Merk genuine bengkel resmi :D
Btw ini pentingnya dorong oli lama yg ada di oil-pan, dgn cara tuang oli murah 1-2 liter (ketika oli lama tinggal netes). sesuai saran suhu gajah turbo, sblm diisi oli baru, perlu ngelakuin ritual tsb. sayang bener klo oli baru udah masuk, dan nyampur dgn oli lama spt itu.